( Sponsored Post ) 8 Tips Memerah ASI dengan Breastpump Philips Avent Comfort Manual

Wednesday, July 27, 2016


Halooo, kali ini saya mau ngomongin soal pompa ASI.

Kemarin-kemarin banyak yang nanyain saya via japri, mana lebih enak pakai pompa ASI manual atau elektrik. Hmmm terus terang saya agak sulit menjawabnya. Karena yang namanya breast pump itu benar-benar cocok-cocokan deh.

Anak pertama dulu saya pakai breastpump elektrik, tapi entah apa sebabnya, kok ASI saya susah keluar, sampai akhirnya saya beli lagi yang manual dan Alhamdulillah lumayan juga keluarnya meski ngga banyak. Iya saat menyusui Tara dulu, banyak bangetlah drama per-ASI-annya.



Dulu nyeritainnya nyolotable bangetlah. Maklum yah emak unyu, masih labil. Denger omongan orang langsung kebakaran, hahahaha.

Namun syukurnya saat anak kedua ini, masalah per-ASIn kok kayaknya jauuuh lebih mudah. Apa karena sudah pengalaman atau sayanya lebih rileks, akhirnya sampai saat ini, alhamdulillah banget ASI saya masih lancar dan mudah-mudahan cukup untuk dede Divya.


Nah kembali ke pertanyaan awal, pilih pompa ASI yang manual atau elektrik. Menurut saya yang mana aja  sama sesuai budget aja. Soalnya yah harga breastpump elektrik kan bisa tiga sampai 4 kali breastpump manual. Jadi kalau masih bisa pakai manual mah, pakai manual aja

Kenapa?

Ya karena lebih irit lah, hahaha 

Alasan kedua, karena  breastpump manual itu makainya simpel, printilannya lebih sedikit dan ready dipakai dimanapun. Hanya saja agak pegal di tangan awalnya, tapi kalau sudah biasa sih asik-asik aja.

Kalau saya? Saya mah pakai elektrik dan manual, soalnya memang saya punya keduanya. Kebetulan kemarin breastpump elektrik saya mengalami masalah, dan ndilalahnya breastpump manual yang saya miliki sparepartnya ada yang hilang. Eh di saat seperti itu saya malah dapat kiriman Breast Pump Philips Avent Manual Comfort, senangnya. 

Nah, kali ini saya mau review breastpump Philips Avent Comfort Manual.



Bagian Breastpump

Pompanya sendiri terdiri dari 4 bagian besar, tuas, membran, corong dan diafragma. Cara merakitnya gampang banget kok. Tinggal dipasang aja ikutin buku petunjuknya. Tapi kalau ngga ikut buku petunjuk juga bisalah dikira-kira. Kalau mu gampang lagi, ya minta dirakitkan aja pas beli.



Cara Pakai

Ya seperti pakai pompa manual biasa. Sebelumnya jangan lupa disetrilkan dulu. Mensterilkannya ngga usah direbus ya moms, cukup disiram air panas aja. Tapi khusus membran sama penutup corongnya ngga usah disiram air panas deh, air hangat aja udah bisa.

Pas mau pakai, cari posisi paling enak kita gimana. Duduklah ya pastinya. Tapi ini nih kelebihan breastpump Avent Comfort ini, dia bisa dipakai sambil posisi kita agak rebahan, ngga harus tegak banget gitu, jadi bisa relaks mompanya.

Setelah selesai dipakai, kalau mau langsung diminumkan ke bayi, tinggal pasangin dotnya aja langsung ke botolnya, praktis banget. Tapi kalau mau disimpen ya tinggal dipindahkan dulu ke wadah lai, botol atau ASIPnya.

Breastpum Avent ini bisa cocok untuk berbagai produk avent yang lain. Jadi misalnya kita punya storage ASIP yang merk Avent, bisa banget langsung dipasang ke breastpumpnya biar ngga perlu mindah-mindahkan ASIP.

Cara Membersihkan

Setelah dipakai, jangan lupa langsung dicuci. Cara mencucinya, lepaskan dulu semua bagiannya. Tuas, corong, membran, diafragma, biar bersih. Gunakan sikat yang ada busanya biar ngga tergores-gores. Setelah dicuci pasang kembali, biar ntar pas mau pakai udah ready. Ini sih saya yah, soalnya kadang suka ketinggalan kalau ngga dipasang lagi.

Nah, selama memakai breastpump Avent ASI saya keluarnya lancar jaya. Mungkin karena ada silico

Sejauh ini, menurut saya pakai breastpump Avent ini pas banget 

Kelebihan

Yang saya suka dari Breastpump Avent ini,

  • Partnya sedikit, jadi ngga riweh untuk merakitnya. 
  • Ringan, gampang dibawa kemana-mana.
  • Di corongnya ada siliconnya, jadi pas nempel di dada itu berasa lembut, dan memberi efek memijat pada payudara saat digunakan.
  • Mudah dibersihkan, jadi higeinislah untuk bayi
  • Bisa dipakai sambil sedikit rebahan. Jadi ngga tegak banget pas pumping.
  • Botol nya ukuran kecil, 125 ml. Jadi bikin semangat saat mompa, karena berasa cepat penuh hahahaha.
  • Mulut botolnya itu cocok ke semua produk Avent, jadi bisa diganti-ganti dengan storage ASIP nya langsung kalau ngga mau riweh.

Harganya

Harganya sekitar 650-  750 ribuan. Bisa dibeli dimana saja lho. Di toko bayi atau online. Beli online kadang dapat diskon.

Alhamdulillah ya, pakai breastpump Philips Avent, Stok ASIP buat dede Divya aman terkendali.




Beberapa tips memerah ASIP dari saya nih:

1. Cari Posisi Yang Enak

Iya, ini menentukan hasil perahan kita. Kalau di rumah, lakukan kegiatan pumping di sofa, sambil bersandar dengan bantal, biar enakan dan santai.

Ntar pas di kantor juga gitu. Cari tempat yang bikin kita nyaman. Kalau ngga ada ruang laktasi, ya cari ruang yang ngga terlalu ramai orang keluar masuk. Syukur-syukur punya ruangan khusus. Kalau kayak saya, pumpingnya di kamar mandi (sedih). Tapi karena penghuni wanita di kantor terutama di lantai ruangan kerja saya ngga banyak, jadi masih oke-oke ajalah buat pumping. 

2. Lakukan Dengan Relax

Kalau di rumah sambil nonton juga boleh banget. Apalagi nonton yang lucu-lucu atau yang membuat kita relax, bisa mancing LDR tuh. Kalau di kantor, saya biasanya sambil main hape, jadi ngga bosen. 
Lho apa bisa?, kan pakai breaspump manual?

Ya bisa aja, ntar kalau dah biasa sih bisa banget sambil pumping sambil main hape. Tapi kalau pun ngga, ya pumping dulu beberapa waktu, gitu agak seret, main hape dulu, trus pumping lagi. 

Teman saya ada lho yang pumping harus sambil nonton video anaknya, trus langsung deh tuh ASI ngucuuuur.

3. Ngemil

Iya, jangan lupa bawa camilan dan minuman. Soalnya pumping itu kan bikin haus banget. Makanya selalu sedia minuman saat pumping. Sedia camilan juga biar ASInya banyak. Camilannya bisa kacang-kacangan, coklat, buah. 

4. Lakukan Rutin

Buat jadwal pumping di rumah. Jadi saat masih cuti melahirkan, lakukan juga pumping sesering mungkin di rumah. Malam hari dan subuh adalah waktu yang menurut pengalaman saya paling bisa banget banyak dapat hasil pumpingnya. Tapi ya jangan dipaksain juga. Soalnya abis melahirkan itu kan capek banget yah, jadi tetap disesuaikan dngan konsidi masing-masing. Jangan sampai karena mimpi punya stok ASIP sekulkas penuh, jadi kurang istirahat.

Kalau di kantor gitu juga. Buat jadwal pumping, minimal 3 kali sehari kalau anaknya masih di bawah 6 bulan. Pagi jam 9. istirahat siang jam 1, dan sebelum pulang, jam 4-an. Kalau bisa lebih dari itu sih ya lebih bagus.

5. Jangan Sampai Kehabisan Botol

Ini pantang banget. Misalnya nih ke kantor bawa botol 3 biji, eh ternyata di sesi pumping kedua udah penuh tuh 2 botol. Yakin deh ntar di sesi pumping ketiga mind set kita, ah  botolnya tinggal satu, jadinya gitu satu pebuh bakal berhenti, padahal mungkin masih bisa sebotol lagi. Makanya selalu bawa botol yang cukup, atau ngga tinggalin beberapa di kantor, biar kalau kurang ada cadangan.

6. Jangan banding-bandingin

Ngga usah cemas atau minder kalau hasil pumping ngga sebanyak mama perah lain. Beda orang beda hasil, pede aja sama hasil pumping sendiri. Jangan dibawa stress. Ingat yah, ASIP bukan tentang lomba-lombaan siapa paling banyak. kalem kalem.

7. Booster ASI

Ngga ada salahnya kalau mau coba. Kalau pengalaman saya sih, makan banyak sayur rebusan berkuah bisa banget nambahin produksi ASI. atau ngga minum jus kurma juga bisa. Kalau mau coba yang laen boleh, siapa tahu tersugesti jadi banyak.

8. Pakai Pompa Yang Pas Untuk Kita

Yup, seperti saya bilang di awal tadi, breastpump itu cocok-cocokan. Coba cari yang paling pas dengan kita. Ada orang yang cocok pakai elektrik, ada yang cocok pakai manual. Setiap breastpump juga ada kelebihan kekurangan. Ntar deh dibahas lebih detail gimana cara biar tahu pompa mana yang paling pas. Yang pasti, yang enak dipakai, sesuai kantong, dan gampang dipakai ya mom.

Breastpump Philips Avent Manual Confort ini banyak yang merekomendasikan, dan menurut saya juga oke punya nih moms.


Selamat memerah mama-mama sejagad raya. 



15 comments on "( Sponsored Post ) 8 Tips Memerah ASI dengan Breastpump Philips Avent Comfort Manual"
  1. Hallo mbaa. Dlu aku nggak jago pakai pompa asia yang manual ataupun elektrik. Jadi aku pompa pakai tangan mba :)
    Makaish ya sudah berbagi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg bs sih pakai tangan tp cepet pegeeel dan hadiknya ga sebanyak pakai pompa

      Delete
    2. aku jg bs sih pakai tangan tp cepet pegeeel dan hadiknya ga sebanyak pakai pompa

      Delete
  2. Duh, kok mulai tertarik dan merasa butuh ya baca tema-tema ginian =D
    mbak iparku dulu beli elektrik ujung2nya gak kepake karna sakit dan ASInya susah keluarnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu cocok2an memang mba. kalo manual kita bs atur sendiri posisi dan kecepatan.

      Delete
  3. Pompa Avent ini memang enak, kalo nggak salah dia kan yang di claim mekanisme pumpingnya paling menyerupai saat bayi menyusu.

    ReplyDelete
  4. makan sayur jantung pisang juga bisa menambah produksi ASI Mba Windi :)
    sepertinya kalo nanti hamil lagi, saya harus mempersiapkan breastpump ini sejak dini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku jg rajin makan jantung pisang sama daun katuk. makasi mbaa

      Delete
  5. Mulai kepikiran untuk pakai juga secara udah sering pergi2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak jd lebih tenang kalau mau krmana2, kalo tetpaksa ninggalin anak di rumah ada stok asionya

      Delete
  6. Replies
    1. aman dong. kan ga pake bahan kimia. ini cuma alat bantu drpd merah pakai tangan

      Delete
  7. Halo mbaaa.. boleh share dong kalo untum botol ASIP nya ya mba pakai yang plastik atau kaca yaa? Reviewnya dong mba mendingan yang mana..

    ReplyDelete
  8. Halo mba windi salam kenal ��
    Kebetulan saya juga pake avent manual comfort. Alhamdulillah sejauh ini enak pakenya, LDR nya cepet dan simple dibawa2. Tapi kekurangannya tuh, kalo nge pump dan diafragma nya udah basah, jadinya bunyi berdecit decit mba. Mba windi solusinya apa ya kira2? BP mba gitu juga kah?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature