Persahabatan Dunia Kerja

Monday, November 27, 2017



Bagi para pekerja, kantor adalah rumah kedua yg mau ngga mau harus dicintai dengan sepenuh jiwa dan raga. Mau gimana?, kadang waktu yang dihabiskan dalam sehari itu lebih lama di kantor daripada di rumah. Makanya suasana kantor dan orang-orang di sekelilingnya pengennya bener-bener kondusif biar selama di kantor bawaannya hepi dan ngga mutungan.

Saya termasuk orang beruntung lho karena pindah-pindah kantor di beberapa kota dapet rekan kerja asik-asik banget semua.

Sebenernya asik ngga asik itu tergantung kita sih. Kalau kita udah negatif thinking duluan pas masuk kantor pertama kali, bisa jadi dapetnya temen-temen yang nyebelin, tapi kalo dari awal kitanya juga welcome dengan mereka , mudah-mudahan seterusnya jadi enjoy.

Dulu saat penempatan pertama kali di BRI, saya kedapetan penempatan di BRI Unit. Rekan kerjanya udah tua, laki-laki, cerewet banget dan pemarah, wahahaha kombo bangetlah. Saya yang anak baru suka gelagapan kalau udah diperintah-perintah doi, padahal jabatan kita setara hanya dia senior kan yah itungannya.

Karena masih anak baru, segala kerjaan dikasih ke saya semua, tapi untungnya saya kan fresh graduate jadi ya seneng-seneng aja walau kerjaan berjibun. Awalnya saya suka sewot sama blio, suka merepet-merepet sendiri dalam hati, tapi lama-lama saya mikir " Ah wajarlah dia agak nyebelin, dia pasti punya masalah makanya seumur gitu jabatannya masih kayak aku yang baru masuk, ya udah kayaknya dia lebih butuh didukung deh sama aku. Selanjutnya ya di unit malah jadi ketawa-ketawa kalo sore, xixixi.

Yup, karena terkadang orang-orang nyebelin itu ngga sepenuhnya karena ngga suka kita, tapi banyakan karena dia punya masalah dengan dirinya sendiri. Jadi kalo kita malah kepancing jadi bete gara-gara dia kita yang rugi, mendingan kita asikin balik dia, percaya deh, orang-orang kayak gitu cuma butuh dibecandain dan diajak hepi-hepi, :)

Oke, lanjut.

3 bulan di Unit, saya dipindah ke Kantor Cabang, rekan kerjanya udah ibu-ibu, cantik dan cekatan banget. Atasannya bapak-bapak yang lucu parah. Dua tahun kerja sama mereka , saya rela datang pagi pulang malam hahaha sangkin senengnya di kantor. Padahal usianya jauh banget, usia saya itu sama dengan usia anaknya si bapak tapi becandanya kayak sama teman sebaya, makanya si bapak awet muda, si ibu bahagia, sayanya juga hepi.


Kiri Bu Evi, Kanan Kak Martha
Atasan pas di Tebing. Laaf

Dua tahun di Kantor Cabang, saya ikut pendidikan PPS BRI. Dapat teman sekamar cewek super adorable, namanya Deby. Duh dia udah sering banget ya saya ceritain di blog.

Saya dan Deby kebetulan sama-sama sudah menikah, hanya saya belum punya anak, Deby anaknya udah satu masih piyik banget. Jadilah kami dua orang mamah muda jauh dari suami sedang menuntut ilmu. Wah bener-bener bersyukur dipertemukan sama blio, karena selama pendidikan kerjaan saya kan kalo ngga nelfon, nangis hahahaha. Iya, karena awal-awal mutusin ikut PPS ada perasaan nyesel, soale saya ninggalin suami sendirian di belantara kebun sawit Sumatera, jadi ada rasa bersalah banget saat itu.

Karena sama-sama udah nikah jadi dari awal kami bikin perjanjian " Kita saling jaga ya", hahaha bukan apa-apa, karena kan kita pendidikan atas ijin suami jadi ngga boleh mengkhianati kepercayaan mereka , makanya saling mengingatkan kalo ada apa-apa. Termasuk kalau duduk di bis dari hotel menuju Diklat harus selalu satu barisan, biar ngga rikuh kalo misal ada temen cowok yang mau duduk di sebelah kita (tepatnya mau duduk di samping Deby sih hahaha, karena dia kece parah).

Deby my laaf. Tempat curhat dari A sampe Z
Seangkatan, Satu Kanwil pulak penempatan


Penempatan pertama setelah pendidikan dapat di Kantor Pusat. Rekan kerja saya anak lajang semua , satu bapak-bapk, satu mba-mba dan satu ibu-ibu. 

Dulu di Kantor Pusat lucu deh, kan ruangan kerjanya itu bentuknya ruangan gede trus ada kubikel-kubikelnya ya. Jumlah pekerjanya satu Divisi juga ngga banyak-banyak amat, paling sekitar 50-an orang. Suasana kerja di kantor pusat tentu bedalah dengan di kantor Cabang apalagi di BRI Unit. Di sana kan lebih ke monitoring, pembuat kebijakan, jadi kerjaannya itu bener-bener yang duduk di depan komputer, makanya suasana kantornya tuh heniiiing, sampe kalo nerima telfon aja sungkan banget ngomong keras-keras karena bisa kedengeran satu ruangan.

Saya yang kebiasaan kalau ngomong volumenya ngga terkontrol sempet merasa tersiksa, ahahaha, duh ini mau ngobrol sama temen depan kubikel aja bisik-bisik lho, karena ngga enak sama rekan kerja lain.

Dulu saya tuh akrabnya sama mas Gun dan Mas Argi, soalnya duduknya segitiga gitu, di samping saya mas Argi, di depan mas Argi -mas Gun. Jadi kalo cerita walau bisik-bisik tetap kedengeran. Cuma kadang capek juga bisik-bisik, jadi kami suka yang " Ke tangga yuk ngobrol" hahaha. So satu-satu menghilang dari meja, mlipir ke tangga darurat, ngobrol di situ volume suara ngga perlu dikontrol banget, karena ya siapa cobaaa yang nongkrong di tangga darurat.

Ngomongin apa?

Ngga pentinglah, cuma sekalian kayak coffee break gitu kalo bosen di depan komputer.

Tapi, saya ngga lama sih di sana. Setelah mas Gun mutasi, ngga lama saya juga mutasi ke Medan. Bahagianya luar biasa bisa pindah ke Medan, karena selama 2 tahun saya udah LDR-an sama suami Medan-Jakarta, akhirnya bisa ngumpul lagi.

( Baca : Mutasi )

Pindah dari Jakarta, saya jadi AO di Rantau Prapat. Ketemu temannya ya sesama AO. Lagi-lagi temennya anak-anak lajang, masih muda-muda banget, semangat kerjanya masih membaralah.

Dulu tuh model meja kerjanya kayak anak sekolah. Meja kursi model berbaris ke belakang. Nah saya paling depan duduknya, trus berjejer ke belakang, si Rio, Jul, Budi, dan di belakang bang Marbun. Kalau pagi kami punya ritual konyol, saya duduk nih di depan, trus mereka duduk di meja masing-masing, udah komplit saya kasih aba-aba " Lengkaaaap, Berangkaaaat, ngeeeeng ", wakakakaka kayak bocah aja. Karena beneran posisinya kayak naik angkot, saya supirnya, bang Marbun keneknya xixixi.

Yang paling bikin bahagia ya selama di Rantau Prapat, disitu kan kebetulan saya hamil setelah 5 tahun nunggu-nunggu si jabang bayi, jadi mereka tuh yang baik banget, kalau OTS saya pasti ditemenin, soalnya wilayah kerjanya kan serem parah, kebun-kebun kelapa sawit gitu. Pokoke pergi OTS jam 7 pagi, balik kantor udah gelap. Tiap hari. Kalau dipikirin sekarang pasti rasanya capek banget, hamil muda, OTS, jalannya jelek, tapi kok ya saya kuat, hamilnya malah sehat banget, alhamdulillah ya.

Cerita paling lucu tuh saat saya pertama datang. Penempatan dari Kantor Pusat ke Kantor Cabang. Pake high heels, pake blazer, diajak OTS ke kebun sawit yang jalannya super jelek, sakit perutlah di jalan saya. Jalannya yang tanah merah gitu lho, saat itu kemarau, ya udah jangan ditanya abunya gimana.

Kulagi hamil itu. Ini orang2 yang nemenin kalo OTS


Nyampe rumah debitur, karena niatnya cuma bentaran doang, kaca mobil ngga kami tutup, biar ngga panas banget ceritanya. Saat mau pulang, gitu masuk mobil, saya kaget banget, ADA AYAM NANGKRING DI DALAM MOBIL. Aduuuh gila mah itu saya kaget sampe teriak-teriak. Sama bang Marbun diketawainlah. Sumpah itu pengen nangis banget waktu itu. Soalnya di jalan udah kena debu setebel apa, nyampe rumah nasabah ketemu ayam di dalam mobil pula. Beneran ini lucu kalo diceritain tapi pas dialamin, horor.

Di Rantau Prapat ini banyak banget kejadian seru yang saya alami, termasuk dimaki-maki nasabah karena saya salah ngomong. Jadi ada nasabah yang nunggak, pas kebetulan dia lagi berangkat haji. Nunggaknya sih angsuran sebulan yah 2 jutaan gitu, tapi kan kalo di portofolio saya, tunggakannya diitung jumlah pokoknya, pokoknya itu 2 Milyar, jadi mak dudul tunggakan kelolaan saya naik 2 Milyar. Peninglah ya kepala. Padahal saya udah wanti-wanti sebelum dia berangkat haji jangan lupa titipin uang angsuran ke keluarga, atau cadanginlah di tabungan. Ternyata dia ga nitip samsek.

Pulang dari haji, masih nunggak juga, saya datangilah ke rumahnya. Disitu saya ngomong " Bapak usahain bayar dong, harusnya sebelum haji tinggalin duitlah pak, masa kita ibadah tapi malah melupakan kewajiban", kira-kira gitulah kalimat saya.

Eh dia ngamuk, " Ibu jangan gitu ya, jangan kait-kaitkan haji saya dengan tunggakan, saya daftar haji udah sekian tahun yang lalu, jadi jangan ibu anggap uang haji saya dari cadangan uang angsuran kredit, lalalala"

Duh saya pengen garuk-garuk tanah. Kenapa lebih galak doi dari saya, dan saya samsek ngga bilang duit haji dia dari angsuran lho. Tapi ya sudahlah namanya kredit sudah dicairkan itu, bargain ada di nasabah, makanya saya ngalahlah. Ngalah setelah dipaksa temen untuk ngalah hahahah.

Anyway akhirnya saya mutasi maning, ke Kantor Wilayah.

Dapat rekan kerja super gokil. Disitu temen kerjanya masih bawahan saya semua usianya, kabagnya perempuan. Ga ada yang waras sama sekali, semua kalo ngomong, volumenya di 10 kabeh, wahahaha, ngga heran kadang dikira lagi berantem, padahal lagi ngobrol biasa tapi tereak-tereak, xixii. Saya seneng banget pas di bagian ini, karena bawaannya hepi terus.




Ini balapan Belanja. isinya pampers semua, karena anaknya piyik kabeh


Macem ga punya masalah hidup


3 tahun di bagian itu, saya dipindah maning ke bagian penanganan kredit bermasalah. Cuma 6 bulan sih, tapi dapat kabag yang orangnya lucu suka becanda, jadi ya seneng juga. Disitu pokoke kerjaan kita makan-makan aja. Makan is life lah mottonya.


Pas Di Bagian RPKB ini, isi album foto saya makan-makan semua hahahah

Pokoke isinya hepi-hepi terus.

Ngga lama saya promosi dan harus pindah ke Kantor Cabang lagi, saya sempet khawatir. Karena sempet dikasih tau temen saya yang duluan promosi " Win, ntar pertama kali kamu ke cabang, perasaan yang kamu rasakan itu KESEPIAN, soalnya kamu di situ kamu ngga punya temen yang bisa diajak tuker pikiran. Mau curhat ke anggota pasti ngga enak, curhat ke atasan ntar dianggap memble, kuat-kuatin diri deh"

Yaaa dinasehatin gitu kan bikin keder ya.

( Baca : Cerita Mutasi )

Tapi ternyata itu ngga terjadi. Gitu masuk kantor Cabang, ternyata ada 3 Manager yang sudah duluan di situ, jadi saya ngga sendirian hahahaha. Dan ya merekalah jadi temen curhatnyaa. Ya bener juga sih, masa iya pas punya masalah kita curhat ke anggota, kan ngga lucu yah. harusnya mereka dapat motivasi dari kita bukannya dengerin masalah kita. Makanya enaknya ya cerita ke mereka-mereka ini.

Temen sarapan sambil nggosip

Dari nyeritain bawahan, gosipin atasan, sampe cerita ngga penting nyek-nyekan target masing-masing.

" Gila lu ya, lu pendidikan cabang langsung laba, lu ada di sini malah rugi, lu resign aja kenapa"

Ini becandaan paling bener tapi bullying banget hahahaha.

Atau ngga " Win kayaknya lu ada sama lu ngga ada ngga ngaruh deh, mikro bisa jalan tuh tanpa elu, lu ke salon aja sana tiap hari"

Ini candaan paling ngga kelas, huh.

Dari ngomongin kerjaan, ngomongin anggota sampe nyariin jodoh
Geng Sepedaan


Pantes yah kalau ada yang bilang sebenernya enak ngga enaknya kerja itu bukan tergantung target yang diberikan perusahaan, atau tergantung besar kecilnya gaji, tapi kenyamanan bekerjalah yang paling menentukan betah ngga betahnya seseorang di kantornya.

Makanya bersyukurlah kalian-kalian yang dapat rekan kerja nyenengin dan bisa bikin tetap ketawa-ketawa walau semenit yang lalu baru dikeramas atasan. karena itu anugerah no 12 yang harus disyukuri dalam hidup.

Kalian rekan kerjanya asik-asik atau malah malesin?.













3 comments on "Persahabatan Dunia Kerja"
  1. rekan se departemen asiekin mbak, tp cowo-cowo semua, gak enak kalo curhat masalah perempuan sm mereka mah

    ReplyDelete
  2. Asiiik. Karena temen-temennya pada gila. hehe.
    Emang iya Kak Win, punya temen baik di kantor itu adalah salah satu sumber kebahagiaan hidup lah pokoknya. Kerja jadi betah dong. :D

    ReplyDelete
  3. Aku bacanya ikutan seru. Dan endingnya paling bener. Rasanya seberat apapun pekerjaannya, kalau suasana kantor itu nyenengiin serasa kluarga sendiri itu bikin betah dan bisa kuat. :)

    Dan aku juga pernah ngalamin kerja yang rekannya nggak dukung. Dipojokkin, disyirikkin, difitnah pun iya saking ga sukanya sama aku. Entah :'( Padahal aku anak baru di sana.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature