Ada Apa di Balik Peluncuran BRIsat ?

Monday, June 20, 2016
BRIsat menuju orbit untuk melayani Negeri




Waktu SD dulu, kita tahunya satelit Indonesia adalah Satelit Palapa.

Tahunya bank ya BRI. jenis simpanannya ya Simpedes.

Hari ini 19 Juni 2016 Bank yang memiliki tabungan fenomenal Simpedes itu akhirnya meluncurkan satelit pertama di dunia yang dimiliki oleh Perbankan , diiringi doa seluruh pekerja BRI dan doa bangsa Indonesia.

Sekali lagi PERTAMA di dunia.


Satelit BRIsat dibuat oleh Space System/ Loral (SSL) dan dilucurkan dari pusat peluncuran Arianespace Kourou Guyana Amerika Selatan dengan roket Ariane 5.

Brisat, akan mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia, ASEAN, Asia Timur termasuk sebagian wilayah Tiongkok, Laut Pasifik termasuk Hawaii dan Australia Barat.



Satelit Brisat memiliki 45 transponder. 23 transponder untuk BRI, 4 transponder untuk pemerintah, dan sisanya akan digunakan untuk menampung daya komunikasi BRI di masa depan.

Dengan demikian, BRI diharapkan akan menghemat biaya operasional, biaya komunikasi dan biaya jaringan sekitar 50 persen dan akan lebih mampu melayani daerah yang sulit dijangkau di pelosok negeri ini.

Disamping itu pelayanan BRI juga diharapkan semakin baik dan semakin cepat demi kepuasan nasabah tercinta.

(Baca : Dapat Gaji dari BRI tanpa Jadi Pegawai BRI )

FYI, slot yang digunakan satelit BRIsat adalah slot satelit indosat dahulu yang pernah lepas dari Indonesia, kini dibeli kembali oleh BRI untuk Indonesia. Ada nilai patriotik disini yang membuat BRIsat bukan hanya milik insan BRI tapi milik seluruh bangsa Indonesia.

Kalo kata Dahlan Iskan

Dulu Tual sekarang Bali

Dulu jual sekarang Beli

eeeaaaa.




Doakan semoga bisa mengorbit sempurna dan bermanfaat bagi negeri ini dan seluruh bangsa Indonesia yah. Masih dibutuhkan kurang lebih 10 hari lagi untuk BRIsat settle di orbit yang dituju yaitu di atas bumi papua.


***

Trus ada apa nih di balik peluncuran BRIsat?

Yup ada banyak hal yang menarik di balik peluncuran BRIsat ini dari kacamata windiland.

1. Allah Penentu Segalanya

Asal kalian tahu, menjelang peluncuran BRIsat warga BRI itu udah yang deg- deg plas gitu deh. Berasa kayak pengantin wanita menanti si mempelai pria kelihatan di ujung gang rumah sambil bawa kembar mayang.

Profil Picture di sosmed dah diganti jadi foto si BRIsat, status woro-woro soal satelit dah bertebaran sejagad temlen. Tiba- tiba denger kabar, peluncuran ditunda karena alasan teknis di stasiun peluncur.

Huuft, walau sempet kecewa tapi kita mah tetep optimis dan sabar. Diundur seminggu.

Seminggu kemudian tanggal 18 juni 2016 direncanakan bakal diluncurkan.

Persiapan sudah paripurna, dah bela-belain dini hari ke rumah wapres, ke hotel di masing-masing wilayah demi melihat si primadona . Bahkan ada yang buka room langsung si hotelnya lho xixixi. 

Kanwil Denpasar

Tapi lagi-lagi ternyata kita harus bersabar. Kali ini karena gangguan cuaca. It' s ok no problema lah ya, masa gara-gara mau maksa meluncur malah gagal nanti.

Sabar maning.

Kemarin malam kembali , warga BRI yang semangatnya masih full menanti menjadi saksi sejarah ini, eh lagi-lagi ditunda sejaman, cmiiw.

Suasana Nonton Bareng dan Doa bersama
di Kantor Pusat BRI

Hingga akhirnya Minggu pagi tanggal 19 Juni 2016 pukul 04.40 wib bersamaan dengan kumandang azan subuh, BRIsat berhasil diluncurkan. Alhamdulillah.

SEVP dan Dirut BRI di Pusat Peluncuran



Ya. manusia memang sebaik- baik perencana tapi Allah lah sang Penentu. 

2. Tentang Kepemimpinan

Wacana pembelian satelit untuk BRI ini sudah santer terdengar saat saya masih jadi warga BRI unyu-unyu, masih pendidikan PPS yang notabene saat itu direksinya masih jajaran pak Sofyan Basir CS. Tahun berganti, tampuk kepemimpinan bergeser, wacana mulai berubah menjadi nyata.



Di saat akhirnya satelit BRIsat benar-benar diluncurkan, atas usaha berkelanjutan dan sinergi kepemimpinan yang baru yaitu pak Asmawi Syam CS. 


Suasana di Arianaspace
Dirut BRI pak Asmawi Syam

Nah menarik sekali saat kemarin saya melihat, tidak hanya jajaran direksi BRI saat ini yang hadir di Kantor Pusat BRI untuk menyaksikan peristiwa bersejarah ini, tapi seluruh direksi terdahulu pun kumpul disana. Pak SB (Dirut PLN) , pak Sarwono ( Direktur PLN ), Pak Toni ( Direktur Garuda Indonesia), Pak Djarot, ( Dirut Bulog), Pak Sulaiman (Direktur Bank Mandiri ).

Ih seneng banget melihatnya, mengajarkan langsung bahwa yang namanya sebuah program atau rencana kerja itu ga akan bisa terlaksana kalau bukan atas inisiasi dari pemimpin terdahulu. Dan tidak mungkin akan berkelanjutan dan selesai kalau pemimpin setelahnya tidak turut mendukung dan dengan sigap melanjutkan rencana yang ada.

Keren banget kan . Ngga ada tuh terlihat seperti yang familiar kita lihat selama ini, dimana pemimpin masa lalu es ke te an dengan pemimpin yang sekarang, xixixi.


Jajaran Direksi BRI


Proud of you sir.

Ibarat mau pergi naik mobil dari Medan ke Sibolga , kalau supirnya ganti di Siantar, ngga perlulah ya si supir baru balik maning ke Medan, ngga sampe-sampe tujuan kita ntar. Ya ngga?

Betewe dari Medan ke Sibolga bisa juga naik pesawat kok, lol


(Baca : Sterorype Banker)


3. Kelakuan Pekerjanya di Sosmed

Nah sebenarnya inti postingan ini ya ini. Biasalah kalau ada apa-apa , si Gen Y pasti yang paling aktif di sosmed. Nah kali ini juga. 

Ini yang terjadi di temlen sosmed saya yah, terjadinya di hari pertama yang gagal meluncur. Alih-alih kecewa,temlen malah rame dengan foto si bapak ini, hahahaha.


Blio ini mantan Pinwil Medan yang ngehetis banget, fenomenal lah. Makanya gitu lihat si bapak muncul di layar tivi, beeeugh rame-rame skrinsut, trus ngeshare di path. mana captionnya lucu-lucu banget lagi.



Si Bapak mang favorit banget mah. makanya langsung histeris gitu. Sehat-sehat selalu ya pak.

4. Ada Temen Guweeeh di sono

Iyaaa ada temen sebatch guweh pas PPS dibalik momentum bersejarah ini, kyaaa kyaaaa. 

tebak om Kemal Yang Mana


Padahal temen doang aja bangga baget guweh. Blio ini yang sering ditanya2 kalo di grup mengenai BRIsat.

" Mal, warna satelitnya apa mal"
" Mal, bisa selfie sefie dulu ga di satelit"
" Mal, kok di hitungan sekian tadi sempet berhenti"

" mal, mal, ih pada kemal deh, kepo maksimaaaal.

Di group WA yang dapet ucapan selamat juga malah dese. Selamat ya maaal, selamat ya maaal, SPJ ntar ke satelit nih yeee, ciyee ciyeee.


5. Harapan-Harapan

Tentu saja dengan meluncur dan melesatnya BRIsat, melesat pulalah harapan seluruh insan BRI dan bangsa Indonesia tentunya.

Kalau dari kita, harapannya jelas banget, semoga pelayaan BRI makin baik ke depan, koneksi jaringan wuus wuus, Segala macam e-chanel lancar dan terhindar dari masalah klasik offline. Dan seluruh wilayah Indonesia yang terpencil, pelosok, dibalik gunung,di samudra yang luas, bakal mendapat sentuhan setulus hati dari kami, sesuai Taglinenya BRI jaya di Darat, Laut dan Udara.

BRI di Laut


Nah di atas itu contoh harapan baku yang baik dan benar dari pekerja BRI, xixixi.

Harapan in the deep deep inside hati para pekerja adalah. SEMOGA KINERJA MENINGKAT LABA MEROKET, KESEJAHTERAAN MELESAT. woohooooo.


Setuju yah setuju. Soale pak JK aja udah ngomong gitu kemarin, jadi ya mareee kita aminkan.

Lha iyalah,pan ntar makin efisien. Kata wadirut pak Sunarso kemarin di tivi, selama ini biaya sewa satelit itu 500 milyar setahun untuk 23 transponder. Nah sekarang dengan satelit sendiri biaya itu bisa ditekan sampai dengan 50 persennya, karena investasinya bisa disusutkan bertahap selama 15 tahun mendatang.

Trus bayangin ajalah terobosan-terobosan baru dibidang digital banking yang bisa didevelop dan ditingkatkan dari kepemilikan BRIsat ini.

Bayangkan.... bayangkan sodara sodara.

Semoga membuat BRI semakin berkontribusi maksimal yah dalam membangun negeri.

6. Meme

Apalah artinya momen bersejarah tanpa meme yang melengkapinya. Ibarat Syahrini tanpa bulmat palsu, ibarat Disas tanpa Rangga, ibarat lebaran tanpa Khon Guan. 

Kemarin pun meme meme berseliweran di temlen. Mulai dari THR sampe vidcon,lol

Ngarep banget daaah :)

ampun deeeh

7. Hapalan Anak SD Akan bertambah

Adek-adek jangan lupa ya, ntar hapalan satelitnya bertbah. Selain satelit Palapa, Telkom, Indostar, Lapan dan Inasat, Indonesia juga punya BRISat. Catet ya bu ibu buat diajarin anaknya. 

Udahlah ya, tujuh aja behind the scene peluncuran satelit BRISat.

Akhirul kalam, sebagai pekerja BRI, saya bangga dan terharu banget nih dengan peluncuran BRIsat, mohon doanya semua ya teman-teman, semoga ini ga membuat BRI jumawa, tapi lebih memacu kami buat memberi yang terbaik untuk nasabah tercinta dan untuk negeri tempat kami mengabdi.

Karena BRIsat bukan cuma milik insan BRI tapi milik seluruh bangsa Indonesia.

‪#‎BanggaBRIndonesia‬ terus berkarya, melayani dengan setulus hati demi kemajuan tanah air tumpah darah beta.
11 comments on "Ada Apa di Balik Peluncuran BRIsat ?"
  1. ngiahahahahha gak kuat ama yang nomor 7. Kita banget dari jaman kecil yak! Hahahaha...masih ketawa bacanya mbak. TFS yaa...bangga juga sbg WNI walopun enggak karyawan BRI saya :)

    ReplyDelete
  2. semoga selalu keren dan berjaya ya BRI, pelayanannya juga semakin oke, halah malah curhat nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin iya maak. akan selalu memperbaiki layanan deh demi nasabah tercintaa

      Delete
  3. Saya juga tahu gimana ribetnya dua kali mengundang media ke Paris, tertunda sehari pada kedatangan kedua kali. Stasiun TV yang live juga jungkir-balik mengganjel program ketika gagal sehari sebelumnya.

    Sekali lagi, selamat untuk BRI dan BRIsat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seru banget kyknya mba. tp memang pasti rempong lh ya

      Delete
  4. selamat deh buat BRIsat, meski agak kecewa kemaren kuisnya aku ga menang-menang... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahajha nabung aja mba, siapa tahu dpt undian

      Delete
  5. bagaimanapun tetep bangga banget, satu2nya bank di dunia yg punya satelit sendiri

    ReplyDelete
  6. Oalahhh itu toh behind the scene nya. Pantesan sy liat temen2 yg BRI kok agak panjang proses luncurnya ternyata ada kendalanya.. tp sukses lah ya akhirnya.. bangga banget liat setelitnya.. keren keren gmn gitu. Hehe..

    ReplyDelete
  7. Yang no. 7 hahaha, pengalaman banget waktu SD XD

    Alhamdulillah, semoga dengan BRISat dapat semakin membantu menyebarkan networknya BRI ke daerah-daerah terpencil :D

    Saya dulu pernah bekerja untuk melayani BRI, mbak.
    Sekarang yang pegang kendali BRI nya atau Satkomindo? hihihi
    Jadi kangen, dulu kerjaanya sering ke kantor Bank, ngurusi network ATM & Cabang. XD

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature