Siapa Bilang Sedekah Itu Sulit?

Friday, April 17, 2015

Hari Jum'at.....

Ah selalu suka dengan hari Jum'at. Iyalah siapa yang ngga ya. Jum'at itu rasanya matahari bersinar selalu tidak terlalu terik, udara juga lebih sejuk, halah mulai lebay. Pokoknya kalau Jumat itu bawaannya pengen senyum terus. Soalnya mau weekend juga kan yah, yang artinya dua hari ke depan bakal puas-puasin nguyel-nguyel Tara dan papanya. Kalau di kantor saya, hari Jum'at juga waktu istirahat lebih lama setengah jam. Yang biasanya cuma satu jam ditambahi jadi satu setengah jam, duh senangnyaa. Jum'at itu membawa Inspirasi kebahagiaan bagi siapapunlah


Dalam beribadah , hari Jum'at juga memiliki keutamaan dibanding hari lain. Misalnya saja sedekah.

Nah kali ini saya mau ngomongin soal sedekah. Pertama mau nanya dulu, Sudahkah anda bersedekah hari ini?. Xixixi ini bukan pertanyaan sok-sok an yah. Mau mengingatkan saja kalau bersedekah di hari Jum'at itu lebih utama dibanding hari lain lho. Kayak yang dibilang di bawah ini :

“Sesungguhnya sedekah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti sedekah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Ibnul Qayyim, Zadul Ma’ad..

Saya mau berbagi nih, bagaimana cara bersedekah yang ringan,tepat sasaran,  mudah tapi bermanfaat teruuuuus sampai waktu yang panjang. Apa saja?

1. Sedekah Untuk Mushola Kantor

Ini gampang banget dan ga pakai mahal. Saya kasih contoh di mushola kantor saya. Problematika yang paling mengganggu di mushola kantor adalah ketersediaan alas kaki buat wudhu, aka sendal aka bakiak, aka selop swallow. Ini benda kayak uka-uka, kalau pas waktu sholat pasti raib ngga tau rimbanya. Nah, beliin tuh sendal buat mushola berapa biji gitu, ngga mahal kok, kalau sendal yang bagusan seharga Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu. Beli 5 biji aja, udah cukuplah buat mushola kantor ( mushola kantor saya per lantai jadi dikit yang makai). Ngga perlu yang bagusan banget sendal, nntar dibawa pulang lagi hahaha.

Manfaatnya?. Selain mempermudah orang untuk sholat juga memiliki manfaat yang berkesinambungan. 

2. Mukena

Masih untuk mushola, bisa juga dengan bersedekah mukena. Ngga harus beliin mukena, karena harga mukena lumayan mahal yah. kalau yang biasa sih yang model parasut bisa dapat 50 ribu sepasang, kalau yang katun bali gitu sekitar 150-200 ribuan. Tapi, kalau ngga bisa beli, sedekahnya bisa dengan cara mencucikan mukena yang ada. Setiap Jum'at gini nih, ambil tuh mukena, bawa pulang trus cuci di rumah, Senin bawa lagi ke kantor. Kalau ngga mau repot, suruh cleaning service cuciin atau Laundriin, kasih uang cucinya. Mukena bersih dan wangi membuat yang sholat lebih khusyuk.

3. Beliin Minum Tukang Parkir/tukang sampah/tukang sapu jalan.

Iya tukang parkir itu seharian panas-panasan lho kerjaannya. Kadang suka sebel juga yah sama tukang parkir yang pas kita lagi mundur-mundur mau keluar parkiran diangga kelihatan, gitu mau pergi tiba-tiba nongol nagih uang parkir. Tapi... dia itu kerjanya di panas-panasan lho, yang mungkin mau beli minuman saja mikir dulu. Nah sekalian keluar parkiran kasih atuh teh botol dingin, pasti sangat melegakan rasa hausnya. Memberi kesejukan di tenagh terik sang surya, halah. Ngga hanya tukang parkir, tukang sampah, tukang sapu jalan juga. Berapa coba yang kita keluarkan dari kantong, cuma 5000 -an, paling mahal 10 ribu lah. 

Beli teh botolnya dimana maaak, kan baru keluar kantor?. Xixixi iya juga yah, ya udin pas mampir di Indomart atau alfamart beliin lebih ya minumannya. Kalau masih susah juga nemuin minuman dinginnya, kasih lebihan lah uang parkirannya.

4. Sedekah ke Tukang Pom Bensin

Kalau yang ini ngga perlu nunggu hari Jum'at, kapan saja bisa. Jadi ini kebiasaan saya beberapa bulan belakangan. Dapet dari status orang di Path, dan saya terapkan. Saya beli bensin per 100 ribu, biasanya bisa bertahan selama 4 hari, kalau cuma PP rumah-kantor doang. 

Setiap isi bensin di SPBU, belinya ngga genap 100 ribu, tapi bisa 95 ribu, atau 90 ribu. Bayarnya tetap 100 ribu, ngga usah minta kembalian. Anggap aja beli bensin 100 ribu. 

Bagi yang naik motor juga bisa lho, biasanya isi bensin 30 ribu misalnya, dikurangin aja, jadi isi 28 ribu, atau isi 25 ribu, kasihkan 30 ribu, kembaliannya ngga usah diminta.

5. Sedekah Kreativitas

Yang ini ngga perlu ngeluarkan uang. Cukup sedikit waktu luang dan semangat berbagi. Contohnya yang pinter utak-atik blog, bisa sedekah dengan membuatkan header blog untuk para blogger. Kalau blogger yang dikasi gratis header blognya jadi semangat nulis, dan tulisannya banyak dibaca orang, kita ikut kecipratan pahalanya tuh, mengalir terus selama tulisan itu dibaca, dan diterapkan serta membawa manfaat untuk orang.

6. Sedekah Ilmu

Masih berhubungan dengan nomor 5. Sedekah ilmu itu ya kayak yang biasa dilakukan penulis, guru, atau siapa sajalah yang berbagi ilmu kepada orang lain. Makin banyak ilmu yang dibagi, manfaatnya bisa tujuh turunan.


Nah itu, contoh-contoh sedekah dengan cara mudah dan ngga terasa, seperti rutinitas saja. Bagi yang tidak bisa melakukan cara di atas, bisa dengan sedekah paling sederhana, senyum manis kepada sesama Saudara misalnya sudah bisa dikategorikan berbagi bahagia bersama sahabat atau dengan hanya membagi artikel ini kita sudah berbagi kebahagiaan kebaikan kepada orang lain.



“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah, atau mengajak kepada kebaikan, atau mendamaikan di antara manusia. Dan sesiapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keredaan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar.” (An-Nisa: 114) 


Jadi siapa bilang sedekah itu sulit?


14 comments on "Siapa Bilang Sedekah Itu Sulit?"
  1. Dan sedekah yang paling sederhana dan murah adalah senyum ya mak...
    berbagi senyuman sudah berbagi kebahagiaan apalagi yang bersufat materi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ni aku lagi tersenyum sambil baca komenmu mak. dianggap sedekh juga yaaa

      Delete
  2. Jumat memang hari istimewa buat kita muslim
    ada lagi si sedekah yang mudah yakni bantu jawab/komen atas pertsnyaan dan keluhn sodara kita, menjaganya tetap in secret dan dibuka atas izin dia, jaeab dgn ramah,ksh support
    hehe
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah baru tahu yg ini mak. sedekah dg menjaga rahasia sodara. sip mak mau nyoba terapkan

      Delete
  3. Daku sedekah bw dan komen Mak..hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklaaaah itu pun sedekah. makasi udah bw kemari ya maaak. swnyum manis :(

      Delete
  4. ya-ya... hari jumat sudah sering datang kerumah, mestinya gak cuma yg minta2 ya, mulai harus memberi tanpa lebih dulu diminta...

    ReplyDelete
  5. Woo..betul sekali mak..makasi ide2nya ni mak..

    ReplyDelete
  6. Memang sedekah itu tak hrs bernilai harta ya mak, sebagai blogger dengan menulis di blog, lalu kita BeWe ke blog sahabat tentunya sedekah juga ya mak, yang penting ikhlas dan tak berharap imbalan, biar Allah yang menilai...TFS ya mak

    ReplyDelete
  7. Maen sini ya : http://storiespark.blogspot.com/2015/03/hari-jumat-itu-penuh-barokah.html. ^_^

    ReplyDelete
  8. terimakasih idenya mbak...semoga kita bs selalu bersedekah dengan berbagai macam cara. amin. :) salam kenal

    ReplyDelete
  9. setuju sama ide bersedekah nya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature