Tujuan Ngeblog Kamu Apa?

Tuesday, November 1, 2016
Kemarin di acara Durian (Diskusi Ringan Anak Medan), saya kan diminta untuk sharing soal ngeblog. Ternyata disitu ada juga pesertanya yang sama sekali belum punya blog, malah ikut acara ini tujuannya biar bisa tahu ngeblog itu sepeti apa dan giman-gimananya.

Makanya di awal sharing saya tanya dulu peserta, sebenarnya mereka ngeblog itu tujuannya apa sih?

Iya, menurut saya seorang bloger itu harus tahu dulu tujuan awal dia ngeblog itu untuk apa, biar nanti dia tahu juga mau dibawa kemana kegiatan bloggingnya itu.


'Mau dibawaaaa kemanaa..... hubungan kitaaaa"

Yaaak langsooong nyanyi.

Nah masih menurut saya ih. Iyalah ya, ini kan blog saya jadi isinya ya meurut saya semua, wahahaha.

Oke, menurut saya, tujuan ngeblog itu bisa kita bagi jadi 3 golongan besar, kayak di bawah ini.


1. Tujuan Mulia

Iyes, banyak banget bloger yang tujuannya bikin blog itu mulia banget. 

Untuk berbagi, makanya ada istilah Sharing is Caring. Nah bloger yang tujuannya berbagi itu biasanya blognya isinya segala hal yang bisa dibagi. Ya ilmulah, ya pengalaman. Makanya blognya juga biasanya rapiii gitu, tersusun, sistematis. Goals bangetlah.

Selain berbagi ada juga yang tujuan mulianya itu buat mengikat ilmu. Jadi segala yang diketahui ditulis di blog. Ikut seminar diulis di blog, baca buku ditulis di blog. Semacam jurnal gitulah blognya. Kereeeen.

Nah kalau untuk bloger yang punya tujuan mulia ini, menurut saya sebaiknya ia berlatih teknik SEO, biar tulisannya mudah terindex google. Biar banyak yang membaca, sehingga misi utamanya blogging untuk berbagi itu benar-benar terlaksana.

2.Hobi

Ada juga yang ngeblog itu tujuannya untuk menyalurkan hobi. 

Karena dia hobi nulis, hobi curhat, makanya dia buat blog. Untuk menumpahkan segala gundah gulana di hati.

Yang begini ini, biasanya isi blognya cenderung santai, kadang agak menye-menye, xixixi, tapi biasanya orang betah sih disitu, karena merasa lebih dekat dengan si empunya blog. Ya gimana , namanya juga blognya isinya curcol , ya jadi pastilah nyeritain diri sendiri.

Bloger yang punya tujuan ngeblog gini ini, biasanya ngga pusing dengan segala macam ketebelce blogging. Pokoke dia tahunya nuliiiis aja, sebodo teing sama parameter-parameter blog, apalagi sama teknik SEO dan sebagainya. 

Tapi bloger jenis ini nih yang biasanya juga bakal bertahan di segala hempasan dinamika dunia blogging, karena dia  nothing to loose banget, hahaha.

( Baca : Tentang Bloger Remahan Nastar )


3. Bisnis

Yang ketiga, ada bloger yang memang niat awal ngeblognya itu untuk bisnis.

Jadi dia buat blog memang untuk jualan, untuk adsense, atau memang disetting untuk dapat job menulis.

Mereka-mereka ini biasanya ngeblog itu pakai ritme, udah terjadwal, udah ada rumusnya, karena memang tujuannya buat cari duit.

Kalau yang seperti ini, maka dia harus aware banget sama content, dan parameter-parameter blog yang harus dicek setiap sat.

Isi blognya ya ngga jauh-jauh dari isi dagangannya, atau ngga berisi review, dan berisi postingan berbayar.

Mantap.

Nah yang terakhir, ada bloger yang membuat blog karena pengen aja.

Iya, karena pengen aja, ada lho teman saya yang gitu. Bikin blog karena pengen, biar punya, tapi ngga sekalipun nulis, Lol.

Ah sudahlah lupakan.

Nah seiring berjalannya waktu, ntar tujuan ngeblog itu bisa berubah-ubah sesuai kondisi masing-masing. Malah bisa tujuannya ya ketiga hal di atas tadi, di mix campur-campur.

Salah ngga sih?

Ya ngga, santai aja. Karena ngeblog ini kan belum ada juga aturan bakunya, jadi ya suka-suka aja mau tujuannya apa.

Mana tujuan ngeblog yang paling baik?

Ngga ada.

Semua orang terserah, tujuan ngeblognya apa. Bebaaaas.ngga ada yang lebih baik dan ngga ada yang lebih buruk.

Nah karena tujuan ngeblog orang beda-beda, maka sebagai bloger budiman, sebaiknya kita ngga perlu ngurusin isi blog orang lain.

( Baca : Ngeblog Itu Yang Kayak Gini Lho )

Ngga perlu rese dengan bloger yang isinya sponsored post melulu. Alih alih merasa terganggu , mending kita minta ajarin dia, gimana caranya kok bisa dapet job terus.

Terhadap bloger yang isinya curhatan melulu, juga ngga perlu terganggu. Biarin aja, siapa tau itu caranya untuk bahagia. Malah kalau bisa kita belajar, gimana caranya dia bisa nulis curhatan yang readable.

Nah, setelah tahu tujuan ngeblog kita untuk apa, mareee kita lanjut ke topik, Siapa sih pembaca blogmu?
4 comments on "Tujuan Ngeblog Kamu Apa?"
  1. Aku ngeblog untuk aktualisasi diri mba wkwkwk...lalu masuk komunitas jadi tau buat bisnis juja dan lomba juja wlwpun lomba ga pernah menang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaa. aku ngeblog buat narsis, buat curcol, buat berbagi,buat ikut lomba imbasnya dapat rezeki alhamdulillah

      Delete
  2. Saya ngeblog buat belajar nulis. hal-hal lain yang mungkin datang dianggap bonus sajahhh :D

    ReplyDelete
  3. Kalo pribadi buat belajar untuk menyenangkan diri dan berbagi serta menghasilkan...heeheh :D tentunya dengan niat untuk blog memang godaanya,,yaitu males untuk bikin artikel....tentunya kalo niatnya bulat untuk ngblog pastinya tidak bosanya untuk ngadepin laptop tiap hari...hehheh
    Salam blogger
    Follback

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature