Tentang Bingung Puting

Thursday, February 18, 2016
Bagaimana memilih dot biar bayi tidak bingung puting.

Pas baca postingan saya yang ini ( Baca: Anak Saya Minum Sufor, Memangnya kenapa?), ada pengunjung yang nanya, kok bisa anak saya ga bingung puting, trus nanyain pake dot apaan untuk Tara.

Oya bagi yang masih asing dengan istilah bingung puting, bingung puting itu adalah suatu kondisi dimana bayi menolak menyusu langsung ke payudara ibu dan  lebih memilih nyusu pakai dot.

Duh jadi inget masa-masa menyusui Tara yang dilalui penuh drama. Iya, saya gagal lah ngasih ASI eksklusif untuk Tara. Sampai sekarang ngga bisa nentuin dulu failednya gara-gara baby blues, kurang pengalaman atau karena stress. Tapi ya sutralah, sudah berlalu juga. Pokoke saya mah sudah berusaha maksimal, mungkin belum rezekinya Tara dan saya bisa NgASI eksklusif 

Berdasarkan pengalaman itu, makanya anak kedua ini semangatnya dikencengin berkali lipat , soalnya udah tau betapa mahalnya harga susu formula apalagi untuk bayi dibawah 1 tahun, huahahahaha, akoh sering terpana melihat bon belanjaan tiap abis beli susu, hhuhuhu.

Eh ngga ding, alasannya bukan karena itu, tapi karena ASI memang yang terbaik buat si buah hati. Semoga ga ada halangan, aamiin.

Pertama yang harus diketahui ibu-ibu, bahwa yang namanya bingung puting itu bisa terjadi sama bayi manapun, dan bisa juga ngga terjadi pada bayi manapun. Halah, belibet bahasanya. Intinya, soal bayi mana yang bisa mengalami bingung puting dan mana yang ngga, hanya Tuhanlah yang bisa mengetahuinya

Jadi ngga bisa kita bilang " Anakku nyantai aja kok, dikasih dot tapi tetap mau nenen". Ya itu beruntung namanya, karena ada banyak bayi gitu dikasih dot, trus ngga mau lagi nen sama ibunya. Jadi tricky banget.

Kenapa saya bilang demikian?.

Karena waktu Tara ngga pernah mengalami yang namanya bingung puting, tapi adeknya ini si Divya, sempet mengalami bingung puting. Untuk cerita adeknya, ntar aja dibahas di postingan sendiri. Saya mau cerita pas Tara aja dulu.

Waktu Tara dulu, awal-awal saya takut banget si Tara bingung puting. Jadi saat ASI saya ngga lancar jaya dan harus ditopang oleh sufor, saya takut banget. " Wah jangan-jangan ntar kalo udah ngedot, Tara malah sama sekali ngga mau nenen langsung. Makanya proses pemberian susu baik ASIP maupun sufor ke Tara itu pake cara coba-coba yang disertai doa, semoga ngga bingung puting, semoga ngga bingung puting.

Cup Feeder

Awalnya saya pakai cup feeder, ini saat saya masih punya stok ASIP. Yang ngasih ASIPnya si mba yang jaga Tara. Taranya mau sih, tapi ternyata agak susah, ngga semua ASIP masuk ke mulutnya, banyakan tumpahnya. Hwaaa, sedih dong saya melihatnya. Udahlah ngumpulin ASIPnya tetes demi tetes ( ini bukan istilah, tapi kondisi sebenarnya), masa pake ada yang terbuang segala.

Maka, saya mulai kepikiran pake dot ajah.

Calma

Sebenarnya pas abis melahirkan, masih di rumah sakit pun, Tara udah kena dot. Karena kan emak labil ini sempet panik pas si bayi nangis kejer, akhirnya rencana rawat gabung gagal dan si bayi diserahkan ke ruang bayi.

Yang namanya udah ditaruh ke ruang bayi, pastilah bayi bakal dikasih dot. Pas pulang dotnya dibawain tuh, merk Dr Brown. Dotnya ini diklaim untuk mengatasi bingung puting sih, soalnya ada semacam slang gitu di dalam dot yang bakal mengatur aliran susu keluar.

Tapi, begitu sampe di rumah saya ngga kasih lagi ke Tara, soalnya dotnya ribet sih, bersihinnya susah karena banyak banget komponen kecil-kecilnya. Padahal kebersihan kan penting banget untuk bayi new born.

Nah, kebetulan saya kan pake breast pump Medela Swing yang sepaketannya itu udah termasuk dot bayi Calma.

calma medela
Calma, Bisa dibeli Terpisah

Dot Calma


Pakailah itu. Calma ini ujung dotnya yang lurus, dan aliran susu ngga bakal keluar kalau ngga diisep dengan kuat. Oke, pas lah, biar bayi nyusu kayak di payudara ibu.

Pertama dikasih, Tara ngamuk, soalnya susah kali yah ngenyotnya . Dotnya sampe yang dilepeh-lepeh gitu. Tapi saya tetap kekeh pake Calma,mikirnya sih, biarlah drama dikit tapi bebas dari bingung puting. Lama-lama ternyata Tara jadi biasa, dan pake Calma deh seterusnya.

Berdasarkan pengalaman, pakai Calma ini memang susah banget. Bayi pasti bakal rewel pas awal-awal. Tapi waktu itu, saya mengatasinya dengan membiarkan tutup calmanya itu agak dikendurkan sedikit, jadi aliran susunya lebih mudah keluar.

Tara dulu latihan pakai Calma itu saat saya masih cuti, begitu udah lancar dan ternyata Tara masih mau juga nenen langsung ke saya, baru deh saya alihkan ke dot bayi Dr Brown. Dan alhamdulillah ngga ada masalah.

Dot Dr.Brown ini lumayan bagus sih untuk bayi, tapi agak ribet soal bersih-bersihnya. Saya ngga lama pakai Dr.Brown, udah gitu beralih ke dot merk lain yang lebih gampang bersihinnya, ngga punya waktu cuy buat sikat printilan sampe ke dalam-dalamnya. Saya beli merk Pigeon dan merk Avent. Keduanya cocok untuk Tara dan bersihinnya lebih gampang daripada Dr Brown

Jadi, saran saya sih untuk para ibu-ibu yang lagi bingung ngasih dot sama anaknya karena takut bingung puting, pertama-tama coba pakai Calma aja dulu. Ini dot paling aman buat latihan sih menurut saya. Calma ini bisa kok dibeli terpisah, ngga harus sepaketan sama breast pumpnya. Harganya sekitar 270 ribuan.

Nah, kalau sudah terbiasa pakai Calma, baru dikit-dikit dialihkan ke dot susu biasa. Karena berdasar pengalaman , kayaknya bingung puting itu bisa terjadi kalau bayi dikenalin ke dot terlalu dini, kalau pakai latihan dulu, mudah-mudahan ngga akan terjadi. Tapi.... seperti yang saya bilang di awal, namanya bayi itu ngga ada yang sama. Ada yang sama sekali ngga masalah mau pakai dot apapun, ada yang harus benar-benar selektif milihnya.

Cara ini berhasil untuk anak saya, tapi belum tentu berhasil untuk bayi lain, jadi dicoba aja dululah, kalo gagal cari cara lain, hahahaha,#dikeplak ibu-ibu.

Semoga membantu ya moms.

8 comments on "Tentang Bingung Puting"
  1. Wah..sama mak Tayo dulu juga gagal ASI eksklusif krn emaknya depresi..hihi..umur 2 bln udah sambung sufor. Untung nggak bingung puting juga. Aku pke pigeon yg peristaltic niple, alhamdulilah ttp mau ngedot sufor en mau nenen juga sampe umur 2 taun. Sekarang adeknya Tayo, si Tifa juga aku ajarin ngedot Asi perah pake pigeon peristaltic niple, alhamdulilah lsg pinter en nggak bingung puting juga. Legaaa...rasanya, nggak perlu ngasih ASIP pke sendok ^^ Alhamdulilah. Mungkin kontur payudaraku bentuknya cucok sm dotnya pigeon hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga ga telaten pake cup feeder atau sendok, tumpah tumpah

      Delete
  2. Umar waktu lahir langsung sufor gara gara ASI ga keluar..baru keluar setelah tiga hari itupun gara gara di massage dokter kandunganku..dua minggu sufor dan asi..setelah badan udah enak udah ga ngilu jaitan udah ga nipple crek ASI dech sampai sekarang..tapi pas dikasih ASIP pake dot kok ga mau ya..jadi males pompa..kalau mau kemana mana mesti dibawa umarnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bisa dibawa-bawa sih gpp wid, masih anak satu hehehe, ank dua kalo dibawa semua rempong hahahaha

      Delete
  3. Àku dong setelah operasi tumor, belum nyatu jahitannya aku hamil. Jadi masih ada lubang2 kecil di payudaraku sisa benang jahitan. Jadi tiap anak2ku mo nyusu ASI keluar bukan cuma dari puting tapi juga dari lubang2 kecil bekas operasi tumor payudaraku. Kasian anak2ku dulu berasa nyusu di bawah rintik hujan air susu..hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaaah ya ampun mba ade, bayanginnya aku ngeri, rintik hujan xixixi

      Delete
  4. asyik ya, mba. klo ga ribet bersih2 dot. inget dulu pas punya adek bayi rempong bersihinnya harus disterilkan dulu juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature