BO Untuk Obat Anti Lupa

Friday, March 18, 2016
[Sponsored Post ]Tips anti lupa

Siapa disini yang pelupa?

Ngacung tinggi-tinggi , ^_^

Kalau ngomongin soal lupa, saya ratunya xixixi. Iya saya ini pelupa untuk beberapa hal penting dalam hidup. Saya selalu lupa tanggal ultah orang-orang terdekat saya. Siapa aja tanpa terkecuali.


Pernah ultahnya ibu saya, saya sama sekali ngga ingat. Keingetan karena dikasih tau kakak ipar. Baru nelfon ngucapin selamat jam 10 siang, ya salam emak saya ngambek, dikira ngga perhatian, padahal asli lupa, mana mungkin lah sengaja.

Kalau ultah ibu saya aja saya lupa, maka jangan haraplah .ultah adek , abang, sahabat, teman saya bakal ingat.

Aduh susah deh, sering dikira saya sombong ngga inget ultah temen.

Yah jangankan teman, ultah suami sendiri aja pernah ngga inget, padahal udah diinget-inget jauh-jauh hari.

" Dek ini hari apa yah"

" Hari Kamis mas"

" Oooh"

Kemudian hening.

" Dek, tau ngga ini tanggal berapa"

" Tanggal? Hmmm (mengingat-ingat), tanggal 27 mas" Mulai kesel.

Sedetik kemudian baru nyadar

" Waaa, mas ultah ya, selamat ulang tahun ya mas" kiss kiss suami. Tapi pak suami udah ngambek duluan.

Hadeeeh. Jadilah selanjutnya pak suami misuh-misuh. Yang dibilangnya saya ngga perhatianlah, ngga cinta lah, ngg pedulilah, xixixi.

Penyakit lupa saya ini juga berimbas saya jadinya suka kelewat dalam masalah bayar membayar. Kayak bayar tagihan kartu kredit, cicilan tupperware, cicilan galani, kyoto, wakakakaka banyak amat yah cicilan guweh.

Tapi kalau yang begituan sih masih bisa saya atasi dengan pasang autodebet di rek, jadi tiap tanggal tertentu udah terbayar sendiri segala cicilan itu.Huuft aman deh.

Tapi yang anehnya, walau saya pelupa tapi  saya ngga bisa lupa dengan kenangan indah kalau ada yang ngutang sama saya. Ahahahaha berjiwa banker sejati nih, para nasabaaaah waspadalah.

Nah sebenarnya apa sih yang memicu timbulnya sifat pelupa ini?

1. Pola makan yang tidak sehat.

Menurut pakar, timbunan lemak dan tingginya kadar kolesterol tubuh bisa mengakibatkan peredaran darah ke otak jadi tidak lancar. Efeknya, otak jadi kekurangan oksigen sehingga kemampuan berpikir kita tidak bisa bekerja dengan optimal.

2. Terlalu sibuk.

Kegiatan sehari-hari yang terlalu padat bisa juga menjadi penyebab kita mudah lupa karena terlalu banyak hal yang harus dikerjakan. Kondisi tidak fokus dan selalu terburu-buru juga membuat sifat pelupa ini jadi semakin parah.

3. Stress.

Kondisi stress bisa membuat kita sulit berkonsentrasi dan jadi mudah mengabaikan hal-hal lain.

Kalau dibiarkan terus menerus bisa berabe nanti urusannya. Janji sama klien bisa lupa, malah bisa-bisa lupa kalau udah punya anak :)

Makanya sifat pelupa itu harus segera diatasi dan dicari solusinya.

Ini saya kasih tips nih biar sifat pelupa kita itu bisa berkurang dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari

1. Jauhi junkfood dan makanan tidak sehat lainnya

Karena otak itu nutrisinya ya dari yang kita makan, maka biar nutrisi yang sampai ke otak adalah yang terbaik, ya sumber makanannya juga harus yang sehat-sehat.

2. Rutin berolahraga

Selain nutrisi sehat yang harus dkperhatikan, olahraga juga merupakan hal membantu supaya sifat pelupa kita berkurang. Karena olahraga memperlancar aliran darah ke otak dan membuat kita rileks sehingga mengurangi kondisi stres dan rasa cemas.

3. Atur segala kegiatan sebaik mungkin

Jika sifat lupa karena banyaknya load pekerjaan yang harus kita selesaikan maka tidak ada salahnya agar kita memilah-milah mana perkejaan  sangat penting, penting, dan tidak terlalu penting, agar bisa mengatut urutan pekerjaan.

4. Tempel post it atau kertas berisi catatan/ jadwal di setiap sudut yang mudah terlihat.

Ini cara sederhana agar segala kegiatan kita tercatat dan biar ga kelewat. Saya di kantor pake cara ini. Jadi setiap kerjaan yang didisposisi ke saya langsung catat di post it tempel di meja. Kadang tempel di komputer biar gampang terlihat

5. Membuat check list.

Terutama jika banyak hal yang harus kita kerjakan. Check list ini akan membantu kita terhindar dari kemungkinan melupakan sesuatu.

Kalau saya checklistnya itu biar gampang saya bikin dalam bentuk map-map gitu. Jadi ada map "on progress", ada map kerjaan "belum dijamah", biar gampang ngeceknya.



Setiap pagi, datang ke kantor tinggal lihat map on progress dulu. Kalau sudah selesai pindahkan ke map selesai. Baru lanjut ke map belum dikerjakan. Mudah-mudahan jadi lebih teratur sih, dan inshaa Allah ga ada peketjaan yang terlupa atau terlewat.

6. Biasakan letakkan benda-benda pada tempatnya,

Jadi saat kita membutuhkan, kita tidak perlu bingung mencarinya lagi.

Ini saya terapkan dimana saja. Pokoknya masalah rapi ngga rapi belakangan yang penting semua ada posnya.

Jadi misalnya, segala pernak pernik jilbab, kayak  jarum pentul, cincin , jam tangan, bross, biar gampang nyarinya maka saya satukan dalam sebuah wadah tupperware.

Trus saya selalu punya tempat yang saya sebut " wadah gado-gado" sankin absurd dan tak terkelompok isinya. Pokoknya saat saya malas meletakkan sesuatu ke tempatnya yo wis taroh aja di wadah gado-gado .

Ini laci black hole saya. Semuanya ada disini


Jadi walau bagaimanapun ngga teraturnya kita, minimal berantakannya masih teroganisir gitu xixixi. Jadi mau cari sesuatu kalau ga ketemu di tempat biasa,  ya tinggal lihat wadah gado-gado. Biasanya apapun yang saya cari pasti nemu disitu.


7. Pasang reminder semua jadwalmu di smartphone

Iyalah hari gini apa yang ngga bisa dilakukan smartphone. Nah karena smartphone adalah benda yang selalu kita bawa kemanapun maka smartphone merupakan media yang tepat sebagai reminder kita.

Smartphone sekarang mah udah canggih-canggih baik fasilitasnya maupun bentuk dan tampilannya.

Seperti smartwatch yang dikeluarkan oleh Huawei ini namanya Huawei Band BO. Lucu deh bentuknya itu  jam tangan ( iyalah namanya juga smartwatch), jadi praktis banget dibawa kemana-mana.



Huawei Band B0 bisa membantu kita yang pelupa. Selain berfungsi sebagai jam tangan, band watch ini tetap bisa menerima notifikasi penting dari smartphone-kita, kayak facebook, email.

Jadi, jadwal yang sudah masuk ke smartphone, akan muncul di pergelangan tangan. Termasuk bisa menerima notifikasi telpon masuk, walaupun sedang berjauhan dari smartphone kita. Huawei Band BO ini membantu banget untuk si pelupa.

Kalau 7 tips itu bisa dijalankan,mudah-mudahan ga kan ada cerita lupa jadwal meeting atau jadwal janjian lagi deh.

Kalau menurutmu ada lagi ngga tips anti lupa yang lain?.


6 comments on "BO Untuk Obat Anti Lupa "
  1. Wahahaha.. ini aku banget. Malah sampe sekarang masih sering kesasar di jalan padahal sering dilewati. Ya sutralah... mungkin butuh piknik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa menghapal jalan itu memang susah bgt. Makanya giogle maps jadi andala hahaha

      Delete
  2. kalo saya biar tidak lupa selalu pasang alarm di hp, trus minta tolong suami untuk bbm mengingatkan apapun yang mau saya kerjakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sering mba minta diingetin suami. Tapi trus suamiku lupa juga wakakakak sami mawon.

      Delete
  3. aku itu pelupanya aneh.. cuma kalo menyangkut arah jalan... pasti susaaaah bgt inget. jangankan jakarta yg baru 9 thnan tinggal di sini, pernah tinggal di Aceh 18 thn aja, aku ga apal2 jalannya.. rumah ke kantor ingt, krn udh berkali2 lewat.. tapi kalo sampe dirotasi ke cab lain gitu, aku butuh wkt lagi utk apalin arahnya mbak. -__-.. makanya kalo arahnya udh njelimet, aku lbh suka bayar supir harian nganterin aku..ato mentok2 taxi..itu juga udh wanti2 supirnya, tau jalan ato ga :D.. Berabe kalo 2-2 nya ga tau arah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu katanya berhubungan dg kecerdasan visual. Tp pernah baca juga kalau perempua itu memang lbh susah menghapal jalan mungkin karena perempuan selalu bawa perasaan hahahaha. " perasaan tadi lewat sini deh, perasaan rumahnya disitu" wahahahahh jagi suka nyasar krn bawa2 perasaan sih

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature