Menjelaskan " KERJA" Pada Anak

Wednesday, February 28, 2018




Mommy-mommy yang bekerja pasti pernah dong yah dapet pertanyaan super menohok dari anaknya.

" Bunda kenapa bunda kerja?"

Pertanyaan yang bisa bikin mamak-mamak yang setrong di kantor tiba-tiba harus diem dan mikir mau jawab apa yah, hahahaha.

Saya juga pernah dulu gitu. Usia 3 tahunan gitu, Tara yang udah mulai kritis banget kalo nanya. Dan yadalah pertanyaan sakti itu keluar juga.

" Kok bunda kerja terus sih"

Karena bunda kecenya ini ngga siap sama pertanyaan tiba-tiba, jadi jawab standar ajalah . " Iyalah bunda harus kerja, kan biar dapat duit, buat beli susu Tara, pampers adek, beli mainan"

Kirain bakal aman yah jawab gitu. Ternyata ya ngga dooooog yah. Bukan anak gw namanya kalau dikasih jawaban standar diem, hahahaha.

" Susu Tara masih ada bunda, pampers adek juga masih banyak, Tara ngga minta beli mainan lagi, tapi bunda ga usah kerja, di rumah aja jaga Tara sama adek"

Kraaaaaay.

Bundanya langsung speechless. Gila ya anak kecil itu udah bisa menghubungkan sebab akibat. Bahwa bunda kerja untuk cari duit buat beli susu, maka aku ga perlu minum susu. Oh my.

Makanya abis itu saya mikirin banget soal pertanyaan tadi. Mikirin jawaban apa yang bisa diterima anak seusia Tara. Karena Tara itu anaknya kritis banget. Dia inget banget apa-apa yang saya bilang. Kalau saya bilang saya bakal pulang cepet, dia bakal inget. Ndilalah saya pulang agak malam, gitu buka pintu pasti langsung protes

" Bunda kan tadi pagi bilangnya pulang cepet, kok bunda pulangnya lama. Bunda lamaaaa pulangnya. Kenapa bunda pulang lama".

Gitu terus diulang-ulang, dan ntar bakal diaduin sama papanya. " Papa bunda lama pulangnya papa"

Hahahaha, makanya hati-hati banget kalau jawab pertanyaan Tara.


Baca : 


Akhirnya sekarang kalau doi nanya lagi, saya jawab gini :

" Iya bunda harus berangkat kerja nih, karena bunda harus bantuin orang, dan bunda seneng kerja. Tara senang kan sekolah, ketemu teman, main, sama, bunda juga senang kerja. Jadi bunda berangkat dulu yah. Bunda kerjanya cuma sampe sore kok, ntar malam kita main lagi"

Nah ternyata jawaban begitu tuh masuk akalnya si Tara. Trus dia bakal mikir dan kemudian menjawab

" Oke deh bunda, bunda boleh kerja tapi jangan lama-lama ya pulangnya"

Saya ngga tau sih, jawaban seperti itu benar atau tidak. Tapi untuk anak saya jawaban seperti itu cukup. Message yang ingin saya sampaikan ke Tara, bahwa bekerja itu kegiatan biasa yang saya lakukan, sama kayak dia sekolah, bermain, bertemu teman, jadi bukan hal luar biasa. Gitu sih maksudnya.

( Baca : Bagaimana Rasanya Menjadi Anak Dari Ibu Bekerja )

Makanya kemudian Tara suka juga nanya " Bunda, kalau Sabtu dan Minggu bunda kerja ngga?"

" Ngga sayang, kalau Sabtu Minggu bunda di rumah, main sama Tara"

Nah tapi jika suatu saat memang Sabtu saya harus ngantor, ya tinggal minta ijin sama Tara.

" Tara, bunda kerja ya hari ini, setengah hari aja, ntar sore kita main lagi"

Biasanya mah anaknya bakal nangis dulu." Hwaaaaa ngga boleh, bunda jangan kerja, kan ini Sabtu"

Trus saya bakal tawarin opsi sama dia " Tara mau ikut bunda ke kantor atau Tara mau main warna-warna sama Tete, nanti pulangnya bunda beliin warna-warna yang lain".

Xixixi kayak nyogok yah, tapi ya emang gitu sih biasanya berhasil. Kalau dia pilih ikut, ya saya ajak ke kantor. Kalau pilih mewarnai, ya pulangnya saya beliin pewarna lagi.

Jadi the bottom line is, saya pikir menjelaskan tentang " Kerja" kepada anak itu memang harus disesuain dan direlate-in sama kondisi dia. Jawab dengan kalimat jelas dan yang dimengerti dia. Kalau bagi saya merelatekannya yah dengan menganalogikan seperti kegiatan yang disukai Tara. Dan ngga lupa kita kudu konsisten dan menepati apa yang kita ucapkan.

Kalau bilang pulang sore ya jangan pulang malam. Kalau ngga yakin bisa ya jangan janji.

Jawaban " Kerja untuk cari duit" ini sebenernya memang jawaban paling benar, namun untuk usia tertentu mereka belum bisa mencernanya dengan baik. Apalagi kalau kita hubungkan dengan beli susulah, beli diapers, atau beli mainan. Anak malah jadi merasa bahwa " Oh bunda ninggalin aku karena mau beliin susu. Ya udah aku ngga usah minum susulah"

Tapi misal kita jawab, karena harus bantuin orang. Misal pun dia nanya " Kok harus bantu orang, emang ngga ada orang lain yang bisa bantu?"

Ya tinggal dijawab lagi " Ngga ada, cuma bunda nih yang bisa bantu mereka. Kalau ngga ntar mereka nangis lo". 

Saya pikir jawaban seperti itu masih bisa diterima anak. Ntar kalau dia tambah usia, udah makin mengerti baru deh jelasin dengan sebenernya. Bahwa kita kerja tuh biar punya kehidupan lebih baiklah, atau biar dia bisa sekolah di tempat yang bagus, atau biar bisa liburan atau apapunlah sesuai tujuan kita kerja.

Karena ya jujur aja saya ngga bohong sama Tara, karna saya itu kerja ya karena saya seneng kerja.

Khawatir anak bakal nanya " Emang bunda ngga seneng kalau main sama aku?"

Ngga perlu khawatir sih. Kalau ditanya gitu ya jawab aja " Ngga dong sayang, bunda seneng juga main sama Tara, tapi sekarang bunda kerja dulu, ntar jam 7 bunda balik, kita main lagi. Oke anak pintar"

Hahahaha, auk ah, sampai saat ini jawaban-jawaban saya masih ampuh. Kadang ada saatnya sih Tara lagi mellow, minta anterin ke sekolah, ya saya anter dengan risiko telatlah ngantor. Sekali-sekali saya pikir ga masalah, ijin ke atasan dulu. Yang penting, pastikan kalau selama ini kita kerjanya bener, jadi saat ijin untuk kepentingan pribadi gampang dikasih. Tapi kalau selama ini kerja ngasal ya jangan harap yah diijinin hahahaha.

( Baca : Profesionalisme Ibu Bekerja )


Oke deh mom, semangat yah, ngga usah baper kalau anak ngelarang kerja. Memang ada saatnya kok mereka bakal ngelarang kita hahahah. Yang penting jangan abaikan hak waktu mereka bersama kita di luar jam kantor yak. Mangaaaat.

3 comments on "Menjelaskan " KERJA" Pada Anak"
  1. Jadi working mom emang serba salah kayanya mba windi. Anak ngga mau ditinggal, aku galau. Anak mau ditinggal bahkan sambil dadah2, aku kray. Aku memang buibu labil T_T

    ReplyDelete
  2. jadi ibu artinya kudu pinter berdiplomasi sama anak ya,kakwind.. kadang jawaban standar aja gak masuk di akal mereka, jadi kudu pinter2 spik dan memahamkan anak terhadap suatu masalah.
    syusyah yaaa.. hehehehe..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature