Tentang Jilbab dan Cerita-Cerita di Baliknya

Sunday, April 10, 2016
Sudah beberapa kali saat saya upload foto di facebook atau instagram, pasti ada temen yang komen

" Gimana itu pakai jilbabnya, kok bisa gitu, tutorial dong tutorial".


Ini jilbab yang bikin kepo
kok  bisa bertingkat-tingkat gitu

Hahaha, padahal saya pakai jilbabnya ya gitu-gitu doang. Masa harus ngeluarin tutorial jilbab ala windi sih, huuu.

Tapi biar ga dibilang pelit, saya kasih tau deh.

Ini cara makainya

1. Taruh pashmina di kepala. Dengan ujung kanan lebih pendek dari ujung kiri
2. Sematkan peniti di bawah leher.
3. Ambil ujung jilbab sebelah kiri, naikkan ke atas kepala. Otomatis ntar bakal terbentuk lipatan di atas kepala. Ya udah rapiin aja. Trus sematkan jarum pentul di atas telinga sebelah kiri.
4. Ujung jilbab sebelah kanan yang lebih pendek tadi tarik ke arah bahu, sematkan peniti. Rapikan
5. Biar ga bergeser'geser, sematkan bross di bahu sebelah kanan. Selesai

Ribet?.

Udah pakai khimar aja ga ribet  atau ga pakai jilbab segi empat, cuma dipeniti doang selesai.

Ngomongin soal jilbab, sekarang ini banyak banget yah macem-macem model jilbab. Mulai dari yang melungker-lungker di kepala, model tumpuk sana tumpuk sini, pake pita, pake bando, sampai model jilbab khimar yang kekinian.

Sebagai wanita muslimah yang pakai jilbab , saya sih biasa-biasa saja menghadapi fenomena berhijab yang marak di kalangan muslimah.

Di satu sisi bersyukur karena sekarang wanita pakai jilbab itu bukan sesuatu yang aneh. Tapi di satu sisi memang gimana yah, kadang risih lihat cewe-cewe yang pakai jilbab tapi kok malah tabarujj, alih-alih jilbab sebagai fungsi menutup aurat malah jadi kesannya sekarang yang pake jilbab kekinian lebih wah dan lebih rame dari yang ga pakai jilbab. Ya ngga sih?

Tapi saya lebih risih lagi sama orang- orang yang ngurusin surga neraka orang lain. Pan namanya iman ada naik turunnya yah. Dan yang namanya untuk menjadi pribadi lebih baik itu ga semudah membalik telur dadar di penggorengan. Eh kalau ini mah susah ya.

Wis wis ra usah ngurusin orang, karena belum tentu dia pengen kurus kan yah, xixixi.

Makanya saya males ngurusin bagaimana cara dan model berjilbab orang lain. Bukan karena ga mau peduli, tapi karena menurut saya berjilbab itu adalah sebuah proses.  Dan kita ga pernah tau proses berhijabnya seseorang itu udah sampai tahap mana.

Kalau saya pribadi perjalanan berhijab saya termasuk yang lurus-lurus lancar jaya. Ngga mengalami yang namanya ga dibolehin ortu berjilbab, palingan cuma ngalami disuruh melepas jilbab saat berfoto untuk ijazah. Selain itu, fine-fine aja.

Jilbaban sejak SMA dengan model jilbab anak sekolah, segi empat warna putih doang.

Kuliah juga masih tetep pakai jilbabnya ya begitu begitu aja. Sempat pas alim pakai baju panjang-panjang. Pakai kemeja dan rok. Sempat meninggalkan jeans tapi kemudian setelah kerja ya kembali berjeans ria ^_^

Saya bersyukur banget deh, seumur-umur pakai jilbab ga banyak dapet nyinyiran dari para jilbaber. Palingan dulu pas SMA, awal-awal saya berjilbab, sempetlah ada suara-suara sumbang. Soale saat itu saya berjilbab tapi yo pacaran juga.

Pas pelajaran agama ada salah seorang siswa yang bertanya ke guru.

"  Bu, mana lebih baik cewek yang pakai jilbab tapi kelakukannya masih jelek atau cewek ga pakai jilbab tapi baik budi"

Gitulah kira-kira bunyi pertanyaannya.

Saya deg-deg an nunggu jawabannya. Karena saya tahu pasti itu pertanyaan ditujukan ke saya. Soalnya saat itu yang pakai jilbab cuma saya seorang, jadi pastilah saya yang dimaksud.

Untungnya jawaban si bu guru sungguh menenangkan.

" Sama baiknya. Perempuan berjilbab itu minimal dia sudah mengikuti aturan agama dan dalam 24 jam sudah tidak terkena dosa karena tidak menutup aurat. Masalah akhlaknya semoga seiring waktu akan menjadi lebih baik.

Dan perempuan yang akhlaknya baik itu kita doakan semoga segera menutup auratnya"

Gitulah kira-kira jawaban  si ibu.

Kenapa saya inget kejadian bertahun-tahun yang lalu ini?

Sebab membekas sih.

Kalau kata Sonya Depari " Kutandai kau ya yang nanya-nanya gitu, Kutandai kau" lol.

Heran aja. Napa sih pake nanya-nanya gitu. Padahal saat itu dari sekian banyak siswi, yang jilbaban cuma saya seorang. Tapi lhaaa lok malah saya yang diserang, seolah-olah mau bilang , " Copot aja tuh jilbabmu kalau kelakuan masih semrawut"

Situ Tuhan?

Gambar dari IG hijab alila


Nah saat kuliah lain lagi ceritanya.

Pas kuliah saya ngegengnya sama akhwat-akhwat berjilbab panjang, tapi saya sendiri jilbabnya masih ala kadarnya. Sering saya becandain diri sendiri kalau diajak mereka liqo, saya bakal jawab

" Aku kan ikhwit,masa liqo sama akhwat " hahaha.

( Akhwat itu sebenarnya sebutan untuk semua muslimah, tapi entah kenapa familiarnya jadi untuk sebutan para muslimah berjilbab panjang )

Eniwey liqo itu adalah semacam pengajian dalam kelompok kecil.

Nah yang saya salut dengan akhwat-akhwat jaman kuliahan itu, mereka sama sekali ga pernah mempermasalahkan panjang jilbab saya.

Mereka yang bergamis fine-fine aja tuh jalan bareng saya yang berjeans ria.

Malah ada beberapa kejadian lucu bin miris.

Malas Liqo Karena Jauh

Jadi saat itu kan saya ikutan liqo bareng mereka. Saya pengen banget belajar ilmu agama tapi kalo disuruh bergamis saat itu ya saya belum mau. Belum sampai kesitu deh pikiran saya.

Tapi namanyalah juga ikhwit, ikut liqonya juga mesti diinget-ingetin. Sampai suatu hari saya malessss banget berangkat liqo soalnya liqonya itu jam 4 sore, dimana itu adalah waktu tidur siang saya (pantes IP pas-pasan tidur mulu sih). Jadi selama beberapa kali liqo saya absen. Sampai ditanyainlah sama murobbinya (gurunya).

" Windi kok sekarang ga pernah datang liqo"

" Iya mba soalnya saya ketiduran terus. Lagian tempat liqonya jauh mba, saya ga punya duit buat ongkosnya"

Ngelesnya saya agak basi yah hahaha.

Dan coba tebak apa yang terjadi?.

Saya dikasih ongkos?

Salah

Saya ditelponin tiap liqo biar ga ketiduran?

Tet Tot.

Tapi....... 

Liqonya dipindah ke kosan saya. Wuahahahaahaha. Aduh mati saya. Ngga bisa ngeles apapun lagi. Dan karena kosan saya bentuknya kamar-kamar gitu, maka ya liqonya pun jadi di kamar saya -____-

Dan saat liqo pertama kali di kosan saya, semuanya pada bengong, soale ada poster Chester Linkin Park dengan tattoo segede gaban di dinding kamar saya wahahaha.

Chester, rocker bertato yang sayang keluarga

Temenan boleh sama jilbaber, selera musik tetap ngerock mameeen.

Ngga nyangka mereka si ikhwit satu ini demennya Linkin Park.


Udah Janji Ngga Mau Ikut Demo


Kejadian kedua saat saya diajakin ikut tabligh akbar.

" Win besok ikut tabligh akbar ya di simpang lima"

Duh males banget ngebayangin hari minggu mesti panas-panasan di jalan, padahal saya pengen goler-goler di kosan. Capek euuy kuliah. Harus cari alasan nih pikir saya.

" Wah ga bisa mba. Saya udah janji sama ortu saya ga bakal ikut-ikutan demo selama kuliah" jawab saya

" Tabligh akbar itu pengajian win bukan demo" -____-

#tutupmuka. Ngeles gatot. Akhwat apaan kamoh, tabligh akbar aja ngga ngerti artinya.

Akhirnya saya berangkat juga untuk tabligh akbar. Eee tapi ternyata saya salah denger untuk waktunya. Jadi pas saya tiba di simpang lima, acaranya udah bubar. Hiks padahal dah bela-belain datang.

Pulanglah saya naik bis jurusan Tembalang. Di bis ga taunya ketemu sama mba murobbi. Duh pengen kabur deh, malu. Eh si mba keburu ngeliat saya.

" Eh windiii tadi kok ga keliatan pas tabligh akbar"

" Iya mba telat aku, padahal pengen banget lho mba denger ceramahnya" huuft ( menghela nafas).

" Ooo ya udah biar ga sia-sia yuk ikut saya, kebetulan ada kajian lagi nih di xxx (lupa nama tempatnya".

Dan saya gagal tidur-tidur manja di kos. Terpaksa ikut si mba ngaji.

Hwaaaa parah bangetlah saya kalo soal bikin alasan.

Tapi yang bikin saya takjub dan hormat sama mereka adalah ga sekalipun mereka nyuruh-nyuruh saya buat pake gamis atau bilangin bahwa yang bakal masuk surga tuh yang pakaiannya begini begitu.

Malah mereka itu merangkul saya. Tau kalau saya anaknya moody cara mengajaknya pun pakai cara halus.Yang ada malah saya malu kalo pas ketemu dimana gitu saat lagi jalan sama pacar, buru-buru kabur. Bukaaan, bukan takut diceramahin, tapi ya.. malu aja. Malu itu sebagian dari iman kan ya.

Ditambah lagi mereka tahu kalau saya itu masih labil banget antara iya ga iya ikut ngaji jadi malah dibaik-baikin bukan dinyinyirin.

Pernah suatu saat grup nasyid kesukaan saya Izzatul Islam mau konser di Semarang. Ya ampuuuun saya kan suka banget sama lagu-lagu mereka (Iya ga usah heran gitu deh saya memang penggemar nasyid disamping penggemar Chester cs). Tapi... tapi saat itu saya lagi bokek berat. Maklumlah mahasiswi kere cuy, manalah ada budget buat entertainment segala.

Trus tiba-tiba ada teman akhwat yang tahu banget saya suka Izzis nyodorin tiket ke saya

" Win mau nonton Izzis ngga? Aku beli tiket kebanyakan nih"

Hwoooo ngga tau deh gimana hepinya saya saat itu. Langsung koprol dah.

Nah itu tuh yang saya rasa bentuk ukhuwah sebenarnya. Saat kamu tau kesukaan saudaramu dan memberinya tanpa berusaha merendahkan. Saat tahu temanmu belum sempurna tapi tidak untuk dipermalukan. Ya ngga?

Ah pokoknya banyaklah kisah rohani saya yang ternyata sama sekali di luar bayangan saya selama ini.

Iya, awalnya saya dulu sempet takut kalau ketemu para jilbaber, takut dicibirin atau diceramahi ina anu. Tapi alih-alih membuat saya ngga nyaman mereka malah ngajak saya ikutan ngajar TK yang dulu dibina rohis jurusan. Padahal apalaaah awak ini yang juz amma pun tak hapal, sementara mereka para penghapal surah-surah panjang. Mereka yang weekendnya selalu diisi mabit (semacam bermalam bersama untuk beribadah bareng).

Tapi suwer deh, tak sekalipun mereka menjengkali kadar keimanan seseorang. Cinta banget sama para akhwat jaman kuliahan dulu. Semoga mereka selalu dalam lindungan Allah , aamiin.

Seiring berjalannya waktu, saya malah nyadar sendiri untuk memperbaiki diri. Untuk berpakaian lebih baik lagi. Apalagi sekarang udah jadi mamah-mamah, sadar diri aja untuk berpenampilan lebih rapi

Coba kalau para akhwat ini dulu usil sama penampilan saya, boro-boro mau ikut kajian, jangan-jangan saya malah menjaga jarak dengan mereka.

Tapi, memang sih ya, mau berpakaian rapi ajah susah sekarang, soale ampun deh harga gamis mahal ya sis. Kalau lihat di IG, minimal dibandrol 200 ribu per potong. Itupun masih yang berbahan jersey. Padahal bahan jersey kan kurang nyaman dan cenderung membentuk badan kalau dipakai. Yang enak sih pakai bahan katun, tapi pasti harganya udah 300-an ke atas. Hueeeh, makanya kadang sempat terfikir sih, jangan-jangan sebenarnya banyak muslimah yang pengen berpakaian lebih syar'i tapi kebentur ekonomi. Lha iya sekarang mah, harga jilbab yang murah itu yang tipis-tipis, yang pendek-pendek. Jelaslah lebih banyak yang pakai , lebih terjangkau dibanding harus beli jilbab tebal yang panjang. Apalagi jilbab branded punya artis, waaaah. 

Makanya, kalau lihat muslimah berpakaian masih ala kadarnya, sebatas menutup aurat saja, jangan langsung under estimate, siapa tahu dia ngga punya duit untuk beli gamis. Daripada menilai-nilai, mending beliin gamis trus kasihin kado ke dia. Asik kan?. Ngga perlu gamis mahal, ada juga kok baju gamis murah tapi kualitasnya tetap bagus.


Baju gamis murah

Udahlah hati yang diberi senang, kita pun terhindar dari prasangka buruk.

Trus ngelihat muslimah yang pakai baju warna warni bunga-bunga dimana-mana juga, jangan trus bilang " Kamuuuuh hijab syar' i ituh ga kayak gituuuh, harus yang polos, ga bermotif, ga mencolok, ga mengundang perhatian,jangan tabaruj "

Sabar.... sabar , tahan diri buat ga nyinyir. Ga ada yang bisa menilai kadar keimanan seseorang ya sis, kan kita juga belum tahu jangan-jangan kita yang udah start dari dulu merasa diri paling tawadhu ntar disalip tuh sama ukhti fillar bergamis warna warni.

Namun bagi para muslimah sekalian, mari yuk sama-sama kita memperbaiki diri, saling mengigatkan tanpa merasa lebih tinggi, dan ngga usah juga ribet sama urusan nilai ketakwaan di mata kita.

Karena berhijab itu sebenarnya ngga ribet dan ga perlu dibikin ribet.

Salam sayang dari saudari tercintah.

Kalau kamu punya cerita ngga soal perjalanan berhijabmu?
33 comments on "Tentang Jilbab dan Cerita-Cerita di Baliknya"
  1. hihiiii..setuju banget, masalah berhijab adalah proses dan biarkan menjadi urusan masing2 individu dengan yang di AtasNya.

    Cerita berhijabku simple, alhamdllh hampir memasuki tahun ke2.(meski telat insyafnya)
    Sebelom berhijab : kapan berhijab? tiap di poto eykeh doang yang gondrong dan seringnya dibilang cowo :v
    Setelah berhijab : ko hijabnya begitu, harusnya begini, bajunya begini, ga boleh begini begitu.

    Hanya tersenyum bahagia, suka2 eykeh donk! Yang penting berhijab senyamannya dan gayanya masing2. Toh,yang terpenting jilbabin hatinya eeeaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh. Jilbab berproses ya . Pokoke terus memperbaiki diri ya kan teh. Semoga kita istiqomah

      Delete
  2. Dulu waktu saya masih ugal2an juga dirangkul sama teman dekat saya. Dan saya merasa nyaman, sampai sekarang masih temenan. Tapi kalau dinyinyirin dan diatur-atur langsung bye ga usah temenan lagi :).

    Saya pakai gamis kalau undangan aja. Semua memang butuh proses ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalo kita merasa nyaman malah kalau dinasehatin lebih masuk ketimbanv dinyinyirin

      Delete
  3. Salut! Aku baru pakai jilbab tahun 2006, udah nikah dan punya anak 2 :(
    Jilbab juga yang simpel aja, karena nggak tahu bikin cantik jilbab gimana.
    Semoga ke depan bisa lebih syari'i.

    ReplyDelete
  4. Aku jilbaban pas udah nikah malah jd udah puas aja urakan...walaupun ngga pernah jg pake tank top atau rok mini pulang malem aja takuuut....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha muda hura hura tua bersahaja ya mba eee. #langsung digamparbilangin tua

      Delete
  5. Windi pinterrrr...
    Pengalamanku ya, sebelum berhijab dapat nyinyiran itu biasa. Setelah berhijab ternyata lebih parah dinyinyirin. Tapi cuma di sosmed sih..gak ketemu langsung. Kalau ketemuan malah selfie bareng wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah kadang sosmed sama dunia nyata itu berbeda ya mba. Sellooow

      Delete
  6. Pengalaman masa kuliahan dulu hampir2 mirip dgn windi hihihihj

    ReplyDelete
  7. aku gak pernah pake jilbab yg model aneh2 sih bukan karna apa2 mbak, tapi karna gak bisa dan males ribetnya, haha
    dulu pernah coba-coba bukannya jadi bagus malah jadi merasa aneh :D

    ReplyDelete
  8. Dan satu lagi mbak, samaaa banget... saya dulu jaman kuliahan juga kumpul sama mbak2 akhwat, dan gak pernah mereka nyinyir2in saya yg belum serapi mereka pakaiannya. Saya kadang kasian sama mereka, orang-orang yg kenal mereka menganggap mereka eksklusif lah, ini lah itu lah... padahal semata karna kita belum kenal sama mereka aja

    ReplyDelete
  9. Eh eh ada apa denganku ini, yang tadinya silent reader pas kesini, tapi kini pengen nyapa2 yang empunya rumah, nyaman bener tulisannya ini. Sampai2 jadi kepengen nulis hal yang serupa dengan versi yang berbeda.
    Semoga kita sama2 istiqomah ya berhijabnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbaaaa. Yess sukses bikin orang komen hahaha. Sok atuh tulis juga pengalamannya. Aamiin semoga istiqomah ya kita2

      Delete
  10. Eh ternyata mba Win pernah liqo juga ya :D Kaget pasti itu liat posternya wekeke :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pernah la. Kan menuntut ilmu itu wajib. Iyaaa kalo dipikir2 pastilah kaget liat postér LP

      Delete
  11. dulu pas di kampus pernah diajakin temen untuk ikut semacam acara rohis di kampus, nginep semalem di rumah temen yang ngundang dan nantinya acaranya diisi ama ceramah dan kegiatan agama, yang nyeramahin senior. trus yang ada pas saya nanya sesuatu (lupa nanya apa) yang dibahas adalah betapa dosanya perempuan yang nyukur alis mata dan membentuknya, dan bakal disiksa di neraka... bukannya ngebahas apa yang saya tanyain.. sebel bangetlah saya, yang kala itu emang belum berkerudung dan masih suka nyabut dan ngebentuk alis mata. gak pernah mau lagi ikutan acaranya.. lah dia baru ketemu saya sekali aja udah nyeramahin dan bikin tengsin di depan temen2 lain.. -____-'

    ReplyDelete
  12. Setuju, klo pke nyinyiran mlh ogah banget deket2, emang pas kuliah itu akhwatnya baik2 banget

    ReplyDelete
  13. hahaha keinget si poster aku jadinya.. akupun pecinta linkingpark dan band2 cadas mbak.. nah pas kuliah, bnyk deh poster2 rocker bgitu aku pajang. Tapi pas papa datang, lgs heboh dilepasin krn ga diizinin ;p..

    kalo ttg jilbab, lagi2 aku masih srg main kucing2an nih ama papa.. aku pake jilbab udh dr smp, tp itu krn diwajibkan sekolah. trs pas kerja masih make, tapi di luar kerja aku lepas. krn emg blm ada niat sih, alasan utama msh srg gerah -__-. tapiiii papaku taunya aku pake jilbab.. untungnya kita beda propinsi, jd aku msh tenang main kucing2annya.. cuma ya itu, tiap kali mudik, ato papa ke rumah, hadeuuuuh rempong deh semua foto traveling dicopot dr dinding, yg di meja diumpetin spy papa g liat kalo aku traveling lepas jilbab.. pelan2 sih ya make jilbab ini.. aku juga tipe yg moody an sih.. makin dipaksa, biasanya makin ga mau :D

    ReplyDelete
  14. saya pertama kali berjilbab pas kuliah semester dua, tapi kemudian lepas saat semester 5 karena ramputku rontok parah :(
    baru berjilbab lagi setelah melahirkan empat tahun yang lalu :)

    ReplyDelete
  15. Masalah hijab memang sesuatu yang berproses. Ga bisa dipaksakan. Seneng baca ceritanya mbak. Apalagi yang pas liqo nya dipindahin ke kosan mbak Windi hehehe

    ReplyDelete
  16. Kok aku baru tahu kalo Windi pernah jadi warga tembalang ya, toss dulu deh *gagal fokus*

    ReplyDelete
  17. Wah kisah seru jilbabnya keren. hayyah kisah ikutan liqo bikin ngikik, bisaaaaaaa aja tuh ngelesnya hihihi....

    Iya sekarang ya harga gamis mahal-mahal. Zaman aku baru pakai jibab juga nabung buat beli baju :)

    ReplyDelete
  18. Hahah kutandai kalian semua wkwkwwkwk..... ngakaks

    ReplyDelete
  19. yaa intinya mah ga usah seenaknya ngejudge org baik atau buruk dri satu sudut pandang doang

    ReplyDelete
  20. fyi, harga 1 set gamis kerudung bahan wolfis (atau apalah namanya) harganya dibawah 200rb. bahannya alhamdulillah gak nyeplak dan cukup adem. awet, bisa dipakai bertahun2. punya saya aja udah lebih 5 tahun alhamdulillah masih bagus dan nyaman ^^

    ReplyDelete
  21. aq dlu jg pke jeanns hlo mb.. tp ketularan sama tmn2 akhwat.. alhamdulillah jdi tau knp akhwat kerudung gede n bahkan banyak yg plus cadar jg..

    akhlaq sma jilbab sama2 proses..ngubahnya g mudah..

    klo aq ngebrand gamis nyobain ya mb..hehehe insya Allah murce

    ReplyDelete
  22. Aku sampe skarang masih pake jeans, tapi udah mulai pake tunik panjang, jilbab mulai dilebarin dikit (ehem). Ya proses ya proses. HIhii Mba WIndi seru cerita yang liqo dipindahin ke kos-kosan. Hehhee
    Makaish ya sudah berbagi

    ReplyDelete
  23. aku dulu sebaliknya mak.. dulu zaman SMA itu aku dipilih jadi pengurus rohis gitu sama kakak2 nya krna sering acara2nya tiap minggudi mushola sekolah.. nah, ada temen2 yang udah pake jilbab bilang kok si itu ga pake jilbab juga padahal kan udah jadi pengurus -_-.. tapi alhamdulillah bukan karena mereka aku berjilbab, tapi emang udah yakin ga seperti awal masuk SMA yang masih ragu ragu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature