Tara Aja : Toilet Training Ala Tara

Tuesday, October 13, 2015

Jadi setelah hampir sebulan di daycare, ada satu sifat Tara yang menonjol banget saya lihat.
Sekarang, si bocah apa- apa yang sok mau melakukannya sendiri gitu.
Mau saya suapin makan, langsung sendok direbut


" Tara aja bunda, Tara aja"

Mau disuapin minum obat, juga ngomongnya gitu

Sama papanya, mau dipakein baju, bajunya langsung direbut.

" Tara aja papaaaa, Tara aja"

Xixi lucu banget ngeliatnya. Apalagi pas dia mencoba memakai celana sendiri, susah payah bgt kayaknya. Mulutnya sampe mengerucut sangkin seriusnya. Sebenarnya bikin ga sabaran sih tapi ga apa lah mungkin di daycare Tara diajarin mandiri kali yah. Jadi gitu di rumah juga maunya apa-apa dilakukan sendiri.


Saya?

Seneng dong pastinya.

Tapi ini, Tara lagi batuk pilek. Kotoran di hidungnya banyak banget, sampe si anak kayak yang susah gitu bernafas, giliran mau saya bersihkan hidungnya pake cotton bud eh dia langsung ambil tuh cotton bud dari saya. " Tara aja bunda....." .Hwaaa mana berani saya biarin dia ngorek- ngorek idungnya sendiri.

Akhirnya ga jadilah tuh kotoran dikeluarin. Biarin aja, nunggu Tara tidur baru saya bergerilya.

Trus, yang bikin saya hepi lagi, selama ini saya udah ngelatih Tara buat toilet training. Sengaja siang ngga dipakein diapers biar kalo pipis bilang gitu. Emang sih dia bilang, tapi pas udah keluar pipisnya baru bilang -__-

Eh kemarin, lagi asik ngobrol sama papanya, tiba- tiba Tara datangin saya. " bunda pipis" katanya

Cepat-cepat saya buka diapersnya, bawa ke kamar mandi,tongkrongin di toilet. Amejing, Tara pipis di toilet lho sodara-sodara,xixixi.

Pas mau BAB juga dia udah bisa ngomong , " bunda ook".

Gitu ditongkrongin, sambil nyengir-nyengir akhirnya pup juga si bocah.



Hore...... berhasil berhasil...

Yah walau itu ga tiap hari juga sih, kadang ya tetep aja masih pipis di celana juga, tapi tetep aja seneng.

Tara emang agak telat sih ya lulus toilet trainingnya. But it's oke ajalah menurut saya, yang penting ada kemajuan.

Jadi, begini nih tips toilet training ala-ala bunda Taara:

  1. Kalau siang, jangan pakaikan diapers ke si anak
  2. Beritahu ke anak, kalau mau pipis atau pup, agar memberitahu kita. Yang mana hal ini akan jarang dilakukannya hahahah 
  3. Maka sebagai emak yang baik, kita yang harus sering-sering nanya. " Mau pipis nak,mau pup nak" gitu terus selama beberapa jam sekali.
  4. Selesai makan atau minum, kira-kira 5 menit kemudian bawa saja anak ke kamar mandi. Demikian juga pas mau tidur, sebelum masuk kamar, bawa lagi ke kamar mandi.
  5. Jika terlihat tanda-tanda si anak mulai nyureng-nyureng atau gelisah, segera larikan dia ke toilet. Tongkrongin ke toilet . jangan lupa ya moms pakaikan toilet mini yang untuk latihan toilet training. Beli yang lucu-lucu biar anak semangat. Sebagian ibu suka pakai toilet mainan itu , saya ga tau namanya. Kalau saya sih lebih suka pakai yang langsung ke toilet beneran.
  6. Kalau anaknya di daycare, jangan lupa pesenin ke bunda pengasuhnya supaya siang anak kita jangan dipakaikan diapers, dan minta bantuan juga untuk melatih toilet training.
  7. Kalau belum behasil, alias si anak masih pipis dimana-mana, jangan dimarahi ya moms, dicium aja deh anaknya. Tetap bawa si kecil ke toilet dan tongkrongin, jadi dicebokinnya di kamar mandi, biar dia tahu fungsinya toilet.
  8. Buat suasana buang air itu menyenangkan. Kalau saya sih, sambil ngajak Tara nyanyi, terus dia sendiri yang saya suruh mencet flash toilet saat ia selesai buang air, dan dia yang nyemprot selang air saat cebok. malah sekarang dia seneng banget acara buang-buang air ini ^_^. Tapi setelah itu ya tetap saya yang nyebokin, biar lebih bersih.
  9. Setelah selesai , jangan lupa ajarin anak cuci tangan pakai sabun
  10. Puji dia moms ya kalau suda berhasil. " Pinternya anak bunda".
  11. Lakukan secara kontinyu dan jangan putus asa

Nah, setelah semua dilakukan, apa menjamin anak kita bakal langsung lulus toilet training?

Xixixi, sayangnya ngga moms, kadang ada aja saat-saat Tara lupa, jadi pipis aja deh dimana dia main. Ya ga apa, dicoba maning, sampai berhasil.

Semoga Tara makin pinter deh dari hari ke hari. Biar emaknya berasa jadi emak yang sukses gitu looooo , hahahaha .




6 comments on "Tara Aja : Toilet Training Ala Tara"
  1. Yeeeeyyy, selamat ya buat dd Tara ^^

    ReplyDelete
  2. Adek saya kalau buang air kecil udh bisa sendiri. Tapi buang air besarnya belom bisa bilang mbak... entah kenapa dia takut banget buat BAB di toilet. saya udh pernah coba pas ada tanda-tanda pengen BAB, saya antar ke Toilet. Eh pas di toilet, gak jadi BAB.
    Terus pernah juga dia tiba-tiba masuk kamar dan kunci pintu. Pas di cek ternyata, huaaaaaa ada itu. Ya kan jadinya curhat. Hehe.

    ReplyDelete
  3. Remove the lid of the toilet tank and open the flapper valve to drain as much water out of the tank as possible and flush again. toiletconsumer.com

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. View at your plumber as an expert who can sort out the issue, give you an overall thought on what amount of time it will require to fix it, and give an exact gauge.
    drain cleaning

    ReplyDelete
  6. Plumbing programming diminishes shortcomings and gives plumbing organizations the apparatuses to further develop administration conveyance.
    Plumbers

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature