Arisan Ganteng

Saturday, June 27, 2015

Yah namanya tinggal di Indonesia tanah air beta, kayaknya ngga mungkin ngga bersinggungan dengan yang namanya arisan. Kenapa yah? Kayaknya karena orang Indonesia itu jiwa kekeluargaannya tinggi banget . Apa-apa maunya ngumpul. Seneng banget sama segala acara yang berbau ngumpul-ngumpul.

Seingat saya, malah saya udah kenal arisan sejak SD. Waktu SD tuh saya selalu ketiban jadi bendahara. Mulai dari bendara kelas, bendahara OSIS (jaman SMP), bendahara Pramuka sampai bendahara arisan. Mungkin wajah saya ini type wajah orang yang dapat dipercaya kali yah (face palm).


Waktu SD sih nyebutnya bukan arisan, tapi tarikan, jadi sepuluh orang anak gitu ngumpulin duit setiap bulan, lupa jumlahnya  berapa mungkin 25 perak atau 50 gitu (soale uang jajannya juga cuma 100 rupiah ). Dulu saya paling suka dapat urutan narik terakhir, soale itungannya sekalian nabung. Kalau narik pertama kan males, bulan depannya tinggal bayar doang. Tapi berdasarkan pengalaman, ternyata narik terakhir itu ngga enak banget. Bukannya malah berasa nabung, tapi malah kayak orang nagih hutang, yang udah narik seringan pura-pura lupa, capee deh.

Selain buat ngumpul-ngumpul, cencu ada acara gossip menggosip dong ah. Makanya arisan ini didominasi oleh kaum hawa. Walau ada, tapi kayaknya jarang banget yah ada arisan para papa-papa gitu. Yang ada palingan arisan ibu-ibu tapi suami-suami ikutan.

Makanya sekitar dua tahun lalu  saya surprised banget pas suami bilang kalau angkatannya dia mau ngadain arisan. Angkatan dia di kerjaan lho maksudnya, bukan suami saya anggota angkatan bersenjata. Ih seru nih, kalau papa-papa arisan, istri-istri ikutan.

Karena penggagasnya bapak-bapak, maka acara arisannya juga ngga pake ribet. Ngadainnya di restoran, ibu-ibu makan-makan sambil ngerumpi cantik, giliran bill datang udah diberesin sama para suami. Pas arisan dikocok yang nerima duit istri, yihaaaa kurang asoy apa coba. Dan karena pemeran utama arisannya itu si bapak-bapak jadi cari waktunya juga disesuaikan dengan kerjaan mereka dong yah, alias pas weekend, bawa anak sekalian. Seru banget.

Saya suka sekali dengan ide arisan semacam ini. Kenapa? Karena yang namanya satu angkatan saat penerimaan kerja itu bisanya dulunya kan kompak banget yah. Terus seiring perjalanan waktu, masing-masing berkarir Sesuai prestasi dan tentu saja keberuntungannya. Hingga beberapa tahun kemudian, bisa saja ada yang masih di posisi start dulu, ada yang sudah pindah ke bagian lain, ada yang penempatan di unit kerja, ada yang di kantor pusat, dan ada yang jadi auditor. Dengan berbagai jabatan yang beraneka ragam begitu, ngga mustahil kan mereka memiliki konflik dalam pekerjaan sehari-hari. Mungkin saja, yang auditor saat meriksa ke lapangan menemukan pelanggaran-pelanggaran atau kesalahan-kesalahan yang dilakukan temannya. Mungkin saja yang dulunya satu jabatan sekarang udah jadi atasan dan bawahan. Pokoknya banyaklah konflik kepentingan yang bisa terjadi selama bekerja.

Nah saya melihatnya, dengan mereka ngadain arisan begini, kan minimal sebulan sekali ketemu di luar urusan kerjaan, bercengkrama, saling guyon lagi. Saat ngumpul gitu, semua jabatan mah harusnya ditanggalkan, kembali ke jaman dulu saat pertama masuk kerja, satu pendidikan dan satu pelatihan. Kalau sering ketemu gitu, ngga menutup kemungkinan, saat di pekerjaan, si auditor nemukan kesalahan teman yang sebenarnya ngga terlalu fatal, bisa diskip, Cuma dikasih catatan saja ngga sampai diangkat jadi temuan. Atau saat si teman yang sudah jadi atasan, kemarin ngamuk-ngamuk sama si teman yang masih bawahan, di arisan meraka bisa bertoss ria lagi. Segala amarah, ngga enakan, rasa mau saling nyalip sesama teman selama di kantor itu bisa lebur saat ngumpul bareng gitu. Banyak lah sisi positif yang saya lihat, saat bapak-bapak arisan.

Untuk istri-istrinya juga asik banget arisan seperti ini. Pertama kita ngga rempong mikirin uang arisan, ngga rempong mikirin bayar billing pas tagihan datang. Iya lho, kadang suka pusing lihat ibu-ibu yang ribet kalau bayar-bayaran. Yah ngga mesti juga lah ya saat makan rame-rame gitu makannya diitung per orang, “Eh lu, makan apa tadi, minumnya apa tambah pajak jadi segini”. Wih ribet amat. Kalau sama bapak-bapak mah praktis, kumpulin bill, bagi rata , wis selesai. Saat bapak-bapak ngobrol seru, kita juga bisa  ngobrol asik sambil futu-futu tentu saja. Anak-anak juga bisa dibawa. Sekalian aja dititipin sama bapaknya hahaha. Kalau arisan sendirian mah, mana bisa bawa anak. Kalau mau bawa ya silahkan ribet sendiri ngejar-ngejar bocah kayak Tara yang energinya kayak baterai full terus.

Bagi orang-orang kayak saya yang emang demen nempel kemana-mana sama suami, arisan model begini ini akuuuh banget. Kemana aja deh bang, asal sama abang, dakuh ngikuuut.

Trus tiba-tiba, entah bagaimana, arisan kece begitu berubah. Lama-lama kok arisannya bergeser yang dari weekend, jadi diadain hari kerja. Otomatis lah ya para suami yang mana merupakan pemeran utama malah ngga ikutan. Arisannya diganti sama istri-istri. Dan karena diadain pas hari kerja, yah otomatis juga dong ibu-ibu kayak sayah yang kerja gini ngga bisa datang. Kuciwaaa awak. Bukan kecewa karena ngga bisa datang, tapi kecewa kok acara arisan sekece tadi bisa diubah-ubah sih peruntukannya. Jadinya lah, si bapak-bapak ngga pernah ngumpul-ngumpul yang ramean lagi. Ditambah lagi, karena ngga ada bapak-bapaknya acara arisan yang tadi simple jadi beribet. Masalah bayar-bayaran makan riweh, dan yang paling ngga enaknya, sekarang akyuu ditagih uang arisan huhhuhuhu, dulu kan itu urusan suamiii. Walau tetep sih ah, urusan bayar-bayarannya tetap minta transfer suami (ngga mau rugi), tapi kan.. tapi kan… tetep eikeh yang ditagih, males.

Yah mungkin sih ya, yang punya pikiran soal betapa arisan bapak-bapak itu sangat berguna untuk kepentingan hubungan mereka di pekerjaan, itu cuma saya (biasalah emak rempong, suka mikir kejauhan, ngga nyante banget hidup lo neng). Jadi melihat arisan bapak-bapak itu cuma sekedar arisan kayak arisan biasa doang. Padahal yaaaah, kadang mikir juga, ya elaa kurang banyak apalagi sih arisan yang diikuti emak-emak ini. Udah lah ada arisan perusahaan (kantor suami), arisan sesama bagian, ada pengajian rutin bulanan, masih juga nyerobot arisan para suami. Padahal ngga pakai arisan tambahan juga tiap hari udah ketemu. Kita-kita yang kerja ini jadi kehilangan momen, bisa ngumpul rame-rame sama suami dan istri-istri lain, hiks.

But, begitulah, lain padang lain belalang, lain orang lain arisan, lhaaaa. .


E tapi bukannya saya anti arisan lho ya. Suka kok sama arisan, asal yang sesuai sama kondisi aja. Nih lagi nyari arisan peralatan dapur, pengen koleksi panci presto, hepi kol, sama kalo ada arisan Kitchen set yang modern gitu, soale kitchen set ku cupu banget ngga jadi-jadi, bikin ilfil kalau mau masak #lah malah curcol.
9 comments on "Arisan Ganteng"
  1. wah boleh juga ya yg arisan para suami...istri2nya bisa ikutan ngrumpi juga, sekalian menjalin silaturahmi ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekalian family gathering gitu.kan asik ya jadi kenal sama yg lain

      Delete
  2. Aku juga pengin ikutan arisan peralatan dapur, mba. Hihi, sayang di sini belum ada yang ngadain. :D
    Kalo arisannya bapak-bapak yang dirumpiin seputar kerjaan kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga jug la. Aku sering ikut suamiku ngumpul sm temannya.mrk ngerumpiin anak juga,bola,balapan. Malah kyknya jarang ngomongin kerjaan

      Delete
  3. jadi ibu2 tinggal dandan cantik..duduk manis..terima duit dong..
    asyik bangeeettt ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeee urusan bayar bayaran biar papa papa yg urus xiziz

      Delete
  4. Aku cuma ikut arisan keluarga aja, natik ya 4 bulan sekali. Tp bener2 keluarga besar, lintas keluarga. Kalo ngikut suami, dia meeting aja aku suka ngikut maaak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kok bisa ikut neeting sama suami maaak.satu perusahaan yaaa

      Delete
  5. KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS no hp bpk sudwidjo yang telah membantu saya jadi PNS 0852-3042-5444

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar 009 jawa timur , Sudah 8 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs sudwidjo yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala deputi bidang mutasi kepegawaian yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS SUDWIDJO KUSPRIYO MURDONO. M. SI no telf beliau yang selalu aktif 0852-3042-5444 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature