(Bukan) Si Picky Eater

Tuesday, February 2, 2016
" Kalau elo ibu bekerja, ngasih anaknya nonton Balveer, makan anaknya cuma nasi sama telor ceplok, trus masih minta me time, kelar hidup lo"

Xixixi, itu.. itu.. guweh banget. Tapi Balveer diganti Uttaran.

Itu status seorang ibu-ibu kemarin yang lewat di temlen saya. Udah agak lamaan sih, tapi bahasnya baru sekarang.

Ngga ah, saya ngga mau bahas issuenya. Itu kemarin pas ada rame-rame bahas soal kebutuhan me time ibu rumah tangga, udah pernah dibahas di blog ini sebelumnya.

( Baca: Me Time)

Saya mau bahas yang lain aja, tapi masih berkaitan dengan status itu.

Iya..... ituu.. anak saya makannya cuma nasi sama telor ceplok doang. Duh, waktu baca status si ibu saya langsung nelongso, 

Kenapa???? kenapa anakku cuma mau makan telur doang. 

Padahal kan telur harganya murah, padahal kan telor ceplok masakan paling gampang di dunia, padahal kan, yang penting doi mau makan.

Padahal kan aslinya emaknya seneng gitu, udah murah, ngga repot, cepet lagi, xixixi #dikeplakemaksetemlen.


Problema mamak-mamak itu emang ngga ada habisnya yah.

Apalagi mamak-mamak labil kayak saya ini.

Perasaan udah sok nyantai kayak di pantai, tapi tetep aja kepikiran.

Dulu, awal Tara lahir, problema saya masalah ASI yang ngga ngalir kayak pancuran, bikin saya melow yellow di blog ini.


Trus lanjut, problema kedua, Tara yang susah banget tidur cepet. Kalau belum tengah malam, kayaknya matanya belum kriyep-kriyep, masih terang benderang kaya bohlam Philips.

Nah, sekarang di usianya yang udah 2 tahun 8 bulan masalahnya dese beda lagi. Sebenarnya bukan baru sekarang sih, tapi udah dari beberapa bulan yang lalu. 

Doi Picky Eater tapi kadarnya dah akut banget. Dan anehnya picky nya itu cuma masalah makan besar doang, kalo ngemil ngga masalah.

Awal-awal makan dulu, di usia 6 bulanan, duh Tara itu jadi anak paling cihuy lah menurut saya. Dikasih apa aja mulutnya bakal mangap. Di kasih alpukat mau, melon mau, mangga mau, buah naga. beuuugh suka banget, bisa habis sebiji besar sendiri kalo makan.

Dikasih apa aja langsung mangap

Lanjut , mulai makan nasi. Nasinya yang sehat banget lah, beserta lauk pauknya. Menu Tara setiap harinya, nasi merah, wortel, ayam,kentang,brokoli. Sehat banget kan. Itu di sukaaaa sampa habis semangguk kecil kalau makan. 

Karena dia sukanya itu, ya saya ngasihnya itu aja, soalnya gampang sih buatnya, cuma dicemplungin ke air semua, udah mateng diblender, kelar , tinggal disuapin ke anaknya. 

Umur setahunan, mulai makan ala orang dewasa, dia suka banget makan sayur bayam. Emak mana yang ngga bahagia coba, anaknya suka bayam, udahlah murah, gampang masaknya, sehat lagi. 

Nah beberapa bulan belakangan, tiba-tiba, dia cuma mau makan Jika dan hanya Jika nasi dengan telur doang, titik, ngga pake apa-apa lagi. 

Itu yang makannya dari pagi, siang, sore, cuma nasi pake telor doang. Jadi persediaan telur di rumah cepet banget habisnya. 

Afa-afaan inih, masa emak bapaknya kerja, gaji dobel, anaknya makan cuma pake telor doang, bisa cepet kayah dong kita. Eh, ngga kok, ngga gitu.

Iya nih lagi masygul banget dengan kelakukan si Tara. Kemarin-kemarin malah lebih parah, cuma mau makan jagung manis yang ditaburi keju doang. Tapi kalo ini sih enak, soalnya jagung kan karbohidrat juga, masaknya gampang lagi, cuma direbus doang, dikasih mentega sama garam trus ditaburi keju. Saya juga beli jagungnya udah yang printilan gitu jadi oke-oke ajalah walau anaknya mau makannya cuma itu.

Jagung Keju favorit Tara... dulu, sekarang dah bosen dia

Padahal saya udah berusaha kreatif lho,

Bikin Macaroni Schotel, Suka sih dia, tapi cuma dua tiga kali doang, udah gitu kalo dibikinin dilepeh-lepeh ngga mau lagi.

Mac And Cheese, Jangan Lihat Bentuknya, rasanya enak kok ^_^


Pernah juga saya buatin sup jagung kepiting. Duh lahap banget, sampe nambah-nambah, tapi ya udah sebentar aja. Udah gitu bosen, padahal sup jagung emaknya enak banget lho, saya aja suka .

Nah udah dua hari ini lebih parah lagi, Tara cuma mau makan pake nasi aja, udah nasi putih doang.

Ini bisa Nambah lho kalo nasi putih doang


Duuuh, anak bunda ini memang mau bikin dompet emaknya awet deh. Percuma dimasakin sup lah, semur ayamlah, tetep makannya nasi putih doang, bisa sepiring penuh kalo dikasih nasi aja.

Ya udahlah saya biarin aja, yang penting mau makan, daripada ngga ada yang dikonsumsi sama sekali.

Trus, dari yang aya ceritain di atas, saya jadi mikir, sebenarnya si Tara tuh mau makan, tapi angot-angotan. 

Mau tapi ngga mau. 

Akhirnya saya selidiki lebih lanjut, kapan waktunya dia makan banyak, kapan dia ngga mau makan.

Ternyata oh ternyata....... problema si Tara adalah.............

Duh, selepe banget lah.

Dia tuh mau makan, kalau yang nyuapin SAYA..... iya SAYA EMAK KANDUNGNYA INIH.

Jiaaah, Tara , memang anak bunda lah dirimu nak.

Jadi selama ini yang ngasih makan Tara kan mba-nya. Lha gimana yah saya kan kerja, ngga mungkin dong saya yang kasih makan Tara, ya bisa ngga makan dese. Kalo Sabtu Minggu juga kadang saya kan rempong sama urusan tetek bengek ngga penting, sehingga Tara pun makan ya sama kakaknya, palingan mandi yang sama saya, main sama papanya, giliran makan, dia jalan-jalan sama kakaknya keliling komplek. 

Emaknya ngapain?

Emaknya tidur, soale dari Senin sampai Jumat begadang terus, Ingat kan problema kedua di atas, Tara susah tidur cepet. Jadi weekend digunakan buat istirahat, minimal bangun agak siangan lah.

Ini karena saya cuti melahirkan 3bulanan, jadi kan stay di rumah terus ngga kemana-mana.

Tara pun seneng banget. Giliran waktu makan, tetap sama kakaknya, tapi pasti makannya dikit. Kalau sama saya, makannya jadi banyak. Nah lho... ternyata anakku ngga punya masalah makan, Dia bukan picky eater tapi Picky sama yang ngasih makan (ngga tau enggresnya apa).

Huhuhuhu, dirikuh kan langsung nelongso. Ibu macam apah kamu yang anaknya makan pake telor ceplok doang, sama kakaknya lagi, trus masih ngomongin me time!!!!!!

Iya... ibu macam apah aku inih.

Jadi, berdasarkan itu, tetep lah ya walau postingan menye-menye gini, tetep harus ngasih tips di penutupnya. 

  • Kalau anak ngga mau makan, jangan panik, jangan risau, stay cool, jangan marah-marah juga ke si anak

  • Cari tahu penyebab kenapa dia ngga mau makan. Karena pilih-pilih makanan kah atau karena masakan emaknya ngga enak.\ atau karena hal lain.

  • Kalau karena picky eater, ya ngga apa juga sih, kasih aja makanan yang disukai si anak, tapi seimbangkan dengan makanan lain, misal makannya cuma mau telor doang, berarti ntar snacknya harus banyak buahnya. Kalo sayurnya, bisa dipenuhi dari vitamin atau suplemen makanan untuk anak ( ini kalo saya yah). Trus kalo buahnya pun picky lagi, ya sabar mak. Ini guweh banget lah, si Tara, picky juga soal buah, maunya cuma salak sama anggur doang. Kali ini emaknya kurang hepi, karena anggur mahal, siigh.

  • Pilih-pilih makanan itu ada batasnya. Jadi misalnya cuma mau makan jagung terus, kasih aja jagung teruuuus sampe bosen, udah gitu ganti makanan yang lain, gitu terus, samalah kayak kita kadang kan ada makanan yang sukaaaa banget sampe maunya itu-itu aja, pas udah bosen dengan sendirinya kita bakal nyari makanan lain. Anak-anak juga gitu kok. Tapi mereka ngga bisa nyari sendiri, jadi kita yang cariin makanan untuk di pilihnya kemudian.

  • Kalau karena masakan emaknya kurag enak, bisa ditandai dengan, kalau makan di rumah ngga mau, tapi di kondangan mau makan, kalau diajak makan di luar mau, makan di restoran lahap, fix deh itu penyebabnya karena masakan emaknya kurang syedaaap #langsungharakiriemaknya

  • Kalau masalahnya kayak anak saya,yo wis emaknya sering-sering ngasih makan anaknya, jangan didelegasikan ke si mba nya terus. #emaknyalangsungresignbuatngasihmakananak

    • Jangan mengatasi anak malas makan dengan memberi susu yang dikenal sebagai pengganti makanan ( You know what i mean lah ya), soalnya berdasarkan pengalaman teman-teman saya, gara-gara anaknya dikasih susu padat makanan itu yang harganya mahal itu, anaknya malah jadi tambah ngga mau makan, karena perasaannya kenyang terus. Gemuk sih, tapi menurut saya kurang bagus lah untuk pencernaannya, Kapan doi ngunyah kan yah kalo begitu.. 

    • Tips yang lain boleh dicoba juga mak, kayak buat makanan yang lucu-lucu, kalau Tara sih ngga ngaruh mau dikasih bento yang lucu-lucu kalo yang ngasih makan bukan saya ya ngga ada efeknya, jadi berbeda-beda tergantung anaknya.

    • Bisa juga dengan ngajakin anak tetangga buat makan bareng. Ini juga ga berlaku di saya, karena anak tetangga ngga ada yang seumuran Tara.

    • Terakhir, banyak-banyak doa aja mak, semoga badai cepat berlalu, dan yakinlah anak susah makan itu ada masanya dan akan berlalu, saat dia laper otomatis dia bakal minta makan juga. Tara suka minta makan jam 2 makam, kadang jam 3 malam, kapan dia lapar lah. Dan saya siap sedia bangun buat ceplokin dia telur, Besoknya di kantor tepar, ngga apalah, waktu istirahat siang kan bisa tidur
    Dan alhamdulillah yah, selama hampir dua bulan ini di rumah, pipi Tara tambah chubby, badannya juga tambah berisi terbukti dengan bajunya yang makin ketat kalau dipakai, xixixi parameternya yang gampang dilihat ajalah. Memang pengaruh tangan emaknya ini warbiasyak.


    Udahan ah, semoga membantu para ibu yang anaknya susah makan atau picky eater atau picky sama yang ngasih makan.




    15 comments on "(Bukan) Si Picky Eater"
    1. wah bener2 awet nih duit emaknya kalo si tara makannya cuma gitu doang...

      ReplyDelete
    2. wah panjang postingan nya.. salam kenal mba :-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalo postingan geje emang suk panjang mba hahaha. salam kenal juga, makasih dah mampir

        Delete
    3. Kak Windi salam kenal, beli wadah sekali pakai yang untuk mac n cheese nya yang model kayak difoto, di Medan ditoko aoa yaaaaa? #gagalfokus

      ReplyDelete
      Replies
      1. di carrefour amel, banyak pilihannya mau oval,petak, bulat semua ada. kumplit. belum nemu aku di toko lain. di berastagi juga ga ada

        Delete
    4. mba windi boleh dong nanti di share resep2 sampe anaknya makan dengan lahap gitu

      ReplyDelete
      Replies
      1. udah pernah ku share disini http://www.windiland.com/2015/11/bekal-tanpa-ribet-dengan-morinaga-chil.html

        Delete
    5. This comment has been removed by a blog administrator.

      ReplyDelete
    6. Dulu setelah sapih ASI nadia juga gini modelnya susah banget bahkan ada masa dimana nadia cuma mau makan makroni coba. Ngerjain banget kan

      ReplyDelete
    7. Salam dr zyan ya Tarra hehe,,salam kenal.. Kalo zyan malah kebalikan mak, Alhamdulillah zyan suka banget makan, kadang aku malah kewalahan nyediain amunisi..hehehe,

      ReplyDelete
    8. alhamdulilah dulu kedua anak saya gak susah makan. Agak tertolong sih melihat ibu2 lain suka kesel krn anaknya susah makan

      ReplyDelete
    9. Betoool banget mak Tara..punya anak yang picky eater kudu ekstra sabar, jaga emosi dan banyakin doa haha...smoga Cito juga bisa cepet tambah ketat pakaiannya alias makin berisi kayak Tara hihi..tapi yang utama adalah sehat ya mak..salam sukses mak Tara sayang..

      ReplyDelete
    10. Emang kalau sama picky eater itu harus telaten nyari makanan yg dia mau dan itu kdg susah dan menguras dompet. Emaknya sok2an masak ini itu eh tahunya anaknya mau nasi doang LoL

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

    Custom Post Signature