Tentang Berbagi Tugas Dengan Suami

Wednesday, May 4, 2016

Yeaay, udah masuk minggu ke-2 nih #GesiWindiTalk nya. Oya sekalian mau infoin, kalau jadwal postingan barengan ini diubah jadi hari Rabu, ngga jadi Kamis, biasalah emak galau banyak pertimbangan.


Kenapa atuh harus berbagi tugas sama suami?

Ya, karena kalau udah berkeluarga, suami itu memang tempat berbagi, masa berbaginya sama tetangga mana ada yang mau ^_^.

Kalau kata konsultan pernikahan,  masalah bagi-bagi tugas dengan suami di keluarga itu sebaiknya dibicarakan sebelum menikah, biar ga ada kejadian pas udah punya anak misalnya, istri rempong sendiri ngurus semua kebutuhan keluarga.

Kalo di saya, kami dulu ga sempet bicarain ini. Ga kepikiran soalnya, mungkin sangkin excitednya jadi lupa hal-hal beginian .

Tapi ga masalah, seiring waktu juga bisa kok dibicarain.

Apa aja yang mesti dibagi dengan suami?

Kalau saya kelompokkan, sepertinya ada beberapa hal dalam berkeluarga yang mesti dibagi-bagi nih antara suami dan istri

Tugas mencari nafkah

Kalau ini udah jelas, ga perlu diskusi. Mencari nafkah tugas suami. Saya tugasnya mastiin yang diberi suami cukup kalau bisa lebih untuk kebutuhan keluarga.

Kalau ga cukup? Ya dicukup-cukupkan.

Lha itu gaji istri buat apa?

No comment, langsung kekepin dompet.

Tugas rumah tangga

Naah ini dia yang di keluarga saya, begitu mau didiskusikan, baik saya atau suami tiba-tiba merasa ngantuk. Karena kami adalah dua pasangan paling pemalas sedunia (bangga lagi).

Sebenarnya pas awal nikah saya masih kebawa jaman gadis yang apa-apa dikerjain sendiri. Kalau melihat rumah berantakan langsung disapu, dipel. Abis makan langsung cuci piring. Pokoknya saya maunya rumah selalu dalam kondisi rapi dan bersih.

Apalagi pas saya di Jakarta, suami di Medan, kami kan ga pake ART, gitu pulang ke rumah, ajegile rumah udah kayak kapal pecah tapi minus harta kartun. Hampir setengah harian saya beberes rumah, sampe capek banget, sampai saya akhirnya nangis

" Huhuhu mas kok rumah bisa berantakan gini sih. Mas kan tau ade ga bisa lihat rumah berantakan, aku capek maaaas"

Dan terus pak suami jawab gini

" Dek ngapain juga ade bersih-bersih, udahlah bagi mas ade ada di rumah aja udah seneng banget. Udah biarin aja rumahnya berantakan, kalo ade empet lihat rumah gini ya udahlah kita bobo di hotel aja"

Terus aku harus jawab apaaah?

Ya udinlah nginep di hotel, rumah berantakan sebodo teing.

Nah sejak saat itu kami sepakat kerjaan rumah tangga itu cuma masalah kutil aja, jadi kami ga mau bagi-bagi tugas hahahaha. Nyuci baju ke londry, makan ke luar. Rumah berantakan? Pura-pura ga liat aja.

Tapi setelah punya anak, baru deh kami pakai jasa ART yang artinya problem teratasi, horeee.

Bagi tugas Soal anak

Kalau soal anak lain dong ceritanya. Karena masing-masing punya saham maka tanggung jawabnya ya harus dibagi.

Urusan nyusui itu tugas saya. Ya iyalah yaaaa. Tapi karena anak pertama dulu Tara disamping ASI juga minum sufor, jadi suami kebagian tugas bikinin susu saat malam. Jadi kalau malam anaknya nangis, suamilah yang bangun dan bikinin susunya. Biar saya tetap bisa bobo cantik walau punya bayi unyu-unyu.

Itu ekspektasinya

Kenyataannya?

Walah, anaknya nangis di samping telinganya juga, mas teg ya tetap ngorok. Failed banget. Tapi tetep yah saya ngga mau nyerah, bisa jadi allien saya kalo harus bangun selama beberapa kali sepanjang malam, trus besoknya harus kerja. Jadi kalo pak suami ga bangun, ya saya bangunin lah. Xixixi karena kadang terindikasi blio pura-pura ga denger. Ooooh tidak bisaa.

Syukurlah lama-lama mungkin males juga blio dengerin istrinya ngomel, akhirnya dengan sendirinya kalo anaknya nangis pas malam ya dia bakal bangun dan buatin susu.

Sampai sekarang anak kami udah dua .
Pembagian tugasnya beda lagi.

Pokoke pembagian tugas di kami itu paling penting cuma di jam-jam malam mau tidur.

Jadi urusan boboin si dede Divya itu jadi tugas saya. Untuk kakaknya itu jadi tugas suami. Mulai dari gantiin pampersnya, gantiin baju, bikinin susu sampai main kuda-kudaan.

Mau tdur, Tara sama papanya kruntelan, bunda boboin Dede Divya


Sejak anak kedua ini, kayaknya suami tersayang itu banyak berubah, inisitifnya jadi lumayan tinggi. Dan kayaknya dia juga malah pengen lama-lama main sama anaknya.

Kalo saya lagi pengen nulis, maka dengan sukarela dia bakal bawa tuh anak kecil yang lasaknya ampun-ampunan buat ngapain gitu, ya ke indomaret lah, ya ke rumah teman lah. Pokoke biar saya bisa nulis dengan tenang tanpa gangguan.

Dari Bayi, si papah ikut bantuin nidurin Tara, walau banyakan dia sih yang ketiduran duluan

Jadi intinya, menurut saya sih soal bagi-bagi tugas sama suami dibawa asik aja. Mana yang bisa dibagi ya dibagi, yang bisa dikerjain bareng-bareng ya dikerjain. Yang ngga bisa? Ya udah pura-pura ga tau aja.

Ini saya pernah buat video yang isinya suka bikin mewek . Enjoy




Kalau kalian, pakai bagi-bagi tugas sama suami apa ngga nih, share dong.










18 comments on "Tentang Berbagi Tugas Dengan Suami"
  1. Karena aku belum punya suami dan anak, aku ceritain pas aku masih kecil aja hahaha.
    Dulu papa yang selalu bobokin aku. Papa tiduran di sebelahku, ngedongeng apa aja dari kancil sampe ngarang. Akunya mimik dot sambil kekep boneka berbulu. Trus bulunya aku cabutin sampe aku ketiduran.
    Aku inget sepenggal sih, dulu pas dikira aku uda tidur, papa mau pergi, gak aku bolehin agagagaga... aku tarik. bubu lagi jangan pergi. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti sama dong yah sama papanya Tara. Kalo diboboin papa mungkin lebih syahdu apa gimana yah hahahaha

      Delete
  2. Setuju mba , kalo saya sama suami soal bagi tugas urus - mengurus anak gak saklek, karena saya workingmom dan suami juga kerja 2sift kalo pas sift pagi paling paginya dia cuma pegangin bentar aja, baru kalo pulang dia rehat bentar biasanya kalo saya pas lagi repot di dapur dan beberes rumah dia yang ngurusin anak kalo malam dia yang ngurusin ganti popok, nidurin anak saya tetep bobok cantik karena anakku cuma minum asi ya sesekali dibangunin untuk ngASI.beda lagi kalo suami sift siang paginya dia yang tugas nidurin, nyuapin cemilan pagi, ngangetin ASIP tugas malam tetep dipegang suami.hihihi jadi panjang lebar gini ya udah dulu deh eh Salam kenal mb Windy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ga saklek seenaknya biar sama2 nyaman. Salam kenal mba

      Delete
  3. Slaluuu bagi2 tugas, siapa yg lagi nganggur di rumah ya beberes gitulah Win :D. Kadang suami bantuin nyuci piring juga, ngepel juga n printilan laen, soalnya kami cuma bedua di rumah minus ART. Nyuci pakaian ada mesin cuci. Nyetrika? Nitip sama ART adikku yg tinggalnya gak jauh juga. Hahahaha... itupun masiiih teteup berasa rempong n capek ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya kak molly kalo ga dibagi maulah rumah kayak kapal pecah. aku pun pas masih berdua aja ngga pake ART, semua dikerjain sendiri

      Delete
  4. karena aku gak kerja lagi sekarang semua kerjaan domestik aku yang kerjain hehe. Dulu pas masih ngantor,s emuanya harus dibagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah seru pasti ya mba, punya tantangan baru lagi

      Delete
  5. kalau aku, bagi-bagi tugas sama suami itu spontanitas aja. Kalau akunya lagi riweuh banget, suami pasti bantuin. Kaya beberapa hari yang lalu, aku ngga enak badan padahal cucian udah numpuk di dalem mesin cuci sampe susah ditutup gitu hahahha, eh dia dengan sendirinya nyuci malem-malem. Tapi, tetep aku yang jemur karena dia jemurnya ga rapih wkwkwkw. Jadi ya kalau soal bagi tugas itu memang harus kesadaran dari dua belah pihak aja. Walaupun dibikin job desk sekalipun kalau ngga sadar, ya sama aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuuul. dipakein adwal pun kalo ga ditepati jg sama aja yan

      Delete
  6. Sepakat lah, berbagi dengan asyik aja.
    Semampunya suami juga sih kalau saya mah..biasanya soal nyuci baju atau nyuci piring bisa tapi jangan soal setrika baju. Suami nggak telaten kalau setrika baju.

    ReplyDelete
  7. uhh mak asik banget suaminya selow gitu, kalau aku sih karena baru berumah tangga dan belum punya anak bagi tugasnya ya pak misua kerja aku jadi ibu rumah tangga aja hihi :D, cuma sebentar lagi bakal launching bayi semoga suamiku ringan tangannya membantu istrinya ini #amiiinnnn *PlisAmininJugaYaMak :D

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin semoga pak suami mau bantu2 dg setulus hati

      Delete
  8. iya dooooong... bagi-bagi tugas... kodrat perempuan cuma hamil, melahirkan dan menyusui, sisanya bisa banget dikerjain bareng.. tentunya mengingat kesukaan masing-masing hehehehe, misalnya saya suka main air jadi cuci piring ya saya yang kerjain dengan senang hati... kalo ngosrek kamar mandi itu buat suwami aja :P kami berdua sama-sama benci nyetrika, jadi manggil tukang nyetrika dehhh hahahahaha...

    hari gini ada lelaki yang masih ga mau sharing kerjaan domestik??? huhhh enak aja... jangan pernah daftar jadi menantu! :P

    ReplyDelete
  9. Belum punya suami hihihi tapi semua itu kulihat dari alm. Papaku. He's very kind, bahkan ketika mama stroke, Papa yang ambil alih tugas nguncirin rambutku dan masak. Aduh, jadi kangen nasi goreng pete-nya Papa T___T

    ReplyDelete
  10. Bagi tugas sama suami..harus doong. Alhamdulillah, suamiku tipe orang yang entengan berbagi tugas. Kadang suka takjub sendiri, kalo tiba-tiba pas bangun tidur...udah ada nasi mateng, trus cucian piring udah bersih...hehe

    ReplyDelete
  11. Alhamdullillah,
    Bagi-bagi tugasnya bersifat insidental.
    Hahaha...
    Tergantung bobot dan sikon.
    Jadi kudu siaga.
    Yang pasti laundry, borongan eike mak.

    ReplyDelete
  12. Bisa jadi role model pasangan masa kini kak.. Hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature