Nutrisi dan Stimulasi Tepat Untuk Lindungi Eksplorasi si Kecil

Monday, September 21, 2015
Menjadi orangtua itu memang tidak mudah. Apalagi menjadi seorang ibu. Sudahlah mengandung selama 9 bulan, mules-mules  menjelang melahirkan, melewati sakit ribuan decibel untuk melihat si malaikat mungil sampai akhirnya menjadi penentu tumbuh kembang si anak.

Udah tahu sulit gitu, tapi tetap aja ya kita-kita mau bersusah payah melaluinya. Saya sih disuruh menukar seluruh isi dunia dengan kesempatan menjadi orangtua , ya tetap pilih jadi ortu laaah. Soalnya jadi orangtua itu membuat kita terus menerus harus belajar.

Belajarnya dimana?

Itulah dia, sayangnya tidak ada sekolah untuk menjadi orangtua.


Tapi walau tidak ada sekolahnya bukan berarti kita tidak belajar lho. Banyak banget sumber-sumber ilmu yang bisa menjadi panduan kita dalam mempersiapkan tumbuh kembang anak. Salah satunya ada yang namanya Dancow Parenting Center, sebuah program dari Dancow yang berisi kumpulan informasi tentang bagaimana memaksimalkan perlindungan si kecil dengan nutrisi dan stimulasi yang tepat.

Makanya, saat kemarin DPC mengadakan seminar bertajuk “ Lindungi Eksplorasi si Kecil dengan Nutrisi & Stimulasi Tepat” di Medan, ga pikir panjang saya langsung ikutan. Kapan lagi ya belajar dari para ahli di bidangnya.


Medan sendiri merupakan kota ke-5 tempat dilaksanakannya seminar DPC setelah 4 kota besar di Indonesia  lainnya. Acara yang berlangsung di Hotel Grand Serella Medan itu ternyata peminatnya buanyak banget. Begitu saya datang sekitar jam 8, wih itu tempat registrasi sudah penuh aja sama ibu-ibu muda, dan anak-anak yang masih unyu-unyu. Ngga hanya ibu lho, para bapak-bapak juga banyak yang ikut serta. Ya iyalah ya, tanggung jawab tumbuh kembang anak kan memang tidak hanya terletak di pundak si ibu ya.


Acara DPC ini seru banget, karena itu anak-anak kecil ngga ada yang mau disuruh main di tempat bermain yang telah disediakan oleh Dancow. Jadilah seminar berlangsung diirigi dengan celotehan , teriakan, bahkan tangisan anak. Welcome to the World xixixi. Tapi Walau begitu acara tetap berjalan dengan baik, karena memang seluruh pesertanya antusias mendengarkan penjelasan para pembicara.

Acara dibuka oleh mba Sahnaz Haque yang merupakan duta Dacow sejak 10 tahun yang lalu. Trus diikuti oleh pembicara lain seperti Dra. Ratih Ibrahim,MM,Psi. Sari Sunda Bulan, AMG.



Suasana Registrasi


Tumbuh Kembang Anak dimulai Sejak sebelum terjadi kehamilan

Jadi nih, saya baru tahu lho kalau tumbuh kembang anak kita dimulai dari masa sebelum kehamilan si ibu. Wow…. Informasi penting banget nih. Selama ini kan tahunya yah minimal dari masa kehamilan. Makanya yang namanya kehamilan itu harus dipersiapkan dan direncanakan, agar bisa menghasilkan generasi penerus yang baik.

Persiapan untuk kehamilan meliputi pemenuhan nutrisi bagi si ibu.

Nah setelah terjadi kehamilan, maka dimulailah 1000 hari pertama kehidupan yang akan berdampak pada masa depan si kecil. Disinilah peran kita sebagai orangtua yang tidak boleh terabaikan.  Karena itu seorang ibu jangan sampai mengalami yang namanya malnutrisi .

Kekurangan nutrisi pada masa kehamilan tidak hanya berpengaruh terhadap bayi saat lahir tetapi berkelanjutan hingga siklus hidupnya di kemudian hari.

Apa saja dampaknya?

1.    Bayi lahir dengan BB Rendah
2.    Menyebabkan gangguan perkembangan mental
3.    Menyebabkan kematian
4.    Berisiko terkena penyakit kronis nantinya

Bayi yang terlahir dengan riwayat kekurangan nutrisi selama kehamilan, juga berisiko mengalami gangguan pertumbuhan menjadi anak yang pendek (Stunting). Duh ngga mau kan iku terjadi pada anak kita. Nah makanya sebelum dan semasa kehamilan jangan sepelekan asupan nutrisi untuk bayi kita.


Ini nih efek jangka pendek dan jangka panjang pemberian nutrisi selama 1000 Hari pertama kehidupannya.
Oya FYI, 3 bulan pertama masa kehamilan yang terjadi adalah terjadi pembelahan sel yang cepat dan perkembangan organ. Asupan yang paling dibutuhkan saat itu adalah asam folat, vitamin B12, dan Zink.

Sumber asam folat : Susu, Buah seperti kiwi, ikan
Zink : sayuran
Vitami B12

Bulan selanjutnya, kebutuhan energy menempati porsi utama, karena 90 persen pertumbuhan janin terjadi di masa itu. Asupan yang penting pada fase ini adalah DHA.

Setelah ia lahir kedunia, dimulailah tahapan selanjutnya. Yuk Mari kita omongin tentang tumbuh kembang anak.

Ada 3 nutrisi yang paling berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, yaitu :

  1. Nutrisi utuk perkembangan fisiknya
  2. Nutrisi untuk Perkembangan Otak
  3. Nutrisi Untuk Perlindungan
Mareee kita bahas satu-satu

Nutrisi untuk Perkembangan fisiknya

Pertama dimulai dari nutrisi selama kehamilan tadi, Asam Folat, zink, vitamin B 12. Makanya kalo dokter ngasih vitamin diminum ya moms, jangan dikoleksi.

Kemudian setelah ia lahir, maka peran ASI sangat penting. Diusahain ASI eksklusif ya. Kenapa? Karena Cuma ASI yang diproduksi si ibu yang kandungannya menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Jadi bayi usia 1 bulan kebutuhan  nutrisinya akan berbeda dengan bayi usia 3 bulan, nah produksi ASI ibu akan menyesuaikannya, sehingga anak tidak kekurangan atau kelebihan nutrisi, tetapi pas.

Selanjutnya setelah 6 bulan, maka bayi membutuhkan tambahan nutrisi yang diperolehnya dari MPASI. Yang perlu diperhatikan para ibu adalah bahwa pemberian MPASI pun memiliki tahapan. Berbeda-beda tekstur . Jadi jangan seenake dewe. Kenapa? Karena tahapan pemberian MPASI ini bertujuan untuk mempersiapkan perkembangan alat cernanya. Jadi kalau tiba-tiba bayi sudah dikasih MPASI dengan tekstur kasar dan porsi banyak malah bisa berbahaya untuk dirinya.

Nah agar pemenuhan nutrisi untuk perkembangan fisiknya terpenuhi, ada beberapa zat yang wajib dipenuhi, yaitu:

·         Protein, untuk pembentukan sel-sel tubuh.

Protein ini bisa berasal dari protein hewani maupun protein nabati. Protein hewani itu contohnya dari daging, ikan, telur. Sedangkan protein nabati bisa dipenuhi dari tempe, tahu.

·         Kalsium, untuk pembentukan gigi dan tulang. 

Sumber kalsium itu bisa dipenuhi dari susu. Nah biar kita tahu nih apakah kalsium untuk anak kita sudah cukup atau tidak, bisa dilihat dari penampakan fisiknya. Pada usia 1 tahun, seharusnya berat badan bayi mencapai 3 kali berat lahirnya, sedangkan untuk tinggi badan, anak usia 2 tahun harusnya sudah mencapai 50 % tinggi orang dewasa.Biasanya, ada lhoo\ itu tertera di buku imunisasi anak.

Nutrisi Untuk perkembangan Otaknya

Setelah nutrisi untuk fisiknya terpenuhi, jangan lupa nutrisi untuk otaknya. Nutrisi untuk otak didapat juga dari makanan.

Selama hamil, kebutuhan nutrisi untuk pembentukan otak diperolah dari asam folat. Asam folat bisa berasal dari ikan, kayak ikan salmon, trus bisa juga dari buah-buahan kayak buah kiwi tuh yang tinggi asam folat, bisa juga dari susu. Makanya dokter menyarankan minum susu hamil, karena susu ibu hamil itu banyak mengandung asam folat. Kalau saya sih saat hamil juga ditambahi sejenis vitamin yang mengansung asam folat dari dokter.

Selain asam folat, beberapa asupan yang bermanfaat untuk otak, diantaranya :

·         Minyak Ikan

Minyak ikan itu mengandung DHA, LA, ALA untuk membantu perkembangan otak serta fungsi penglihatan. Cara paling gampang, ya minum vitamin aja, yang mengandung minyak ikan cod itu .

·         Kolin, taurin

Untuk membantu perkembangan perhubungan di sel-sel otak. Oya, moms sebagai informasi, otak janin sudah mulai terbentuk sejak minggu ketiga kehamilan lho. Seiring pertumbuhannya, akhirnya di usia 2 tahun, ukuran otak anak akan mencapai ukuran dewasanya. Makanya pemenuhan nutrisi otak di usia ini jangan sampai terabaikan.

Nutrisi Untuk Perlindungan

Perlindungan terhadap tumbuh kembang anak itu dimulai dari saluran cernanya. Makanya saluran cerna harus sehat agar apapun yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap dengan baik. Saluran cerna yang sehat juga berpengaruh terhadap daya tahan anak.

Apa saja, nutrisi untuk perlindungan tersebut?

·       Serat pangan
Serat pangan itu berasal dari makanan berserat seperti sayur-sayuran.Sayuran hijau tentunya.

·       Probiotik.
Probiotik itu adalah bakteri baik yang bersahabat dengan pencernaan. Seperti lactobacillus, rhamnusus.
Darimana mendapatkannya?
Masukin bakteri gitu ke dalam tubuh? Xixixi, gampang kok ternyata, karena probiotik itu bisa didapat dari makanan seperti asparagus, bawang merah dan pisang.

·      Vitamin A, C, dan E
Vitamin ini bisa kita peroleh dari buah-buahan yang berwarna kuning, seperti papaya,mangga.

·      Mineral dan Zink
Berasal dari protein hewani seperti daging. Kalau ngga ada daging, ya ikan lah.

Agar seluruh nutrisi untuk perkembangan fisik, otak maupun perlindungannya bisa dipenuhi, maka orangtua perlu mengatur asupan makanannya. Jangan monoton, misalnya tiap hari makan pakai bayam terus, atau pakai ayam terus, nanti tidak semua kebutuhan tubuhnya terpenuhi. Jadi variasikan makanannya. Misalnya nih, kalau pas sarapan, si anak ngga mau menghabiskan sayurnya, maka bisa diakali dengan menyajikannya saat snack time. Pinter-pinternya si ibu deh. Makanya disarankan kalau masak untuk makanan si kecil jangan sekonyong-konyong, tapi pakai perencanaan, biar tahu gitu pos-pos nutrisinya terpenuhi atau tidak.

Nutrisi sudah terpenuhi, apakah sudah cukup?

TENTU TIDAK.

Tumbuh kembang anak tidak hanya dipengaruhi oleh nutrisi saja bu ibu, tapi juga dibutuhkan yang namanya stimulus. Stimulus itu bisa diberikan kalau adanya kelekatan ( Attachment ) antara anak dan orangtuanya.

Suasana Seminar diiringi teriakan, celotehan sampai tangisan anak-anak

ATTACHMENT

Attachment itu merupakan kelekatan antara orangtua dengan anaknya. Bisa dipengaruhi oleh kuantitas pertemuan maupun kualitas. Jadi jangan sampai deh, anak lebih dekat dengan pengaruh daripada dengan ibunya sendiri. Attachment penting agar terbentuk ikatan emosional antara orangtua dan anaknya. Salah satunya dengan pemberian ASI, karena saat menyusui itu adalah saat terintim antara ibu dan bayinya. Attachment juga bisa dibentuk dengan banyak-banyak berinteraksi dengan anak, kayak bermain, membaca buku cerita, menyentuh, mencium.

STIMULASI
Setelah attachment terbentuk, maka yang dibutuhkan anak berikutnya adalah Stimulasi.
Stimulasi adalah rangsangan kepada anak untuk merespon sesuatu dari lingkungannya. Stimulasi dibutuhkan untuk mengembangkan seluruh potensi kecerdasan anak, yang meliputi

·         Kemampuan Kognisi
Parameternya dari kemampuan anak menyimak atau memperhatikan sesuatu.

·         Kemampuan Bahasa
Dilihat dari kemmapuan anak berbicara. Misalnya anak usia 2 tahun seharusnya sudah bisa merangka 2-3 kata

·         Kemampuan Memori
Contohnya dia sudah bisa mengingat namanya, mana bundanya, mana papanya.

·         Kemampuan Psikososial
Bagaimana anak mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Caranya dengan banyak-banyak membawa anak ngumpul dengan teman-temannya

Nah, dengan nutrisi yang baik, Attachment yang intim serta stimulus yang berkesinambungan, anak akan tumbuh sesuai dengan yang diinginkan, sesuai usianya, dan sesuai dengan yang seharusnya.

Setelah puas ngomongin perlindungan untuk anak, bunda Ratih juga memaparkan problematika kekinian para ibu. Apa aja tuh?

Picky Eater

Alias pilih-pilih makanan. Hwaa kalau ini mah, anak guweh banget. Makanan yang disukainya
Hanya jagung, ayam goreng sama telur goreng. Sayur Cuma mau bayam doang.

Tipsnya nih, pertama ya variasikan lah makanannya. Kedua, suruh anak icip-icip makanan dulu sebelum makan, biar dia ngga buru-buru nolak. Ketiga, buat penampilan makanan menarik, dan jangan sampai membuat anak trauma terhadap makanan. Kayak misalnya nih, pas ngajarin anak makan sayur, jangan sampai sayurnya masih mentah atau masih keras, yang ada nanti rasanya bakal pahit, jadi anak ngga akan mau lagi kalau dimasakin sayur tersebut. Makanya pilih sayur dengan daun yang masih muda.

Tantrum

Siapa anaknya yang suka tantrum?
Jangan panic moms, usia anak 1-3 tahun tantrum itu biasa kok. Apa saja penyebabnya?

  • Menginginkan sesuatu tapi tidak bisa. Mungkin si Kecil sangat ingin berdiri mengambil sesuatu namun tak dapat diraih.
  • Diminta melakukan yang ia tidak mau
  • Terlalu lelah/ lapar/ bersemangat.
  • Terekam dalam pikirannya berdasarkan pengalaman sebelumnya jika ia tantrum akan mendapat reward
  • Mencari perhatian.

Kenali penyebabnya dulu. Misalnya anak tantrum karena kelelahan atau mengantuk, ya diajak istirahat. Yang penting saat anak tantrum jauhkan dari benda—benda berbahaya. Trus ortu jangan kalah, karena ya itu nantinya akan terekam sama anak, kalao dia tantrum maka keinginannya akan terpenuhi.

Saying No

Diajak makan ngga mau, disuruh mandi ngga mau, tidur ngga mau, ngga apa-apa kok, ini memang ada fasenya.

Stimulasi Digital

Yang paling penting, jangan berlebihan dan jangan jadi solusi. Untuk anak di bawah usia 3 tahun sebaiknya dihindari dulu. Yang penting sesuaikan dengan usianya, batasi pemakaiannya dan selalu didampingi saat menggunakan gadget. Gadget bukan harus dihindari lho, soalnya gadget bisa juga digunakan untuk stimulasi otaknya, misalnya kayak permainan edukatif gitu. Asal ingat ya, gadget bukan sebagaiperan pengganti ortu.

Udah kumplit tuh tetek benget segala hal yang perlu diketahui untuk tumbuh kembang si kecil. Nah, susu Dancow merupakan salah satu pelengkap nutrisi anak yang kita bicarakan panjang lebar tadi.

Susu Pertumbuhan Dancow



Saat ini Dancow memiliki rangkaian susu untuk pertumbuhan anak yang terdiri dari tahap 1+, 3+ dan 5+. Susu Dancoe mengandung excelnutrisi yang dibutuhkan untuk melindungi saluran cerna dan mendukung pertumbuhan anak, karena mengandung serat pangan, probiotik, vitamin A, C, E serta mineral dan zink

Selain kandungan gizinya yang kumplit, rasanya juga enak bund, tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti madu, coklat dan vanilla. Untuk takarannya cukup 2 gelas sehari, 200 ml sebanyak 4 takaran sendok.

Ada pesan yang menarik nih moms, bahwa jangan pernah banding-bandingin tumbuh kembang anak kita dengan anak lain ya, karena pertumbuhan dan perkembangan tiap anak itu memang berbeda-beda.

Setelah pemaparan tentang tumbuh kembang anak, acara selanjutnya adalah demo memasak dari Dancow nih, berisi ide-ide masakan untuk menambah selera anak.

Trus ada doorprize juga nih. Wowww, bertabur hadiah. Ada juga pemberian special gift lho buat anak yang berulang tahun dari tanggal 1 sampai 12 September ini.

Ini Nih Special Giftnya

Bagi-bagi hadiah selanjutnya, diberikan untuk pemenang live tweet selama acara berlangsung. And Yeaaay, saya kebagian juga nih jadi salah satu pemenangnya. Lumayan dapat tas dan susu untuk Tara.

Acara ditutup dengan makan siang bersama dan pembagian goodie bag dari Dancow untuk para peserta.

Yeaaay menang live tweet


Selesaaaai, kalau ada yang masih belum puas, bisa cari informasi komplitnya di Dancow Parenting Center (DPC). Baca saja segala artikel yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak di dancow.co.id/dpc. Twitternya @dancowCenter atau di facebook facebook.com/DancowParentingCenter. Acara ini juga didukung oleh tabloid Nakita, jadi sekalian deh kunjungi FB Tabloid Nakita atau twitter @tabliodnakita.

Karena Begitu berharganya anak-anak kita, maka kepedulian kita terhadap tumbuh kembang mereka adalah bentuk cinta dan rasa syukur.

Blogger Medan


Sampai jumpa di acara DPC selanjutnya yaaaaa.






12 comments on "Nutrisi dan Stimulasi Tepat Untuk Lindungi Eksplorasi si Kecil"
  1. Nutrisi untuk perkembangan otak, fisik, dan prtlindungan ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  2. jadi nutrisi dan stimulus diperlukan dalam tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  3. Membandingkan tumbuh kembang di anak lain itu bikin stres. Hindari saja.

    ReplyDelete
  4. Karena aku belum punya anak jadi gak begitu update dengan hal-hal yang berbau tumbuh kembang anak. Tapi acara begini emang bagus untuk mengedukasi calon ibu atau yang udah jadi ibu biar menghasilkan generasi yang sehat dan cerdas :D.

    ReplyDelete
  5. Wii.. Lengkap bangettt.. Kebetulan Naia termasuk picky eater nih, huhuhu

    ReplyDelete
  6. Yups...nambah lagi deh pengetahuan dan tipsnya...😄

    ReplyDelete
  7. aku sepakat banget, jangan pernah banding2kan anak kita dengan orang lain. makasih sharingnya mbk :)

    ReplyDelete
  8. Sampe sekarang uda emak2 gini aku masi suka dancow

    ReplyDelete
  9. wah ini bener banget... memang anak itu gk bisa di bandingkan sama anak yang lainnya ... :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature