11 Syarat Kafe Idaman Mamah Muda

Friday, March 4, 2016
11 syarat kafe idaman mamah muda

Pernah dengar istilah ngopi cantik?


Ngopi cantik itu kayak gambar di atas ini lhooooo. Orang-orang cantik, nongkrong-nongkrong di kafe sambil ngupi-ngupi.


Ngopi cantik itu istilah yang sering digunakan mamah-mamah muda untuk menyamarkan keinginan terbesarnya untuk ber me time ria bersama sohib seperjuangan. Ngumpul-ngumpul sebentar, sejam dua jam bersama para macan ternak, iis dahlia, dan mahmud abas lain. Apa sih ini, ngga jelas banget LOL.

Iyeeee g


Sebagai salah satu mamah muda di Kota Medan, saya juga kerap membutuhkan tempat yang asik buat menghabiskan waktu bersama teman-teman sesama ibu-ibu . Yah namanya ibu-ibu, acara yang paling ngeheits itu apalagi kalau bukan arisan.



Yang namanya arisan dan dibundling dengan sekalian refresing, pengenlah dapat tempat yang cocok untuk kita-kita. Tapi yah, namanya aja me time, terkadang beberapa ibu tetap harus membawa anaknya supaya tetap bisa ngumpul bareng sohib tersayang. Soalnya kalau anak ngga dibawa, ngga ada yang jaga ngga bisa ikut arisan dong.



Perkara menemukan cafe yang cocok buat arisan di Medan, sampai sekarang masih peer aja bagi kami.

Namanya juga cafe, identiklah dengan kopi. Dimana ada kopi, biasanya barengan dengan sobat kentalnya yaitu rokok, haissssh males banget kan kalau harus bikin acara bawa anak, tapi tempatnya ngga friendly sama anak-anak.

Ngga cuma untuk arisan, saat weekend juga, sering banget santai-santai sambil ngupi-ngupi sama si papah, tapi harapannya anak-anak juga bisa dibawa. Namun ya.... itu kendalanya, belum ada cafe yang mengerti keinginan kami, yaitu yang cocok untuk ortunya namun tetap friendly untuk anaknya.

Makanya, menurut saya, cafe yang asik untuk ngopi-ngopi cantik para mamah muda dan keluarga itu harus memenuhi syarat ini :

1. Ada Playgroundnya.




Ini penting banget, biar mamah-mamahnya bisa ngupi-ngupi dengan tenang kalau kebetulan bawa anak. Sebenarnya banyak tempat makan di Medan yang menyediakan playground tapi biasanya itu bukan tempat ngupi cantik, palingan restoran fastfood atau tempat makan yang hectic dan ruame.

2. Area Smoking dan No Smoking Terpisah

Iyalah, biar nyaman aja ngupi-ngupinya. Soalnya asap rokok itu tak baik bagi manusia, apalagi bagi ibu-ibu kece yang udah mahal-mahal merawat wajah ke klinik kecantikan, masa harus berjibaku dengan asap rokok sih.




Lagian area terpisah gini juga lebih nyaman untuk papa-papanya. Jadi misalnya arisan keluarga muda yang sering banget saya ikuti, papa-papa bisa ngumpul di smoking area, sementara mamah-mamah di dalam, dan anak-anak bisa main di play ground.

3. Menu Asik untuk Ortu dan Bersahabat untuk Anak

Nah, ini yang membedakan cafe impian saya dengan restoran fastfood yang juga children friendly.

Kalau restoran fastfood itu, menu untuk anaknya sih oke, menu untuk ortunya yang kurang beragam. Jadi, di cafe ini, harus menyediakan menu layaknya cafe yang asik, tapi juga menyediakan menu anak yang sehat.

Selain itu ni cafe harus nyediain menu cemilan yang lucu-lucu. Kayak cake-cake mungil gitu. Biasa kan mamah muda kadang males makan maunya ngemil doang.




4. Instagramable

Yah namanya tempat ngumpul mamah-mamah muda. Kalau udah ngumpul apalagi yang dilakukan kalau ngga foto-foto. Maka cafe ini harus memiliki spot-spot cantik dan unik buat foto. Lumayan lho, kalau tempatnya oke dan unik, trus difoto mahmud kece, dishare di IG atau Path, lumayan kan promosi gratis.



Selain tempat, makanannya juga harus cantik. Pan tadi judulnya ngopi cantik. Biar pas difoto juga cakep gitu lho. Mommy kece makan di tempat kece dengan makanan kece, ahsek.



5. Harga dompetable

Alias sesuai untuk kantong mamah-mamah. 

6. Parkir Luas dan Gampang

Kalau pas datang kesitu sama si papah sih ga masalah. Lain cerita kalau pas si mamah muda mau ngupi cuma bareng sohib doang, masalah parkir bisa bikin ga jadi ke suatu tempat lho hahaha. Soalnya kan kalo parkirnya sempit dan susah, jadi nambahin kerjaan mommy-mommy cantik. Jadi parkir harus luas.

7. Pelayan merangkap fotografer

Terkait syarat no 4, maka di cafe ini harus punya pelayanan yang pinter ngambil foto. Artinya bisa memfoto si mommy-mommy dari angel yang membuat si mommy jadi langsing xixixi. Peer banget yah buat si pelayan.

Kalau bisa malah cafe nyediain tongsis yang bisa dipakai.

8. Nyediain Voucher

Nah biar si mamah muda jadi pelanggan setia dan bakal balik lagi kesitu, si pemilik cafe bisa bikin program misalnya 5 kali berkunjung gratis voucher spa. Waaaah pasti jadi cafe idaman deh

9. Aman

Wah ini harus jadi perhatian  tahu kan ibu-ibu kadang leler ninggalin kunci kendaraan di parkiran. Atau ngga ninggalin dompet di toilet. Makanya cafe harus menjamin keamanan barang-barang dan kendaraan pengunjung, biar tenang ngupi-ngupinya.

10. Toilet Nyaman dan Bersih



Namanya perempuan bawa anak pulak pastilah butuh toilet yang nyaman dan bersih. Biar enak nongkrongnya xixixi. Jadi sebelum foto-foto bisa retouch dulu di toilet sekaligus selfie di cermin. Ahahha tau kaaan banyak foto-foto ala cermin gitu yang jadi favorit .

11. Ada Mushola

Iya soalnya kesempatan buat ngupi-ngupi itu biasanya sekalian curhat, yang bisa makan waktu berjam-jam. Jadi musola harus ada biar ngupi-ngupinya tetap asoy tanpa terburu-buru pulang ngejar waktu sholat.

Kalau 11 syarat cafe idaman mamah muda itu dipenuhi fixed deh Medan punya cafe terkumplit di Endonesah.

Kalau kamu punya kafe idaman ngga?


* Tulisan ini dibuat dalam rangka postingan serentak tentang Cafe oleh komunitas Blogger_medan

11 comments on "11 Syarat Kafe Idaman Mamah Muda"
  1. Bener banget mba syarat-syaratnyaa. Aku juga paling ogah kumpul-kumpul bawa anak ke kafe yang berisik dan bau rokoknya, mba Windi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kalo bau rokok aku langsung mual. dan berasa panas jadinya

      Delete
  2. Kalau ada modal aku akan bikin kafe sahabat mamah kyk gtu mbak, tapi modal dari mana ya hehehe :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo buat dong, ntar ku jadi pelangan setia hahaha

      Delete
  3. Gak sekalian di playgroundnya ada mba-mba yang khusus ngejagain anak-anak mba? ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyah sekalian ada penjaganya, malah jadi daycare xixixi

      Delete
  4. Poin 4 sama poin 7 nya asik banget. Hmm ... walaupun belum menikah apalagi jadi
    mahmud, itu poin yang aku cari sih kalo lagi iseng main ke cafe.

    Semoga segera ada cafe seperti yang Mba impikan ini ya. Aamiin.

    ReplyDelete
  5. Jd dimana ada cafe yg bgtu di medan.Soalnya saya br tinggal lg nih di medan dan punya balita.kgn pgn nongki nongki cantik cm kl di medan ga tau tempatnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature