The Best Things After Turning 30

Wednesday, June 7, 2017
Life Begin After 30

Kata orang hidup itu baru dimulai di usai 30 tahun.

Benarkah?



Dulu saat saya masih usia 20an lah ya, setiap melihat orang-orang usia 30 itu seperti melihat sosok dewasanya manusia. Di usia tersebut sepertinya orang terlihat lebih mature, tenang, dan..... tua.

Iya, kelihatan tua, rasanya kayak udah ibu-ibu bangetlah kalau udah 30 tahun.

Makanya saat ultah ke 30, tiga tahun yang lalu, saya panik. Oh, shit i turned to 30 years old, damn, what should i do.

Hwaaa aku dah 30 tahun, apa yang sudah kulakukan sepanjang 30 tahun ini, dan aku TUAAAAAAAAAAAAAA, AAAAAAAAk.

Baca Punya Gesi :


Iyes, hal yang paling menakutkan bagi saya adalah menjadi tua dan tidak berfaedah. Alias tua-tua sendiri ngga ada manfaat dan pencapaian.

Setelah 3 tahun melewati usia yang bisa dibilang mendebarkan ini, banyak hal yang bisa saya pelajari.

Saya lebih dewasa

Ciyeee ciyeee

Iyalah lebih dewasa. usia 30 itu seperti garis start menapaki hidup ke tingkat lebih tinggi. Kalau main games, kita tuh udah naik level. Ini pembandingnya diri sendiri, bukan orang lain.

Hal yang paling saya sadari perubahannya adalah, cara saya memandang orang lain.

Iya, dulu tuh kalau melihat orang yang entah gaya hidupnya, cara berpakaiannya, cara fikirnya berbeda dari saya, atau berbeda dari orang pada umumnya, saya pasti bakal ngedumel dalam hati, dan sibuk menilai si orang tersebut.

Misal ya saat melihat teman kantor selingkuh, saya pasti yang sok mau jadi penasehat gitu, dan sok mau jadi penyelamat hidupnya. Merasa dia salah dan harus diluruskan, lalalalalala. Pokoknya merasa dia salah, dan harus diingatkan. Tanpa sadar saya ngejudge dia dalam hati., " Jadi orang kok ngga bisa setia sih"

Biasanya dulu saya akan otomatis menjauhinya. Maleslah deket-deket sama orang selingkuh, ya masa orang ngga setia ditemani sih.


Kalau sekarang, udah beda banget saya memandangnya.

Saya tetap berpendapat selingkuh itu salah, tapi saya udah ngga ngejudge lagi. Dalam pikiran saya yang ada malah, " Hmmm mungkin dia punya masalah yang aku ngga tahu", Saya jadi bersikap bahwa itu adalah urusan pribadinya, who i am to judge her or him.Biarkan ia menyelesaikan masalahnya, toh ia sudah dewasa.  Sebagai teman , ya saya tetap berteman seperti biasa. Alih-alih menyudutkan dia, saya malah memilih untuk lebih sering jalan bareng mungkin dengan dia. Ya kali dengan begitu dia jadi males selingkuh, kan udah ada teman ngobrol dan main, lol.


Keusilan Berkurang

Ini masih berkaitan dengan soal dewasa.

Mungkin karena udah makin banyak orang-orang yang ditemui, makin banyak mikir dan makin banyak pengalaman, membuat keusilan saya untuk ngurusin hidup orang lain jauh berkurang.

Dulu kalau lihat teman yang gajinya sama dengan saya kok gaya hidupnya mewah sekali, nongkrong di cafe keren tiap weekend, beli barang always bermerk, tapi kok pas jam makan siang kantor irit bener, pasti dalam hati udah ribut sendiri, nyinyir.


" Ih kalo aku ngga akan mau gitu, ngapain demi gaya, gaji kok malah abis gitu"

Iya seusil itu.

Kalau sekarang mah woles. 

Sekarang tuh mikirnya lebih ke, ya setiap orang pasti udah taulah konsekuensi apapun yang dilakukannya. Dan menyadari bahwa setiap orang punya standard hidup yang diyakininya, lha ngapain saya rese.

Teman beli tas bermerk misalnya walau kita tau gajinya sama, ya ngapain diusilin, biarin aja mah, duit-duit dia, ngga ganggu hidup gue juga. 

Dia mau sok nggaya nongkrong di cafe keren demi update di path or Instagram, ya apa jadi  masyalah buat gw. Kalau memang itu membuat hidupnya bahagia, so what?, kok saya harus rese.

Beneran, usia 30 tahun ternyata membuat saya suka yang mikir " Ah elah hidup udah ribet, ngapa gw harus diribetin dengan meribetkan hidup orang, dengan pilihan orang"

Cenderung selfish sih, tapi versi dewasa, bahwa setiap orang punya cara hidup masing-masing.

Kalau saya nyaman dengan gaya hidup biasa-biasa aja, ya ngga berarti orang lain harus begitu.


Gambar dari Sini


Ngga Terlalu Peduli Dengan Omongan Orang

Gambar dari Sini


Jujur aja, point ini adalah hal yang paling saya syukuri dari usia 30 tahunan. 

Ternyata waktu hidup berbanding lurus dengan space otak dan perasaan, lol.

Iya, semakin tua, ternyata kapasitas otak dan hati kita dalam merespon lingkungan semakin luas sekaligus semakin sempit.

Iya, jadi cara pandang kita makin luas, sekaligus kita mikirin space otak yang terbatas, ngga boleh disia-siain untuk mikirin hal ngga penting.

Jadi, kalau dulu, mau melakukan apa-apa, yang terfikir duluan itu, apa ya pendapat orang.

" Ih kalau aku ngga ikut karakoen bareng teman, apa ya kata mereka, jangan-jangan mereka nganggap aku sombong"

" Kalau ntar ada yang bertamu ke rumah, trus lihat rumahku ngga punya perabot, apa ya kata mereka, masa percuma suami istri kerja, rumahnya ngga ada isinya"

Sekarang boro-boro mikirin isi rumah, yang lebih dipikirin malah gimana biar di rumah bisa istirahat dengan tenag aja, hahaha




Lebih Simpel

Percaya ngga percaya, after turning thirty hidup itu kok malah jadi lebih simpel.

Berpakaian jadi lebih simpel. beneran, dulu saya ribet banget lho soal pakaian. Ribetnya bukan berarti pakai baju macem-macem yang gimana gitu. Tapi ribet mikirin, eh kalau aku pakai baju ini, ngga cocok ah sama acaranya, pakai baju itu ngga pas sama udaranya, sama cuacanya. Pokoke ribet. Karena ini masih ada hubungannya dengan point di atas, masih mikirin omongan orang.

Kalau sekarang ya pakaiannya simpel. Yang mana yang buat saya nyaman ya saya pakai, ngga mikirin orang ntar mikirnya saya sok abege, atau ih udah tua kok sok masih pake jeans, kok jilbabnya ngga syar'i.

Bukan berarti hidup mengalami kemunduran, tapi ya itu, udah males ribet sama hal begituan. Kalau kata kasarnya, " Serah deh orang mau lihatnya gimana, yang tau gimana-gimananya mah guwe"

Jadi lebih mikir ke esensinya. Misal darpada ngeribetin pakaian, gimana kalu berusaha lebih ramah sama orang lain aja. Daripada ribet mikirin panjang pendek jilbab, gimana kalau lebih banyak melakukan hal yang berfaedah aja.



Lebih Woles

Dalam berhubungan dengan orang lain atau bereaksi dengan hal-hal di luar diri saya, saya merasa juga jadi lebih woles.

Kayak misalnya lagi pergi sama suami recananya mau memperbaiki laptop yang rusak, eh sampai di tempat reparasi ternyata ....laptopnya ngga dibawa. Lol.

Kalau dulu, wah udah pasti perang badar lah ini, bisa ngamuk saya. Sekarang mah woles, dibawa ketawa aja, trus lanjut ngadem ke mall.

( Baca : Suami Nyebelin )

Imbasnya juga kebawa di pekerjaan. Dulu mah sama rekan kerja aja, kalau ada kerjan yang ngga beres, saya bisa berapi-api marahnya.

Ia saya kan defaultnya sebenernya pemarah ya. Jadi dulu misal, dikasih kerjaan yang sama sama atasan, trus saya selesai ngerjain, sementara rekan kerja ngga selesai. Waaah bisa terjadi perang dingin, bisa saya diemin tuh orang sampe beberapa hari.

Sekarang mah woles. 

Saya kasih kerjaan ke bawahan, suruh sediain data untuk periode akhir Mei, doi kasih data Juni, karena mungkin dia mikirnya mending ngasih data terakhir aja biar update, padahal memang ada yang mau saya lihat di data bulan Mei. Mungkin kalau ini kejadiannya beberapa tahun yang lalu, udah pasti say bakal langsung ngomel sambil bersungut-sungut bilang " Gimana sih, tadi kan ibu minta data Mei, kok kamu improvisasi sendiri kasih data Juni ", pasti ini mah, saya udah bayangin.

Kalau sekarang, palingan lihat datanya trus bergumam " Yah kok salah sih", udah gitu saya bakal melakukan opsi, cari data sendiri kalau memang butuh banget saat itu juga, atau nunggu besok, minta dia kerjain lagi.

Ternyata woles itu bikin hidup tenang yah dan ngga kemrungsung.

Carpe Diem Seize The Day

Naini.

Sebenernya kesimpulan dari turning thirty itu ya ini

Di usia segini, masa-masa pencaian jati diri udah lewat. karir udah lumayan, rencana masa depan mau ngapain-mau ngapain udah terlihat titik terangnya, walau tentu masih diwarnai sedikit kekhawatiran, bisa ngga ya mencapai goals dana pendidkan anak, dan haji, dana pensiun, namun minimal udah on the track ke arah situ.

Karena less worries, jadinya menimati hidup saat ini itu lebih terasa penting.

Alih-alih sedih mikirin ngga bisa datang ke ultah anak yang sudah direncakan, saya memilih lebih fokus ke apa yang saya kerjakan saat itu biar cepat selesai, kemudian memikirkan ulang tahun susulan.


Alih-alih mikirin kok bisa bulan ini pengeluaran gila banget, saya lebih mikirin ya udah nikmati aja sisa duit yang ada.

Alih-alih mikirin gimana kalau suami macem-macem di masa datang, mending nikmati kebersamaan saat ini.

Live the moment




Wah masih banyaklah perubahan positif yang saya rasakan setelah usia 30 tahun, mungkin ada pengaruhnya juga dengan tingkat kemapanan hidup kali yah.

Kalau dulu mungkin pikiran banyak bercabang. ya mikirin gaji yang belum sesuai keinginan, mikirin kerjaan, mikirin anak yang masih butuh banget perhatian, mikirin eksistensi, lalalala.

Sekarang di kerjaan juga udah mayan settle dan mapan, meski konversinya adalah tanggung jawab lebih gede, tapi jadi lebih tenang aja jalani hidup.




Lihat orang beda pendapat, " Ah biasa itu, namanya manusia, kalau seragam semua apa enaknya"

Lihat orang berbuat salah, " Ah, aku juga dulu pernah salah, mungkin dia lagi diuji biar lebih baik lagi "

Lihat orang norak di sosmed "Ah mungkin itu yang membuatnya bahagia, happy for you juga yah"

Lihat mantan?. " Mantan? Siapa ya, sudah lupa tuh? " wahahahahah




Jadi kalian yang mau memasuki usia 30, jangan khawatir dan jangan panik. 30 memang angka yang mengerikan. It's old, it's scary, remember 10 years from now, YOU WILL BE 40. OMG. but it's chalenging.

Life begins at 30 and you will become a better human being. Trust Me.



Btw kalian tau ngga sih usia saya berapa, wahahahahah

8 comments on "The Best Things After Turning 30"
  1. AKU TAU LAH!!!! hahahahahahahaha

    ReplyDelete
  2. lha Mbak Win nulisnya udah 3 tahun menjalani hidup 30 tahun berarti kan usianya 33.. Tapi harusnya sih 34 ya :p Kalau bener kasih hadiah lho.. hahahha. Peace ya Mbak Win

    ReplyDelete
  3. mbak windi seumuran nih ma aq (33, ya kan ?!) *masih gak yakin,,, selain yang disebutin di atas aq merasa kalo sekarang lebih bisa menahan emosi, dan lebih bisa menerima segala hal dengan pikiran yang positif, sekalipun yang terjadi itu hal buruk.

    ReplyDelete
  4. Oh My... turning 30 itu seswwatu banget. Hihihi.
    Koq, ku belum nyampe 30, tapi cara pandangku udah nyampe beberapa point diatas. :|

    ReplyDelete
  5. Jadi, life begin at 40 udah nggak berlaku nih? Lha aku menuju ke angka itu. Tapi masih berasa muda aja, tuh *padahal nggak mau dibilang tua hahaha

    ReplyDelete
  6. memang bnar sich kalau usia 30 itu .... life begin

    ReplyDelete
  7. Hai Guys dan teman-teman dan sahabat pecinta judi online QIUQIU99
    Agen terpercaya 100% di seluruh indonesia

    QIUQIU99.COM menyediakan 7 game
    AGEN DOMINO,AGEN POKER,BANDARQ,CAPSASUSUN,ADUQ,BANDAR
    POKER,AGEN SAKONG(NEW)

    Deposit dan withdraw hanya rp.20.000
    cepat dan aman

    Bonus Turnover 0,3% Setiap hari dibagaikan
    Bonus Referral 10%+10% Seumur Hidup claim setiap hari jumat

    silakan bergabung ya bagi yang belum terdaftar jadi member QIUQIU99
    jika ada kendala dalam pendaftaran atau kendala lainnya ,Langsung hubungi CS kami
    yang selalu siap melayani anda 24JAM

    -*WECHAT:Qiuqiu99
    -*PIN BB :2BC4317D
    -*FACEBOOK:qiuqiu99.official@gmail.com

    KAMI JUGA MENYEDIAKAN 5 BANK :
    -*BCA
    -*MANDII
    -*BNI
    -*BRI
    -*DANAMON

    BACA JUGA BERITA :SATUKLIKNEWS.COM

    Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk member QIUQIU99 , kepuasan member
    yang utama untuk kami
    Salam hoki dan sukses untuk member baru dan member lama kami semoga semakin
    sukses

    ReplyDelete
  8. Hai Guys dan teman-teman dan sahabat pecinta judi online QIUQIU99
    Agen terpercaya 100% di seluruh indonesia

    QIUQIU99.COM menyediakan 7 game
    AGEN DOMINO,AGEN POKER,BANDARQ,CAPSASUSUN,ADUQ,BANDAR
    POKER,AGEN SAKONG(NEW)

    Deposit dan withdraw hanya rp.20.000
    cepat dan aman

    Bonus Turnover 0,3% Setiap hari dibagaikan
    Bonus Referral 10%+10% Seumur Hidup claim setiap hari jumat

    silakan bergabung ya bagi yang belum terdaftar jadi member QIUQIU99
    jika ada kendala dalam pendaftaran atau kendala lainnya ,Langsung hubungi CS kami
    yang selalu siap melayani anda 24JAM

    -*WECHAT:Qiuqiu99
    -*PIN BB :2BC4317D
    -*FACEBOOK:qiuqiu99.official@gmail.com

    KAMI JUGA MENYEDIAKAN 5 BANK :
    -*BCA
    -*MANDII
    -*BNI
    -*BRI
    -*DANAMON

    BACA JUGA BERITA:SATUKLIKNEWS.COM

    Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk member QIUQIU99 , kepuasan member
    yang utama untuk kami
    Salam hoki dan sukses untuk member baru dan member lama kami semoga semakin
    sukses

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)

Custom Post Signature