5 Alasan Mengenakan Hijab Bagi Seorang Perempuan

Wednesday, June 29, 2016

Lima Alasan mengenakan Hijab Bagi Seorang Perempuan

Ngomongin hijab lagi ah, mumpung masih puasa biar syahdu.

Ngga, ini ngga mau menghubungkan dengan artikel-artikel hijab yang kemarin sempat rame kok. Cuma mau sharing aja apa alasan pakai hijab bagi seorang perempuan.


Oya FYI saya pakai hijab saat saya masih duduk di kelas 2 SMA. Dulu pengennya malah gitu masuk SMA langsung pakai jilbab, tapi ngga dikasi nenek saya. Katanya tunggu dulu setahunan SMA baru deh pakai. Makanya gitu naik kelas 2, bertepatan dengan ulang tahun saya yang ke 16 saya menghadiahi diri sendiri dengan mulai berhijab. Alhamdulillah ya.

Karena Ultah saya di awal Januari, jadi saat itu kami baru selesai libur tahun baru. Gitu masuk sekolah saya yang udah berjilbab rapi. Banyak teman yang kaget, soalnya saat itu kan belum banyak cewek-cewek yang pakai hijab, apalagi saat itu kelakuan saya masih jauh panggang dari apilah untuk stereotype cewek berjilbab. Ditambah lagi waktu itu saya ultah, beberapa orang termasuk adik kelas yang udah bela-belain nyiapin kado buat saya, terlihat sedikit kecewa sih, xixixi, soale udah beliin saya baju lengan pendek gitu, eh taunya saya udah berjilbab, yo wis lah, bajunya cuma dipakai di kamar aja. 

Kalau sekarang sih hijab sudah jadi trend tersendiri di kalangan remaja muslimah. Apalagi dengan banyaknya model-model hijab terbaru yang ada di hijup.com, yang dulunya malas pakai hijab karena terkesan kuno, sekarang udah mulai tertarik. Bagus sih menurut saya, minimal sebagai awal untuk menarik minat remaja muslimah sekarang dalam melakukan perintah agama.

Ga perlu juga diperdebatkan soal hijab yang sekarang kelihatannya mulai bergeser bukan kepada soal ketaatan tapi kepada bertabarruj. Semua berproses yes. Yah minimal kan udah menjalankan perintah agama ya, daripada ngga sama sekali, hayooo. Maka fenomena ini wajiblah kita syukuri. Selanjutnya tugas kita bersama untuk terus belajar dan mengupgrade diri biar berhijab bukan hanya soal busana, tapi juga mengisi ruhiyah sesuai tuntutan agama.

Alasan pake jilbab?

Ya karena wajiblah. Ok fine. selesai deh pembahasan, bye.

Xixixixi. Iya bener sih alasannya ya karena wajib, titik habis. Itu kan bagi yang udah mantap banget berjilbab. Ada juga yang masih maju mundur cantik, perlu banget kita kasih alasan-alasan lain biar makin mantap memutuskan berjilbab.

Apa sajakah itu?

Selain karena tuntutan agama, sebetulnya terdapat berbagai alasan lain yang dilihat dari berbagai segi dalam penggunaan hijab. diantaranya yaitu :

1. Segi sosial

Bukan supaya jadi sosialita sih. Tapi minimal kalau pakai hijab insha Allah gangguan dari pria-pria usil akan lebih minimalis. Memang ngga jaminan juga tapi minimal mengurangi. Apalagi untuk usia remaja,minimal yang dulunya kalo digodain cowok-cowok pake disuit-suit, sekarang berubah digodainnya paling banter pake ucapan salam. "Assalamualaikum dek.

Tetep sih ya, tapi lebih sopan.

Tapi... tapi banyak juga tuh yang udah berjilbab tetap aja diganggu bahkan diperkosa, hiiiii.

Iyaaa... saya juga sedih mendengarnya. Tapi begini nih,yang namanya perempuan itu mau digimanain ya memang kodratullah pasti menarik bagi pria normal. Kita dimasukin ke karung beras, diikat rapat, trus di luarnya ditulis pake spidol " WANITA atau PEREMPUAN", kalau ada laki-laki yang lewat ya tetep aja dia tertarik minimal penasaran pengen buka ntu karung.

Makanya , tahu kenyataan seperti itu, ya salah satu caranya dengan melindungi diri dari pandangan mereka, yaitu menutup aurat yang kiranya bisa menggoda mereka.

Usaha lah usaha. Lagian saya yakin Allah pastilah melindungi hambanya yang udah berusaha menjalankan perintahNya ya.


2. Segi filosofis. 


Filosifi memakai jilbab itu kan sederhana banget yah. Sebagai salah satu bukti ketaatan dan tidak berlebih-lebihan dalam berbusana.

Iyalah sejatinya yang namanya perempuan itu kan adalah perhiasan dunia. Dan sebaik-baik perhiasan adalah istri yang solehah, ahsek.

Mau dooong jadi istri solehah kesayangan suami.

Salah satu ciri istri solehah adalah menjaga kehormatannya dan kehormatan suami.

Nah kalau kita berpakaian sopan, rapi,ditambah lagi kelakuannya menawan, suami mana coba yang ngga makin sayang. Tapi tetep yah, semuanya dilakukan bukan semata untuk menyenangkan suami tapi juga menghargai diri sendiri.

Kalau bagi adek-adek yang belum menikah, malah filosofi pakai jilbab mah sederhana banget, sesimple ga perlu pusing ngeroll ngeroll rambut kalau mau ke kampus. Pakai pakaian rapi, sopan, jilbab warna senada, udah aja langsung jadi cantik , beneran lho,coba deh kalo ga percaya.


3. Segi ekonomi. 

Seorang wanita yang berhijab tidak dilarang dalam Islam untuk melakukan berbagai aktivitas ekonomi seperti bekerja, dan yang lainnya, akan tetapi yang perlu diperhatikan disini dengan mengenakan hijab tentunya akan lebih melindungi perempuan saat beraktivitas tersebut.

Nah lho, siapa bilang pakai jilbab rezeki jadi seret, cari kerja jadi suseh. Ngga bener sama sekali.

Itu, lihat deh, si Inneke, gitu pake jilbab malah makin laris. Belum lagi Dewi Sandra, Laudya Chintya Bella, setelah berjilbab malah tawaran job makin deraaas.

Malah kadang kita lihat di tivi, tiap ada acara yang ada bau-bau jilbabnya yang muncul,yah lu lagi lu lagi.

Karena ini sesuai banget dengan janji Allah. " Jika kamu melakukan sesuatu karena Aku, dan meninggalkan sesuatu karenaKu, maka akan kucukupkan rezekimu". Maaf saya ngga terlalu ingat bunyi lengkapnya, tapi intinya kira-kira demikian. Ada janji Allah lho,kalau Dia akan selalu membantu kita.

Asik kan, berasa disayang gitu sama Allah.

4. Segi psikologis. 

Secara psikologis,saat kita berjilbab ada ketenangan tersendiri lho yang menyertainya. Ini sih pengalaman saya aja. Soalnya secara alam bawah sadar, kita seperti merasa " Ih aku dah ngikutin perintah Tuhanku nih, semoga Dia makin sayang sama aku"

Allah sih maha pengasih dan penyayang sama semua makhluknya, ga cuma sama yang berjilbab aja, tapi itu rasa kege-eran sendiri yang positif sih menurut saya.

Trus, secara otomatis kita bakal mikir seribu kali saat melakukan sesuatu yang tidak baik. Ga otomatis kita bakal langsung jadi wanita seputih salju sih hatinya. Tapi adaaa gitu lho perasaan misalnya mau ngomong kotor, ih ga pantes ah guwe ngomong gitu, atau saat mau ngutil di supermarket, ih malu ah kalo ketauan (ini napa contohnya ngutil ya , lol).  Atau saat waktu sholat trus kita malas sholat, ada yang berbisik diam-diam di telinga kita, " masa udah pakai jilbab, sholatnya masih bolong-bolong sih".

Pokoke ada semacam rem lah dari diri sendiri. Mungkin dilihat orang sih kita tetep aja belum baik,tapi kita sendiri yang tahu bahwa kita udah berubah lebih baik dibanding dulu sebelum pake jilbab.

Ini mah saya yah,mungkin orang lain punya perasaan dan pengalaman yang berbeda.


5. Segi etika. 

Ntar otomatis tindak tanduk kita jadi lebih adem.

Bukaaan, bukan berarti pake jilbab trus kita harus jadi feminim, ngga lah.

Kamu mau tetap tomboy walau pakai jilbab? go ahead. it's ok no problema lah. Tapi tomboynya jadi santun, halah. Iyalah walau tetap paki jeans tapi ngga pake jeans robek-robek lagi. Pake jeans ya ngga masalah, tapi bajunya agak panjangan dikit. Pokoke etika berbusana kita pun jadi lebih baik disamping etika pribadi.

Pake Celana ga apa kok asal tetap menutup aurat

Nah itu tuh 5 alasan memakai jilbab bagi perempuan dipandang dari berbagai aspek.

Yang pasti niat awalnya itu adalah untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dan taat keada perintah Allah.

Lebih baik dari siapa?

Udah ga usah banding-bandingin.

Pake jilbab belum tentu lebih baik dari yang ga pake jilbab? yes

Ngga pake jilbab belum tentu lebih jelek dari yang berjilbab? iyes juga lah.

Bandinginnya sama diri sendiri aja. Pokoke hari ini kita harus lebih baik lagi dari hari kemarin. Itu aja.

Ngga usah khawatir berlebihan,

"Ntar kalo berjilbab tapi kelakuan masih minus aku dibully"

"Ntar kalo pake jilbab aku harus paham segala hal tentang agama,padahal aku belum mampu"

Pssst.... stop deh berfikiran seperti itu. Yang namanya alasan, ada 1001 alasan yang bisa kamu cari supaya ga pakai jilbab.

Kamu cukup menemukan satu aja alasan berjilbab, yakini dan lakukan.

Yang pasti , jangan nunggu jilbaban dulu baru berbuat baik, dan jangan nunggu baik dulu baru jilbaban.

Kalau kata Bimbo " Berbuat baik janganlah ditunda tunda"#nyanyi.





9 comments on "5 Alasan Mengenakan Hijab Bagi Seorang Perempuan"
  1. Berbuat baik janganlah ditunda-tunda itu lagunya Bimbo deh kayaknya mak #ArekLawasDetected :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh apa iya. wahahahaha. bukan aa gym toh kyknya aa gym pernah nyanyi itu. kuediiiit wakakakaka

      Delete
  2. Postingan sponsor yang paling readable nih.. soft sellingnya ntap nget.. haha

    ReplyDelete
  3. Setuju sama semua alasannya tapi koq belon pake jilbab yaaa aku :(

    ReplyDelete
  4. klo Saya cuma punya 1 alasan...
    menutup aurat adalah kewajiban, dan satunya2 cara menutup aurat,, ya menggunakan Jilbab

    ReplyDelete
  5. Berhijab pun butuh proses. Memang ada kalanya yang sudah berhijab dianggap sudah mumpuni dalam agama.
    Semoga semuanya juga untuk kebaikan.

    ReplyDelete
  6. yang penting berprogress juga gak hanya berproses jalan di tempat, hihi

    ReplyDelete
  7. menurut saya sih menutup aurat itu adalah kewajiban bagi wanita muslim, tapi tergantung orangnya juga sih, kalau memang kemauan sendiri ya itu bagus..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature