Tentang Panitia Lomba Yang Ingkar Janji

Monday, March 2, 2015
Sebagai banci kontes yang sudah putus urat malu perkontesannya ( banyakan kalahnya daripada menangnya), beberapa kali saya mengalami yang namanya di PHP-in sama penyelenggara lomba. 

Macem-macem deh tabiat penyelenggara yang tidak bertanggung jawab. Dari mengundurkan jadwal pengumuman, sampai malah ngga ada pemenang sama sekali. Dari hadiah yang di down grade sampai yang tak kunjung diterima. Haduh, kenyang deh.

Yang paling membekas di hati  itu, saat saya mengikuti lomba berhadiah jalan-jalan dari sebuah merk kopi ternama. Waduh, semangatnya epic banget deh. Mulai dari membuat video, share ke semua sosial media sampai yang nulis rencana-rencana liburan gitu. Bagaimana tidak, hadiah yang ditawarkan begitu menggiurkan. Pemenang utama bisa jalan-jalan ke tempat wisata yang diiginkannya bersama brand ambassador produk itu, yang mana kita juga bisa pilih mau pergi dengan siapa. Trus finalis yang tidak menjadi pemenang utama, akan diundang gathering bersama para brand ambassador dan nantinya diberi hadiah berupa jalan-jalan yang dilakukan sediri ( tidak bersama artisnya). Wiiih, bikin mupeng kan, secara kesempatannya menangnya lumayan besar.

Tiba pengumuman lomba, saya termasuk salah satu dari finalis terpilih. Aduh kebayang langsung hadiah jalan-jalan gratis. Namun, apa dinyana, sebulan dua bulan tiga bulan lomba tersebut tidak ada kabarnya. Ah, sedang proses verifikasi kembali mungkin, pikir saya. Empat bulan berlalu, saya masih mikir, mungkin nunggu pemenang utama selesai dulu jalan-jalannya. Lima bulan tidak ada kabar, saya mulai curiga. Ada apa nih dengan panitianya.

Penasaran, saya kirim pesan melalui inbox perihal hadiah yang dijanjikan kepada finalis. Sebulan tidak mendapat jawaban, saya kirim pesan lagi, setelah tiga kali saya bombardir dengan inbox disertai ancaman akan saya tulis di media massa, barulah si panitia menanggapi. Yang intinya, mereka menerangkan bahwa terjadi kesalahpahaman. Terus saya disuruh menunggu seminggu karena akan diadakan rapat internal.

Seminggu kemudian, saya terima email yang mengundang para  finalis untuk mengikuti seleksi lanjutan. Jadi kami disuruh lagi membuat video, dan nanti peserta terpilih yang akan memenangkan hadiah jalan-jalannya. Wuiih, terang saja saya mangkel, berasa ditipu mentah-mentah. Itu sih cuma akal-akalannya panitia saja. Lah, jelas-jelas kemarin kami sudah dinyatakan sebagai pemenang, kok sekarang mau diseleksi lagi, apalagi periode lomba sudah berakhir dan saat itu lagi berlangsung lomba yang sama tahap 2.  Saya menolak dan mengajukan keberatan. Kembali saya berikan ancaman , jika hadiah saya tidak diberikan, maka akan saya sebarkan melalui blog, sosial media dan surat kabar nasional.

Dalam hal ini saya meniru cara salah seorang pemenang lomba mie instan yang sempat heboh kala itu., yang memiliki kasus kurang lebih sama. Bukannya dapat hadiah, malah beliau cuma diganjar dengan kurang lebih 3 kardus ( saya lupa jumlahnya) mie instan tersebut. benar-benar penghinaan. Tapi selanjutnya saya tidak megikuti lagi perkembangan kasusnya.

Nah, sepertinya gertakan saya cukup membuat mereka gentar. Berkali-kali saya dihubungi pihak agenci, dan membujuk saya untuk tidak menulis di media massa. Sampai akhirnya mereka menawarkan jalan damai dengan meminta bertemu dengan saya secara pribadi. Jarak antara komplain pertama saya dengan ajuan untuk bertemu memakan waktu hampir 3 bulan, cukup melelahkan bagi saya. Saat itu saya sudah tidak berharap hadiahnya lagi, hanya berharap pertanggung jawaban mereka terhadap kami. Bagaimanapun juga, seperti kata teman saya bahwa peserta lomba dan penyelenggara lomba adalah partner. DImana jika yang satu sudah memenuhi kewajibannya, maka pihak yang satunya pun harus memberikan haknya. 

Akhirnya, setelah bertelepon beberapa kali, dan membatalkan pertemuan beberapa kali karena saat itu saya baru melahirkan, pihak kopi tersebut pun mengetuk pintu rumah saya.

Sebenarnya saya sudah bersiap untuk ngomel panjang lebar, tapi begitu yang datang adalah seorang mba-mba yang wajahnya sangat baik hati dan terlihat agak takut, saya pun urung. Setelah basa-basi, pihak mereka menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada saya. Dan meminta saya untuk tidak melanjutkan protes. Dan yah nasib saya tidak lebih baik dari si pemenang mie instan yang saya tiru. Saya hanya diberi berupa paket kopi yang bisalah saya habiskan dalam waktu 6 bulan. Lumayan banyak, tapi tidak sebanding dengan hadiah yang sehatusnya saya terima hiks.

Dan seperti yang saya duga, seleksi yang katanya akan dilakukan lagi untuk para finalis itu tidak ada lanjutannya, alias beneran cuma akal-akalan mereka. Istilahnya test the water lah, kalau ada peserta yang ikut dilanjutkan, kalau ngga yo wis sepanjang ngga ada yang protes lagi. Haduh, TERLALU. Tapi bagaimanapun juga saya tetap menghargai itikad baik panitia, dengan menemui saya dan meminta maaf secara khusus. DI banding saya dicuekin, better lah.



Untungnya saat itu saya masih excited dapat hadiah dari Allah, si Tara yang imut-imut itu. Suami saya juga menyarankan agar saya melupakannya, biar tenang gitu, hahaha berasa gimana gitu. Soalnya ini memang bukan tentang ikhlas ga ikhlas, tapi tentang hak yang seharusnya saya dapatkan. Okelah, saya putuskan untuk mengikhlaskannya saja, tapi jadinya ilfil sama si brand. Mungkin memang bukan rezekinya saya.

Nah, kemarin, lagi-lagi ada panitia lomba yang lucu banget. Mana tentang korupsi lagi. Sudah ingkar dari pengumuman pemenang, masih lagi mengingkari DL lomba. Jadi kata mereka hampir 100 persen peserta lomba melewati DL. Olala, parah banget ngelesnya. Yang bikin tambah kesel, bukannya nyerah aja gitu dimisuh-misuhin para psereta, eh malah ngomel-ngomel dan bilang " terserah" terserah gitu sama peserta, xixixi. Tapi ya sutralah, males banget mikirin ntu lomba yang ngga jelas. 

Jadi, kalau ada diantara para blogger yang di PHP-in sama brand atau panitia lomba, saran saya cuma satu. Jangan diam, tanya... tanya... tanya, via inbox atau via email. Kalau ngga dijawab, ancam bakal kita sebarin di blog, kompasiana atau surat kabar. Lakukan berulang-ulang sampai dapat tanggapan.

Percayalah, mereka akan gerah dan setidaknya kita bakal dapat jawaban.

Kalau setelah itu hadiah langsung diberikan alhamdulillah.

Kalau ngga dikasih juga, bombardir lagi, sampai setidaknya kita dapat permintaan maaf dan dapat ganti hadiahnya. Enak saja mereka ngga ngasih apa-apa ke kita.

Minimal mereka tahu, kita ga tinggal diam, dan biar jadi pelajaran sama mereka , jangan main-main sama blogger. Abis itu tulis di blog tapi tetap harus perhatikan rambu-rambu UU ITE ya, jangan sampai konyol juga kita jadi balik dituntut..

Sebaiknya, ajak peserta lain juga untuk protes, biar efeknya lebih kerasa. Dalam kasus saya kemarin, yang protes itu cuma saya doang, yang lain  saya ajakin protes pada ngga mau, bilangnya mereka sudah ikhlas. Yo wislah, mungkin  memang sumbu saya lebih pendek daripada orang lain hahahaha.

Menurut saya ini bukan tentang ikhlas atau tidak ikhlas. Ini tentang kewajiban yang telah dilakukan peserta dan hak yang harus diberikan panitia ke pemenang.

Karena hadiah lomba itu hak kita guys.

Kesini-kesini, kalau mau ikut lomba apapun mesti hati-hati dan siap-siap kalo di PHP-in sama panitia. 





37 comments on "Tentang Panitia Lomba Yang Ingkar Janji"
  1. Eh yang anti korupsi kalo g salah ada apdetannya deh mau diumuminnya kapan...

    Btw aku jarang diphp tapi biasanya suka lama...capek nagih hadiahnya 😂😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, udah baca juga. tapi udah ilfil duluan jadi males hahaha

      Delete
  2. Saya belom pernah, sih, ngalamin kayak gitu. Walopun sering kalah, tapi kalaupun menang, semuanya menepati janji. Semoga saya gak ngalamin kejadian yang sama.

    Lagipula, saya lebih sering di PHP-in sama koneksi internet. Dimana saya sering dibikin ngomel-ngomel karenanya wkwkwk

    Semoga abis ini, gak ada lagi agency2 yang suka PHP-in, ya. Thx, untuk sharingnya, Mak ^_^

    ReplyDelete
  3. Wah,...tengkiu ya mak win, udh berbagi pengalaman yg uwow...sampek daku ikut2an kesel jg jdinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maaak. kalo diinget2 keselnya ngga ilang2 hahaha makanya saya lupakan, tapi ditulis di blog #teteup

      Delete
  4. Ohhh ada juga toohh model panitia lomba ajaib gitu yaaa. Saya jarang ikut lomba sih, jadi kurang paham seluk beluknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak maaak. pernah lomba tentang valentin, sampai skrg hadiahnya ga nyampe2. tp kkrn cm parfum2 gitu aku ga ngotot, ya sud lah, untuk panitianya aja

      Delete
  5. Wah, bisa ya sampe gitu. Saya yg mkasih amatir ini kudu ati-ati jg ya.. makasi Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye maaak, beberapa temen juga ada yang ngalamin gitu. Kadang kita mesti nyolot sama panitia baru mereka tanggapin, kalau sopan2 malah ga digubris :(

      Delete
  6. Wuih, berarti harus kudu hati-hati ya kalau ada lomba menulis, penting diketahui penyelenggaranya siapa dan bagaimana.

    Thanks sharingnya Windi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maaak, kudu hati2.yang brand gede aja bisa gitu, apalagi yang abal2. tapi sedikit kok mak. banyakan yang tanggung jawab

      Delete
  7. Yg lomba korupsi itu saya juga ngerasa aneh pas baca updatean beritanya Mba Windi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aneh bin ajaib mak, terus nyalahin peserta lagi, hadeeeh

      Delete
  8. Aku abis diphp juga mbaa. Hiks. Setelah hampir 3 minggu atm baru jadi dan itu pun belum diisi duit hadiahnya. Kudu balik lagi buat bawa printout email dan bayar materai pula. Herannya pas email awal knp ga dikasih tau sekalian biar ga bolakbalik. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lomba buku itu ya laa, haduh, bikin capek aja ya la

      Delete
  9. Waah...sebagai newbie, informasinya bener-bener berguna nih mak. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, tapi jangan terlalu parno, cm sedikit kok yg kayak gitu, lebihnya tanggung jawab dan amanah :). tetep semangat ngontes

      Delete
  10. Ya ampun.. Nyebelin banget ya Mak..

    Ternyata ini lebih parah dripada yg pernah aku alamin.
    Kalo aku dulu, kuis upload foto di twitter gitu.
    Penyelenggaranya persatuan periklanan se-Indonesia gitu.. dlm rangka award iklan yg sedang mereka adain thn itu.
    Kejadiannya kayaknya thn 2010 deh..
    Aku menang, harusnya dapet merchandise. Tapi berminggu2 nggak ada kiriman. Trus aku komplain, katanya mo dikirim besok.
    Sampe thn 2015 enggak ada kiriman merchandise yg dijanjiin itu.
    Ya sutralah.. Masih merchandise, belum hadiah gede. Jadi masih sabar dan relain. Kalo hadiah & effortku gede, pasti aku udh komplain kayak mbak deh.. Huhuhu...

    Brand gede ternyata tidak bisa memastikan pertanggungjawaban mereka akan lomba yg mereka bikin ya Mak..

    Hufttt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye mak, brand gede juga ngga menjamin. Wah kalau mau diceritain, masih ada beberapa yg hadiah saya ngga diberi. tapi ya udahlah, karena "cuma" kayak goodie bag gitu saya ngga terlalu masalahin. Haish, padahal ya itu tetap hak kita ya maaak

      Delete
  11. @Windi Teguh: Ternyata yang di PHP bukan saya aja. Juara ke II dari perusahaan telekomunkasi terbesar. Udah hampir 2 bulan ngga sampe juga hadiahnya. Jika ditanya, sedang diproses...ampun .....Saya juga pilih2 untuk ikut lomba. Susahnya tidak ada jaminan.....jadi apa maksudnya untuk membuat lomba??? Apakah supaya produknya jadi makin terkenal dan promosi gratisan...Kok saya ikutan ngomel. Cuman jika kita ancam sesuatu apakah itu tidak melanggar UU ITE (pencemaran nama baik, aku takut masuk penjara hanya soal hadiah).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, aku juga pernah risau soal ini. pernah kutulis disini http://windiland.blogspot.com/2013/05/pencemaran-nama-baik-ikhlas-haruskah.html
      sebel banget ya mak, buat lomba tapi ga mau kasih hadiahnya. pengen nuntut tapi takut. takut kejadian kayak prita dkk

      Delete
  12. Wah br tau klo ada panitia lomba yg suka ingkar janji gini mak. Harus lbh ati2 pilih lomba ya..tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak. mungkin harus pilah pilih lomba dan siapkan hati kalo di php in

      Delete
  13. Aku tau itu yg ikutan lomba mie instan trus cm dpt bbrpa kardus mie aja. Padahal mie ternama itu.
    Hm, harus hati-hati juga ya ternyata buat ikutan lomba. Dan harus berani 'nembusi' kalau mmg beneran menang :)

    ReplyDelete
  14. brand besar ternyata belum tentu terpercaya ya...

    ReplyDelete
  15. alamak...bikin nggak mau ngonsumsi produk atau layanan mereka ya mak.

    ReplyDelete
  16. perjuangan panjang sebagai (calon) pemenang ya mba Wind ....kadang saya suka bikin list hadiah kuis apa aja yang belum datang, trus ada yang coret aja setelah setahun menghilang :D macam bang thoyib

    ReplyDelete
  17. Aku jg pernah di PhP in sama panitia lomba mak..pertama si jengkel jg. Tp akhirnya diiklasin aja. Eh ga taunya lain waktu saya dpt hadiah jauh lbh besar drpd hadiah lomba yg dulu2 kena php.

    ReplyDelete
  18. Wahh ternyata bisa di php juga yaa makkk duh aku baru tau, kudu hati"dan engga terlalu gembar gembor nih kalau menang sesuatu :D

    Xoxo
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. Aku sering kena PHP hadiah. Barusan aku ambil hadiah dari lomba blog Polygon itu, udah jauh2 dateng, eh hadiahnya belom ada. Nanti kalo hadiahnya gak sampe, aku mau protes juga ah :D

    ReplyDelete
  20. Aku menang quis dan katanya hadiah akan dikirim, paling lambat minggu kedua bulan Maret. Kita tunggu aja dikirim nggak nih voucher jalan-jalannya. Teyussss...yang lomba terakhir yang sama-sama kita ikutin juga pengumumannya diundur. Let's see apa yang akan terjadi. Yang ajaib dan seru tuh lomba blog Polygon kemaren. Panitianya tepat waktu banget ya. Walau nggak menang saya tetap salut sama panitia.

    ReplyDelete
  21. Emang suka jengkel kalau gitu ya Mak. Jangankan lomba blog/video, ikut kuis aja kalau geje ga ada konfirmasi suka sebel. Tetap kita sudah melakukan usaha (waktu & kreativitas ya), sudah berhak atas hadiahnya... *brand terkenal gak malu apa ya...

    ReplyDelete
  22. Ish..jadi ikutan kesel. Saya blm pernah sih sampe diPHPin begitu. Hehe..soalnya belum terlalu sering ngontes. Tp pernah ikutan kuis di twitter dan menang, dan hadiahnya ga sampe2. Saya tanyakan sampai 2x, sebulan kemudian hadiahnya datang.

    Setuju banget kalau kita wajib menuntut hak kita. Walaupun katakanlah cuma tempat makan, yang merek itu loh, tapi kan mereka sudah janjikan. Hehe..

    Intinya sih, kalau belum siap nyediain hadiah, jangan ngadain lomba. :D

    ReplyDelete
  23. lomba oh lomba. saya jarang ikutan lomba, tapi setuju dengan pendapat Mbak nih bahwa hak dan kewajiban harus ditunaikan oleh masing-masing pihak. tapi pernah enggak selain di php-in, ada juga lomba yang juaranya terkesan sudah di setting sebelumnya? paling-paling peserta lomba yang serius diberi juara ke sekian, bukan yang utama. beberapa kali saya lihat ada tipe-tipe lomba yang begitu. yang ngadain juga brand besar...

    ReplyDelete
  24. skrg jg byk mbak yg kena PHP

    aku pernah, tp ya hadiahnya gak wow sih haha

    ReplyDelete
  25. Di PHP-in itu sakit ya mbak, semoga besok-besok tidak terjadi lagi, Aamiin..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature