Tidur Nyenyak Tanpa Nging Nging

Tuesday, March 10, 2015
Dulu waktu saya hamil, banyak teman yang bilang kalau kebiasaan ibu hamil akan diturunkan ke bayinya. Termasuk kebiasaan begadang. Iya waktu hamil, saya hobi sekali tidur malam. Soalnya saat itu saya masih tinggal terpisah dengan suami. Jadi kalau malam ngga ada kerjaan, saya banyak nulis. Biasanya sepulang kerja, setelah selesai beres-beres, mandi, makan sholat, saya baca buku. Setelah itu baru nulis sampai larut malam. Soalnya kalau malam banyak dapat inspirasi . Itu terjadi dari mulai hamil muda sampai menjelang lahiran. Makanya begitu Tara lahir, ngga heran ni anak suka sekali bergadang. Olala, agak menyesal juga jadinya, duh.

Karena kebiasaan Tara yang suka bergadang, setiap hari mau berangkat kerja saya pesenin ke wawak yang jaga Tara supaya kalau siang Tara jangan dibiarkan tidur terlalu lama, biar malamnya bisa tidur cepat, hahaha emak egois. Tapi apa mau dikata, memang sudah bawaan orok, ya tetap saja Tara baru memejamkan mata paling cepat jam 10 malam. Sejak itu saya ngga pesan macam-macam lagi si wawak, biarin ajalah Tara mau tidur siang seberapa lama, yang penting dia sehat dan ceria. urusan tidur malam nanti urusan emaknya.

Kalau mengikuti pola tidur Tara yang seperti itu, bisa-bisa saya ngantuk terus di kantor. Makanya saya punya cara untuk menyiasatinya, biar masalah tidur ini tidak mengganggu penghuni rumah yang lain.

Saya pulang kerja menjelang maghrib. Nah begitu sampai di rumah, setelah mandi, dll, saya langsung menuju ke kamar dan melakukan persiapan tidur. Maksudnya, saya mempersiapkan kondisi kamar agar nyaman untuk kami tiduri.

Saya selalu mengibas atas tempat tidur dengan sapu lidi kecil, kibas kibas kibas. Supaya kotoran, seperti pasir, remah-remah makanan atau apapun yang mungkin dilakukan Tara di tempat tidur hilang.

Seprai juga harus dalam kondisi bersih dan wangi. Di rumah saya, maksimal penggunaan seprai itu seminggu, setelah itu harus diganti. Tenang, ada londri kiloan untuk masalah cuci mencuci, xixixi

Pastikan semua jendela sudah ditutup rapat supaya tidak ada nyamuk yang wara-wiri lagi. Trus, nah ini yang paling penting. saya selalu memasang Baygon anti nyamuk elektrik. Ini penting banget, supaya nyamuk-nyamuk yang berseliweran termasuk nyamuk yang bersembunyi dibasmi olehnya. Tidur dengan suara nyamuk mendenging-denging itu kan ngga asik banget yah.

Saya pasang baygon elektrik selama kurang lebih 1-2 jam sebelum tidur. Jadi sekitar jam 7-9 malam. Setelah semua hal yang perlu dilakukan di kamar beres, saya tutup kamar rapat-rapat.

Sementara menunggu nyamuk-nyamuk di dalam kamar tewas, si Tara yang sudah kangen berat sama emaknya ini saya ajak main, horeeee. Jadi ibu bekerja itu ,saat paling menyenangkan adalah saat tiba di rumah dan melihat anak kita menyambut dengan tangan terentang disertai senyum manisnya yang aduh susahlah dilukiskan dengan kata-kata. 

Namanya anak kecil, hobi Tara yah ngga beda sama anak lainnya. Maunya memberantakin rumah terus. Maka untuk menebus waktu seharian yang saya tinggal, dan demi quality time bersama anak, waktu menjelang tidur itulah saatnya saya puas-puasin bermain. Mulai dari main lego, main mobil-mobilan sampai kejar-kejaran, hahaha aduh senang sekali mendengar suara tawanya.  Salah satu tujuan ngajak Tara bermain itu adalah untuk menghabiskan energynya yang berlebihan itu. 

Saat Tara nyerak-nyerakin lego-legonya, nanti saya ajak lagi dia lomba beresin mainan. Udah gitu main uncang anggek, itu lho semacam kuda-kudaan tapi sayanya telentang, trus Tara saya taruh di ujung kaki, lalu diayun-ayun ke atas ke bawah. Pokoknya, selama satu sampai dua jam Tara benar-benar bermain sampai keringetan.




Diajak main sampe capek

Sekitar jam sembilanan, nanti si anak kecil itu bakal kecapekan dan ngajak saya tidur dengan sendirinya.

" Nda.... bubu.... nda... bubu....."

Yess, misi berhasil. 

Sebelum tidur, mulailah ritual tidur yang wajib dijalanin. Mulai dari cuci muka, cuci kaki ( kadang sampai mandi lho), sikat gigi, pipis. Trus saya gantiin popoknya, ganti piyama, pakai bedak biar wangi dan segar. Daaan, Tara siap untuk tidur. Berhubung Tara masih bobo sama saya dan papanya, ya saya pun ngikutin ritualnya Tara. Jadi begitu Tara masuk kamar, saya pun sudah berdaster ria, sudah sikat gigi, sudah sholat dan siap tidur. Saya melakukannya, biar Tara tahu bahwa kalau mau tidur, ini lho yang harus kita lakukan, bukan cuma Tara, bunda juga begitu. Saya ingat kata para pakar, Children see children do.
Udah Wangi, siap untuk Bubu

Sebelum tidur, Tara harus minum susu dulu. Kecapekan bermain, haus, begitu disodorin susu, langsung habis sebotol gede dalam sekejap. Selesai susu botol, Tara pasti minta nyinyik ( nen ) ke saya. " Nyik nda... nyik ndaaa..." katanya sambil menarik kancing baju saya. Xixixi, padahal Tara sudah mau dua tahun lho, tapi saya belum berhasil menyapihnya.

Sambil menyusuinya, Biasanya saya sambil bacain ayat-ayat pendek yang saya hapal. Mata Tara kriyep-kriyep sambil saya elus-elus keningnya. Ngga sampai sepuluh menit, Tara pun pulas di pelukan saya, yihaaaaa . Kalau sudah nyenyak begitu, Tara sudah bisa saya tinggal, dan saya bisa mengerjakan hal lain. Sebelum meninggalkan kamar, lampu utama saya matikan dulu, diganti dengan lampu tidur yang agak redup. Sudah deh, jangankan Tara, saya dan papanya saja langsung nyenyak sampai pagi.




Bagi saya, hal yang paling membuat saya tidak tenang saat tidur adalah suara nyamuk, ngiiing... ngiiing... ih menggangu sekali.  Dan yang membuat saya was-was kalau sampai nyamuk-nyamuk itu menggigit anak kesayangan saya. Duh, masa dari nyamuk saja, saya ngga bisa melindungi Tara?, ibu macam apah akuh ini. Makanya saya concern sekali terhadap kondisi kamar sebelum tidur. 



Perkara pilih-pilih anti nyamuk pun saya sangat berhati-hati. Saya sadar yang namanya anti nyamuk, bagaimanpun pasti mengandung zat racun. Ya iyalah kalau ngga gimana bisa membunuh nyamuk. Makanya saya pilih yang bahayanya paling kecil. Saya pilih Baygon elektrik, karena dari hasil googling sana sini, kandungan Transfluthrin di dalam baygon itu yang paling kecil dibanding anti nyamuk lain, tapi tetap cukup untuk membasmi nyamuk. Tambahan lagi baygon elektrik itu praktis, ngga pakai asap-asapan . Tidak membuat saya khawatir bakal dipegang-pegang Tara, maklum anak kecil lagi iseng-isengnya. Kalau obat nyamuk bakar juga bahaya kan kalau kesenggol, bisa kebakaran pulak rumah saya. Pakai raket nyamuk, pernah kejadian Taranya kesetrum, jadi takut mau pakai lagi. 

Lagipula karena pengalaman dari kecil sampai punya anak begini, Baygon ini sudah terbukti ampuh melindungi keluarga saya dari gigitan nyamuk. Sangkin familiarnya sama merk yang satu ini, sampai-sampai untuk menyebut anti nyamuk apapun ya memakai namanya. " Bang beli Baygon satu", hahaha, betul atau betul ?.

Saya pasang anti nyamuk  tidak semalaman, karena tidak baik untuk kesehatan. Begitu saya rasa nyamuk-nyamuk sudah keliyengan, saya masuk lagi ke kamar. Nah, coba perhatikan deh, di lantai, di atas tempat tidur pasti banyak nyamuk-nyamuk pingsan bergeletakan. Jangan salah lho, nyamuk-nyamuk ini walau sudah dipasangin anti nyamuk tapi belum mati sepenuhnya. Makanya tugas saya selanjutnya adalah mencetin mereka satu-satu. Tapi dipindahin dulu ya nyamuknya, jangan dipencet di atas tempat tidur, nanti seprainya kotor. Saya pindahin ke lantai trus baru deh dipites satu-satu. Kalau ngga dibegituin, yakin deh, begitu pengaruh anti nyamuknya hilang mereka akan terbang lagi. Ini pengalaman saya selama bertahun-tahun lho.

Hal yang tak kalah penting adalah, memastikan kondisi kamar agar selalu bersih. Ngga heran saya suka cerewet kalau suami menggantung pakaian di balik pintu. Nyamuk itu paling suka dengan wangi keringat kita, makanya gantungan pakaian itu menjadi tempat favoritnya. Itu tuh kerjaan saya setiap hari, jadi tukang sweeping pakaian kotor. 

Terus lagi, yang namanya anti nyamuk itu, ngga boleh berputar-putar terus di dalam kamar. Untuk itu kamar kita sirkulasinya harus baik, jangan yang tertutup rapat . Di kamar saya, di atas jendela, ada ventilasi yang saya pasang kawat nyamuk, supaya sirkulasi udara tetap lancar tapi nyamuk ngga bisa masuk. Kalau kamar sudah bersih, sudah bebas dari nyamuk, mau pasang AC pun saya tidak was-was lagi. 

Coba lihat nih, bagaimana cara pasang anti nyamuk elektrik yang benar.




Kualitas tidur yang baik itu, sangat menentukan hari yang kita jalani keesokan harinya, Makanya perkara Tara yang suka begadang, menjadi perhatian khusus untuk kami. Tapi, sekarang masalah itu sudah bisa saya atasi, prok..prok..prok 

Anak kecil itu energynya sama seperti hape lho. Saat baterainya masih full, mau dipaksa tidur pun ya ngga bakal merem, yang ada malah ngajak lompat-lompatan di kasur. Makanya saya siasatin dengan menghabiskan dulu baterainya, hahaha. Mengajak anak bermain sebelum tidur tidak salah, malah disarankan oleh ahli parenting. Apalagi untuk ibu pekerja macam saya, kapan lagi ngajak anak main kalau tidak setelah pulang kerja?. Masa harus nunggu weekend?. Waktu menjelang tidur itu juga sering saya manfaatkan untuk mengajarkan Tara macem-macem. Ya berhitung, ya bernyanyi, atau cuma sekedar coret-coret ( mewarnai ) gambar princess yang rupanya udah kayak wewe gombel dibikin Tara xixixi. Membatasi anak tidur siang itu juga  bukan solusi. Kasihan kan, kalau lagi ngantuk masa kita larang tidur siang demi tidur malam yang lebih cepat. 

Kalau mommy yang lain, gimana nih ritual menjelang tidurnya. Ada yag mirip saya ngga?. Sharing dong.









15 comments on "Tidur Nyenyak Tanpa Nging Nging"
  1. saya paling suka kalau denger suara nyamuk yang kena raket. Puas rasanya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah jg pake raket mak.tp suka dimainin tara .akhirnya malah kusembnyiin ajah xixix

      Delete
  2. hihi iya ya abis nyamuk-nyamuk jatuh kelojotan di lantai kudu dipetesin atu-atu, kalo nggak dia bakal hidup lagi. Thanks jadi keingetan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. tiba2 malam udah byk aja yg beterbangan.ternyata td cm pura2 mati hahaha

      Delete
  3. iya, pake raket tuh suaranya ngena banget berasa puas aku...tapi kalo nyamuknya banyak capek juga hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cetar suaranya ya maaak.makin banyak mkin asoy

      Delete
  4. Mak, di mommiesdaily kalo nggak salah, ada kontesnya niiiy, ya si Baygon ini. Apakah ini untuk kontes ituh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa iya maaaaks. wah kebetulan dong. dakuh harus ikut lah yaaaaa #meluncur ke tekapeh

      Delete
  5. Eh, bener loh mak. anak pertama dulu, rajin banget bangun pagi, jalan-jalan. Akhirnya si abang sampe usia 7 tahun ini, bangun pagi maks jam 5. Lha pas hamil si dedek, saya hobi molor, kok sampe skrg si dedek susah banget bangun jam 5. hahaha...Emaknya nih ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi sama mak. makanya ntar anak kedua aku mau merubah pola tidur dan bangun lah hahahaha

      Delete
  6. suara nging nging memang bikin menggangu sekali mak, apalagi saat tidur pulas2nya tiba - tiba kebangun gara2 nging nging jadi bikin sebel :(

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh kok kehapus sih, aduh sory kepencet apa tadi. Makasih ya maaak

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature