#BeraniLebih Cinta Lingkungan dari Handuk Hotel

Thursday, April 23, 2015
Setiap hari bumi diperingati pasti jadi lebih banyak orang yang sadar lingkungan. Ramai-ramai kampanye membuang sampah pada tempatnya, irit BBM sampai ajakan earth hour di kota-kota besar. Seneng deh mendengarnya,semakin banyak orang peduli pada lingkungan, maka masa depan Tara dan teman-temannya bisa lebih terjamin. I love my baby hahaha, jadi yang terpikir pertama kali ya hubungan lingkungan dengan hidupnya Tara kelak.

Selama ini mungkin banyak dari kita sudah mengerti bahwa kegiatan rumah tangga menyumbang limbah yang tidak sedikit, mulai dari sampah dapur, sampai air cucian yang mengandung detergen. Nah ada satu nih hal yang mungkin luput. Bahwa ternyata disamping limbah rumah tangga, industri perhotelan juga penyumbang sampah dan limbah yang cukup signifikan lho.

Kebetulan saya baru balik dari perjalanan dinas yang mana setiap dinas yang keluar kota gitu pasti nginepnya di hotel dan hotelnya biasanya bintang 3 sampai 5.




Tahu kan kalau kita nginep di hotel,satu kamar pasti disediain dua handuk mandi, satu handuk untuk keset kaki. Kalau hotelnya bagusan juga disediakan handuk untuk muka. Nah handuk-handuk ini biasanya berwarna putih. Terus setiap hari bakal diganti sama petugas hotel  Jadi tiap hari tamu hotel bakal dapat handuk baru yang hangat,bersih dan wangi. Berarti tiap hari handuknya harus dicuci dong. Bayangkan berapa banyak tumpukan cucian handuk setiap harinya per hotel. 

Handuk-handuk itu pasti direndam pakai detergen,diputar di mesin cuci,dikasih pewangi dan pemutih hingga akhirnya dikeringkan pakai mesin pengering lagi. Ini handuk lho bukan pakaian biasa jadi pastilah waktu pengeringan lebih lama, dan karena handuknya berwarna putih maka nyucinya juga harus bersih bener biar ngga kusam. Bisa dibayangkan berapa detergen yang harus dipakai untuk satu hotel per-hari, akumulasikan saja degan jumlah hotel yang ada, di Jakarta misalnya. Saya males ngitungnya, tapi pastilah jumlah limbah yang dihasilkan besar banget. Padahal sehari-hari saja di rumah kita kalau pakai handuk juga tidak tiap hari ganti tho, paling juga seminggu sekali, xixixi.




Nah,  bagaimana kalau mulai sekarang, kalau misalnya kita nginep di hotel selama beberapa hari gitu, biasanya paling 1-3 hari lah, yo mbok ngga usah minta ganti handuk setiap hari. Minimal mengurangi limbah detergen dan pemakaian listrik untuk mesin cuci. Selain handuk, seprai dan selimut juga ngga usah lah minta ganti setiap hari, emang kita ngapain di kasur, main pasir apa hahaha. 

Sekarang ini beberapa hotel sudah mulai menerapkan kebijakan ini. Mereka biasanya menempatkan kartu informasi yang menyatakan bahwa mereka tidak mengganti handuk , seprai dan selimut setiap hari. Tetapi kalau kita keberatan dan mau agar diganti setiap hari, kita boleh saja memintanya dengan menempatkan kartu tersebut di bawah bantal setiap pagi.

Saya sudah memulainya dari beberapa tahun belakangan. Kemarin juga saat nginep di hotel, saya ngga minta handuknya diganti, cukup kamar dirapiin, dibersihkan, handuknya dijemur saja, seharian pergi, balik-balik handuknya sudah kering kok, dan tentunya masih bersihlah, kan Cuma dipakai mandi bukan dipakai ngelap-ngelap kamar mandi hahaha.

Saya #BeraniLebih anti mainstream dengan tidak minta ganti handuk setiap hari setiap menginap di hotel, demi mendukung gerakan Go Green dari diri sendiri dan dengan cara yang sederhana.

Kalau Kamu?, #BeraniLebih apa nih?




4 comments on "#BeraniLebih Cinta Lingkungan dari Handuk Hotel"
  1. Nah, yuk kalau ada hotel yang ngganti2 terus, mungkin bisa ditulisin di kertas catatannya supaya membuat tulisan di kamar mandinya kalau handuk ga perlu dignti setiap hari, jika tamunya mau.

    Di rumah pun padahal dua minggu juga belum tentu ganti. :D

    ReplyDelete
  2. tentang handuk dan sprei hotel, cowo mah, ya gitu deh, haha

    ReplyDelete
  3. kalau saya kebiasaan di rumah handuk di cuci seminggu sekali otomatis kalau ke hotel ga minta ganti tiap hari , ngikutin kebiasaan di rumah *ndeso*. nah klo toileternya spt sabun dsb saya bawa ke rumah heuheu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature