Aplikasi di Hape Untuk Ramadhan

Sunday, May 28, 2017
Halooo, hari kedua di bulan puasa nih. Semoga tadi sahurnya lancar jaya ya, ngga kesiangan, ngga kekenyangan dan ngga tidur lagi sehingga kelewatan waktu subuh.



Bulan ramadhan itu kan bulan pengampunan dan juga bulan dimana semua amal ibadah pahalanya dilipatgandakan. Makanya di bulan ini harus kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk banyakin ibadah. Bukan berarti ibadah cuma di bulan ramadhan lho, tapi selagi punya kesempatan menjalankan ibadah puasa, maka disinilah kita jangan menyia-nyiakan ladang pahala yang tersebar luas di sepanjang waktu.


Salah satu hal ringan yang bisa dilakukan adalah memperbanyak sholat sunat dan memperbanyak tilawah.

Nah, karena saya bekerja dan mobile pula, kadang ngga bisa dong bawa Qur'an kemana-mana. Bisa sih, tapi rempong. Tapi untungnya yah sejak gadget merajalela, sekarang semua-mua gampang. Ngga hanya soal nyari ilmu or informasi yang bisa tersedia dimanapun, masalah ibadah pun ternyata bisa banget terbantu dengan gadget. Karena semua sekarang udah ada format digitalnya. Termasuk Al-Quran.

Ada beberapa aplikasi yang saya donlot di hape untuk mempermudah ibadah di bulan ramadhan ini, siapa tau ada yang mau ikutan.

1. Quranesia

Ini aplikasi Qur'an yang menurut saya wokeh bokeh. 

Disini kita ngga hanya bisa baca Qur'an tapi ada terjemahan, dan ada petunjuk-petunjuk yang memudahkan kita mengerti cara membacanya.

Misal tanda surat sajadah. Trus dilengkapi juga dengan kolom catatan, misal saat kita ikut pengajian trus pengen nyatat sesuatu.

Di menunya juga ada menu untuk baca tiap hari atau untuk program hapal Al Quran. jadi kita bisa set, jam berapa kita mau baca Qur'an setiap hari sesuai jadwal kosong kita, trus ntar dia akan kasih semacam alarm, dan kita bakal dikasih ayat yang berbeda-beda tiap hari.

Kalau kita mau program khatam Quran, juga bisa di set, berapa hari mau selesai, dan jam berapa waktu kita baca. Jadi lebih terjadwal. maklum yah kadang kan kita ngga tau nih, niatnya pengen khatam Al Quran saat ramadhan tapi karena ngga rutin sehari itu berapa juz , malah ngga tercapai.

Trus yang paling gampangnya itu, penyajian Qur'annya persis kayak qur'an versi cetak, jadi ada halamannya gitu. Misal subuh ini kita baca sampe halaman 10 trus selesai baca, kita tutup. Ntar siang mau baca lagi, halamannya ga balik ke awal, tapi langsung terbuka di halaman terakhir kita baca tadi, jadi gampang kan buat orang pelupa kayak saya.



Iyaaaa, saya tau yang namanya membaca Quran itu seharusnya dimaknai juga artinya, ngga hanya dibaca doang. Karena saat ini saya kadang baca qur'an aja masih ngga rutin, maka di ramadhan ini targetnya ya dari yang mudah dulu, baca tiap hari dulu.


2. Muslim Pro ramadhan 2017

Ini untuk mengetahui jadwal sholat, jadwal Imsyak dan waktu buka. Bisa sekalian pasang reminder, jadi ngga akan kelewatan.





Jadi tiap waktu sholat langsung ada azannya. Tapi bukan azan keras gitu, dia cuma sebentar doang sebagai pengingat aja.


3. Gojek

Lho kok gojek. Lha iyaaa, ini penting pake banget. Yang belum install segera install, karena ini sangat dibutuhkan untuk pesen makanan, atau ya buat ngojek, xixixi.

Saya pelanggan setia go food sih ya dari dulu, jadi di bulan puasa ini aplikasi Gojek ini pun jadi penyelamat hidup dikala pengen bukaan yang asoy geboy tapi males mikirin macet di jalan.

Nah di bulan puasa ini di menu Go Food itu udah ada pilihan Buka puasa atau sahur, jadi kalo kita klik disitu langsung kelihatan resto apa aja yang buka pas sahur dan resto mana yang buka pas menjelang buka. Jadi bagi anak kos jangan takut sahurnya makan indomie terus ya, hahaha.



Oya jangan lupa bayarnya pakai Go Pay, karena ada banyak resto atau tempat makan yang menerapkan fee delivery kalo bayar pake Go Pay, mayan kan. 

Ga tau cara top up Go Pay?

Pakai mobile banking BRI aja, pilih menu isi ulang, pilih go pay, isi deh nominal sesuai yang kamu mau.




Oya, di bulan ramadhan ini, menggunakan jasa go food beginian bisa jadi ladang pahala juga lho. Misal nih kamu pesen beliin bakso, lebihinlah satu porsi buat si abang, udah membuat abangnya seneng, sukur-sukur blio lagi puasa juga eh ketiban pahala memberi makan orang puasa. Oke sip.

Sebenarnya ga hanya bulan puasa sih, hari-hari biasa juga usahain seperti itu. tapi ini karena tulisannya soal puasa jadi ya memang pas.

4. Web Kupon Atau Potongan Harga

Aduh ini penting banget, lol. Biar bisa dapet harga miring kalau mau makan atau belanja.

Ada banyak web untuk penawaran kupon seperti ini. Yang saya tau, ada groupon.com, dealoka.com. Kalau di Medan ada yang khusus namanya dealmedan.com

Ini web sih ya bukan aplikasi, tapi ga apalah saya masukin.

Dealmedan itu website untuk dapetin kupon potongan harga atau diskon di berbagai merchant khusus di Medan. Nah kalau ramadhan ini mereka banyak ngeluarin voucher diskon untuk menu berbuka di resto-resto atau di hotel. Kalau di hotel itu yang pilihannya all you can eat. Jadi bisalah sebagai pilihan kalau mau buka bareng sahabat.




Itu dulu deh, 3 aplikasi plus 1 web yang di bulan Ramadhan ini membantu banget untuk kelancaran ibadah ( buka puasa termasuk ibadah juga kan ya?).

kalau ada yang mau nambahin silahkan ya, ntar saya masukin.

Selamat puasa semuanya, semoga sukses sampai hari lebaran yaaa.

2 comments on "Aplikasi di Hape Untuk Ramadhan"
  1. Mantapp enak tuh yang Quranesia. Selama ini belom pake aplikasi apa-apa sihh mbaa..tapi insyaAllah bermanfaat aplikasi yg udah disebutin diatas. Terutama...gojek dengan go-food nya. Hahaha

    ReplyDelete
  2. Quran sama alarm yg kepake terus hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature