Niatnya Jujur, Malah ........

Friday, May 27, 2016

Kata ibu saya, dalam hidup itu kita harus selalu jujur. Karena kejujuran membuat hidup tenang. Saya selalu berusaha mengikuti kata-kata ibu saya tersebut.

Sewaktu saya SD saya dikenal sebagai anak yang jujur. Apa sebab? . Ceritanya saya pernah makan mie di kantin sekolah. Selesai makan, saya pun main lompat karet bersama teman-teman. Pas giliran saya main, dari kantong saya terjatuh uang seratus perak. Saat itu uang jajan saya memang seratus rupiah. Wah saya kaget, “ lho kok uang saya masih utuh sih, kan tadi udah jajan”.  Pikir punya pikir, saya berkesimpulan bahwa pasti tadi saya jajan dan lupa bayar.

Dengan berlari-lari saya kembali ke kantin sekolah. Saya pun segera meminta maaf kepada ibu tukang warung dan memberikan uang seratus perak milik saya tadi. Si ibu seneng banget. Saya pun bahagia sekali, berasa sudah berbuat suatu kebajikan yang sangat besar.

Sore hari, saya lanjut sekolah ibtidaiyah, saat saya mau membeli es lilin baru saya sadar, ternyata uang seratus perak yang tadi pagi saya kira uang jajan yang lupa dibayar itu adalah uang jajan buat sekolah madrasah. Oalah, jadinya sore itu saya gak punya uang buat jajan, jadi bengong.

Namun sejak hari itu, si ibu penjual mie cerita-cerita ke anak-anak lain,kalau saya tuh jujur banget, lupa bayar ngaku dan kembali buat bayar. Sampai-sampai tukang jualan lontong yang sudah tua di sekolah saya selalu meminta saya menghitungkan jualannya yang laku terjual, termasuk kue yang dititipkan di warungnya. Soalnya dia sudah rabun dan gak terlalu mahir berhitung. Wah saya senang sekali bisa membantunya, apalagi setiap selesai ngitungin saya biasanya dikasi dua biji bakwan.

Kejadian yang sama terulang kembali saat saya sudah berkeluarga. Suatu hari saya dan suami berbelanja untuk kebutuhan bulanan di sebuah minimarket . Saya belanja ini itu, shampoo, sabun, telur, gula sampe dua gallon air mineral. Setelah membayar di kasir, kami pun kembali ke rumah. Sampai di rumah, saya periksa lagi bon belanjaan, eh ternyata dua gallon air mineral yang saya beli belum terbayar alias gak kehitung. Soalnya di mini market kan biasa tuh air mineral galon ditaruh di depan pintu toko, jadi tadi langsung masuk mobil, gak sempet dibawa ke kasir. Sayanya lupa, si mba pelayannya juga lupa. Berhubung jarak rumah saya dan mini market tersebut lumayan jauh, ya sudahlah, saya niatkan besok saja balik kesitu.

Esoknya, saya mampir ke minimarket tersebut dan mengatakan ke si kasir yang ternyata adalah pemilik minimarket bahwa saya kelupaan bayar air mineral kemarin saat belanja. Si ibu seneng banget, bolak-balik bilang terima kasih ke saya. Namun setelah saya pergi ,saya mendengar si ibu memarahi pelayannya. 

“ Eh dasar kamu ya kerja gak becus, bisa-bisanya ada pembeli yang gak bayar, untung ibu itu jujur, kalau ada berapa orang yang gak bayar dan ga jujur kaya gitu, bisa bangkrut saya”

Waduh kasihan banget saya melihat si mba dimarah-marahi gitu. Ia hanya bisa nunduk sambil minta maaf sama majikannya. Dan saya jadi merasa bersalah, kok gara-gara saya orang lain jadi dimarahi.

Kejadian lain saat saya makan di restoran seafood di Medan bersama suami. Setelah selesai makan dan si pelayan menyerahkan bill, saya pun membayar sesuai dengan jumlah tagihan. Sebelum beranjak dari meja, saya periksa kembali bon pesanan tadi. Dan ternyata, ada dua pesanan saya yang tidak dimasukkan ke bill , mungkin pelayannya lupa pikir saya. Segera saya memanggil pelayan yang berdiri terdekat dengan meja saya, kebetulan supervisor pelayanannya. Setelah saya jelaskan kemudian saya bayar kekurangan tagihannya. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada saya. Namun lagi-lagi, saat berjalan keluar dari restoran tersebut saya sempat mendengar si supervisor memarahi si pelayan yang lalai mencatat pesanan saya ke tagihan.

Duh, kok mau jujur aja malah nyusahin orang ya. Heran saya, kenapa sih mereka gak cukup berterima kasih aja, gak perlu pake marah-marah sama pegawainya. Saya sempet takut, jangan-jangan gara-gara saya si pelayanan bisa dipecat atau bisa ga nerima bayaran. Wah gawat.

Kesini sini saya sempat bingung kalau menghadapi kejadian serupa lagi, jadi trauma, takut niat baik saya malah mungkin bisa berdampak buruk bagi orang lain. 

Tips dari saya sih, pokoke sebelum membayar sesuatu pastikan jumlahnya sesuai dengan yang kita beli, bukan saja agar kita tidak dirugikan tapi juga demi menghindari kayak kejadia. saya di atas.

Ga hanya soal bayar-bayaran saat membeli sesuatu, saat melakukan transaksi apapun juga, seperti nabung atau ngambil uang di bank,  biar sama-sama aman.

Walau demikian, jangan pernah takut untuk jujur dimanapun yah, karena kejujuran itu  adalah pondasi dari integritas.

Kalau kamu pernah ga mengalami hal kayak saya? 








13 comments on "Niatnya Jujur, Malah ........"
  1. Jarang sekali ada orang jujur di dunia ini mbak. Kebanyakan orang, malah merasa beruntung jika pelayan lupa memasukkan ke tagihan apa yang sudah mbak pesankan, dan malah jika nemu duit di jalan katanya rejeki.

    Figur seperti mbak sudah jarang, khusus untuk kondisi Indonesia.

    Bagaimana mbak cara menjadi orang jujur, mungkin mbak bisa buat kursus kejujuran, siapa tahu dengan mendidik sebanyak mungkin orang jujur di Indonesia, ke depan kita semua akan lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kursus kejujuran??? wah belum pantas saya.
      Tulisan ini bukan untuk menunjukkan kejujuran saya, tapi heran deh di negara kita ini, mau bersikap jujur aja malah bisa nyusahin orang, hadeeeeh

      Delete
  2. Baru aja bbrp jam yg lalu aq ama risa (teeller) cerita ttg kejujuran,....bbrp pengalaman nasbah yg lebih kasih uuang dari Teller, ada nasabah yg mau balikin,...ada jg yg nganggap keteledoran teller sebagai "upah dari surga",..... saam dari Kingdom of Story

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaaaaa???? upah dari surga?? Beuggh, parah nian para nasabah itu, dia dapet upah di teller yang dapet getah.

      Salam balik kingdon of story ;)

      Delete
  3. kejujuran sekarang sudah langka ya mbak :(

    padahal dulu kalau bohong sedikit takutnya gemetarnya minta ampuuuun -,-

    ReplyDelete
  4. kalau zaman sekarang untuk jujur itu susah mbak beda banget dengan zaman dulu ingin berbohong aja rasa cemasnya minta ampun :(

    ReplyDelete
  5. iya ya, tapi memang gak salah juga supervisornay negur karena itu kelalaian pegawai ya, tepi kalau sudah terbaisa jujur sih akan gak enak kalau kiat berbohong rasanay seperti dikejar dosa

    ReplyDelete
  6. hehehe iy, makanya orang jujur itu sulit dicari

    ReplyDelete
  7. kalau kita sudah bohong 1 kali, maka akan bohong terus, jadinya memang berbahaya sekali tu bohong, : )

    ReplyDelete
  8. Pernah ngalamin waktu makan nasi megono hehe

    ReplyDelete
  9. Ya kalau nggak jujur ada pengadilannya sendiri nanti di alam lain...itu yg ngeri...

    ReplyDelete
  10. Membaca post yg ini, jadi ingat Mama yg beberapa kali mengalami kejadian serupa dan balik lagi ke toko atau ngingatin kalau ada yg belum terhitung.
    Pernah suatu kali Mama beli baju satu potong, pas sampai rumah ternyata bajunya 2 potong. Besoknya Mama bela belain balik lg ke tokonya buat balikin baju yg kelebihan itu.

    Jadi saya sebagai anaknya melihat contoh seperti itu juga selalu ngasih tahu kalau ada barang yg gak kehitung pas belanja. Habis malu kalau punya emak jujur gt masa anaknya gak gitu juga :D

    ReplyDelete
  11. kejujuran memang penting ya kak tapi terkadang sebuah kejujuran seseorang bisa di salah gunakan tapi tetap yang jujur itu lebih baik dari pada bohong..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature