Me Time

Thursday, October 22, 2015



" Kalau harus me time trus ninggalin anak di rumah, itu mah namanya ibu-ibu egois. Bagi saya sih me time seorang ibu ya ngabisin waktu sama anaknya. Saya ikhlas kok melakukannya ngga terbebani sama sekali. Kalau udah punya anak itu, ya jangan egois, harus mikrin keluarga"

" Setujuuuu bun, aku juga gitu ngapain pake me time- me time -an"

" Setuju bund, main sama anak kan udah jadi me time yah"


Dan kemudian komen si ibu disambut gegap gempita bunda-bunda lain yang merasa terwakili.

FYI, itu adalah komen yang terbaca saya di sebuah fans page ibu-anak yang kemarin membahas soal pentingnya me time bagi ibu rumah tangga. Di artikel yang dishare fanspage itu disebutkan bahwa seorang ibu rumah tangga harus memiliki waktu untuk dirinya sendiri atau bahasa sekarangnya me time. Karena kalau ngga, si ibu bisa stress,bisa jadi dia akan kelelahan dan berakibat marah-marah sama anaknya. Bisa juga mengakibatkan si ibu merasa kok setelah nikah dia ngga punya waktu untuk dirinya sendiri. dan sebagainya dan sebagainya.

Saya sih setuju banget dengan isi artikel itu. manggut-manggut saat membacanya. 

Trus baca komen-komennya langsung speechless, xixixi terus terang saya ngga percaya lho ada yang berfikiran kayak gitu. Pengen banget mengguncang-guncang si ibu sambil bilang. " Buuuuu, me time itu ngga egois sama sekali lhoo”

Jadi begini. Memiliki waktu untuk diri sendiri itu menurut saya ( menurut saya yah) Penting pake banget. Contohnya aja ya kalau kita kerja. Kayak di kantor saya, kami dikasih jatah cuti selama 12 hari dalam setahun. Terserah lo mau ngapain manfaatin hari cuti itu. Mau liburan.... boleh, mau jalan-jalan... boleh, mau jaga anak... boleh, bahkan mau menghabiskan cuti dengan tidur-tiduran di rumah aja ya monggo. Namanya hak.

Itu beda lagi lho dengan cuti-cuti yang lain.

Kayak cuti melahirkan, dikasih 3 bulan
Cuti untuk suami yang istrinya melahirkan, dikasih 1-3 hari tergantung perusahaannya
Cuti anak khitanan, dikasih 1 hari
Cuti kalau kitanya yang nikah, dikasih 3 hari

Itu semua, di luar jatah cuti tahunan yang 12 hari. Malah ntar kalau kita sudah bekerja selama 6 tahun, di tahun ke 7 kita bakal dikasih lagi cuti besar. Coba  berapa jumlah harinya ?, ngga tanggung-tanggung 3 bulan boooooo, alias 90 hari kerja. Yah walau prakteknya ngga boleh diambil sekaligus keseluruhannya, tapi minimal panjang kan yah kalau mau digunakan buat liburan.

Trus, saat cuti gitu, kita dikasih tunjangan uang cuti. Besarnya berapa? satu kali gaji untuk cuti tahunan, dan 3 bulan gaji untuk cuti besar. Untuk apa? ya untuk me time nya kita ituuuuh.

Nah sependek pengetahuan saya,tujuan perusahaan ngasih cuti, yang kalau bagi saya diartikan sebagai me time adalah memberi kita waktu untuk keluar dari rutinitas sehari-hari. Dikasih kesempatan buat refreshing, buat mengistirahatkan pikiran, kalau kerjanya pakai mikir, dikasih kesempatan buat mengistirahatkan otot dan sendi-sendi kalau kerjanya pakai otot. Intinya kita disuruh rehat dan melakukan sesuatu yang membuat kita hepi.

Disamping itu, tujuan pemberian cuti itu juga buat semacam tindakan pengawasan dan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai gara-gara pekerjanya jenuh, ntar kerjaannya salah-salah. atau jangan sampai, karena ngga pernah libur, ngga pernah cuti, ybs jadi males-malesan kerja, bawaannya spanning, suka marah-marah. Cuti juga memberi kesempatan kepada perusahaan untuk melihat sisi lain apa yang dikerjakan si pekerja. Karena saat cuti kan kerjaan kita bakal diambil alih orang lain, jadi kalau ada sesuatu yang salah bisa ketahuan disitu. Kalau ternyata beban kerja si orang yang cuti terlalu berat juga bisa ketahuan ya saat blio cuti. Makanya orang-orang yang tidak pernah mengajukan cuti bakal ditegur lho di kantor saya. Malah dicurigai, kenapa dia ngga pernah cuti, apa ada yang disembunyikannya?, apa ada sesuatu di kerjaannya yang ngga ingin diketahui orang ?. bahkan banyak lho fraud yang dilakukan seorang pekerja diketahui ya saat dia cuti itu. 

Nah lho, makanya cuti itu PENTING.

Kalau dianalogikan ke ibu rumah tangga, saya rasa ya sama aja. Hanya saja , ngga mungkin dong ibu rumah tangga itu cuti, hahaha ngga ada istilahnya tuh. 

Yang namanya pekerjaan rumah tangga itu memang ngga ada habisnya. Apalagi yang ngga pake ART di rumah, apalagi yang masih punya balita, apalagi yang punya balita plus ngga punya ART, aaaargh, waktu 24 jam sehari rasanya ngga bakal cukup deh untuk menyelesaikan semuanya.

Terus terang kalau saya disuruh memilih, ngerjain kerjaan rumah tangga + jaga anak atau disuruh ngerjain spreadsheet debitur ditambah ngerjain laporan, ditambah nagih tunggakan plus prospek calon debitur baru, saya lebih milih yang kedua. Karena kerjaan kantor itu ada limitnya, ada deadlinenya, yang artinya bakal berakhir, mungkin akan digantikan dengan kerjaan yang baru. kalaupun masih sama kerjannya tapi objeknya yang beda. Lhaaaa kalau kerjaan rumah tangga, itu lagi itu lagi. Dimodifikasi sedemikian rupa pun ya tetap itu lagi itu lagi.

Makanya kalau bagi para pekerja saja, cuti merupakan hal yang menjadi perhatian perusahaan, apalagilah bagi ibu rumah tangga.

Me timenya bukan berarti harus liburan kemana gitu yang ninggalin anak berhari-hari, ya nggalah. Kalo itu sih, malah saya sukanya liburan bareng anak, lebih hepi, kalau sendirian malah bengong, merasa ada yang kurang.

Tapi bisa lah para ibu itu diberi waktu sejenak untuk ngga ngurusin anaknya, ngga ngurusin cucian, kain yang menumpuk, atau mikirin harus masak apa hari ini.

Me time itu juga bukan berarti harus hura-hura, atau melakukan kegiatan yang membuat si ibu merasa "kok aku seneng-seneng sementara anakku kutinggal di rumah"

Ya ngga gitulah bu ibu.

Banyak banget hal yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk sekedar keluar dari rutinitasnya.

Dulu ada tuh di tivi, acara apa gitu yah, ngga inget saya namanya, dimana si ibu bakal dijemput sama si pembawa acara, trus diajak ber me time ria. Ke salon, meni, pedi, spa, pijet, belanja-belanji. Trus anaknya di rumah ditinggal sama si papah. Ih seru banget acaranya. 

Di acara itu memang keliatan banget lho, para ibu pastinya awalnya yang kayak ngga nyaman gitu, khawatir anaknya bakal kenapa-kenapa, merasa kayak merasa bersalah gitu. Tapi ngga lama, baru deh kelihatan dia hepi banget, wajahnya cerah ceria, . Sementara si papah yang ditinggalin?. Awalnya iya canggung, ngga tau apa yang mau dilakukan. Rumah pun pastinya bakal berantakan, tapi ngga lama si papa juga bakal hepi, bisa menghabiskan waktu sama anaknya.

Trus ntar di akhir acara, bakal ditanya pendapat si papa gimana. Baru deh, dese mengakui kalau ternyata apa yang dilakukan istrinya selama ini luar biasa.  Bahwa apa yang dilakukan istrinya bukan hal remeh temeh. Trus, saat si istri balik dari me timenya, keliatan banget si papa yang lega plus hepi gitu, jiahahaha berasa siksaannya telah berakhir kali yah.

Nah, jadi apa aja nih yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk Me time nya.



Adik saya yang bungsu itu adalah seorang ibu rumah tangga. Doi tinggal jauh sendiri, terpisah dari kami yang di Medan. Dia di Bandung, dengan satu balita, dan tanpa pembantu. Dia itu suka banget fotografi. Jadi me time nya dia yang ngumpul sama komunitas fotografinya. Di Bandung ada tuh namanya Kompakers Bandung. Jadi kalau ada acara komunitas, anaknya bakal ditinggal sama si papa. Suaminya hepi-hepi aja disuruh jaga anak. Adik saya juga bisa hepi-hepi sama komunitasnya. Acaranya juga ngga seharian kan, jadi ngga sampe bikin anak terlantar deh.

Ada juga teman saya yang me time nya dia itu kumpul-kumpul sama sohib-sohib sesama ibu rumah tangga lain. Ngga ngapa-ngapain, sekedar makan bareng, ngobrol ngobrol, sekalian karaokean. Pulang ke rumah udah hepi lagi. Anak ditinggal dulu sama ibu atau pengasuhnya.

Kalau dulu saya malah cuma baca  buku sejenak tanpa khawatir kertasnya dirobek Tara aja udah me time banget hahahaha. Kadang sama adik-adik saya kami ngumpul di rumah oma, trus anak-anaknya dipegang pengasuh masing-masing, kami asik cekikikan di kamar, waah udah bahagia banget.

Banyak lah yang bisa dilakukan. Atau ya kayak yang di acara tivi itu. Rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan rumah tangga, menikmati pijetan di salon, creambath, perawatan. Kalau ke salon mungkin waktu yang dihabiskan lebih lama, hampir setengah harian juga. Tapi ngga apalah, pulang-pulang tubuh dan fikiran fresh, suami juga pasti seneng, istrinya tambah cantik dan wangi, xixixi.

Trus, apakah jaga anak , termasuk me time bagi ibu rumah tangga?

Hmmm menurut saya sih ngga. Lha sehari-hari rutinitasnya kan memang itu. Tapi mungkin ada juga yah yang sukanya memang me time sambil jaga anak.

Apa ibu RT yang ninggalin anaknya buat me time, jadi ibu egois?

Nggaaaaaaa. Kalian ngga egois moms, ngga sama sekali ( menurut saya)

Jadi,y jangan merasa bersalah ah mom kalau harus ber me time ria. Asal jangan keseringan dan melakukan hal yang ngga disukai suami, go ahead, take your time.

Karena Me time bukan kemewahan, tapi Kebutuhan


Gambar Dari sini






40 comments on "Me Time"
  1. Nice sharing mbak :-) mngkin mereka yg menganggap ga perlu me time masih berpkir bahwa me time identik dgn kemewahan dan cenderung tdk peduli sama anak. Pdhal lbh simpel daripada yg dipikirkan. Saya meski blm pny baby, setuju tuh bahwa ibu ibu butuh me time. Asal tahu porsinya kan fine fine aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mba. padahal hal-hal sederhana pun bisa jadi mekewahan kalo udah jadi me time nya kita xixixi

      Delete
  2. Windi, me time itu mnrt bunda sih icak2nya kl anak2 muda mah istilahnya "hang out" kelees,ya perlu bngt bukan cuma buat ibu2 doank kaliii,kudu adil atuh, pan si bapak2 jg mau atuh pake istilahMe Time. Se-7? Harus se-7 para ibu, okeh?






    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bunda, semua orang butuh me time. ini karena kmrn baca yang disoroti ibu rumah tanggajd yg dibahas ituuuu xixixi. ntar kita bahas lain kali untuk papi2

      Delete
  3. me time itu banyak bentuknya, ngeblog, nyalon, nonton acara tv kesukaan tanpa disela dengan kegiatan memasak, leyeh-leyeh, nonton film, karaoke pokoknya doing something out from routinity.... kalo saya sih 'me time' paling nendang adalah pergi berlibur...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. liburan itu me time yang nendang bangeeeeet. apalagi dibayarin hahahah

      Delete
  4. Me time perlu, asal jangan berlebihan aja.. Kalau emaknya kelelahan pasti emosinya negatif dan berpengaruh ke anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, sesuatu yang berlebihan pasti ngga baik yah. Abis me time emaknya fresh, anaknya hepi, suami bahagia #eh

      Delete
  5. Kadang aku cuma tiduran sambil msin tablet ngeblog atau nlog walking sambil memsntsu di kaka ngerjsin pr dan si adik lg main itu jg me time loh hehe

    ReplyDelete
  6. aku slalu suka de baca postinganmu yg sprtinya ngerefleksiin apa yg aku rasain juga :D.. kyk kmrn soal ASI, aku jg bukan ibu yg PRO ASI BLINDLY...sorry ya ;p.. nah skr soal me time, ya benerlah..itu mah penting bgttttt... egois dr mana..kyknya sih yg bilang egois, kyknya dia sndiri ga prnh dpt wktu utk bs ngelakuin itu ;p hihihihi.. aku ama suami juga slalu nyari wktu di mana kita bs berduaan nonton, smntara anak ama baby sitternya dulu..dan kita lumayan beruntung krn baby sitter ini luar biasa baik dan udh lama bgtttt ama kita. jd intinya udh terpercaya.. makanya kita jg tenang kalo sesekali hrus ninggalin anak di rumah. :)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enaknya punya baby sitter yang baik dan care. itu aja udah berkah luar biasa ya. ditambah berduaan sama suami, asssik

      Delete
  7. me time kuu... main hape, blogwalking, & ngeblog. Alhamdulillah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya. sesederhana itu aja udah bikin hepi ;)

      Delete
  8. kalau semua dibuat fleksibel dan senag pasti sam2 senang,suami sendirian dirumah,ibu ada acara arisan..nanti gantian,suami kumpul sama teman2nya,istri dirumah,pulang2 bawa matabak kesukaan ...duh,seneng bangettt rasanya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa martabak, bawa dimsum, bawa bakso hahahah

      Delete
  9. Asal sesuai porsi, menurutku sih sah-sah aja kalo mau 'me time' mbak. Biar makin happy, anak juga bakal happy deh kalo mamanya seneng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ntan, semua kalo sesuai porsi pasti baik2 saja

      Delete
  10. Me time perlu laah...

    Pijat refleksi
    Nyalon
    Yang paling penting sih tidur
    Hihihii

    ReplyDelete
  11. Me time itu perlu banget,
    Me time saya kalau si kecil udah tidur, ngeblog, menyulam,maskeran, dll. Sesekali makan diluar hanya berdua sama suami itupun nunggu si kecil tidur dulu. Ya cuma makan Aja, Tapi rasanya udah lebih fresh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sering mak, anak udah tidur, malam-malam keluar sama suami, kadang malah cuma ke indomart hahahah

      Delete
  12. Baca postingan ini jadi ngebayangin yang enggak-enggak. lol.
    Sepertinya terlalu dini buatku untuk berbagi kesendirian. Masih suka banget ngendon sendiri. huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, berdua lebih nikmat lho, apalagi bertiga berempat berlima. tapi sendiri itu menyenangkan haahahah

      Delete
  13. aduh perlu sekali. Masa sih gak boleh ya, pasti suami yg ngertiin sih pasti mengijinkan bahkan mau untuk jaga anak. memberi kesempatan untuk menyenangkan diri sendiri itu perlu, sesudahnya kita akan fresh kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang perlu suami yang pengertian , biar me time nya sukses ;)

      Delete
  14. Me time penting banget biar tetep waras. Masing2 orang beda2 cara menikmati me time-nya. Kalau si ibu itu bisa enjoy dg me time bersama anak ya silahkan, itu cara dia menikmati waktunya. Sementara buat saya, menjadi diri sendiri, memanjakan diri atau bersama teman itu adalah me time, saat saya harus lepas sesekali dr atribut/peran sbg "harus jd ibu yg baik & mendidik" atau "harus jd istri yg manis & melayani". Sesekali yaaa, yaaa sama deh kayak cuti sehari dua hari. Asal jgn kebablasan aja, bilangnya me time tapi kog tiap hari kongkow2, itu mungkin yg diprotes.

    Walau piknik atau jalan2 bareng anak2 pun, walau judulnya jalan2, tetep aja mah si ibu kudu mengambil peran sbg ibu, ngurusin anak2 & suami kan? Apa bisa si ibu lepas tangan & ga ngurusin mereka? Tetep nyiapin kalau anaknya bayi, tetep nyiapin makan, tetep beberes. Apa bisa itu semua diabaikan selama liburan keluarga?
    Pulang2 bawa setumpuk cucian dan beberes rumah yg ditinggal libur. Tetep ga bisa lepas dr peran ibu kan?
    Nah yg kayak gitu apa masih bisa dianggap enjoy?
    Saya terus terang nyerah. Sesekali butuh istirahat dr semua rutinitas. Terserah kata orang deh.
    Toh kalau saya happy, anak & suami akan ikut happy karena ibunya ga akan sering2 marah karena stress :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo tiap hari kongkow-kongkow mungkin jadi bukan me time yah xixixi. iya ya mak, memang mungkin ada org yang me time nya memang momong anak, ada yg kayak kita maunya lepas sejenak dr urursan peranakan. yang pasti itu ngga egois lah ya, kan demi kebaikan bersama. Istri senang suami bahagia, anak gembira hahahah

      Delete
  15. emang gak bisa ngejudge juga yaa, me timenya ninggalin anak atau enggak. ada emang juga yang dengan jagain anak adalah me timenya. intinya ya me time itu beda-beda sih setiap orang, dan me time itu gak egois. me time itu biar kita bisa tetep bahagia, gak stress. dengan bahagia, bisa ngurus keluarga dengan baik lagi deh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa. aku ga maksud ngejudge, semoga ga ada yang merasa demikian. Intinya me time itu ga egois lah sama sekali

      Delete
  16. kadang juga pengen protes kenapa gak punya "me time" padahal me time ku itu sederhana banget, cuma pengen bisa mandi lama dan berharapnya keluar dari KM berasa wangi dan bertambah cantik hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pas baru lahiran juga mau mandi aja rasanya susah banget. buru-buru ngga pernah tenang. tapi ntar kalo dah gedean dikit bisa maaak, suruh papanya jaga bentar :)

      Delete
  17. kalo saya me time-nya yah main anak mba windy karena baru bisa ketemu anak saat weekend jadi puas-puasin main sama anak deh sekalian ngobatin kangen yang udah memuncak :)

    *nasib ibu-ibu yang tinggal berjauhan dengan anaknya,hiks :'( (walah kok jadi curhat?)

    ReplyDelete
  18. bener banget mbak windi
    dulu waktu masih kerja dan sekarang udah jadi IRT, tetep gak tegaaaaaa ninggalin anak lama2

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah bisa Me Time rutin setelah anak masuk SD, jam-jam dia sekolah jadi jam santai buat bebas dari kerjaan, bisa lakukan hobi dan nulis naskah. Nah, pas si kecil pulang, kembali deh jadi IRT siaga. Hehe

    ReplyDelete
  20. Dunia emak2 emang kerasssss hahahah

    ReplyDelete
  21. Me time ku sabtu pagi antara jam 8 smpai jam 11...nnton korea makkkk....sementara ara sekolah...hehehehe...

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Aku IRT, me time minimal banget seminggu sekali. Entah ke skincare, ke toko buku, ke toko perlengkapan bayi, atau makan siang sama temen sesama IRT aja. Hahahahaha.... sudah membahagiakan kok ituuuu :) Rumah mah tetep rapih.

    ReplyDelete
  24. Sependapat, Mba Windi. Menurutku, me time itu emang penting banget. Bukan ga sayang dengan orang-orang terkasih dan terkesan egois, lho, tapi justru dengan memberi space bagi diri kita sendiri sejenak, efek positif setelahnya itu justru akan dirasakan oleh orang-orang terkasih itu juga lho. Kitanya akan jadi lebih happy, yang pastinya akan menular ke mereka juga kan? Pendeknya, setelah me time, justru kita akan bisa 'memberi' dengan lebih berkualitas. Karena kita sudah 'recharged'. Nice post, mba e. ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature