Orang Pintar banyak Cara, Orang Malas Banyak Alasan

Tuesday, September 10, 2013
Orang Pintar Banyak Cara, Orang Malas Banyak Alasan

Kalau kalian sempat, sekali-kali mampirlah ke BRI di jalan Putri Hijau Medan. Kalimat di atas akan menyambut siapapun yang menginjakkan kaki ke dalam gedung berlantai tiga tersebut. Dalam satu hari saya bisa membacanya sampai puluhan kali. Dulu kalimat ini pun menghiasi tembok putih di unit kerja saya sebelumnya yaitu Tebing Tinggi.

Saya tidak bisa lebih setuju dengan apa yang terkandung di dalamnya ( ceilah bahasa guweh udah kayak vicky ajah). Bahwa hanya orang malas yang apa-apa selaluuu aja punya alasan. 

" Kok karirmu gitu-gitu terus? "
" Iya, bos saya nepotismenya tinggi sih "

" Ngerjain berkas kredit satu debitur ajaaaa lamanya minta ampun "
" Abis jaringan lelet sih, masukin data ke aplikasi jadi lama"

dst .....dst......

Saya suka sebel sama orang yang selalu punya alasan kalau melakukan kesalahan atau tidak melakukan tanggung jawabnya dengan baik. Karena seperti kalimat di atas, harusnya selalu ada cara untuk mengatasi setiap masalah, bukan hanya bertamengkan alasan.

Saya pikir selama ini saya termasuk golongan orang di dua suku kata pertama, ternyata saya SALAH BESAR.

Beberapa waktu lalu setiap ada orang yang nanya kok saya bisa nulis, ikut lomba dengan tema yang lumayan berat padahal siangnya saya kerja, kapan waktunya. Dengan entengnya saya menjawab bahwa kalau ada niat apapun bisa dilakukan. Bahkan ada beberapa teman yang minta tips gimana caranya membagi waktu antara keluarga, pekerjaan dan passion saya dalam menulis.

Tapi.............. sekarang ini sepertinya saya harus mengakui, bahwa saya ternyata termasuk golongan orang yang punya seribu satu alasan untuk menutupi ketidakmampuan saya.

Sejak melahirkan putri kecil yang begitu menggemaskan, dan kembali ke dunia kerja, saya seperti selalu kehabisan waktu dan dikejar-kejar rutinitas. Boro-boro untuk menikmati " Me Time ", bahkan untuk merasakan tidur nyenyak saja merupakan sesuatu yang mahal bagi saya saat ini.

Rutinitas setiap harinya, bangun pagi jam lima, mandi, sholat subuh, Tara bangun, nyusuin Tara sampai setengah tujuh, pakaian, dandan, beberes, jam tujuh berangkat ngantor. Pulang kerja diusahain on time, namun se teng go teng go nya, tetep jam setengah enam baru bisa keluar kantor. Macet di jalan, ditambah saya memang baru bisa naik mobil, sehingga jalannya masih alon-alon asal kelakon, akhirnya nyampe rumah menjelang maghrib juga, pyuuuuuh.


Nyampe rumah, langsung megang Tara, nyusuin, main-main bentar, sholat maghrib, makan malam, nyusuin lagi, Tara tidur saya pun ikutan tidur. Tara punya rutinitas minum susu setiap 2 jam sekali. Jam 11 dia bangun, kemudian jam satu, jam tiga dan terakhir jam 5 pagi. Itu kalau Tara lagi baik budi dan ngga rewel. Belakangan ini Tara susah banget tidur malam, maunya main terus, ngoceh-ngoceh, ketawa-ketiwi. Duuuhhhhh, pengennya nemenin Tara tapi apa daya jasmani ngga mau kompromi, terkadang si Tara masih segar bugar, matanya masih 100 watt saya sudah tepar.

ni malam2 masih ngajak main :D

Selama ini saya berkomitmen terhadap diri sendiri, bahwa begitu saya tiba di rumah ngga ada cerita anak saya dipegang ART lagi. Masa udah seharian ditinggal, malam pun Tara sama kakaknya, jadilah walau ngantuk-ngantuk, setengah sadar setengah mimpi sepanjang malam Tara berada di dalam dekapan saya. Begitu pun Sabtu Minggu, mulai dari mandiin sampai ngurusin semua keperluan Tara saya lakukan sendiri untuk menebus waktu yangs saya lewatkan dari Senin sampai Jumat.

Kalau dulu, malam merupakan sahabat setia saya untuk menulis, sekarang begitu ada waktu luang dikit, saya lebih milih tidur daripada megang laptop. DI kantor pun, sepertinya pekerjaan berkonspirasi sehingga tak sedikit pun tersisa waktu untuk sekedar menulis satu postingan geje seperti dulu. Karena ingin pulang secepatnya, maka selama jam kerja saya benar-benar manfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan, supaya ngga ada cerita kerjaan dibawa-bawa ke rumah, atau lembur di hari libur untuk ngerjain yang ngga selesai.

Trus, pertanyaannya, kapan dong saya bisa nulis ?...... huhuhuhu

Makanya beberapa waktu lalu saat ada tantangan #10daysforasean, saya ngotot mendaftarkan diri. Saya pikir dengan begitu saya akan mau tidak mau terpaksa menulis dan bisa keluar dari hibernasi yang saya lakukan. Tapi ternyata... saya kalah. Saya ngga mampu bahkan hanya menulis satu postingan setiap hari. Padahal temanya juga sudah ditentukan. Walau ngga bisa dibilang gampang tapi semuanya bisa dicari di google. 

Maka yang terjadi adalah setiap di lempar tema untuk hari itu, saya curi-curi waktu untuk searching literatur yang mendukung. Ngga bisa ngulik-ngulik google pakai laptop, hape jadi satu-satunya yang paling praktis dan bisa saya gunakan. Sambil merah ASI di kantor, disitu saya baca artikel-artikel yang saya butuhkan. Makan siangpun disempet-sempetin buat baca-baca. Niatnya ntar malam nyampe di rumah baru nulis buat tema hari itu. Tapi rencana tinggal rencana, begitu sampai di rumah, peran sebagai wanita karir pun harus ditanggalkan. Si imut Tara begitu menggoda iman, akhirnya tulisan yang sudah terangkai di kepala pun hanya ngendon di otak saja tanpa sempat tertuang ke dalam blog karena deadline yang sangat sempit. 

Dan, sampai event #10daysforasean berakhir saya hanya bisa menulis sampai tuntas beberapa tema saja. Beberapa ada yang sempat saya tulis sebagian, kemudian terputus oleh rengekan Tara yang minta haknya untuk disusui. Sebagian ibu mungkin bisa nyusuin sambil nulis, kalau saya kok ngga bisa yah. Momen menyusui adalah momen yang begitu intim antara saya dan bayi mungil saya, sehingga rasanya eman-eman kalau disambi kegiatan lain. 

Hmmm, akhirnya saya harus akui, bukan karena tidak sempat atau karena repot ngurus bayi, tapi memang saya yang belum bisa memanage waktu dengan baik, sehingga sampai detik ini, berbagai info lomba menulis hanya teronggok begitu saja di folder lepi saya. Hasrat hati ingin kembali bersinar di dunia maya, apa daya ternyata kapasitas saya tidak mumpuni.

Walau sering terbersit, " Emak yang lain bisa, bahkan yang punya balita tiga orang kayak mba Leyla aja bisa nerbitin buku di tengah kerempongannya, masa saya kalah sih ". Pada akhirnya saya memang kembali menyalahkan waktu sebagai alasan untuk menutupi kelemahan saya.

Orang Pintar banyak Cara, Orang Malas Banyak Alasan

Semoga saya segera menemukan cara untuk kembali menulis di sela rutinitas baru yang alhamdulillah membuat saya merasa menjadi perempuan paling bahagia di muka bumi ini.

Doakan sayah ya maaaks :))



19 comments on "Orang Pintar banyak Cara, Orang Malas Banyak Alasan"
  1. Sepertinya saia masuk orang malas yang sibuk berkonspirasi alasan. Mempertakut apa balita statusisasi. # susahnyaaa bahasa vicky

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa menyebabkan dekadensi moral kalu kita tidak bisa mengkolaborasi antara statusisasi IRT dan passionisasi writing, halah

      Delete
  2. hiks.. mungkin saya juga termasuk golongan yg tdk bisa memanage waktu dengan baik.. smoga kita bisa ya Mak, secepat mungkin memanage waktu.. sy sudah mulai sedikit2 tp konsisten.. bismillah ya Mak.. sama2 mendoakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, semoga kita bisa kembali ke jalur yang benar ya :D semangat maaaak

      Delete
  3. semangat ah win! kalau masih bayi banget emang agak susah disambi2 tp kalau uda diatas 3 bulan bisa ko, krn lamanya waktu menyusui itu kalau ga disambi yg ada ngantuk berat sayahmah ahahahha (pdhl PR numpuk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh.. ntar bisa nyambi nyusuin klo bayi udah bisa duduk tegak. Jd dia nyusunya sambil duduk, kita ngetik :D

      Delete
  4. Waduuh ada namaku disebut :)))
    Aku kan di rumah, Win, jadi seharian full ngasuh anak. Anak2 tidur jam 7-8 malam, baru deh aku nulis. Pembagian waktunya: siang itu untuk anak-anak. Waktu 3 bulan pertama, fokus ke bayi, karena memang malam pun bayi kudu ditemani. Sekarang bayinya udah bisa main sama kakak2nya, jd bisa deh siang2 aku ngintip2 kompi hehe....
    Jadi Windi mah lebih hebat dari aku, karena siangnya kerja :)))
    Insya allah ntar ada waktunya utk nulis. Sekarang mengalah dulu sama anak.

    ReplyDelete
  5. Tenang win.. ini cuma berlangsung 6 bulan aja kok kalo kamu nberencana utk asi eksklusif. Setelah itu nyantaii.. bisa nulis dan koprol segala..kecuali kalo berencana mo ngasi adik utk Tara..hehhehe
    Btw dulu aku pernah bilang bahwa kebiasaan tidur dan aktifitas ibu ketika hamil akan menular ke kebiasaan anak dan aktifitas anak. Hmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba ade, kayaknya Tara ngikut jam tidurku waktu hamil. Aku kan suka banget begadang dulu, makanya tiap jam setengah 12 jeng jeng...... Mata Tara terbuka lebar dan malam panjang pun dimulai : D

      Delete
  6. Iyaaah Mba Win, Tara masih baby...emang alami dia terbangun beberapa jam sekali dan waktu tidur kita pun ikut dieliminasi *aaach.

    Eiya, akupun sempat tuuuh...bangun sembari bermimpi ngurusi Faiz waktu masih baby. Padahal kala itu full mother..tapi emang kalau sudah main bareng baby enggak bisa diganggu lhooo...

    ReplyDelete
  7. Whahahaha bahasa viki semua yang komeng :D

    ReplyDelete
  8. Nggak papa Mbak Windi, ntar ada waktunya bisa nulis lancar jaya lagi. Sekarang nikmati dulu saat-saat ini :)

    ReplyDelete
  9. Nulis dalam hati dulu kali yah.. :)

    ReplyDelete
  10. Tetap semangat ya mak ..... pilih prioritas yg memang hrs didahulukan dulu aja Mak... :)

    ReplyDelete
  11. kalo bayi masih 3bulan kebawah emang jam tidurnya suka berubah-ubah, tapi ntar 4bulanan pas mulai bisa tdr nyenyak di malam hari pasti dirimu bisa kembali bersinarisasi di dunia maya mbak :D

    ReplyDelete
  12. emang repot mba kalo bayi nya masih kecil apa lagi di tangani sendiri

    ReplyDelete
  13. Aku pun begitu, Win. Bayi udah gede, nulis masih aja males... :(

    ReplyDelete
  14. memang sulit kalo kayak begituan... kiranya bisa melewati semua permasalahan tersebut...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature