Sibolga Kota Sejuta Wisata

Sunday, February 15, 2015
Isitilah rumput tetangga lebih hijau, tampaknya pas disematkan untuk sektor wisata kita. Terutama untuk masyarakat di Sumatera Utara. Setiap akhir tahun, liburan panjang, maupun weekend berbondong-bondong penduduk Medan dan sekitarnya terbang ke negeri tetangga. Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, Thailand, Ho chi Min menjadi tempat menghabiskan waktu liburan. Padahal di Sumatera Utara sendiri ada lho tujuan wisata yang begitu indah dan menyimpan sejuta pesona, namun kurang terkespos dan kurang familiar bagi penduduk Sumatera Utara khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya. Padahal keindahannya sudah memikat wisatawan mancanegara.

Tak hanya Berastagi atau Danau Toba, kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah ternyata menyimpan sejuta pesona yang masih malu-malu untuk tampil di muka umum. Sebulan  yang lalu saya berkesempatan untuk menginjakkan kaki di negeri dengan gugusan pulau-pulau cantik dan puluhan air terjun yang tersembunyi itu.

Yuk ikuti cerita saya di blog ini

Kota Sejuta Wisata

Begitu sebutan untuk Kota Sibolga. Berada di Pesisir Barat Sumatera Utara  dan masih termasuk kawasan teluk Tapian Nauli membuat Kota Sibolga diapit oleh perbukitan dan pantai.

Beberapa tahun lalu, jika ingin mengunjungi kota Sibolga , kita harus menghabiskan waktu 8-10 jam melalui perjalanan darat dari Kota Medan.  Melewati beberapa kota besar di Sumatera utara seperti Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Parapat ( Danau Toba), Balige, Tarutung barulah tiba di Sibolga. Sangat melelahkan namun sangat menyenangkan karena untuk menuju Sibolga kita harus melewati Batu Berlubang di Tarutung. Sebuah Batu besar yang menutupi jalan, kemudian dilubangi menyerupai terowongan. Kalau lewat situ harus bergantian antara kedaraan di ujung satu dengan yang lain, saling adu klakson agar tidak berselisihan. Karena terowongan itu hanya muat untuk satu mobil.

Tapi, saat ini, sudah banyak alternatif moda jika ingin ke Sibolga. Bisa melalui darat atau udara. Dua maskapai penerbangan telah membuka rutenya kesini yaitu Garuda Indonesia dan Wings Air. Hanya 35 menit saja dari Bandara Kuala Namu Medan. Bahkan untuk Garuda Indonesia, melayani rute dari Jakarta langsung. Ngga mahal kok tiket pesawatnya, sekitar 270-350 ribu saja. Apalagi kalau pesan di pegipegi.com



Jarak antara bandara FL Tobing dan Kota Sibolga sekitar 40 menit dengan mengendarai mobil. namun sebelum sampai ke kota Sibolga, kita akan melewati Kota Pandan, sebuah kota kecil di sepanjang Pantai Pandan. Saya memutuskan untuk menginap di hotel Bumi Asih, terletak persis di tepi pantai Pandan.

Hotel Bumi Asih Pandan

Sorenya, sambil menikmati sunset, beberapa penjual kepiting goreng dan udang bakar tampak hilir mudik. Saya pun menikmatinya sambil melihat matahari tenggelam diantara pulau Poncan di seberang sana.




Tidak banyak orang yang tahu bahwa berwisata ke Sibolga berarti kita bisa mengunjungi pulau-pulau cantik yang mengitari kota Sibolga. Sibolga juga menyimpan beribu cerita yang rugi kalau tidak kita berdayakan.


Pemandangan dari Pantai Pandan, Bagian dari Pulau Sumatera yang Menjorok ke Laut



Wisata Bahari

Pulau Elok Nan Perawan

Yup, ada begitu banyak pulau yang wajib didatangi saat berwisata ke Sibolga. Mari kita nikmati satu persatu.

Pulau Poncan





Pintu Masuk ke Pulau Poncan Gadang

Salah satu pulau yang mudah dijangkau dari Kota Sibolga adalah Pulau Poncan Gadang. Berjarak hanya sekitar setengah jam dari tepi pantai kota Sibolga membuat pulau ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Untuk mencapainya, kita harus menyeberang menggunakan perahu boat. Dari sebuah hotel pertama yang ada di Sibolga yaitu Hotel Wisata Indah, kita bisa menyewa kapal untuk sampai ke pulau tersebut. Itu, bila kita hanya berniat untuk melihat-lihat keindahan pulau Poncan saja. 


Dermaga kecil di Poncan Gadang
Pulau Poncan Gadang

Di Pulau Poncan ini infrastruktur untuk para wisatawan sudah lumayan memadai. Terdapat sebuah penginapan berbentuk rumah-rumah seperti Villa atau cottage yang berisi dua kamar di masing-masingnya. Dengan sewa kamar hanya Rp 400 ribu/ kamar, sudah termasuk biaya kapal/boat pulang pergi Sibolga-Poncan. Untuk menginap disana, minimal kita harus menyewa 5 kamar saat weekday, atau minimal dua kamar saat weekend. Jadi, harus booking dulu sebelum menginap di pulau Poncan.




Penginapan di Poncan Gadang

Begitu menginjakkan kaki di dermaga kecilnya, ribuan ikan kecil langsung terlihat dengan mata telanjang di bawah air laut yang jernih. Sambil bersantai, pemandangan pulau-pulau di sekitar yang elok menjadi suatu daya tarik tersendiri.

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia namun dihalangi oleh puluhan pulau-pulau, membuat ombak yang sampai ke pantai tidak terlalu besar sehingga sangat cocok bagi yang ingin berenang-renang di tepian pantai. Membawa anak kecil pun bisa menjadi pertimbangan untuk liburan keluarga.


Santai Sakalek
Pulau Putri

Konon katanya pulau ini dulunya tempat bermukim seorang putri yang melarikan diri dari kerajaan karena tidak sudi dijodohkan dengan pangeran yang tidak dicintainya. Sang Putri kabur dan menetap di pulau ini. Konon lagi ceritanya, suatu saat sang putri marah saat sedang menyantap hidangannya. Di tengah amarahnya, ia lemparkan sendok dan piringnya sehingga terbentuklah pulau sendok dan pulau piring di dekatnya. Mengenai benar atau tidaknya saya kurang tahu, namanya juga legenda. 

Pulau Pasir Putih

Pulau pasir putih mungkin tak seterkenal Pulau Poncan, namun pesonanya tak kalah menarik. Hampatan pasir seputih tepung akan menyambut kita saat menginjakkan kaki di sana. Karena jernihnya air di pantai pulau ini, aneka penghuni laut pun bisa terlihat. Cocok untuk kegiatan snorkling dan diving. Disini juga terdapat terumbu karang yang langka di dunia yaitu jenis Coral Reef. Coral Reef ini hanya terdapat pada perairan yang benar-benar alami dan jauh dari pencemaran air. Bisa dibayangkan betapa masih alaminya pulau ini.

Pulau Mursala

Air Terjun Pulau Mursala. Itu bukan saya, Itu Sohib saya
Pulau Mursala ini tidak begitu dikenal di negeri sendiri namun menarik hati para produser dan sutradara film Hollywood. Pulau yang memiliki air terjun yang mengalir langsung ke laut ini telah dijadikan lokasi syuting film Kingkong lho. Bayangkan, malah orang luar yang tahu betapa uniknya pulau ini. 

Air terjun Mursala merupakan satu dari sedikit air terjun di dunia yang langsung mengalir ke laut. FYI saja, airnya itu rasanya tawar lho, walaupun mengalir ke laut. Disebut-sebut, aliran air terjun ini berasal dari air danau Toba yang mengalir melalui bawah tanah dan keluar menjadi air terjun. Makanya, saat di daerah Toba musim panen padi, tak jarang air terjun Mursala akan bercampur dengan jerami.Luar biasa kan.

Sayangnya kita tidak bisa menginjakkan kaki di Pulau ini, karena bentuk tebingnya yang curam dan tidak memungkinkan kapal, spead boat untuk berlabuh. Untuk menikmati air terjun Mursala, kita bisa menyewa spead boat. Berjarak 1 jam lebih dari Kota SIbolga. Oya untuk hasil foto yang maksimal sebaiknya datang kesini pada pagi hari atau sore sekalian, soalnya kalau pas siang hari, pantulan cahaya matahari ke air terjun, membuat hasil foto kurang oke.

Pantai Indah Kalangan
Udah Kesorean mau main Banana Boat :)

Bukan orang yang suka bersantai di pulau?. Sibolga juga manawarkan wisata bahari yang super seru. Pantai Kalangan, sekitar 20 menit dari Kota Sibolga, menyediakan alternatif seperti paraselling, banana boat atau sekedar memancing ikan saja.

Sejak tahun 2000, Sibolga yang dulunya merupakan ibukota Tapteng berpisah menjadi kota Sendiri. Nah pulau Putri ini sekarang masuk menjadi miliknya Tapteng. Termasuk juga Pulau Pasir Putih dan Pulau Mursala

AIR Terjun

Air Terjun Saili-Tuka
Gambar dari sini

Selain air terjun Mursala, Sibolga dan Tapteng memiliki berpuluh air terjun tersembunyi lain. Salah satunya Air terjun Saili di Tukka. Terletak sekitar 4 km dari Pandan. Air terjun ini terletak di dalam hutan dan terdiri dari tujuh tingkat lho. Bayangkan …..bayangkan. Tapi menuju kesana harus ekstra tenaga dan tekad, soalnya tidak ada infrastruktur yang mendukung alias harus jalan kaki. 

Selain air terjun Saili, ada juga air terjun Silaklak. Saya belum pernah kesana, tapi katanya pemandangannya indah sekali, sampai-sampai sering dijadikan objek fotografi.


Wisata Kuliner 

Sebagai kota yang terletak di pinggir pantai, Sibolga memiliki hasil laut melimpah. bahkan sebagian besar hasil laut dari Sibolga, seperti ikan , udang, kepiting, cumi, merupakan produk yang akan diekspor ke luar negeri. 

Sibolga menawarkan wisata kuliner laut yang sangat lezat. Kesegaran ikan, udang,kepiting dan cumi yang langsung diambil dari nelayan membuat rasa masakan disana segar dan berbeda jika dibandingkan masakan seafood di Medan. 

Ikan sombam merupakan kuliner unggulan disana. Kemarin saya sempat menikmati siput yang disini ternyata seperti makanan pembuka. Gila lho, masa siput jadi appertizer gitu. Cara makannya diseruput-seruput sampai daging siputnya terlepas dan keluar dari cangkang. Hiii, awalnya saya sempat geli, tapi pas dimakan lha kok rasanya lezat nian, benar-benar menu pembuka yang tidak biasa.


Appertizer Ala Sibolga, SIPUUT

Sambal ikan asin Sibolga yang dimasak dengan bawang batak juga merupakan makanan khas disini. Makan hanya dengan nasi panas saja , saya bisa nambah-nambah. Tapi hati-hati, karena daerah tepi pantai, masakan di Sibolga cenderung kadar keasinannya di atas rata-rata. Siap-siap saja.

Selain dibuat hidangan untuk wisata kuliner. Ikan asin juga menjadi oleh-oleh khas Kota Sibolga. Berbeda dengan ikan asin pada umumnya, ikan asin Sibolga memiliki cita rasa tawar, jadi enak buat dimasak, karena tidak seasin ikan asin lain. Kalau mau untuk oleh-oleh, nantinya akan dikemas secara apik oleh penjualnya, jadi tidak akan  berbau karena ditaburi bubuk kopi. Mau dibawa pakai pesawat pun no problema.

Wisata Sejarah

Wisata Rohani

Ngga salah? Di Sibolga? Wisata Rohani?

Iya. Barus, salah satu kota di Tapanuli Tengah, sekitar 2 jam dari Sibolga merupakan tempat dimana Islam pertama kali masuk ke Indonesia sekitar abad ke tujuh Masehi. Ditandai dengan adanya makam Papan Tinggi. Di nisannya tertulis nama Syekh Mahmud Fil hadratul Maut yang hidup pada 34 H sampai 44 H, yang berarti hidup pada masa Umar Bin Khatab sebagai Khalifah. Wallahu alam.Untuk menuju ke makam Papan Tinggi ini harus melalui puluhan anak tangga yang bikin ngos-ngosan.




Makam Papan Tinggi
Gambar dari sini

Warisan Dunia

Masih berhubungan dengan Barus. Pernah dengan kapur barus?. Nah ternyata kapur barus itu ada tanamannya. Namanya Dryobalanops aromatika. Yang tumbuhnya ya di Barus ini. Tepatnya di kecamatan Sirandorung, Makanya namanya diambil sebagai nama zat pengawet dan pengharum itu. Tanaman kapur barus ini merupakan warisan dunia yang harus dilestarikan.

Penasaran bagaimana bentuk pohonnya?. 
Saya juga. Tapi saya belum pernah lihat, tapi menurut informasi para tetua, pohonnya memiliki kulit berwarna merah kehitaman, tumbuh tinggi mejulang dengan diameter yang cukup besar.

Konon katanya, tidak sembarang orang bisa menemukan pohon kapur barus ini. Harus menjelajah hutan selama berbulan-bulan jika tidak menggunakan orang pintar. Kapur barus diambil dari dalam badan pohon berupa getah atau cairan minyak. Cairan ini setelah dipanaskan akan membentuk Kristal kapur barus. Wangi wangi wangi.

Wah masih banyak lagi, kalau saya beberkan satu per satu keindahan dan keunikan kota Sibolga.

Tapi…………

Ada tapinya nih. Saya sedih sekali. Potensi wisata yang sedemikian besar tidak diimbangi dengan pengelolaan dari pemerintah daerah. Di berbagai tempat wisata, baik di pantai maupun di pulau-pulau, dengan mudah kita akan melihat sampah berserakan. Kondisi tempat wisata pun tidak diakomodir oleh infrastruktur yang memadai. Seperti hotel, belum ada hotel yang benar-benar nyaman untuk berlibur. Hotel ada tapi hanya sebatas kelas bintang 2 dan 3. Akibatnya sampai saat ini potensi wisata tersebut kurang optimal untuk menjadi salah satu pendorong ekonomi di Kota Sibolga.

Di Sibolga sendiri, dengan banyaknya sumber energy berupa air terjun , terdapat pembangkit listrik disana. Padahal kalau saja dikelola dengan baik pasti akan menjadi sumber pendapatan daerah yang signifikan. Baik dari potensi kendahan alam, sumber energy sampai hasil lautnya.

Para investor pun akan berbondong-bondong menanamkan modalnya di kota Sibolga.

Nah, Ini nih yang menjadi alasan, kenapa saya ingin mengunjungi Sibolga bersama @Amrazing. Saya ingin membangkitkan potensi wisata yang ada di kota SIbolga dan sekitarnya.

Alasannya?:

Karena saya memiliki ikatan emosional dengan kota ini. Dulu saya bersekolah disini, saat SMA selama 3 tahun di sebuah SMA bernama Matauli yang digagas oleh Akbar Tanjung dan Faisal Tanjung. Pembangunan sekolah itu didasari oleh semangat Marsipatuhure Hutanabe atau Kembali untuk membangun daerah sendiri. Nah sebagai alumni sekolah di Pandan SIbolga, saya memiliki misi untuk turut memajukan kota Sibolga.

14 tahun berlalu sejak saya meninggalkan kota ini. Saat kembali, saya tidak melihat perubahan yang sangat signifikan. Padahal, sekali lagi, dari potensi wisatanya saja, Sibolga bisa mejadi Kota besar tidak kalah dengan kota-kota besar di Sumatera Utara.

Alasan kedua, karena nilai sejarah yang ada disini. Sibolga pernah berjaya menjadi salah satu pusat perdagangan dan menjadi kota pelabuhan di masa lampau. Bukan hal yang aneh kalau Sibolga bisa bangkit dan menunjukkan bahwa sejarah bukan hanya tinggal sejarah tapi sejarah bisa diulang kembali.


Dermaga Sibolga, Sisa-sia peninggalan masa Lalu

Apalagi di Barus terdapat peninggalan sejarah berupa makam tua dan candi, serta pohon kapur barus yang mulai langka. Jika tidak ada perhatian dari pemerintah dan masyarakat, bisa-bisa pohon tersebut punah padahal pohon kapur barus adalah warisan dunia. Saat ini semakin sedikit jumlahnya, kalaupun ada,usia pohon masih muda dan belum bisa untuk diolah menjadi kapur barus.

Jadi, promosi yang harus dilakukan untuk pariwisata yang ada di Sibolga, tidak hanya harus dibebankan ke pemerintah daerah, tapi kita-kita sebagai blogger juga punya peran dalam mensosialisasikan tempat-tempat wisata yang gaungnya kurang terdengar selama ini. Nah kalau pegipegi.com pun turut meliput dan mempromosikannya, tentu misi saya untuk menjadikan Sibolga sebagai daerah tujuan wisata andalan Sumatera Utara bukan sebatas wacana saja.

Kelestarian alam dan peninggalan sejarah serta budaya di Sibolga harus kita jaga bersama, 

Ya sudah, jangan bengong, kemasin koper atau ranselmu. Jelajahi indahnya nusantara bersama pegipegi.com




Foto : Dokumen Pribadi


35 comments on "Sibolga Kota Sejuta Wisata"
  1. Iya Loh Mbak Wind, aku penasaran banget pengen lihat pohon barus. Eh sekarang masih ada nggak atau sudah punah?

    Tadi nonton Trans7 ada segmen traveling ke Kota Sibam di Hadratulmaut Yaman, Eh penduduknya pada pakai sarung kayak di Indonesia loh. Tidak pakai jubah arab gitu. Terus ditemukan juga koran terbitan surabaya tahun1920an di sana. Sepertinya orang2 Yaman dulu udah banyak mampir ke Barus kayak syehk di makam itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ngga tahu gimana bentuknya mbaaa hahaha. Kemarin waktu ke barus, aku dalam rangka dinas jd ngga sempat juga menjelajah sampai ke hutan. Ntar kalau ada kesempatan kesana lagi, mau nyari pohon barusnya ah :0

      Delete
  2. Maaak, ya ampuuun, banyak banget fakta yang terpampang nyata di mari dan aku baruuuu aja tahu loh. Postingan ini super-duper inspiring! Sibolga yak? Daku jadi mupeng mbolang ke sana juga **towel dagu koh Amrazing**
    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. Indonesia ini kalau dijelajahi satu2 ga ada habis2nya, ada banyaaakk destinasi yg bisa didatangi. Kayaknya sibolga bisa jadi target berikut nih

    ReplyDelete
  4. Pengen kesini...smg suatu saat nanti :)

    ReplyDelete
  5. Ya ampuuunnnn bisa sebagus itu ya mak pemandangannya.

    ReplyDelete
  6. Banyak banget yang memesona di Silboga ternyata. Dan spesial khusunya wisata sejarahnya itu lho, menarik sekali. Aku mendengar tentang "Barus" dan hubungannya dg Islam dari novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan... Penasaran ingin berkunjung. Semoga misi mulianya ini bisa terwujud ya... :)

    ReplyDelete
  7. mak windi,, pengen deh bisa jalan2 lagi ke sibolga dan sekitarnya.. pernah sekali mendarat di ferdinand, sebelum mendarat, pemandangan pulau2 di sekitar sibolga cantik sekali kalau dr atas, apalagi bisa melihat dari dekat seperti mak windi..

    ReplyDelete
  8. Cantik mak...keren tulisannya dan wisatanya..

    ReplyDelete
  9. Sibolga masih menjadi impian gw buat kesana :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga terwujud. Ngga kan nyesel deh, sibolga ant tapteng is wonderfull indonesia

      Delete
  10. izin sharing ya
    https://www.facebook.com/zulfahri.lubis?fref=nf&pnref=story

    ReplyDelete
  11. huwa bikin kepengen kesana aja kakak, gutlak ya kak :)

    ReplyDelete
  12. waaaow indahnya....saya kesemsem sama photo pas berduaan..hihi.... mg kapan2 kami pun bisa jalan2 liburan kesana....
    nice sharing mba.... keren

    ReplyDelete
  13. Sumatra Utara ternyata tidak hanya Danau Toba ya, Sibolga juga kereeeen

    ReplyDelete
  14. Sangat senang membaca ceritanya mbak makasi udah menulis tentang keindahan kota sibolga dan tapanuli tengah :) Salam Kenal dari Admin CeritaSibolga http://www.ceritasibolga.tk/

    ReplyDelete
  15. Barus ku Sibolga ku..ternyata setelah jauh melangkah dari tanah kelahiran baru sadar barus dan sibolga punya potensi wisata yg mrnakjubkan dulu waktu masih kecil main ke pantai atau melihat bangunan bersejarah d barus terasa biasa biasa saja, tp setelah lama ngak menapak kan jejak di sana jadi rindu pengen napak tilas lagi d barus yg potensi wisata nya subhanawlah, dr Potensi Laut nya bangunan rumah raja2 barus terdahulu pun masih ada d sana begitu juga benteng2 peninggalan belanda dan makam2 orang cina jg msih ada begitupun sejarah islam nya Makin cintaa dg tanah kelahiran ku BARUS (y) salam kenal dari sulastri tanjung dari Jambi :)

    ReplyDelete
  16. Halo masyarakat indonesia... Bantu kami Greenpack untuk mewujudkan indonesia yang lebih hijau dan bersih. Lebih banyak lengkap tentang kami dapat anda temukan di sini http://www.greenpack.co.id

    ReplyDelete
  17. Klu mau lihat air terjun di Sibolga (ada sekitar 20 air terjun), silahkan cek album Amazing Sibolga di FBku (Hardy Manalu), dan foto yg lainnya msh akan diupload.

    ReplyDelete
  18. Hai mba windi..

    Salam kenal dari saya winnie.benar mba negeri sendiri jauh lebih indah dripada negara tetangga

    Minta infonya donk mba,waktu mba ke Pulau Putri sewa kapalnya kisaran brp?

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. 500 ribu sampe sejutaan kali ga salah. Aku soale kmrn dibayarin kantor hahahaha

      Delete
  19. Permisi mba Minta info biaya kapal ke murshala dong... berapa biaya nya dan kapasitas berapa. Atau ada kontak yg bisa di hub. Thanks

    ReplyDelete
  20. Waahhh .. mantep nih sekalian promosi tempat wisata daerah sendiri.. dan menarik wisat ke sumatera umumnya....
    ngomong2 kalo boleh nambahin utk referensi di tempat kita Indonesia juga ada pulau pulau yang bentuknya unik.. boleh dong baca di link berikut :
    http://www.pedekik.com/inilah-pulau-pulau-unik-dengan-bentuk-paling-aneh-di-dunia/

    ReplyDelete
  21. mbak mau tanyak ne, kalau ngadain kegiatan sekitar 60 orang di pulau poncan bisa gak ya? ada gak pihak yang bisa di hubungi?

    ReplyDelete
  22. saya suka artikel diatas, bagus artikelnya. kalo butuh info pariwisata bisa liat disini http://pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  23. Rendang kerang sama bakwan kepiting di pantai bumi asih itu juara ����
    Di Pandan itu pantainya banyak pasir putih semua tp kayak terbengkalai ya mbak

    ReplyDelete
  24. Numpang iklan bos….
    untuk sahabat yang butuh jasa rental mobil atau jasa antar jemput (taxi) bandara pinangsori “FLZ” (sibolga), Kami Pinangsori Tour&travel siap melayani.
    Telp: 085263096006

    ReplyDelete
  25. Mantab Ni Di Kunjungi...salam kenal Mbak..
    jgn Lupa mampir Sejenak
    http://www.budipradana.com/

    ReplyDelete
  26. http://www.budipradana.com/2018/01/keindahan-wisata-daerah-tapanuli.html
    Sesekali Kemari mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature