Tentang Mitos-Mitos Seputar Bayi

Tuesday, October 20, 2015
Hiyaaaa di jaman serba modern ini ternyata ngga membuat semua orang meninggalkan pemikiran-pemikiran kunonya lho. Contoh saja dalam hal kehamilan, proses melahirkan sampai merawat anak. Duh, kalau ingat waktu Tara masih bayi itu, ibu saya suka misuh-misuh karena katanya saya sok pinter, ngga mau dengerin nasehat ortu edebre edebre.....


Kalau saya sih daripada bikin sakit hati ortu, ya wis saya turutin aja...... di depan emak saya, tapi di belakangnya ga saya lakukan, hahahahah #anakdurhaka.

Iyalah daripada buat ortu sedih. Biarin lah, lagian biasanya walau ngga bener, tapi mitos-mitos itu tujuannya baik, hanya alasan di belakangnya aja yang ngga masuk akal.

Apa sajakah itu,coba kita lihat

Jangan Lupa Ke Kompor 

Jadi, kalau saya habis darimana-mana, gitu nyampe rumah ibu saya pasti langsung nyuruh saya ke dapur. Ngapain? ,iyes saya disuruh meletakkan tangan di atas kompor dulu. Tujuannya katanya biar pengaruh-pengaruh jelek dari luar terbakar di atas kompor.

Xixixi, ngga tau sih apa hubungannya. Biasanya saya turutin aja, saya ke dapur, tapi bukan datangin kompor, melainkan cuci tangan di wastafel, biar bersih dan bebas kuman. Kan mau pegang bayi unyu-unyu, ya harus bersih tangannya


Rendaman Baju Bayi Ngga Boleh Lama-Lama

Iya, kalo kelamaan nanti anaknya bisa masuk angin. Itu yang bilangin tukang pijet saya, hahahaha. Tapi yah benar juga sih ya, kalau baju direndam kelamaan kan bisa bau, bukan soal masuk anginnya.Kalau yang ini sih saya turutin, dengan alasan kebersihan dan biar ngga bau.


Jangan Peras Baju Bayi Keras-Keras 

Sejalan dengan rendaman baju, setelah dicuci pun baju bayi ngga boleh diperas keras-keras. Waktu bayi itu, si Tara kalau ngulet, entah habis bangun atau lagi bobo, semangat kali nguletnya, sampai melintir badannya, dan mukanya memerah. Langsung lah dituduh kalo saat meras baju Tara pasti merasnya pakai tenaga super. Hahaha, ya gimana yah, kan dikeringkan di mesin cuci, jadi ya pasti merasnya melintir pakai tenaga super.

Terus dinasehatin tuh sama sodara-sodara, kalo meras baju bayi ga boleh keras-keras, ntar ya gitu, anaknya kalau ngulet bisa sampe melintir badannya.

Siram Tempat Jatuh Anak

Jadi, pernah Tara tuh terjatuh dari ayunan. Doooh, iya deh saya ibu yang ngga awas sama ank. Bisa-bisanya anak jatuh dari ayunan. Untungnya ayunannya rendah, soale ngga semua besi ayunannya Tara kami pasang. Dan untungnya lagi di bawah ayunan udah saya alasin dengan bantal-bantal. Tapi waktu itu Tara tiba-tiba bangun saat saya sedang di dapur, jadi dia berusaha turun sendiri, dan jatuh deh.

Anaknya nangis kepiyer-piyer. Saat saya telepon emak saya, malah disuruh nyiram tempat jatuh Tara pakai air. Xixixixi. Katanya supaya kalo ada makhluk halus disitu biar pergi.

Ehmmm, karena saat itu emak saya ngga ada di samping saya, ya ngga saya lakukan. Yang ada saya periksa badan Tara, kira-kira ada yang memar atau ngga.

Cegukan, Taruh Benang kain di Jidatnya

Tahu kaaaan kalau anak bayi itu sering banget cegukan. Dikit-dikit cegukan, hik... hik.... Kalau orang dewasa mah cegukan disuruh minum air banyak-banyak yah. Tapi kalau bayi beda cuuuy. Kalau cegukan , ibunya disuruh ambil benang dari baju si bayi, trus tuh benar diplintir jadi bentuk lingkaran dan ditaruh ke jidat bayi. hayooo..... apa hubungannya coba, dipikir seirbu kali juga ga ada hubungannya yah, hahahaha.

Yo wis, kalo cegukan di puk puk aja lah bayinya. kalau belum reda juga ya dikasih minum atau ASI.

Lengan, kaki, Pinggang Di Lingkarin Benang

Jadi abis 40 hari, Tara dicukur rambutnya, sekalian disunat juga. habis dicukur, sama si tukang cukur tangan, kaki, pinggang Tara diiket semacam benang atau tali gitu. Katanya buat menjaga tara dari arwah jahat. ngga boleh dilepas selama beberapa hari.

Begitu si tukang cukurnya pulang, langsunglah saya ambil gunting, sret...sret saya potong aja itu benang-benang. :)

Air Keramas Tetesin Ke Mata

Iya, katanya kalau ibu baru melahirkan itu kan, sel darah putihnya naik ke atas, makanya kebanyakan ibu-ibu abis melahirkan matanya agak rabun. Jadi biar ngga rabun, kalau pas mandi, ambil ujung rambut kita, tetetsin air yang ada di ujung rambut ke mata. biar ga rabun katanya.

Xixixi, kalau saya mah emang udah rabun dari dulu jadi ngga ngaruh samsek :)

Rambut Hasil Cukuran Ditimbang Dikonversi ke Emas

Ini sih yang bilang ibu saya. Jadi abis rambut Tara dicukur, rambutnya dirimbang. Hasil timbangannya yang seberat beberapa gram itu ntar dikonversi ke emas dan disedekahkan. Kebetulan Tara tuh rambutnya cukup lebat waktu bayi, jadi begitu ditimbang lumayan juga beratnya.

Karena mitos yang satu ini menurut saya ngga berbau mistis dan ngga berbau takhayul, ya saya lakukan saja. Berat rambut Tara dikonversikan ke harga emas dan disumbangkan ke anak yatim.

Ehmmm apalagi yah. Kayaknya itu dulu deh, ntar kalo inget saya tulis lagi.

Jadi sebenarnya mitos-mitos itu ngga semuanya ngga masuk akal sih. Kadang ada juga yang bisa diterapkan dengan pertimbangan manfaat ya bukan karena mitosnya. Tapi kalo udah aneh-aneh dan berbau-bau mistis, takhayul, musyrik , langsung skip deh.

Ada lagi ngga yang mau nambahin mitos-mitos yang ada di sekitar kita.





10 comments on "Tentang Mitos-Mitos Seputar Bayi"
  1. Kalo yg jangan peras baju kenceng2, cegukan ditaroh benang di jidat, sama rambut cukuran dikonversi ke emas masih banyak tuh dipraktekin, seenggaknya di keluarga besar aku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha sama berarti ya mak, di daerahku sama di daerah sono.

      Delete
    2. Ya aku juga ne kebutaln alm mama ku dr surabaya kan jadi ya sma ne aku di aceh y gt juga..yg aku mkrn peras baju ank ngaruh gak

      Delete
  2. kalau yg terakhir kalau gak salah memang dicontohkan Rasulullah mbak.. menimbang rambut bayi dan hasil timbangannya dikonversi utk sedekah.. cmiiw ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya mba, barusan kutanya sama suamiku, katanya itu memang ajaran rasulillah . Pantes bagus yah hahaha

      Delete
  3. Yang terakhir agak masuk akal mbak. Dan bermanfaat juga sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang terakhir ternyata bukan mitos , tapi ajaran Rasulullah :) pantes bermanfaat

      Delete
  4. kok malah saya belum pernah denger semuanya yak..ini biasanya di daerah mana sih mbak hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha soale yang biasanya dibilangin emaknya mas, bukan bapake. Itu di daerah saya di Medan :)

      Delete
  5. oalah pantas lah d medan,awakpun bingung orng sunda pindah ke medan aturan nya bikin tak masuk d akal,kecuali yg terakhir iy betul

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature