11 Hal Yang Harus Dipersiapkan Ibu Bekerja Agar Sukses ASIX

Monday, June 6, 2016



Persiapan Menyusui Untuk Ibu Bekerja

Untuk ibu bekerja yang baru punya bayi, hari-hari menjelang masuk kantor kembali itu kadang bikin nervous.

Gimana ngga,tiga bulan lebih lho udah ninggalin kantor. Selama 3 bulan sibuk berkutat dengan dunia baru bernama dunia ibu-ibuan maka pas mau kembali ngantor itu, hadeeeeh rasanya campur aduk. Antara excited karena bakal menjalani hari-hari seperti dulu sebelum melahirkan tapi sekaligus sedih karena harus ninggalin anak di rumah.

Belum lagi galau masalah per ASI-an, solae beda dengan ibu yang tidak bekerja di luar rumah, ibu bekerja persiapan per ASI annya harus paripurna biar cita-cita ASI eksklusif bisa tercapai

Berdasar pengalaman,ini beberapa hal yang harus diketahui dan dipersiapkan seorang ibu bekerja untuk sukses ASIX

1. Pumping Sedini Mungkin

Iyes rekan sejawat. Walau rasanya pengen mesra-mesraan dulu dengan bayi kita, tapi jangan sampai terlena. Kita cuma punya waktu dua bulan saja lho untuk nyetok ASIP. Dua mingguan setelah di rumah sudah bisalah mulai pumping untuk stok ASIP. Jangan ditunda-tunda ya moms biar nanti ga kejar tayang.

Kalau bisa dapat stoknya sampe 100 botol deh baru aman. soale pengalaman saya nyetok 50 botol dan masih kejar tayang.

Tapi kalo ASI nya melimpah ruah mungkin ga perlu banyak-banyak stok bakal bisa tertutupi kebutuhan bayi dengan hasil pumping di kantor ntar. Tapi buat jaga-jaga,banyakin aja stoknya.

2. Jangan pernah abaikan setiap tetes asi

Di awal-awal mungkin ASI kita masih sedikit. Tenang aja moms jangan panik. Memang seperti itu kok. Soalnya kebutuhan  ASI bayi kita juga masih sedikit.



Jadi saat pumping cuma dapat 20 ml misalnya, jangan langsung sedih, be happy aja. Taruh di botol, simpan yang 20 ml itu di kulkas bawah. Ntar pas dedenya bobo, pumping lagi, dapat 20 ml simpen lagi. Lima kali pumping dapet deh 1 botol ASIP, gabungkan setelah suhunya sama, taruh di freezer. Lumayaaan dapat 1 botol stok ASIP.

3. Lakukan Dengan Bahagia

Sudah sering banget ya moms dengar, bahwa kalau ibunya bahagia, mudah-mudahan ASI jadi gampang keluar.

Ini bener banget. Makanya walaupun mau nyetok ASIP, jangan sampai kegiatan pumping menjadi beban. Soalnya kan memang di awal-awal punya bayi itu kita bakal capek, kalau ada kesempatan misalnya pas bayi tidur pengennya ikut bobo juga. Boro-boro mikirin pumping. It's ok moms jangan merasa bersalah.

Kalau kita ngantuk, ya tidur aja, jangan paksakan pumping, ntar dapetnya juga sedikit. Yang iya malah kitanya bakal sebel dan dongkol.

4. Trik pumping

Kapan dong bisa pumping, wong anakku nyusu terus?

Pasti deh sempet terpikir demikian. Gimana mau pumping kalau anaknya nyusu terus.

Lakukan cara saya ini moms, ini juga nyontek dari tips orang lain


  • Saat menyusui bayi, susui sebelah payudara saja. Sedangkan yang satunya ntar kita pumping. Jadi dua-dua tetap kosong sehingga ntar bakal terisi kembali, sekaligus kita dapat deh stok ASIP. Tenang aja moms, walau hanya disusui sebelah , bayi tetap dapat semua kebutuhannya kok, ngga perlu khawatir dengan mitos payudara kiri isinya minuman, payudara kanan isinya makanan. Tapi diinget-inget yah moms,misal tadi yang dikasih sebelah kanan, ntar pas nyusui berikutnya tukar jadi yang kiri.
  • Cara lain, pumping saat payudara penuh (ini tips dari annisast), biar hasil maksimal. Udah pumping baru kasih payudara ke si dede. Jangan khawatir PD kosong moms, karena kalau diisep bayi ntar terisi lagi kok.
  • Lakukan pumping minimal 4 kali sehari. Jam 10 pagi saat dia tidur, jam 2 siang sambil nonton tivi atau sambil fesbukan, jam 5 sore sambil nunggu suami pulang, dan jam 10 malam saat si dede udah tidur. Kalau mama sanggup bangun buat pumping jam 2 malam sih monggo. Bonusin lagi sekali pumping setelah sholat subuh. Lebih dari itu? ya silahkan saja, tapi tetap pikirkan waktu istirahat kita, jangan sampai gara-gara ngejar stok ASIP, waktu tidur jadi diabaikan.

5. Banyak Makan dan Minum

Impian kita memang saat masuk kantor pengennya badan dah singset lagi ya moms. Kalau bisa malah ga kelihatan abis melahirkan, makanya banyak ibu-ibu yang nahan-nahan selera makan.

Waah ga perlu gitu juga sih, karena namanya ibu menyusui wajar aja merasa lapar terus. Kalau lapar ya makan,ga usah ditahan-tahan. Tenang aja kan makanan dan minuman kita bakal jadi ASI, untuk anak tersayang. Kalau pun bonusnya kita bakal gendutan, it's oke lah cuma sementara ini, ntar gitu anaknya ga minum ASI lagi baru deh kalau mau diet.

Nah biar nafsu makan teratasi , asi tercukupi tapi badan tetap singset, banyakin porsi sayurnya.

Kemarin saya dapat tips dari teman, biar ASI banyak, maka banyakin makan sayuran berkuah Jadi misalnya ngerebus bayam, banyakin kuahnya. ntar kuahnya itu kita minum seperti camilan. Ngaruh banget nih kalau di saya. Pas makan sayurnya banyak dan minum kuah sayur, Asinya juga lumayan.

porsi makan saya, kumplit. sayurnya banyaaak


Banyak minum harus banget. Plus ngemil juga, Camilannya bisa apa saja, bisa kacang, pisang rebus, bubur kacang ijo, sesekali nyemil mie ayam juga ga papa lah moms, asal jangan kebanyakan aja. 

6. Booster ASI?

Hmm sampai saat ini saya baru sekali pakai booster ASI yaitu yang bentuknya teh. Menurut saya sih sama aja hasilnya. Jadi ini terserah mau pakai atau tidak. Banyak juga teman yang menyarankan pakai booster ASI. Silahkan aja kalau mau pakai.

7. Cari tahu soal masalah Per ASI-an

Biar ga gelagapan, sebaiknya cari  tahu dulu nih sebelum kembali ke kantor lagi

Hal-hal yang yang perlu diketahui mencakup manajemen ASIP. Berapa lama tahan di kulkas, gimana cara menyajikannya.

Cari tahunya bisa baca-baca dari website- website breastfeeding atau nanya-nanya ke teman.


Jangan malu untuk bertanya, ngga akan ada yang menganggap kita ngga tau apa-apa kok, karena biasanya mommy-mommy menyusui itu, solidaritasnya tinggi. Bisa juga dengan gabung di grup menyusui yang ada di FB tuh moms, membantu banget. Tapi usahakan jangan baper yah, misalnya dengar cerita si ibu A ASInya sampai luber-luber, trus kita ngga, ya biasa aja, santaiiii, ngga usah kemrungsung. 

8. Edukasi Buat Yang Jaga si Dede

Karena saat kita kerja yang ngurusin anak kita adalah orang lain , entah mbanya, baby sitter, ortu atau mertua, mereka wajib kita beritahu apa dan bagaimana memberi ASIP ke bayi kita.

Biar jangan repot, saya pakai cara berikut :

  • Malam hari turunkan beberapa botol ASIP sesuai perkiraan kebutuhan bayi dari freezer ke chiller, biar besok pas mau dikonsumsi si dede ASIPnya udah cair. 
  • Bilangin ke wawak atau mba nya, ntar saat mau kasih ke dede tuang dulu ke botol susu, baru kemudian rendam di mangkuk berisi air hangat, setelah hangat kasihkan ke bayi.
  • Kenapa ga sekalian botolnya aja yang dipanasin? Pengalaman saya sih, kadang si dede ga habis dalam sekali minum. Padahal ASIP yang sudah dihangatkan ga bisa dimasukin kulkas lagi, harus langsung dihabiskan. Makanya menghangatkannya ga langsung di botolnya, biar kalo kurang ya tinggal dihangatkan lagi, ngga sampai mubazir terbuang. Tapi, ntar saat si dede minumnya dah mulai banyak, bisa langsung dihangatkan di botol ASIPnya, terus langsung dipindahkan ke wadah untuk dikasih ke si dede
  • Beritahu juga, kalau misalnya ASIP yang kita siapkan malamnya sudah habis, si mba minta untuk turunkan dulu ASIP dari freezer ke chiller, dicairkan dulu, jangan langsung dihangatkan dalam kondisi beku.

9. Latihan Meninggalkan Bayi

Hoho bukan atlet aja yang perlu latihan, kita ibu-ibu bekerja juga perlu latihan meninggalkan bayi biar bayinya juga ngga shock, kita pun siap mental.

Kira-kira seminggu sebelum masuk kantor, tinggalkan bayi di rumah bersama pengasuhnya selama 2 jam. Terserah sih mau ngapain. Bisa ke salon, atau mama bisa gunakan untuk belanja kebutuhan bayi yang kemarin belum sempat dilakukan.

Tujuannya biar anaknya terbiasa dengan orang lain. Sekalian biar pengasuhnya bisa praktek gimana ngasih asip untuk si dede.

Besoknya lakukan lagi,bisa juga ditambah waktunya. Hingga akhirnya kita benar-benar kembali ngantor, si dede dan pengasuhnya udah siap buat ditinggal. Kitanya juga biar ga menye-menye banget.#elapairmata

10. Bawa Pompa ASI Kemanapun Pergi

Saat pergi ninggalin bayi sebagai latihan, jangan lupa bawa pompa ASI juga. Lumayan tuh bisa dipompa dan dapet sebotol dua botol buat stock, untuk menggantikan ASIP yang diminum si dede saat kita pergi.

di jalan pulang dari mall sama suami, pumping duluuuu


11. Tenangkan Hati, Percayakan ke Pengasuh dan Yang Maha Kuasa

Usaha untuk memberi yang terbaik bagi si buah hati memang harus kita berdayakan, tapi ingat ya moms jangan sampai stress. Jangan gara-gara impian untuk punya berbotol-botol ASIP di kulkas bikin kita frustasi. Santai saja, lakukan semaksimal kita bisa, relax dan banyak berdoa.  Jangan khawatir berlebihan. keep possitive thinking.

Nah kalau semua sudah dilakukan, kita sudah ready nih buat kembali ngantor.

Kasih sayang seorang ibu sama sekali ga tergantung dari berapa banyak ASI yang bisa diproduksinya. Jadi ga ada lomba banyak-banyakan ASI, karena setiap bayi punya kebutuhan masing-masing.

Selamat beraktivitas kembali buat ibu-ibu bekerja. Yakin kita bisa yess .

Nah itu 11 hal yang harus dipersiapkan ibu bekerja agar sukses ASIX, semoga membantu.



13 comments on "11 Hal Yang Harus Dipersiapkan Ibu Bekerja Agar Sukses ASIX"
  1. bermanfaat bagi ibu pekerja ya, masa2 ini sudah aku lewatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aah udah lewat dan sukses itu nyenengin bgt yaaah. bagi tipsnya mbaaa

      Delete
  2. pompa asi yg enak jg pengaruh. kalao pegel mompanya, jadi emosi trus asinya macet :p
    makasiii sarannya mbak windiii. good job!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuul.pompa asi ga enak itu pengaruh ke mood

      Delete
  3. wahhhh seru sekali infonya lengkap kap kap, harus bersyukur ya tiap etesnya betul banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. tiap tetes asi itu sangat berarti apalagi kyk aku yg asinya ga muncrat2 hehehe

      Delete
  4. makasih mbak windi sharingnya .. ilmu banget buat pengantin baru kayak aku gini, biar pas melahirkan udah banyak pengetahuan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mariana. iyaa pengantin baru kudu cari2 ilmu dulu hahaha

      Delete
  5. saya lagi di masa-masa ini nih. Si bayi masih 3 bulanan dan emaknya kudu nyari duit lagi..eh..hihihi..

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. aku pake pump yang dua tabung gitu, cepet kelar juga hahaha

      Delete
  7. Terima kasih telah berbagi ceritanya bunda Windi, infonya sangat membantu ibu pekerja seperti saya,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature