Baby Shower

Monday, November 10, 2014

Entah kebetulan atau tidak, tahun lalu saat saya melahirkan bayi pertama saya ke dunia ini bebarengan dengan beberapa orang teman saya. Ya tahun 2013 kemarin itu memang banyak banget istri teman suami, teman sekantor, sampai adik saya juga ramai-ramai menambah jumlah populasi manusia di dunia yang semakin sesak ini.


Kalau sering nonton film-film Hollywood di sono tuh ada satu tradisi yang diperuntukkan buat menyambut kelahiran si jabang bayi, baby shower namanya. DI usia kehamilan memasuki 7 bulan, teman-teman si bumil akan menggelar semacam party kecil gitu, mengundang para sahabat yag masing-masing akan membawa kado buat si calon mommy dan calon baby tentu saja. Adegan yang paling saya ingat  itu di acara baby shower dalam serial friends. Dimana Phoeby lagi hamil gede dan super duper sensitive. Akibatnya semua kado yang dibawa para sahabat bukannya membuat doi sumringah malah membuat Phoeby nangis sesunggukan. Dikasi celana hamil, tersinggung, dikasi boneka marah, dikasi dot susu ngamuk, hahaha alasan hormon pastinya yang menjadi si penyebab.



Pengalaman pribadi sih, waktu lahiran Tara saya banyak banget dapat baju bayi, mulai dari yang model astronot sampai baju carter itu yang sepaket2. Seneng banget nerimanya soalnya lucu-lucu. Tapi karena yang ngasih banyak banget sementara saya juga udah beli banyak ( maklum anak pertama), akhirnya ngga semua kado-kado itu bisa terpakai. Beberapa, saat saya mau pakein ke Tara, eh ternyata sudah ngga muat, kekecilan, kelamaan ditumpuk di lemari. Banyak juga dapat sepatu baby, tapi karena sampai umur 5 bulan Tara jarang banget saya bawa keluar, ya sepatu bayinya juga ga kepakai, sayang banget.

Akhirnya kado-kado Tara yang ngga sempet dipakai itu, saya kasih ke sodara yang kebetulan anaknya lahir cewek, sekalian ngado xixixix.

Nah, sebagai seorang mommy baru dan udah berpuluh kali wara-wiri datang ke rumah teman yang baru lahiran, saya simpulkan ada beberapa kado yang siapapun pasti ngga akan bereaksi kaya si Phoeby itu dan ngga akan mubazir sama si emak baru . Kadang saat mau beli kado, kita pasti mikir, “ Ah ntar dia udah punya”, biar praktis kasi baju aja atau bedak dan antek-anteknya. Nah saya puny ide beberapa kado yang ngga mainstream dan tetap yang nerima bakal pakai walaupun udah punya.

  1. Selimut Bayi

Kebanyakan ibu, hanya membeli satu buah selimut bayi sebagai persiapan kelahiran. Padahal selimut bayi ini ntar bakal dipakai terus di awal-awal dede lahir. Mau imunisasi, pakai selimut, mau dibawa ke rumah oma pakai selimut, bahkan jalan-jalan cantik pun si selimut kudu dibawa. Kalau mau praktis, bisa juga digunakan sebagai alas stroller.

Harga selimut bayi juga ga mahal-mahal amat, berkisar 60 ribu sampai 200 ribu tergatung bahannya. Masih oke lah kalau untuk budget kado. Teman saya, saya kadoin selimut, dipakai kemana-mana tuh, seneng banget ngeliatnya.

  1. Gendongan bayi type sling
Pas buka kado Tara, saya dapat 3 buah kado gendongan sling dengan berbagai corak dan model. Ini berguna banget lho moms. Kalau masih bayi sih paling enak gendong dede pakai jarik, tapi ntar di usia 3 bulanan lebih, gendongan sling ini praktis banget dibawa kemana-mana.

Nah, karena bahannya yang kebanyakan terbuat dari kain, karena sering dipakai, jadi cepet kotor. Makanya walaupun si mommy baru sudah beli gendongan sendiri, dapat kado gendongan sling ini juga membantu banget.

Kalau mau ngado ini, saya saranin pilih yang lingkarannya terbuat dari besi, karena lebih enak di pakai. Warnanya juga yang natural kayak coklat, kuning, atau biru, lebih bisa dimatchingin sama baju soale.

Harga? Hmm kisaran 150 sampai 200-an udah bagus kok

  1. Carrier
Tara dapat juga kado carrier, lupa saya merknya apa. Tapi ternyata pada saat dipakai ribet banget, harus silang sana silang sini. Saya yang kalo pergi suka rempong, akhirnya malah ngga bisa memakainya. Jadi saran saya kalau mau ngado carrier gitu, pilih yang simple. Rekomendasi saya, ergo baby carrier atau cuddle me. Saya sudah pakai ergo dan suka banget ngadoin ergo ke temen, soalnya praktis dan uhuy banget.

Ngga usah yang ori lah, karena yang ori mahal bingit. Yang KW aja udah lumayan. Harganya 250 ribu sampai 300 ribu tergantung OL nya dan tergantung motif. Sumpah, ini kado berguna banget.

  1. Seperangkat dot susu dan pernak perniknya
Ehhhm, ini boleh dilewatkan deh, soalnya semua ibu maunya kan ASI Eksklusif ya, dan sebisanya ngga ngenalin dot ke anak.Tapi saya bakal girang banget kalau dapat kado botol susu dan pernak-perniknya, kayak sikat dot, dan sabun cucinya. Ih ini kan pasti terpakai, walau udah punya banyak. Kalau beli yang merk Pigeon, paling abis 100 ribu sd 150 ribuan.

  1. Tas perlengkapan bayi

Duh, tas perlengkapan bayi itu penting pakai banget deh. Yang bisa nampung semua-muanya, kayak popok, baju, celana, tisu, biscuit, bedak, susu,obat,air putih. Walau udah punya, kalau dapat kado tas bayi, bersyukur banget tuh.

Kisaran harganya di 150 ribu sampai sejutaan. Yang 150-an ribu udah bagus kok, merk babyscot gitu. Udah lumayan bingit. Kalau budgetnya gendut, bisa beli merk, modelnya keren-keren.

  1. Tas ASIP

Kado ini khusus buat mommy yang kerja, soalnya buat mommy di rumah biasanya sih ngga perlu. Nah, ini perlengkapan yang biasanya dibeli si mommy belakangan, menjelang masuk kantor. Jadi sangat tepat diberikan setelah lahiran.

Recommended merk Gabag. Made in Indonesia, menahan dingin sampai 16 jam, dan kalau beli langsung dapat ice gel 2 biji, modelya juga lucu-lucu. Kisaran harga 130-200 ribu.

  1. Bantal Menyusui
Menyusui bayi itu sangat melelahkan, kalau belum mahir tangan bisa pegel banget. Nah, bantal menyusui ini fungsinya untuk meletakkan bayi, dan menopangnya di depan dada. Jadi tanggal ngga sampai kesemutan walau nyusuin dalam waktu lama, posisi bayi juga bakal pas banget di depan dada.

Dengan harga rata-rata 150 ribu sampai 300 ribu, yang nerima udah sumringah bangetlah.


Itu deh, Tujuh hadiah dengan harga yang masih terjangkau kantong dan  worthed banget buat mommy baru. Sebenarnya kalau budget untuk kadonya lumayan banyak, bisa beli breast pump, sterilizer. Tapi rata-rata harganya di atas 300-an jadi agak berat di kantong, kecuali patungan xixixi.

Oya biasanya di toko bayi  pasti ada jual satu set baby gift gitu, yang isinya baju, kaos kaki, celemek, topi, sarung tangan.  Kalau harganya di bawah 150 ribu lebih baik ngga usah dijadiin kado deh, soalnya bahannya ngga bagus. Saya beberapa kali beli dan merhatiin. Jadi sayang banget, udah beli mahal-mahal tapi kualitasnya kurang. Kalau mau kasih baju, mending beli satuan aja, dengan harga yang sama tapi kualitasnya jauh lebih baik.

Namun sebenarnya apapun yang diberi orang tersayang, itulah bentuk perhatian yang sesungguhnya, tanpa melihat apa isi di dalam kado itu, bahkan kehadirannya pun sudah merupakan kado terindah.

Oke moms, selamat berbagi kebahagiaan bersama sahabat tercinta. Let's shower the baby :)






8 comments on "Baby Shower"
  1. Kapan hari, temen kantorku juga ada yg lairan bayi mak. Daan, karena binguuung, aku kasih kado duit, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kok ga ada yg ngasi duit ya hahaha. Kalo dpt duit malah enak mak. Tp suka bingung mau ngasi brp.takut kedikitan atau kebanyakan :b

      Delete
  2. duuh jadi pengin punya bayi lagi biar dapat kado2 keren dari mak Windi...hihi....btw barakallah atas kelahiran anaknya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mak punya baby lagi, biar dapet kado banyak hahahaha

      Delete
  3. jadi pengen beli carrier.. tapi nanti kalau dah pny anak hihi

    ReplyDelete
  4. iya mba, carrier enak banget buat pergi2, ngga terlalu capek

    ReplyDelete
  5. jd inget wkt melahirkan... sbelum nengok, tmn2 kantor nanya dulu sm saya butuh kado apa, budgetnya x rupiah... hiks jd kangen sm mreka :D

    ReplyDelete
  6. wah kalau saya kadoin yang buat dede bayi biasanya selimut atau gendongan yg sling ..ternyata masuk ke rekomen di atas ,haha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature