Teori Parenting Ala Ala

Sunday, April 12, 2015
Gara-gara status mak Rena Puspa di FB tentang buku parenting yang menggambarkan seolah-olah ibu itu adalah sosok yang seperti malaikat,jadi kepikiran juga . Makanya saya ngga pernah berani menulis tips ala- ala parenting di blog ini. Gileee jauh bener ane dari gaya mendidik ibu- ibu yang sepertinya perfect itu. Hal ini juga yang membuat sampai hari ini saya tidak pernah beli buku parenting. Paling banter ya baca- baca di situs-situs mommy.


Jangankan baca buku parenting yang jelas-jelas memang berisi tentang tips dan panduan mendidik dan membesarkan anak yang benar, membaca status emak-emak di Fb saja saya sudah bergidik. Jauuuuh panggaang dari apilah kelakuan saya dalam membesarkan Tara. Berasa saya ini cuma kecebong diantara ribuan katak di kolam. halah. 

Ngga percaya, nih saya ceritain.

Kejadiannya saat awal-awal jadi mommy baru, setelah  5 tahun berkutat dengan teori yang saya baca di seliweran sosial media, akhirnya tiba penerapan di dunia nyata. 

Saat bayi banget, Tara itu kalau tidur bisa semalaman ngempeng di puting, kalau dilepas nangis, pokoknya maunya nen berjam-jam, entah apa penyebabnya, entah karena ASI saya sedikit sehingga doi ngga kenyang-kenyang atau karena rasa nyaman bersentuhan langsung dengan emaknya. Alamak kalau saya ikutin bisa gempor badan, apalagi di awal- awal itu saya belum berani nyusuin sambil berbaring, takut ketiduran dan Tara ketimpa. Banyak dengar sih kasus yang katanya bayinya ketimpa payudara emaknya, parno lah saya., jadi nyusuinnya sambil duduk. Begitu anaknya udah tidur, letakin Tara di kasur saya pun rebahan. Begitu diletakin Tara langsung mewek, buru-buru saya angkat, disusuin lagi , diem deh, gitu diletakin mewek lagi, gitu terus sampai pagi. Haduh stress ga sih, padahal ya saya besoknya ngantor, kebayang kan mata panda dan pusing pala akibat kurang tidur plus tangan pegel. ,pengen nangis rasanya sankin capeknya. 

Oleh adik saya yang sudah duluan punya baby, kasih contekan ala dia, " Pake empeng aja kak dijamin diem dan nyenyak" . Hiyaaa, berasa dapat secercah sinar harapan. Langsung saya praktekkan,habis nyusuin, Tara saya letakkan di kasur dan  dikasih empeng di mulutnya. Yang tadinya kelihatan ancang-ancang mau mewek ngga jadi, mulutnya ngenyot empeng, dan anteng tidur pulas, paling nangis kalau haus, nen-in sebentar, letakin kasih empeng pules lagi. Akhirnyaaaaa saya bisa istirahat, Tara pun bisa bobok nyenyak. senangnyaaaa.....surga dunia banget lah.

Tara Ngempeng, Jangan ditiru ya mak
Sanking hepinya saya langsung upload foto Tara yang bobok pakai empeng. Haduh langsung deh komen ibu-ibu lain macem-macem, mulai dari larangan ,sampai bilang kasihan anaknya entar kebawa ngempeng sampai gede, sampai komen yang menjurus bahwa saya ibu yang tega Huhuhuhu pada ga kasihan apa sama emaknya.

Tips pareting 1 : Jangan sekali-kali kasih empeng ke bayi :(

Pernah juga saat lagi iseng mau foto-foto Tara, Tara saya pegangin dengan posisi berdiri. Lucu banget fotonya,langsung upload di fb. Lagi deh saya dikomenin, "Ngga baik masih usia segitu udah diberdiriin,". Padahal sudah saya jelaskan bahwa saya pegangin anaknya lho ga beneran berdiri. 

Tips parenting 2 : Jangan berdirikan anak sebelum waktunya

Itu baru dari dunia maya, belum kalau beneran baca buku parenting. Pernah sih ngintip-ngintip di Gramedia.

Contohnya  :

Buku parenting:

Ngasih makan anak harus duduk di kursi,jangan sambil main,maksimal setengah jam, fokus.

Di dunia saya :

Tara makan sambil main lego-lego, kadang  sambil ngejar-ngejar kucing, sering sambil jalan-jalan naik sepeda-sepedaannya. Dalam kondisi tertentu bahkan saya harus pegangin mulutnya biar kebuka,kalo ngga dia bakal geleng-geleng terus disodorin sendok. Tara itu kuat banget ngemil, makan nasi dong-dongan, kadang mau kadang ngga.  Ngasih makan setengah jam itu paling cepat. Alhamdulillah walau pakai cara itu Tara tetap teratur makannya 3 kali sehari, ga sampe nangis-nangis kalau disuruh makan. Ada saat-saat Tara ga mau makan yo wis saya biarkan saja. Karena biasanya kalo ga mau makan nasi dia minta makan buah atau puding,sama aja lah itu.

Persiapan Mau Makan Sore

Ini ekspresi kalau makan di baby Chair

Buku parenting :

Makanan harus seimbang komposisinya. protein,zat besi,karbohidrat,lemak.

Di dunia saya :

Sudah dimasakin sup dengan aneka sayur, pakai kepiting atau ayam atau daging. Anaknya mau makan cuma nasi putih doang dooong dikepal-kepal hangat-hangat pakai garam tok. Lha aku kudu piye. Yo wis biarin aja masih mending mau makan daripada ngga xixixi.

Buku parenting :

Anak jangan dipakaikan bedak bisa mengganggu pernafasan tidak baik untuk kesehatan.

Di dunia saya :

Selesai mandi Tara langsung lari ngambil bedak di rak. keluarin isinya ke kotak bedak trus pakai puff tempel-tempel ke perut dan muka. Anaknya hepi banget,wangi dan saat dia mainan bedak saya bisa dengan gampang makaikan popok, baju,celana plus mengkuncir rambutnya. Cemong-cemong dikit ga apa lah. lucu juga ngeliatnya. Masalah paru-paru? tetap diawasi jangan sampai bedaknya kemakan atau masuk ke mata,  semoga saja Tara sehat-sehat selalu. 

Buku Parenting:

Jangan biasakan anak tidur larut, jangan beri anak makanan manis saat malam hari.

Di dunia saya :

Makan sambil Main Mobil-mobilan

Saya pulang kerja, Tara langsung lari menyambut, narik-narik tangan saya ngajak main mobil-mobilan. Habis main mobil-mobilan lompat-lompatan di kasur. Papanya pulang, Tara minta diajak jalan-jalan beli jagung, Tara makan jagung dengan lahapnya " agung... agung... celoteh bibir mungilnya". hayoooo..... masa dilarang sih. Yo wis, emaknya ikut main sama anaknya sampai si anak kecapekan sendiri dan minta bobok dengan sendirinya.

Ni anak siapa sih?, Emaknya Ngga bisa beliin mainan yah ^_^
Buku Parenting :

Dilarang mengucapkan kata " Jangan" kepada anak, karena itu merupakan sugesti negatif, selalu katakan hal-hal yang positif.

Di dunia saya :

Tara narik kursi, manjat kursi dan mau pencet tombol air panas dispenser. Emaknya yang ngeliat langsung teriak " Jangaaaaaan Taraaaa".  

Ada kucing mondar-mandir di rumah, lagi hamil gede, Tara dengan semangatnya narik-narik ekor si kucing, terus bersiap menduduki perut si meong, emaknya yang ngeliat langsung bilang " Ngga boleh sayaaaang ".

Jadi bisa dibayangkanlah betapa tidak becusnya cara saya mendidik Tara versi buku parenting. Ditambah lagi role model saya adalah ibu saya yang ngasuh kami empat anaknya ga perfect-perfect amat tapi kami sehat-sehat aja,fine-fine aja. Kadang memang praktek itu ga seindah teori ya mommy.

Makanya sekarang ga mau lagi pusing mikirin teori parenting. Lha kita mah sebagai ibu juga manusia biasa yak yang tak luput dari salah dan ketidaksempurnaan. Pokoknya sepanjang tidak membahayakan jiwa dan raganya, tidak berkata kasar, dan tidak memberi contoh yang jelek, bagi saya cukuplah. 

Sekarang kalau ada yang komen soal gaya saya mendidik Tara, paling diterima saja. Kalau cocok lakukan kalau ngga ya saya tetap pakai style saya. Karena yang tahu gimana-gimananya anak kita ya ibunya sendiri.  Bukan begitu bu ibu?
21 comments on " Teori Parenting Ala Ala"
  1. Haha sama sih yang kuterapkan sehari2 juga banyak yang jauh dari teori2 parenting

    ReplyDelete
  2. Setiap ibu pasti mengusahakan yg terbaik utk anak.. Terbaiknya masing-masing orang ya pasti beda, secara setiap individu punya karakter masing-masing..
    Yg harus jadi acuan adalah anak kita sendiri.. bagaimana dia bisa sehat-sehat jasmani n rohani dan hepi.. that's all I guess :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, apa itu kata mak jihan. every mom has own battle. Mungkin ada juga yah ya yang bisa plek2 ala buku parenting ;)

      Delete
  3. Setujuuuuuuu....aku udah sejak lama tutup kuping tutup mata sama teori-teori, hahaaaa :D

    ReplyDelete
  4. jadi, intinya teori beda sama praktek?
    tapi kurang ngerti sama yang ginian sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada juga mak yang bisa menerapkan sesuai teori

      Delete
  5. Ihh dedeknya lucuu, kalo deket rumah mau dong ku asuh. Tante kan suka anak kecil hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh tante ayo pindah ke samping rumah Tara, biar dijaga tiap hari hahaha

      Delete
  6. Aku gak pernah nerapin ilmu parenting, palingan hanya untuk referensi/sekadar tau aja. Abis udah jungkir balik ngalamin, kalo tiap anak itu beda2 banget karakter dan perkembangannya. Yang penting niat aja ngasih yang terbaik untuk anak-anak, insya Allah selalu bertemu kemudahan. Walaupun kemudahan itu mungkin gak sempurna bagi orang lain, tapi, kan, kita menjalani hidup sendiri bukan berdasarkan standar orang lain. Tetap semangat, ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo mak sary udah pengalaman bgt lah, iya ya mak tiap anak beda-beda, yang penting apapun yang kita terapkan pasti untuk kebaikan anak masing2

      Delete
  7. Kalau aku sih lbh fleksibel aja sih mak win. Kalau ada yg bs dipraktekin n si kecil jg okeh, ya udh lanjut, kalau nggak ya no problemo, kita pakek cara kita sendiri. Pokoknya mah niat kita ngasih n ngusahain yg terbaik deh bwt si kecil.
    Beptw tra lucu sekali emak wiiinnn...gemes..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, kalo bisa diterapkan kita terapkan ya mak. kalo ga ya pakai cara sendiri.

      Xixixi Tara emang nggemesin banget mak #emakposesif

      Delete
  8. Betul mak. Saya pun jauuuh sekali dari teori parenting. Biasanya teori itu sekedar referensi. Prakteknya ya dikondisikan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mak, prakteknya dikondisikan sesuai keadaan ;)

      Delete
  9. teori parenting ke sekian: jangan upload foto baby. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi, e gimana dong, saya masih maruk punya bayi nih ;)

      Delete
  10. mantap bos buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  11. terimakasih gan tentang infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  12. makasih gan infonya dan salam sukses selalu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature