Bayar Tol Tinggal Tempel

Tuesday, September 12, 2017
Hal-Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Uang Elektronik

Halooo banker's Life hadir lagi nih, maaf yak udah lama absen.

Apa yang lagi hot nih tentang perbankan?

Iyes, kalau lihat timeline sih lagi wara-wiri yang share soal rencana aturan pemakaian uang elektronik untuk pembayaran tol. Jadi mulai tanggal 01 Oktober 2017, pemerintah melalui BI dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memberlakukan aturan pembayaran di jalan tol Indonesia hanya menggunakan uang elektronik saja, alis cash dilarang masuk.



Respon netizen macem-macem, ada yang senang, ada yang bingung, ada yang bengong.

Ada yang nanya " Wah gimana kalau pas kebetulan udah di tol ternyata saldo e moneynya kosong?"

" Gimana kalo lupa bawa e money ", dan sebagainya dan sebagainya

Waaa seru ini.

Sebenernya ngga perlu ditanggapi dengan risau sih, yang namanya mau menuju ke arah yang lebih baik, ya harus ada uji cobanya yak. Mungkin di awal-awal bakal heboh dulu, mungkin ada yang ketinggalan kartu, bisa jadi ada yang saldonya tiba-tiba habis dan ga inget isi ulang, tapi ga apa untuk awal-awal beberapa bank banyak yang standby di pintu tol kok, jadi jangan khawatir dulu ya.

Makanya yang belum punya uang elektronik ayo mulai sekarang pakai uang elektronik ya.

Sebagai pegawai bank yang baik budi, saya mau sharing soal uang elektronik nih, siapa tau ada yang belum tau atau malah belum pernah denger sama sekali. Baca ya biar lebih kenal sama produk bank yang satu ini.

Apa itu uang elektronik?

Uang elektronik atau yang sering disebut e-money ini adalah produk dari bank yang fungsinya sama seperti uang tunai yang dapat dipakai di merchant-merchant yang ada EDC atau card reader bank tersebut

Besar saldonya dibatasi oleh BI hanya sebesar Rp 1 juta saja per kartu.

Di BRI namanya BRIZZI. Saya ngga bahas punya bank lain ya, maklum eikeh cintanya sama bank BRI, bukan bank tetangga wahahahaha.

Ini penampakan kartu Brizzi. Macem-macem banget gambarnya, biar nasabah ngga bosen lihatnya.





Bagaimana cara mendapatkan Kartu Brizzi?

Brizzi dijual di bank BRI. Kamu bisa datang ke BRI mana saja, tanya ke CS atau satpamnya, beli deh kartu Brizzi disana.

Kartu Brizzi ini dijual kosong seharga Rp 20 ribu, nah biar ada saldonya kamu harus melakukan top up. Top upnya bisa melalui EDC BRI ataupun melalui mobile banking.


Cara Top Up

Kalau pakai mobile banking/ internet banking BRI berarti kamu harus punya rekening BRI, caranya seperti ini.








Selain internet banking, pakai mobile banking juga bisa yah.

Ngga punya rekening BRI?

Kalau kamu ngga punya rekening BRI, bisa top up pakai kartu ATM bank mana saja, asal menggunakan EDC BRI. Caranya sama saja, ntar pilih menu pembelian juga sama kayak di atas. Jangan lupa untuk aktivasi dulu ya sebelum digunakan.

Sekarang ini kalau kalian malas ke bank, di beberapa pintu tol ada juga petugas BRI yang menjual Brizzi secara langsung. Ngga perlu top up karena Brizzinya udah diisi saldo, dan siap pakai.


Apakah sama dengan kartu debet?

Beda.

Kalau kartu debet, nasabah harus punya rekening dulu untuk punya ATM nya dan harus ada saldo di rekening BRI, kalau kartu Brizzi nasabah ga harus punya rekening di BRI, siapa saja bisa memilikinya.

Jadi yang saat ini belum punya rekening di BRI pun ya bisa memiliki Brizzi, karena dia bener-bener kayak uang tunai. Namun biar lebih asoy sebaiknya sih buka rekening dulu biar ntar gampang top upnya *wink

Dimana saja bisa digunakan?

Kartu Brizzi ini bisa digunakan dimana saja sepanjang ada EDC BRI nya. Bisa digunakan di merchant-merchant, di gerbang tol, di tempat parkir, di Indomart, Alfamart, pokoke sepanjang ada EDC BRI, maka bisa digunakan.


Cara pakainya tinggal di tap ke reader Brizzi nya, masukin jumlah uangnya , ntar saldo di kartu akan berkurang. 

Bisa direedem ngga ?

Bisaaaaa.

Kalau misalnya nih kamu lagi bokek, tapi saldo di Brizzi kamu lagi banyak, bisa kok kamu redeem, tapi harus ke teller BRI ya. Datang aja ke CS nya, ntar disuruh isi form, lalu dicairkan deh di teller. Jadi fleksibel banget


Apa saja keuntungan pakai Brizzi


Waduh banyaklah.


  • Praktis tentunya, kamu ngga harus kemana-mana bawa uang tunai. 
  • Bisa dimiliki siapa aja tanpa harus punya rekening bank. Ngga perlu pake PIN dan ngga ada kadaluarsanya. Tapi dia akan pasif kalau tidak digunakan selama setahun penuh. Ya masa sih ngga digunakan setahun kan yah.
  • Bisa banget lho digunakan buat ngatur pengeluaran bulanan. Misal nih kamu punya beberapa kartu Brizzi. Yang satu buat bayar toll, yang satu buat alokasi kalau pakai angkutan umum ntar Trans Jakarta, Commuter Line, atau saat kamu ke Jogja mau pakai Trans Jogja misalnya. Trus kartu lain kamu alokasikan buat belanja bulanan di Alfamart atau Indomart, atau di Carefour, terserahlan. Nah jadi teratur kan keuangannya. 
  • Banyak banget diskon di merchant-merchant yang kerjasama dengan BRI. Ada diskon di tempat-tempat kuliner kayak Medan Napoleon, Burger Gaboh, Burger Caffe, si Bolang Durian, Pelawi Durian, banyak deh, saya sampe ngga hapal ^_^

    Mau info lebih jelas soal promo Brizzi bisa dilihat di IGnya BRI nih khusus untuk promo-promo seru yang ada.. http://instagram.com/promo_bri_medan.
( Baca : Medan Napoleon, Oleh oleh Kekinian dan Halal dari  Medan )

Nah udah dijembrengin tuh A-Z tentang Brizzi. 

Balik maning ke pertanyaan di awal tadi, gimana kalo tiba-tiba pas udah masuk tol eh ternyata saldonya kosong?

Wew, makanya gunakan mobile banking BRI untuk cek-cek saldonya. Kamu bisa gunakan hape yang ada fasilitas NFC nya untuk langsung cek saldo, buka mobile banking, pilih menu Brizzinya, tempelkan kartunya, langsung terlihat saldonya.

Hape yang punya fitur NFC itu setau saya sih Hp android kayak Samsung, Sony, Xiaomi tapi lihat-lihat typenya. Cara mengetahui hape kita punya fitur NFC atau ngga, seperti ini :

Masuk ke menu Settings > Wireless & Networks > lalu klik More. Fitur NFC akan terlihat jika smartphone kamu mendukungnya.



Kalau ngga ada?

Ya belilah ah.



YANG PERLU DIPERHATIKAN NIH :

JANGAN LUPA AKTIVASI DEPOSIT SEBELUM MENGGUNAKAN KARTU ELEKTRONIK, APAPUN JENIS KARTU ANDA.

Ini harus diinget ya frend, jangan sampai merasa udah top up trus lupa aktivasi. 


Gimanaaa, udah siap belum buat hidup cashless?

Oya lupa, Brizzi ini bisa banget lho kamu jadikan hadiah buat orang terkasih , eeeaaaa.Hari gini orang dikasih e money pasti hepilah.


APAAAA ngga ada yang ngasih kamu Brizzi???


Baiklah, karena ngga ada yang ngasih kamu Brizzi, saya bakal kasih kalian Brizzi gratis untuk orang yang beruntung


Caranya ?

  1. Share dong tulisan ini, biar banyak yang baca jadi banyak yang tau soal ketentuan bayar tol pake elektronik money, aka Brizzi. Sharenya boleh dimana aja, boleh di FB, di Twitter, terserah. 
  2. Follow akun Instagram akuh ya → @winditeguh, buat apa? biar kalian bisa baca pengumuman pemenangnya.
  3. Follow juga akun IG  → @promo_BRI_Medan, biar kalian ngga ketinggalan info promo yang sedang berlangsung.
  4. Jawab pertanyaan saya di komen postingan ini : " Kalian pengen Brizzi bikin promo di mana aja? dan kenapa?"
  5. Sertakan data diri ya biar saya gampang mention kalau kamu menang :
    Nama :
    Akun IG :
Pemenangnya yang nentuin saya sendiri. 

Hadiahnya ?

Ada 5 BRIZZI dengan nominal @Rp 50 ribu 

Periode : mulai hari ini sampai hari Minggu tanggal 17 September 2017
Pengumuman : Hari Senin, tanggal 18 September 2017.



Jadi..kalau mau bayar tol tinggal tempel pake apaaaa?

Pake BRIZZI lah 😍😍

21 comments on "Bayar Tol Tinggal Tempel"
  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen banget brizzi ada promo di giant,super indo sama matahari biar bisa gampang belanja bulanan �� plus punya simpanan dikala kita tergiur sama discount2 yg merajalela
      Nama Reni Yuliani
      Ig : Reni Yuliani

      Delete
  2. Pengen ditempat makan yg lg hits,enak dan murah..supaya bgitu lapar langsung ingat brizzi.
    Nama: opterina
    Ig : @opte.rina

    ReplyDelete
  3. Pengennya brizzi ada promo di restaurant seperti nelayan atau makanan cepat saji seperti kcf/mcd/aw.karna disana jarang sekali perusahaan baik perbankan maupun non bank buat promo disitu.kalo kartu kredit di tempat itu sudah biasa bu.tp kalau brizzi byk blm tau,ha disitulah kt menjelaskan dan memperkenalkan produk kita.terima kasih😊
    Nama : andi lubis
    Ig: andi_lubis_

    ReplyDelete
  4. Poin 1,2 dan 3 done yaa~

    Pengennya sih Brizzi ngadain promo diskon/cashback gitu untuk setiap pembayaran menggunakan Brizzi di alfamart atau indomaret.

    Kenapa di 2 merchant di atas? Ya soalnya 2 merchant itu yang paling gampang ditemukan dan ada di mana-mana hehehe.

    Nama: Andy Hardiyanti
    IG: @andyhardiyanti

    ReplyDelete
  5. Pengen brizzi adain promo di tempat-tempat baby shop, tempat makan yang lg in sekarang.hehehe supaya bisa irit sedikit untk belanja keperluan dede bayi. 😀 terima kasih.
    Nama : ingrid valentina
    Ig : ingridlasse

    ReplyDelete
  6. Pengen Brizzi promo ke perumahan-perumahan. Untuk mengenalkan brizzi pada penduduk di sana. Umumnya orang-orang yang tinggal di perumahan banyak yang bepergian ke luar kota. Jadi mereka butub sekali info tentang Brizzi ini 😃

    Nama : Yeni Sovia
    IG :@yenisovia

    ReplyDelete
  7. Pengen banget ketemu promo brizzi di all the name swalayan.biar jd pada tau keuntungan pake brizzi,bisa mengontol alokasi dana belanja biar nggak membengkak hehe

    Ig ; nandamentarii_
    Nama : nanda mentari

    ReplyDelete
  8. Udah pake juga tp brand lain. etapi ini bisa redeem ya? asik atuh yaa

    ReplyDelete
  9. Wah mau banget punya Brizzi lagi karena dulu pernah punya dan hilang. pas banget kampusku dukung transaksi non tunai. Di kantin pun harus pakai kartu macam ini. Dan kalau naik Bus Trans Lampung khusus Brizzi cuma Rp. 1. Mayan banget.

    Pengen Brizzi promo di warung tetangga gang. Tapi kayaknya masih jauh dari angan. Terus di pasar juga memungkinkan nih. Andai di pasar bisa transaksi non tunai, nggak perlu lagi pusing sama uang kembalian yang kadang jadi bikin timbunan koin yang menggunung. Selain itu juga mengedukasi masyarakat yang lebih luas lagi nih. Terus yang paling masuk akal nih, di warung kopi dan makanan harus banget bisa pakai Brizzi. Apalagi warung kopi atau makanan kalau banyak kontaminasi kuman dari uang kan menjijikkan.

    Nama: Rinda Gusvita
    Instagram: @vitarinda

    ReplyDelete
  10. Aku kan sering nonton di drama koreyaa gitu yah mba bayar apa2 tinggal ditempel aja hapenya. Nah itu bedanya ama e-money apa ya? Aku cuma tau pake nfc tag juga 😁

    Btw aku pengen punya Brizzi karena.. Pengen nyoba fitur nfc dong di hape HAHAHA. Hape aku lenovo vibe btw udah ada nfc-nya 😂😂😂

    Nama: Lulu Khodijah
    Instagram: @lulukhodijah

    ReplyDelete
  11. Mbak windi,pengennya mah brizzi promo di gramedia atau toko buku sejenis,kan jarang ya ada promo di toko buku kecuali lagi cuci gudang. Di pom bensin juga enak tu mbak klo bisa pakai brizzi n ada diskon. Kayanya ga pernah ada promo deh klo beli bensin. N kembalian 100 200 perak itu ga diembat sama petigas yg ngisiin bensis. Hehehehe

    ReplyDelete
  12. Ihh baru tahu klo bisa diredeem donggggggg.. Selama ini pake punya tetangga, ternyata ga bs buat di pake e toll. Ngok..

    Pengennya Brizzi bikin promo di swalayan atau supermarket. Maklum, mamak mamak. Jadi, uang bulanan buat belanja bulanan sampe ke popok bisa diatur. Gaji masuk langsumg alokasiin ke Brizzi buat belanja bulanan. Jd cukup bawa Brizzi aja kalau belanja keperluan rumah.

    Nama: Deny
    Ig: denyuliansari

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyaak bangeet ya fungsi dan keuntungan Brizzi, kirain cuma buat tol dan bayar bis doank hahaha😱
    Pengeen dong Brizzi bikin promo di Giant dan ditempat-tempat makan yang instagramable nan rekomend,tempat makan cepat saji boleh jugaa.👏 Kenapa?
    Soale buat belanja belenji emang lebih suka di Giant karna dekeeet.😂 Nah kalau buat tempat makan yg rekomend ya soale saya walau kurus kayak mie bihun begini saya termasuk hobi makan mbaa, jadi kalau lagi bosen makan di mess/malas bawa bekel, makan diluarlah solusinya. 🙃
    Dengan Brizzi transaksi jadi lebih gampang dan fleksible, irit tenaga waktu dan duit pastinyaa, apalagi kalau ada promo/diskon yang lumayan hahaha (maklum masih mental mahasiswaa).😍 Dan masuk akal bangeet, dengan Brizzi juga kayaknya saya bakal lebih bisa memanage duit tuk kebutuhan sehari-hari dan duit yang bakal saya tabung nantinya biar nggak nyatu trus abizzz deh.😪

    Nama: Yolanda
    Ig: @yolandasonyasujais

    ReplyDelete
  14. Postingan nya keren mbak windi. Salam kenal dari Rantau Prapat, di sinibangku juga banyak diskon pake BRIZZI sd 20%. GOKS!!!

    Pengen diskon di XXI mbak, biar tambah murah meriah kalo nonton.

    IG: @anwardanuarta

    ReplyDelete
  15. aku mlh khawatir klo pake emoney tambah boros, wakaka

    ReplyDelete
  16. Dompetku tebal isinya kartu semua hihihi..
    Lebih praktis emang mb..

    ReplyDelete
  17. Kirain brizzi udah bisa dipake di giant.. Ternyata belum yaa... tambahin dong merchant brizzi, giant salah satunya
    Nama: Parys
    IG: almeeraline

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature