Tentang Hari Pertama Sekolah

Wednesday, July 20, 2016
8 Tips Hari Pertama Sekolah Anak Playgrouop


Siapa disini yang dari kemarin ngeshare foto-foto anaknya di hari pertama sekolah?

Aku dooong ikutan euforia hari pertama sekolah. Oya, karena ini hari Rabu jadi postingan ini sekalian postingan #GesiWindiTalk. Kata Gesi kemarin ayo cerita tentang hari pertama sekolah, kamu cerita Tara aku cerita Ubi yang ngga jadi sekolah tahun ini. Mumpung lagi hangat, ayoklah kalau begitu.


Baca punya Gesi :

Ketika Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Melihat #HariPertamaSekolah



Sebenarnya dari sebulan yang lalu masih maju mundur mau masukin Tara sekolah, soalnya usia Tara kan masih 3 tahun Mei kemarin. Menurut saya kok ya masih kecil banget untuk sekolah. Apalagi pas ditanyain Tara mau sekolah apa ngga, anaknya jawabnya " Ngga mauuuu, Tara mau main sama adek aja". Yo wislah saya pun ngga kepikiran buat cari-cari sekolah Tara.

Trus kemarin pas lebaran kan Tara ketemu sama sepupu-sepupunya di Kutoarjo yang udah pada sekolah, pada pinter-pinter baca doa dan nyanyi-nyanyi.Dan Tara hepi banget disana, main terus ngga ada capeknya. Entah pengaruh mereka atau ngga, eh gitu pulang ke Medan Taranya bilang ke saya " Bunda... Tara mau sekolah".

Alah saya pikir palingan cuma di mulut aja nih bocah. Eh tapi tiap hari ngomongnya gitu terus. " Bundaaaa... Tara mau sekolah, mau main sama kawan-kawan".

Ya udahlah jadinya hari Rabu tgl 13 Juli kemarin saya ngider-ngider di Medan sama neng Tara nyari sekolahan dia. Sengaja bawa Tara biar sekalian anaknya aja yang mutusin mau sekolah dimana.

Karena masih playgroup doang, saya sih nyari sekolahnya ngga neko-neko. Kriterianya cuma

  • Dekat rumah
  • Harga reasonable
  • Tempat dan gurunya asik
Itu aja sih. Kalau masalah kurikulum, yang penting mah ada kegiatan doa, dongeng, akhlak sama main. Simpel aja, soale memang tujuan saya cuma biar Tara bisa bersosialisasi aja dulu sama orang di luar lingkungan keluarga. Soalnya yah Tara itu anaknya sampai saat ini kayaknya sering mau menang sendiri. Aduuuh pokoknya kalau lagi main sama sodaranya ngga ada ngalahnya samsek. Kemarin aja pas di Jogja rebutan mainan terus sama anak keponakan saya, sama sepupunya Aqlan yang notabene cowok aja bisa gelut cobaaaa gara-gara rebutan mainan, huhuhuhu.

Itu salah siapa coba? 

Salah guwe
Salah suami guwe
Salah mbanya Tara
Salah wawaknya Divya

Tauk dah . Yang pasti ya mungkin salahnya kamilah sebagai ortu yang sedikit terlalu memanjakannya. Maklum ya dapetnya susah, jadi rada over gitu sayangnya. Jangan ditiru yah.

Nah, makanya menurut hemat saya bersekolah mungkin salah satu cara biar kadar kemanjaan dan mau menang sendirinya itu berkurang. 

Ngga susah sih dapat sekolah sesuai kriteria saya itu. Ada TK sekaligus playgroup dekat rumah yang bagus ternyata. Bagus menurut saya lho ya. Cuma satu gang doang dari rumah, ngga perlu nyebrang jalan. Sekolahnya itu di sebuah rumah, rumahnya besar, jadi ruangan-ruangannya disulap jadi kelas, Di halamannya ada mainan berupa perosotan, ayunan, jungkat jungkit, dan satu lagi yang saya ngga tau namanya.

Gitu masuk halamannya si Tara langsung melesat kayak busur panah. main.

" Tara sekolah disini aja bundaa" katanya, xixixi.

Pas kesitu ketemu gurunya yang sepertinya asik banget orangnya, kelihatan berpengalaman mengasuh anak-anak gitulah, Jadi langsung aja deh daftar Tara kesitu. Rabu daftar, Sabtu pertemuan orangtua murid untuk koordinasi, Seninnya tanggal 18 Juli Tara udah mulai sekolah horeeeeee.

Tapi karena seragam sekolahnya belum datang, jadi sementara Tara pakai baju sendiri doolooo. Yang artinya emaknya harus gerilya cari baju muslim untuk anak seumuran Tara. Xixixi ketauan kan ngga punya baju muslim selama ini. Untungnya dapet juga, sekalianlah beli sepatu sekolah. Tasnya sih udah punya, jadi ngga beli lagi.

Senin pagi jam 6-an gitu si Tara udah bangun doong. Ngga kayak biasanya yang susah banget diajak mandi, ini doi malah yang minta dimandiin. Abis mandi minta dipakein baju muslim, dia pilih sendiri tuh mau pakai baju yang mana.

Tadaaaaaaa...... ini nih penampilan Tara di hari pertama sekolah.



Lucu banget kaaan. Ealah saya kok langsung terharu biru melihat anaknya mau sekolah gini. Rasanya kayak udah gede banget gitu si Tara #elapaairmata

Berhubung jam masuk sekolahnya di seminggu pertama ini adalah jam setengah sembilan pagi, jadi yaaa si Tara kecepetan dandannya, xixixi. Jadinya sambil nungguin saya besiap , dia malah mainan pancing ikan. Bosan main pancing ikan, malah nangkring di box bayi adeknya, LOL




Oya, saya kan sebenanya hari Senin itu hari pertama juga masuk kantor setelah cuti panjang lebaran kemarin, jadi agak sungkan mau ijin ke atasan. 

Tapi, masa iya sih saya mau  melewatkan kesempatan mengantar anak di hari pertama sekolahnya.

Ngga mungkin bangeeeet, makanya dari beberapa hari udah colek-colek si bapak di fb sambil share surat edaran dari Menteri Anies Baswedan itu wahahahaha. Beruntungnya saya yang punya atasan super duper,gitu minta ijin telat ngantor untuk hari Senin, langsung diijinin aja tuh. Makasi banget ya GH tergokil guweh.

Maka, jam setengah sembilan kurang 10 menit berangkatlah saya, Tara dan mbanya disertai rinai hujan yang lumayan deras. 

Kakak Tara hepi banget di mobil, excited gitu deh. Saya pikir wah gampang banget nih si Tara di hari pertama sekolah.


Nyampe sekolah, langsung gabung sama teman-temannya yang udah datang, diajakin bu guru baris, eeeeh si eneng Tara ngga mau melepas genggaman tangan saya, gelendotan teruuuuus.

" Mau sama bunda ajaaaa" rengeknya

Halah, Taraaaa... tadi aja kelihatan berani, ternyata manjanya kumat, hahaha.

Jadilah saya ikutan baris sama anak unyu-unyu biar si Tara mau berbaris juga.



Saat berbaris itu, bu gurunya ngajarin doa sambil nyanyi-nyanyi. Wah saya senang sekali melihatnya. Mana lagunya asik banget lagi. Gini nih

" Bersiaaaap, Haaap
Mana rapimu.... ini rapiku
Mana semangatmu... ini semangatku
Mana suaramu.... ini suaraku
Mana telingamu..... ini telingaku"

Lupalah lanjutannya. Pokoke selama 15 menitan gitu, anak-anaknya baca doa masuk kelas, doa belajar, doa diberi kesehatan, baca syahadat juga.

Tara?

Hualah. Di saat semua anak ngikutin apa yang dibilang bu guru, dia pun heboh mrintilin semacam name tag unyu bentuk binatang yang udah disiapin bu guru. Sedotan tempat nempelin kartonnya malah dilepasin T______T

Disuruh anteng baris gitu malah lari sana lari sini, udah gitu balik nemplok ke emaknya. Duuuh Tara. Karena Tara gelendotan terus, akhirnya saya putuskan untuk meninggalkan dia saja dengan kakaknya. Mungkin karena ada saya maka manjanya kumat, pikir saya.

" Tara, bunda kerja dulu yah, Tara main sama kawannya"

" Ngga mauuu, mau sama bunda"

Halah, karena ngga berhasil negosiasi juga sama Tara, terakhir saya kelurkan jurus pamungkas yang selalu  berhasil. 

" Tadaaaaa.... Tara lihat nih bunda punya Yupi, nih buat Tara, abis itu main yah bunda kerja dulu"

Dan anaknya pun hepi, saya bisa lanjut ke kantor. Makasi Yupi atas bantuannya, hahaha

Di kantor, saya telfon mba nya Tara.

" Tara gimana tadi"

" Nangis terus kak, nyariin bunda, dibujuk-bujuk ngga mau diem, ngga mau makan juga, tapi sekarang udah diem sih,udah main sama temannya."

Xixixi anakku ternyata masih malu-malu di hari pertama sekolahnya. But it's oke, bagi saya itu wajar-wajar aja terjadi, ntar kalau dah akrab  malahan ngga mau ditemenin bundanya.

Dan hari pertama sekolah Tara pun terlalui dengan minim dramalah menurut saya.

Nah beberapa tips nih dari saya biar hari pertama sekolah sukses untuka anak usia dini :

1.Pastikan anak kita udah siap untuk sekolah

Bukan cuma ikut-ikutan anak orang ya bu ibu. Cara mengeratuinya ya tanya aja ke dia mau sekolah ngga, ajak ke bakal calon sekolahnya,kalau anaknya kelihatan tertarik bolehlah anaknya didaftarkan.

Untuk usia dini,3 tahun udah bisalah dimasukin PAUD atau playgroup.

2. Pilih sekolah yang sesuai dengan gaya mendidik kita

Biar sejalan antara yang di sekolah dengan di rumah. Kalau saya,karena pengennya anak saya itu punya akhlak yang Islami tapi juga maunya dia toleran terhadap agama lain jadi benar-benar mastiin di sekolah itu ga diajarkan yang ekstrim ekstrimlah. Ya kali anak playgroup diajarin membenci umat lain. Ngga lah ya

3. Persiapkan Pernak pernik sekolah favoritnya

Kalau anaknya suka hello kitty ya ngga ada salahnya beliin tas hello kitty untuknya. Pernak pernik anak playgroup itu


  • Baju, biasanya udah dikasih seragam sih, tp tetap bawa baju ganti kalo ke sekolah,namanya anak playgroup itu bisa aja ketumpahan minumlah, makanan atau ngompol malah (di sekolah ga boleh pake diaper)
  • Sepatu, yang gampang aja jangan yang makenya belibet.
  • Tas,ukuran sesuai tubuh anak,jangan segede gaban ya bunda. Ingat anaknya masih playgroup bukan mau kemping
  • Botol minum dan tempat snack. Kalau di sekolah Tara sih udah include snack dari sekolah jadi dia cm bawa botol minuman aja.

4. Semangati Anak dari malam hari

Jadi malam sebelumnya kita udah kasih tau ke anak, besok kita mau sekolah lho, ayo tidur lebih cepat biar besok bangun pagi. Gitu-gitu lah. Si Tara saya bilangin gitu jadi lumayan cepet tidurnya,jam 9 udah lelap.

5. Antar anak ke Sekolah

Sempetin deh gimana caranya pas hari pertama biar bisa antar anak. Soalnya saat itu kan anak masih canggung masuk fase baru di hidupnya. Jadi ortunya ada buat menenangkannya. Ga perlu ditungguin juga sebenarnya. Tinggal aja ntar pas mau pulang jemput kembali. Kalo saya memang kakaknya Tara nugguin disitu, tapi nungguinnya di luar.

6. Kasih Tau Bu Guru Tentang Anak Kita

Yup komunikasi dengan bu guru penting banget. Kasih tau anak kita alergi apa,fobia apa, biar misalnya ada anak lain bawa majanan tertentu, ga sembarangan dikasih ke anak. Kasih tau juga siapa yang bakal jemput anak kita supaya anak kita aman.

7. Jangan Ketinggian Ekspektasi

Iya, jangan mikirnya anak kita langsung berani, langsung membaur ke anak lain, kalem, anteng. Jangaaaaan. Pokonya sellow. Anak nangis..... biasaaaa
Anak ngga mau masuk kelas..
 biasaaaa
Anaknya lari-lari mulu... ga apaaa

Besok dicoba lagi. Ntar lama-lama mau kok gabung ke anak lain. Jangan sampe anak merasa dipaksa-paksa deh.

8. Tanyain Malam Harinya

Nah sepulang kerja sambil main di rumah, tanyain deh dia ngapain aja tadi. 

Saya sarankan kita ikutan nyimak apa yang diajarkan atau dilakukan di sekolahnya. Jadi bisa ditiruin di rumah.

Taraaa ... Bersiap... Hap

Saya tiruin di rumah si Tara ngikik ngikik kegirangan. Langsung hepi dan ga sabar dia mau cepet pagi biar sekolah lagi. Horeeee.

Gitu deh cerita hari pertama sekolah Tara. 

Semoga tips hari pertama sekolah untuk playgroup ini membantu ya bu ibu.

Kalian punya cerita apa nih hari pertama sekolah kemarin?
                                                            



4 comments on "Tentang Hari Pertama Sekolah"
  1. Hihihi Neng Tara takluknya sama Yupi ya... :* :*

    ReplyDelete
  2. Hari pertama sekolah memang biasanya agak drama ya Maaak. Tapi kalo anaknya yang emang minta sekolah sih Inshaallah pasti nanti dia betah sendiri kok. Hihiii. Semangat sekolahnya ya Taraaaaa :D

    ReplyDelete
  3. Tara suka yupi yak, sini sini tak Kasih, anaknya tante ggsuka yupi nih....
    Baca tulisan mak windi, jd ngebayangin nganter Juna ke sekolah... heheeh

    ReplyDelete
  4. Jadi inget tahun kemaren Nathan pertama masuk TK pake ditungguin seminggu, kalau tahun ini sih dah langsung ditinggal. Dan saya nggak bisa ikut gerakan antar anak sekolah mbak, biar Bapaknya saja , hehehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature