Sinergi Cinta Antara Blogger dan KOPI

Tuesday, June 21, 2016


Di kantor, selain sebagai seorang pekerja, saya juga dikenal sebagai Windi blogger. Bahkan dulu saat Pinwilnya masih yang lama, kalau briefing pagi , si Bapak suka ngomong gini " Ayo, blogger mana blogger, Windi gimana saranmu nih untuk program ini", LOL.

Asal mulanya karena saya pernah memenangkan lomba menulis di kantor dimana isinya itu saya mengangkat isu tentang blogger.


Saya nulis bahwa untuk meningkatkan awareness, branding sekaligus positioning produk dan layanan bank saya bisa dilakukan dengan memanfaatkan jasa blogger. Begitulah kira-kira. Trus, karena salah satu tulisan saya di blog ini, pernah dishare di grup-grup WA dan BBM kantor se-Indonesia Raya, jadi di kantor pada ngeh kalau saya ini blogger.

(Baca : Dapat Gaji Dari BRI Tanpa Jadi Pegawai BRI)

Duh, seneng ngga sih, profesi blogger yang kelihatan sepele ini dihargai gitu.

Menjadi blogger sedikit banyak telah mengubah diri saya.

Saya yang dulu apa-apa disimpan sendiri, jadi lebih terbuka.

Saya yang punya segudang cerita di kepala, akhirnya menemukan wadah yang pas dan tepat untuk berkespresi dengan simpel tapi bisa menampung apa yang ingin saya bagi.

Menjadi blogger juga membuat saya bahagia, karena ada banyak hal yang bisa saya bagi kepada pembaca blog ini. Termasuk berbagi kabar baik. 

Saat saya tak kunjung hamil, trus akhirnya bisa punya anak, dengan suka cita saya langsung menuliskannya di blog. Banyak orang yang setidaknya terinsipirasi atau minimal terhibur dengan kisah perjuangan kami dalam menanti si buah hati.

( Baca : Saat si Buah Hati Tak Kunjung Hadir )

Saat saya pergi ke suatu tempat dan melihat hal-hal indah disana, dengan mudah saya bisa berbagi ke orang lain melalui blog ini.

( Baca : Sibolga, Kota Sejuta Wisata )

Bahkan sesepele saat saya tahu dimana tempat makan yang enak, buku yang bagus, film yang rekommended, semua bisa saya bagi ke seluruh dunia melalui blog.

Yup, blogger punya pengaruh sangat besar terhadap pembaca melalui tulisannya.

Mau daerah wisata dikenal, ya ditulis di blog, mau karya anak bangsa diketahui dunia ya kita tulis di blog, biar terindex di google .  Hari gini, orang nyari obat cukur aja nanya google, apalagi nyari info wisata, kuliner, film ,buku, semualah nyari di mbah google.

Nah seiring perjalanan ngeblog dan kegemaran saya untuk berbagi hal-hal baik, ada banyak komunitas blogger yang saya ikuti. Salah satunya adalah KOPI.

Awal Kenal Kopi

Sekitar bulan Februari akhir lalu, temlen fesbuk saya rame dengan postingan teman-teman blogger yang nobar film I'm Hope, sebuah film tentang penderita kanker yang berjuang untuk hidup.



Rata-rata teman blogger ini nonton tayangan perdana saat film ini diputar dikotanya, Jakarta, Surabaya. Saya pikir saat itu mereka memenangkan semacam kuis atau lomba berhadiah tiket gratis, soalnya setelah itu ga lama pasti muncul review kece tentang film yang baru ditonton di blog mereka.

Iseng saya komen di grup blogger yang saya ikuti, intinya saya pengenlah nonton film itu juga dan berharap semoga di Medan ada nobar gratisan juga.

Ngga lama saya langsung di inbox oleh mba Nurul Rahmawati, blogger Surabaya pemilik www.bukanbocahbiasa.com itu lhoo.  

Beliau menawarkan saya untuk gabung di KOPI Medan,soalnya kebetulan besoknya bakal ada nobar untuk pemutaran perdana I'm Hope di Medan.

Asssik

Apa itu KOPI?




Awalnya saya tidak tahu apa, dan bagaimana KOPI. Saya pikir ini sejenis komunitas pecinta kopi, lha saya kan pecinta kopi ya mau-mau aja gabung disini. Tapi ternyata bukan, hahahaha.

KOPI itu singkatan dari Koalisi Online Pesona Indonesia. Jadi, ini semacam koalisi dari para pemuda pemudi Indonesia yang cinta dan peduli pada produk-produk dalam negeri untuk memberi kabar baik bagi dunia.

Iya, jadi disini kita turut serta menyebarkan kabar baik yang ada di Indonesia kepada dunia, salah satu medianya adalah blog. Tahu kan, sekarang ini banyak banget berseliweran berita-berita negatif di tanah air. Nah KOPI bertujuan untuk mencounter berita negatif tersebut dengan kabar baik lain, sehingga dunia tahu bahwa di Indonesia itu banyak sekali hal yang menarik, yang positif, yang layak untuk dikunjungi.

Film adalah salah satunya.

Apa saja yang menjadi concern KOPI

Semua hal baik tentang Indonesia adalah concernnya KOPI. Film, musik, buku, budaya, kuliner, fashion, sampai aksi sosial.

Nah, kayak saat pemutaran perdana film I'm Hope kemarin tuh, anggota KOPI diberi kesempatan untuk nonton bareng pada pemutaran perdananya di tiap kota. Soalnya, KOPI juga sudah bekerjasama dengan para insan perfilman. Ntar setelah nonton, anggota KOPI akan mereview dan menilai film tersebut dalam bentuk tulisan di blog. Dimaksudkan agar lebih banyak yang tahu dan tertarik untuk menonton film-film Indonesia

Jadi, kalau kamu hobi banget nonton, bisa banget gabung bersama KOPI.

Begitu juga, kalau ada launching tempat kuliner, atau daerah wisata, anggota KOPI akan selalu mengabarkannya di media yang ia miliki untuk berbagi kabar baik ke dunia.

Tujuannya jelas banget, dan untuk Indonesia sekali, sesuai dengan isi deklarasi KOPI yang pertama kali ditandatangani di Jakarta November tahun lalu




Makanya saya langsung ok aja saat ditawari join.

Ga hanya itu, KOPI juga turut serta mendukung dan melakukan aksi sosial seperti donor darah hingga gerakan Anti kekerasan anak, yang baru kemarin juga diselenggarakan seminarnya di Gedung Sarinah Jakarta.

Kemarin, bersama Kak Seto, KOPI ikut meramaikan Twitter melalui hestek #AyoJadiSahabatAnak. Ini bentuk dukungan juga terhadap peluncuran film " Untuk Angelina" yang bakal tayang Juli nanti.



Siapa Saja Anggota KOPI Saat ini

Tidak hanya blogger yang tergabung dalam Koalisi ini, tapi juga para jurnalis, Humas Menpar, El john, Asita dan beberapa orang Putri Pariwisata Indonesia juga turut ambil bagian dalam Koalisi ini. Bahkan salah satu foundernya kak Aida MA adalah seorang novelis. Kebetulan saya juga satu grup kepenulisan dengan beliau. Makanya makin tertarik bergabung di koalisi ini.

Kaka Arul, Founder KOPI

Oya malahan saat ini, Asma Nadia, Dewi Lestari, Giring Nidji sampai Kak Seto pun turut ambil bagian disini.

Putri Pariwisata
Gambar dari sini

Makanya media untuk menyebarkan kabar baik ini juga ga hanya blog, tapi bisa juga sosial media yang kita miliki seperti facebook, twitter, instagram. Pokoke menyebarkan hal-hal baik tentang Indonsia dimanapun.

Kamu tertarik juga kah?. Kebetulan November 2016 nanti, anggota KOPI dari berbagai kota di Indonesia akan ngumpul dan mengadakan pertemuan di Jakarta dalam acara Pesta Kopi Sapa Dunia di Jakarta.



Kamu bisa ikut acara tersebut dengan memfollow akun-akun KOPI di twitter @Kopikabarindo , instagram @koalisikopi dan facebook KOPI is Cinta dan menjadi bagian dari KOPI di masing-masing kota agar bisa mengikuti workshop yang bertajuk "Pembacamu adalah Penonton film Indonesia".

Banyak banget pembicara keren yang bakal hadir, seperti Asma Nadia, Dee Lestari, Giring Nidji, Tung Dasem Waringin, CEO Sarinah Persero Ira Puspadewi, serta pihak PMI dan pihak sponsor.

Saat ini KOPI sudah tersebar di 20 kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Makassar, Medan, Denpasar,Semarang, Surabaya, Jogja, Padang, Balikpapan, Cirebon, Samarinda, Papua, Bandung, dan kota lainnya. Kalau di kotamu belum ada KOPI, kamu bisa lho mulai membuatnya. Kumpulin 5 orang, trus buat simpul untuk kotamu.

Kamu blogger, suka nulis hal_hal baik, cinta karya anak bangsa dan ingin berkontribusi dalam memberi kabar baik tentang Indonesia, yuk gabung di KOPI.

Karena KOPI kalau cuma sebiji ga akan tercium wanginya, tapi kalau KOPI nya ada banyak dan saling bersinergi tentu aromanya bakal menguar ke seantereo negeri.

Karena KOPI is Cinta. Karena KOPI is Senyum, Sapa, Sinergi.

Untuk info lebih jelas, ceki ceki di mari yah

Twitter : @ KOPIKABARINDO , @demifilmku

Instagram : @Koalisikopi, @demifilm

facebook : KOPI is Cinta
24 comments on "Sinergi Cinta Antara Blogger dan KOPI"
  1. semoga bisa kopdaran di jakarta nopember nanti ya mbak... salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. salam kenal mba avy. aku pengen ikut mbaaa.

      Delete
  2. Wikkksss, blognya face off!

    Kereeen mak. Somehow rada2 mirip punya Unchan ya. Tapi, ofkorss artikel mak Windi selalu maknyussss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho ini yg buat memang unchan mak hahahahaha. aku pesen ke dia

      Delete
  3. Baru tau kominitas ini. Gabung Ah.

    ReplyDelete
  4. Omegod.. Superrrr banget kak Windii.
    Love this post. <3

    #KOPIIsCinta

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi kak sakinaah iya kopiiscinta. aku cinta kopi makanya gabung fi KOPI hahahaha

      Delete
  5. oh ada toh kopi di Medan, ketinggalan banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku jg baru tau. gabung mba noni, dikau kan suka travelling,pas bgttuh

      Delete
  6. Malah baru ngeh juga ternyata KOPI ada di Medan Win :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kak molly hrs ikut nih. kan blognya travelling pas bgt

      Delete
  7. Jakarta, Makassar, Medan, Denpasar,Semarang, Surabaya, Jogja, Padang, Balikpapan, Cirebon, Samarinda, Papua, Bandung, dan kota lainnya.
    .
    .
    .
    Mataram, Lombok termasuk kah ke dalam kota lainnya itu? *uhuk *pengenjuga

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah ntar kutanya dulu yah sama kak arul, ada ga disana

      Delete
  8. Blog baru... tampilannya keren Mbak. Suka banget sama fontnya :)

    ReplyDelete
  9. Ada Kopi, ada juga Kopfi Mbk, Kopfi (Komunitas Pencinta Film Islami), serulah ya ada komunitas yang konsen ngecek film yang bermutu, semoga Kopi bersinergi membangun film yang berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah itu dimana komunitasnya mbaaa. iya film2 bagus karys anak bangsa hrs didukung nih

      Delete
  10. lebiih fresh niy rumahnya, kereen !!

    aahh mau KoPI lah, eehh!!
    Ternyata komunitas yaa,,mauuu aahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa ganti2 muluk ya. blogger labil xixixi. sodorin KOPI buat ditukis di blog

      Delete
  11. Lengkap tulisannya, aku conteklah ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkaaaan. kan memang tujuannya berbagi yaaak

      Delete
  12. Aku ikut KOPI yang Semarang, Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah semoga bisa ketemuan di jakarta yaaah. uhuuuy. aamiin

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature