Cerita Mutasi , Ketemu Sohib Sampai Ketemu Blogger

Saturday, November 12, 2016


Dulu saya pernah bikin tulisan tentang hidup ini harus memilih.

Ceritanya itu, saat saya dihadapkan pilihan antara keluarga dan karir, dimana waktu itu saya baru melahirkan dan baru aja sebulan ngumpul sama suami setelah LDR bertahun-tahun, eh tiba-tiba ditawari assesment yang biasanya bakal diikuti dengan mutasi. Saat itu galaunya, hadooooh la terkataken deh. Untungnya akhirnya saya mengambil keputusan tepat. Keluarga is numero uno bagi saya. Maka tawaran assesment terlewatkan begitu saja.

Tahu kan kalau kerja di bank, mutasi itu hal yang lumrah banget, datangnya sekonyong-konyong tanpa ada pemberitahuan apa-apa.

Dua tahun setelah itu, kembali lagi panggilan assesment mendarat di meja saya. 

Huaaah, mamak labil kalau udah dapat surat panggilan gitu bawaannya langsung galau. Saat itu Tara udah lumayan gede sih, udah usia dua tahunan kalo ngga salah. Mikiiiiir lama, ikut ngga ikut ngga. Lagi mikir, eh ternyata oleh SDM dikasih info kalau yang ini assesment tapi di tempat doang, alias ngga bakal mutasi. Hwaaaa ya maulah. Perbaikan karir tapi ngga perlu mutasi, siapa yang nolaaaak.


Dan lagi-lagi, saya rasa keputusan saya saat itu tepat banget, karena ngga lama setelahnya saya hamil anak kedua. Wih, bayangin aja kalau kemarin sempet ikut assesment yang harus mutasi, bisa berabe kan.


Kemudian, beberapa bulan lalu, sehabis cuti lebaran, gitu masuk kerja, saya dipanggil kabag ke ruangannya. udah ngga enak nih perasaan. Soalnya, saya udah lama banget berada di Kanwil Medan. Udah hampir 4 tahun cuuuy, rekor banget tuh. biasanya pan paling lama 2 tahun pindah-2 tahun pindah. makanya kalau udah dipanggil personal gitu pasti bawaannya deg-degan.

Ternyata bener sih, ada surat pemanggilan assesment.... again. Dan kali ini kayaknya mau nolak, alasannya udah kagak ada. Saya ngga dalam kondisi hamil, anak udah gede, dan udah lama juga disini. 

Setelah dikasih petatah petitih oleh kabag akhirnya saya setuju deh ikutan, Huahahaha, padahal dalam hati dakuh takooot. Takut pindah dari Medan. Suer ini horor banget deh menurut saya, kalau sampai saya harus keluar dari Medan.

( Baca : Just Do It )

Singkat cerita, akhirnya saya ikut assesmentnya, lulus trus harus pendidikan 2 minggu di Jakarta. Mantap gelaaaa, ninggalin si Divya yang masih nenen. Aku dilemaaaa.


Tapi yaitu, kan katanya hidup itu harus memilih, dan setiap pilihan ada konsekuensinya. Karena kemarin udah berani milih ikutan assest ya harus berani jugalah ikut pendidikan. maka dengan support dari suami ditambah si Tara pas dikasih tau bundanya mau pergi malah keliatan hepi gitu, yo wislah saya berangkat juga.

Untungnya saat ini saya punya ART yang bisa banget diandalkan, makanya suami ngijinin pergi dan saya pun ngga terlalu khawatir meninggalkan mereka. Abisan si wawaknya Divya memang TOP banget sih, jadi amanlah.


Dua Minggu di Jakarta, agendanya hectic parah. Nyampe hotel malam terus, ngga bisa kemana-mana. tidur aja kagak nyenyak. Pyuuuh, padahal cita-cita mau puas-puasin tidur mumpung ngga digelendotin duo krucils. Tiap hari tepar. ya gimana nggaaa, wong nginep di Slipi, pendidikannya di Ragunan, macet gilak boooo, aku lelah.

Tapi walau begitu, masih sempet juga sih ketemuan sama sohib di Medan dulu yang sekarang udah tinggal di Jakarta. namanya Rina.

Rina ini, dulu sohib jalan saya di Medan, soale kami nasibnya sama, sama-samaa lama punya anak, makanya kemana-mana bareng, soale yang lain udah punya anak, susah diajak jalan. Uniknya, kami barengan juga hamilnya dan barengan melahirkannya, jarak beberapa bulanlah. Makanya berasa senasib sepenanggungan banget. Gitu tahu mau ke Jakarta, saya langsung hubungi Rina buat ketemuan. Alhamdulillah bisa ketemu juga.


Selain ketemu Rina, saya juga sempet ketemuan sama blogger yang selama ini cuma sapa-sapaan di fesbuk doang.

Begitu saya nyampe Jakarta, malamnya disamperin sama Icha, pemilik blog www.annisast.com ke hotel. Hwaaa seneng banget deh. Apalagi Icha bawa anaknya yang super aktif Xylo dan juga suaminya Jege yang super ramah. Aaah bener-bener keluarga aktif mah mereka dan ruame. Ngga kayak baru pertama kali ketemu, karena Jege super pinter cari bahan obrolan. Kalau Icha ya ngga usah diragukanlah, doi mah emang gape ya urusan ngemeng-ngemeng.



Walau udah sering baca postingan Icha soal Xylo, eh pas ketemu anaknya, saya masih salah juga nyebut namanya. harusnya kan manggilnya Zaylo, saya mah lempeng aja manggilnya Silo, Silo, hahaha, maaf ya cha, maaf ya Zaylo, aku maluuu.

Seminggu pendidikan di university BRI- Iya lhoo BRI punya university, keren kan yak- lanjuut 4 hari OJT di Bogor. Iya, jadi pendidikannya itu sekalian kerja praktek gitulah. On the Job training, belajar sama orang yang kerjaannya bakal sama kayak yang bakal saya kerjakan ntar. 


Sebelum ke Bogor, sempet ketemuan juga sama Nahla, yang punya blog www.haloterong.com dan ketemu sama Icha lagi di Aeon. Sebenernya udah janjian mau ketemu sama Gesi, tapi Gesinya baru opname, sakit, ngga jadi deh.

Mereka bawa pasukan kumplit. Icha's family, dan Nahla's family. Aaak akhirnya ketemu Mabi juga, baby yang beneran mirip banget sama chibi-chibi yang biasa digambar Nahla.



Pas ketemu Nahla, pertama kali lihat saya terpana. Terpana, karena...... Nahla cantik banget gaes, iya Nahla cantik banget ( Puas kamu Nahla, plis bikinin aku stiker dong, udah muji-muji nih). 

Pokoke yang penasaran sama Nahla, udah ga usah penasaran lagi, doi emang cuantik, mulus, dan eye shadownya cakep parah (penting). Jadi ngga usah ragu nonton youtubenya dia , emang kerenlah itu blendingan eye shadownya.

Tapi..... dia sangat pendiam.....krik krik krik. Sepanjang siang ampe sore, yang banyak ngobrol cuma saya, Icha, Jege, dan Brian. 

Udahlah, kalain suci, mukaku penuh flek :(

Nahla kalau ngga ditanyain Jege udahlah diem aja mah dia. Lha saya malah lebih nyambung ngobrol sama Brian, Brian Sadela, suami Nahla yang yaaah memang seharusnya jadi suami Nahla, karena mereka pasangan yang kalau di sinetron-sinetron itu bikin orang patah hatilah.

Jadi kalau Icha-Jege, itu pasangan yang nyambung dan rame banget. Ditambah Xylo yang juga cerewet dan aktif super. Maka Nahla-Brian-Mabi adalah pasangan yang Charming abis, type Prince and Princess gitu.

Kita ngomongin apa aja?

Apa yaaaa. Ehhhm banyakin ngomongin Xylo sama Mabi sih, hahahamalah ngga ngomongin soal bloging samsek. Aaaak kok baru inget sekarang. padahal kan saya udah pengen nanya macem-macem sama Icha. Soalnya Xylo sama mabi lucu banget sih anaknya, jadi malah asik ngobrolin mereka, ibu-ibu banget yah.

Kita ketemuan ngga lama sih, palingan 3 jam-an doang, karena saya harus berangkat ke Bogor, soale besoknya udah harus ngantor disana.

Ni Nungguin Nahla yang rumahnya paling deket tapi paling telat :)


Perjalanan pendidikan kali ini memang ibarat sekali merengkuh dayung, seribu pulau terlampauilah. Di Bogor saya sempet ketemuan juga sama bloger ngehits se Bogor raya mba Arin pemilik blog www.asacinta.blogspot.com

Akhirnyaaa, bisa ketemu juga. Saya udah dua kali gagal ketemuan sama mba Arin. Mba Arin ini kan suaminya orang Medan, jadi udah dua kali lebaran dia ke Medan, ngga pernah sempet ketemuan. Soalnya kan kalau lebaran saya ke Jogja, jadi ngga jodoh.

Makanya gitu tahu saya OJT di Bogor, saya langsung hubungi mba Arin untuk ketemuan. Mba arin nyamperin ke kantor BRI, soale saya kan ngga tahu jalan. Karena ketemuannya di jam kerja, jadi ya cuma sempet makan siang bareng aja di warung Sunda deket kantor.

Kalau mba Arin, persis sih seperti bayangan saya. orangnya asik, tapi ngga rame banget kayak Icha. Dewasa gitulah pembawaannya. Saya malah yang nyerocos cerita. kayak yang takut kehabisan waktu gitu hahahaha semuaaa mau diomongin.

ini kami sama-sama ngga pake makeup, siang-siang, panas-panas.
Tapi mba Arin muda euuuy.


Kalau sama mba Arin, kami banyak ngobrolin kerjaan sama tentang bloging. sekalianlah saya curi-curi tips mba Arin. kapan lagi bisa ngobrol langsung sama bloger yang langganan juara. Ya ngga sih.

Pokoke saya hepi bangetlah.

Oya, trus ada lagi yang bikin saya bahagia kemarin.

Jadi kan saya sekamar tuh sama teman BRI dari Kantor Pusat yang sebelumnya saya ngga pernah kenal. trus pas saya buka leptop di kamar, mau ngeblog, eh dia penasaran, nanya-nanyalah saya ngapain, saya bilang kalau saya blogger.

" Haaah, kamu bloger mba, blogmu apaan?"

" Iyaaa, blogku windiland.com, bukalah sekali-kali" (promosi dimanapun berada).

" Windiland?, kok aku kayak pernah denger yah"

" Masaaa ? (dalam hati seneng juga).

" Iya, oooh iya mba, kamu yang nulis soal ibu bekerja itu yah, hwaaaaa aku share loh tulisanmu itu, waa ternyata kamu penulisnya"

Trus dia yang bilang kalau tulisan saya bagus, edebre-edebre gitulah. Gimana.... gimana..... itu goals banget ngga sih bagi seorang bloger? Ketemu orang yang baca blog kita. Wuahahahaha, seneng banget lah. bahagia juga pastinya. Iya, aku remeh, kebahagiaanku dari hal-hal remeh temeh gitu, xixixi.


Long story short akhirnya semua beres ngga ada kendala berarti, dua minggu terlewat juga. saatnya kembali ke Medan.

Anak Kicik, hepi banget ketemu bundanya, padahal pas ditelfon ngga pernah bilang rindu, hahaha


Balik ngantor, saya udah yang ngga tenang kerja gitu. lhaaa gimana ngga, biasanya abis pendidikan pasti ngga lama bakala ada SK penempatan. yang mana itu bener-bener mulesable banget. Ngga kebayang kalau harus jauhan lagi dari suami. Pokoke, semingguan itu saya H2Clah, harap-harap Cemas.

Apalagi ada desas desus saya mutasi ke Padang. Mamaaaa, bikin tambah nervous aja.

Hingga akhirnya, di suatu pagi, terlihatlah disposisi masuk berkode R di e-office (aplikasi surat menyurat di BRI) saya. Kyaaa....kyaaaaa. aku mules aku mules. Saat dibuka..... eng ing eeeeng, yeaaaay.

****

Dan setelah 3 tahun 6 bulan nemplok sana sini, pindah di beberapa bagian tapi masih di gedung Kantor Wilayah Medan, akhirnya kemarin tanggal 4 Nopember 2016, saya harus berdiri juga di acara briefing pagi untuk memberikan kata-kata perpisahan. 

Saya sedih tapi bahagia, bahagia tapi sedih. Sedih karena harus pisah sama rekan kerja yang udah lumayan lama samaan terus. bahagia, karena ternyata saya pindahnya masih di Medan juga. iyaaaa, saya pindah tapi cuma pindah kantor doang, hepilah pastinya.

Kabag Gokil

Entahlah bagi saya selama 3 tahun 6 bulan kerja di gedung kanwil Medan itu bawaannya hepi terus. Soalnya saya punya rekan kerja yang asik-asik banget. Udahlah orangnya gokil-gokil, trus pada nyenengin semua orangnya. Jadi di kantor itu berasa jadi rumah kedua bagi saya.

Apalagi atasan saya. Saya punya dua atasan yang super banget. Dua-duanya bukan orang yang suka marah. ya kaleeee guwe orangnya tensi tinggi , kan bahaya banget kalau ketemu sama atasan tegangan tinggi juga. Makanya kadang saya berfikir, kok ya saya lucky banget gitu, dapat atasan yang superlaaaaf.

Ini Rekan Kerja bagian Sebelumnya. Kabagnya yang Persis di Samping Saya. Pengertian Abeeees

Selama di Kanwil itu juga, saya sempet merasakan pergantian pemimpin sebanyak 3 kali, yaa bayangin yah betapa lamanya saya disitu, xixixi. Dengan 3 gaya kepemimpinan yang berbeda, minimal saya bisalah comot sana comot sini, mana yang baik mana yang kurang baik. Itulah asiknya kalau punya banyak atasan, jadi tempat belajarnya juga banyak. ya kaaaan.

Minggu ini saya udah bertugas di unit kerja yang baru, dengan tim kerja yang baru, suasana baru, job desk yang baru, tantangan baru dan tentu saja peluang pengalaman baru yang terpampang luas di depan mata.

Saya yakin, di setiap perjalanan hidup kita itu ada yang namanya kesempatan, peluang, rezeki, halangan yang kesemuanya merupakan hal-hal yang akan memperkaya hidup kita. 

Dari perjalanan hidup saya yang belum jauh-jauh amat ini, saya juga jadi semakin yakin, bahwa yang namanya rezeki itu udah ada porsinya dan ada waktunya. jangan pernah takut tertukar atau takut datang terlambat.  Berusaha, berdoa dan selalu percaya  bahwa Allahlah yang paling tahu apa yang terbaik untuk kita. Sehingga hidup jadi lebih enak ngejalaninnya.



Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan. Diberi kemurahan rezeki sekaligus tetap berkumpul bersama keluarga? Ah saya ngga berani minta lebih dari ini. Alhamdulillahirabbil alamiin. Semoga berkah dan amanah, aamiin ya rabbal alaamiin.



Perpisahan dengan bagian RPKB.
Ini Srikandinya Kanwil Medan. Rekan Kerja yang cantik-cantik

Dan Ini Rekan Kerja PPS yang 90% anak Rantau.
Duuh semoga kalian segera kembali ke kota asal masing-masing yah.




10 comments on "Cerita Mutasi , Ketemu Sohib Sampai Ketemu Blogger"
  1. KApan kita ketemuuuhhh??? Kruk krik krik

    ReplyDelete
  2. Ada niat waktu itu nemuin pas ke Bogor, cuma waktunya yang kurang pas. semoga satu waktu ketemuan ya mba say

    ReplyDelete
  3. Mau meet up di Purworejo nggak jadi kita ya..
    lebaran tahun depan yes?

    ReplyDelete
  4. saat blogger-blogger kece pada ketemuan..pasti hepi banget ya Mba.. bisa bayangin rasanya, dari cerita-ceritanya.. :)

    ReplyDelete
  5. Kita belum jodoh ketemuan ya Win...

    ReplyDelete
  6. Sukses ditempat baru :)
    jadi brian gimana cakep ga #eaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  7. Wah, Bu manajerku seorang bloger rupanya. Noleh nih minta ilmu nya Bu...

    ReplyDelete
  8. Win, untung masih di Medan ya hehe. Kita belon ketemuaaaan. Hayok janjian

    ReplyDelete
  9. itu cowok yg paling kanan yg berdiri foto terakhir, mirip sama kakak kelasku, namanya erwin r

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature