Cara Memandikan Bayi Dengan Benar dan Anti Ribet

Tuesday, March 29, 2016
[SP] Cara memandikan bayi dengan benar

Cara memandikan bayi drngan benar

Dulu, saat anak pertama lahir, saya yang panikan gitu deh begitu kami pulang dari rumah sakit.  Soalnya belum dapet ART buat bantu-bantu di rumah. Namanya mommy baru, semuanya serba baru, termasuk soal merawat bayi. Kan hal baru juga bagi saya.

Mau mandiiin bawanya deg-degan. Takut anaknya jatuhlah, kepelesetlah, takut telinganya kemasukan air. Hwaaa, lebay bangetlah. Makanya di awal-awal itu saya minta bantuan bidan. Selama 10 hari ada bidan yang datang tiap pagi untuk mandiin si Tara. Lega deh.

Seingat saya baru di usia Tara sebulanan lebih saya berani mandiin dia sendiri, itupun pakai bantuan baby bather, xixixi.

Memang yang namanya orangtua itu kan ngga ada sekolahnya ya, tapi apa gunanya internet kalau ga bisa buat nyari info-info yang dibutuhkan.  Kata para ahli parenting, memandikan bayi itu ternyata tidak hanya berguna untuk menenangkan bayi, tapi juga memberi kesempatan untuk menciptakan bonding antara ibu dan anak . Apalagi saya yang sehari-hari kerja, udah jelaslah kalau sore ngga bisa mandiiin , palingan kesempatan saya Cuma di pagi hari kalau saya ga terburu-buru atau di waktu weekend.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pengalaman multisensori sangatlah penting dalam membentuk perkembangan otak bayi kita. Salah satunya bisa diperoleh saat memandikan bayi.  Karen saat itu kita berkesempatan bertukar sentuhan, pandangan, bau dan suara.

Nah, pas anak kedua ini, saya dong udah berani mandiin begitu keluar dari rumah sakit, udah ngga takut lagi, soalnya kan udah pengalaman.

Ini nih cara saya mandiin anak saya. Tenang aja caranya gampang dan ngga repot sama sekali. Lha iyalah kalau repot mana bisa saya. Ini adalah cara memandikan bayi dengan benar lho bukan asal bersih saja.

Walaupun bayi  itu belum ngapa-ngapain, palingan cuma tidur sama nyusu doang kegiatannya, namun saat mandi bukan berarti cuma disiram-siram pakai air saja trus udah bersih. Karena air saja sebagai pembersih tidak mampu menghapus kotoran lemak yang tidak larut dalam air dan tertinggal di bawah popok dan pakaian. Kotoran ini bisa merusak lapisan pelindung yang halus pada kulit bayi.

Makanya perlu diperhatikan beberapa hal agar bayi kita mandinya benar dan bersih.
Kalau saya pilih produk perawatan yang aman untuk bayi.

Ini nih cara memandikan bayi ala saya

Persiapkan air mandi

Persiapkan air untuk mandi bayi dulu di dalam ember. Airnya pakai air hangat-hangat kuku.  Ukur pakai tangan, dikira-kira aja. Ingat ya moms kadar hangat untuk bayi dengan kadar hangat untuk orang dewasa beda.  Kira-kiranya, setengah ember air biasa maka campurannya itu 2 gayung air panas.

Sebenarnya air bisa membuat kulit bayi kering. Penggunaan air berulang apalagi yang mengandung klorin atau bahan keras lain dapat menyebabkan hilangnya kelembaban kulit bayi dan bisa membuat iritasi atau merah.

Kalau saya, biasanya saya masukkan baby oil  ke air mandinya, untuk mencegah kulit bayi saya jadi kering.


Siapkan Perlak

Untuk bayi yang masih bayi banget, saya biasanya meletakkan bayi di perlak, ngga langsung masukin bayi ke ember. Pertama lebih gampang bersihin badannya, kedua, biar airnya tetap bersih, jadi yang disiramkan ke bayi bukan air yang bercampur sabun.


Pakai Washlap

Basahi washlap ke air kemudian teteskan sabun sedikit, trus usapkan ke badan bayi. Biar praktis saya pakai yang Top To toe Wash, soalnya bisa sekalian sabun dan shampoo. Lagian ini ga pedih di mata, jadi cocok buat bayi.

Kalau rambutnya tebal, bisa pakai shampoo bayi. Awalnya saya agak takut bersihin bagian rambut, soalnya ubun-ubunnya kan masih lembek gitu. Tapi ga apa kok, asal hati-hati saja. 

Pakai Baby Bather

Kalau udah usia sebulanan saya pakai baby bather aja, bayi didudukkan, tinggal disabunin, disampoin dan disiram-siram.


Bersihkan Area-Area Tertentu

Bersihkan mulai dari area sekitar mata, bersihin belek-beleknya itu moms dengan lembut. Bersihkan juga bagian hidung, telinga, mulut dari tengah menuju ke luar. Jangan lupa bagian leher dan belakang telinga. Bersihkan juga bagian hidung, telinga, mulut dari tengah menuju ke luar. 

Ingat-ingat moms membersihkan cukup yang terlihat saja, tidak perlu sampai ke dalam-dalam. Seperti telinga ngga perlu dikorek-korek sampai dalam, kalau mau dibersihan cukup bagian daun telinganya saja. Takut ntar kena iritasi.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian popok. Untuk bayi perempuan, membersihkannya dari arah vagina ke pantat. Sedangkan bayi laki-laki dari arah penis ke anus. Jangan dibalik, biar kuman-kuman dari area anus tidak masuk ke kemaluan bayi. Hindari juga menarik-narik kulit penis bayi laki-laki yang belum sunat.

Masukkan ke Bak

Setelah seluruh badannya dibersihkan, disabunin dan dishampoi, siram pakai air, ambil dari embernya, jangan dimasukin ke ember dulu. Membersihkan sisa-sisa sabun bisa dengan washlap tadi. Tapi kalau pakai baby bather ya tinggal disiram aja seperti mandi biasa.

Setelah bersih baru masukkan bak, Usap-usap badan bagian depan. Setelah itu telungkunkan bayi untuk mencuci bagian punggung.


Biarkan Bayi Bermain

Yang namanya bayi itu kan dulunya tinggal di dalam air ketuban, jadi mereka kebanyakan suka berada di dalam air ( beda-beda tergantung bayinya ya). Nah, kalau saya, setelah bersih, bayinya dibiarkan aja dulu main di air sebentar. Disiram-siram pakai air hangat. Biasanya si bayi bakal kesenengan dan berceloteh ria sambil kakinya digejal gejolkan, Ih gemes deh.

Handukan

Setelah semua bersih, angkat bayi dan segera handukin.

Udaaah mandinya selesai deh, tinggal dibajuin. Gampang banget ternyata.

Nah demikian cara memandikan bayi dengan benar dan anti ribet ala saya.

Kalau mommy yang lain punya cara memandikan bayi dengan benar yang lebih asyik ngga?




15 comments on "Cara Memandikan Bayi Dengan Benar dan Anti Ribet"
  1. Ternyata memandikan anak kecil itu susah-susah gampang ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan susah2 gampanv tp gampang2 susah mas xixixi

      Delete
  2. Aku di emberrr langsung plung2 disangga pake tangan doang wkwkwkw sindrom emak2 sok tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah paten lah. Kalo aku ga berani takut anaknya kelelep

      Delete
  3. saya baru berani memandikan anak saya ketika usianya 3 bulan Mbak Win (ketika lehernya sudah kuat menopang kepalanya) biasanya mama atau mertua yang mandiin, alasannya sih karena takut tergelincir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama amat hahahah. Enaklah kalo ada mama atau mertua. Aku kan tinggal sendiri huhuhu

      Delete
  4. dulu saya paling takut mbalik badan bayi. jadiny cuma ditegakkan duduknya trus dibersihkan sebisa mungkin. hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalonpake perlak jadi lebih gampang mba. Pake baby bather juga .biasa lah emak baru xixixi parnoan

      Delete
  5. Saya dulu juga takut mak, 30 hari pertama masih dimandikan sama tukang dukun bayi, setelah itu semuanya ganti ke saya. Saya juga dulu mandiinnya pakai perlak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa takut yah soalnya masih ringkih banget. Tp kalo pake perlak jadi ga begitu parno hahaha

      Delete
  6. dulu anak pertama aku malah baru berani mandiin pas fylly 5 bulan ;p.. tapi adeknya yg baru lahir ini, aku lgs berani :D sama kok mbak cara kita.. aku juga gitu mandiinnya.. diperlak dulu, sabunin, baru bilas2nya di embernya dia :).. walo ttp aja, pas ngangkat bdnnya dari perlak ke ember itu, ttp takut ankku jatuh krn licin ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku pertama2 mandiin sambil teriak2 mba soale ketakutan. Kalo sekarang udah jago

      Delete
  7. Pake baby bather lebih aman, nggak bakal mrucut bayinya hehe

    ReplyDelete
  8. Noted ah, baca dulu biar paham beginian :D

    ReplyDelete
  9. Bookmark dlu ah mbak. Semoga suatu hari nanti bisa ngerasain pnya anak juga. Belajar dari sekarang teorinya hehehe :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature