Laos, Penambah Cita Rasa ASEAN

Saturday, August 31, 2013
LAOS

Jujur saja, saat mendengar kata Laos, hal yang pertama terlintas di benak saya adalah bumbu dapur berwarna merah muda,xixixi. Memang diantara teman-temannya seperti jahe,kunyit,kencur, laos termasuk umbi-umbian yang gampang saya ingat,soalnya bentuknya berbeda dibanding kroni-kroninya.


Berbeda dengan laos bumbu dapur yang unik, negara Laos malah susah sekali saya ingat. Tak ada satu pun hal yang saya tahu tentang negara ini kecuali ia adalah anggota negara ASEAN. Ya dibanding negara ASEAN lain, Laos memang termasuk negara yang belakangan bergabung.

Selain sebagai negara anggota ASEAN, yang saya ketahui tentang LAOS adalah saat negara ini dikalahkan oleh Singapura pada laga terakhir babak grup piala AFF 2012. Hahaha ini sayanya yang kuper atau memang negara ini yang memang kurang gaungnya ya.

Baiklah mari kita kulik-kulik si negara bumbu dapur ini, eh maksud saya si negara seribu gajah.


Kalau melihat dari peta, secara geografis Laos dihimpit oleh Vietnam,Thailand, Kamboja dan China. Kondisi tersebut membuat Laos menjadi satu-satunya negara di ASIA Tenggara yang tidak memiliki wilayah lautan.

Menurut yang saya bacai di Google, kota Viantiane merupakan tujuan wisata utama jika kita ingin berkunjung ke negara seribu gajah ini. Katanya sih ,saat kita menelusuri jalan-jalan di Kota Viantiane serasa berada di jalan Prawirotaman Malioboro Jogjakarta. DImana di sepanjang jalan tampak hotel-hotel kecil dan guest house untuk menampung para wisatawan. Wah ternyata memang antara negara ASEAN yang satu dan lainnya itu memiliki kemiripan-kemiripan yang entah disengaja atau tidak. Kamboja punya candi dengan relief yang mirip dengan candi Borobudur, Malaysia memiliki kemiripan bahasa,Vietnam punya kopi senikmat kopi Indonesia, dan Laos pun tak mau ketinggalan juga,ckckckck.

Berbeda dengan negara ASEAN tetangganya Vietnam yang pertumbuhan ekonominya melaju pesat, tidak demikian halnya dengan Laos. Pertumbuhan ekonomi terhambat disinyalir karena banyaknya penduduk yang berpendidikan tinggi pindah dan mencari kehidupan yang lebih baik di luar negeri. Hal tersebut karena tidak tersedianya lapangan pekerjaan  yang memadai.

Bukan saja lapangan pekerjaan, infrastruktur di negara ini pun masih ketinggalan di banding negara-negara tetangganya. Jalur transportasi dan telekomunikasi belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya
Tentu saja hal ini tidak sejalan dengan isi deklarasi Bangkok yang menjadi kesepakatan di antara anggota negara ASEAN. Yang antara lain berisi bahwa pembentukan negara ASEAN bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan kerjasama dan saling membantu antar negara anggota untuk kepentingan bersama baik dalam bidang ekonomi,social,teknik ,ilmu pengetahuan dan administrasi.

Selain kondisi perekonomian dan sarana prasana yang berada di bawah negara anggota ASEAN lainnya, peran Republik Demokratik Laos di ASEAN bisa dikatakan belum banyak berkontribusi. Tenggelam di dalam bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju.

Menurut saya, untuk mensejajarkan diri dan turut berkontribusi maksimal sebagai negara anggota ASEAN , Laos perlu melakukan investasi diplomatic dan menjalin kemitraan dengan dunia internasional khususnya negara-negara ASEAN.

Sejalan dengan Asean Economic Community, bahwa ekonomi suatu negara salah satunya dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang ada. Seperti dijelaskan di atas, pada kenyataannya sumber daya manusia terbaik di Laos yaitu orang-orang dengan pendidikan tinggi lebih memilih berkarya dan mengadu nasib ke negara lain. Hal tersebut dikarenakan lapangan pekerjaan yang tidak memadai.

Untuk itu, Laos bisa memberi kontribusi ke negara-negara ASEAN khususnya dengan memberi kemudahan dan menawarkan peluang investasi ke negaranya. Dengan masuknya para investor dari negara-negara ASEAN ke Laos diharapkan laju pertumbuhan pembangunan akan meningkat yang akan diikuti dengan munculnya lapangan-lapangan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan berskala internasional. Dengan begitu para penduduk berpendidikan tinggi bisa mendedikasikan diri ke negaranya sesuai dengan standar yang diharapkannya. Hal ini juga akan mendorong para generasi muda di Laos untuk optimis terhadap masa depan mereka.

Dengan dibukanya peluang investasi, secara tidak langsung akan mempengaruhi segala lini kehidupan. Tidak menutup kemungkinan sektor pariwisata pun akan terangkat. Dan sebelum sektor pariwisata Laos bisa diangkat untuk memperkuat ikon wisata di Asia, sudah saatnya pemerintah Laos sowan ke negara ASEAN Singapure untuk mencontoh sitem transportasinya. Transportasi yang baik, akan sangat mempengaruhi perkembangan pariwisata di suatu negara.



Banyak tempat wisata yang bisa diandalkan di Laos. Ga tanggung-tanggung, terdapat 1.493 situs pariwisata resmi. Dari jumlah tersebut 849 diantaranya adalah lokasi dengan keindahan alam,435 situs budaya dan 209 situs bersejarah.

Ke Laos belum lengkap tanpa berkunjung ke kota bersejarah, salah satu warisan situs dunia Unesco yaitu  Luang Prabang, Kota Vang Vieng,Tat Xuangzi dan ibukota Viantiane. Belum lagi candi Khmer yang termasuk dalam daftar peninggalan sejarah dunia. Dan tak lengkap rasanya tanpa menyebut candi Kuno di That Luang serta situs rausan batu megalitik di Plain of Jars.

Investasi hubungan diplomatic antara Laos dan negara-negara ASEAN dengan saling menempatakan duta besarnya di negara lain membuat laju pertumbuahn ekonomi setiap negara akan tumbuh positif. Dan dengan kerjasama antara sesama anggota ASEAN dalam mewujudkan isi deklarasi Bangkok, bukan hal yang mustahil tidak akan ada kendala dalam menyongsong Asean Economis Community tahun 2015 mendatang.

Seperti halnya bumbu laos yang berguna untuk menambah cita rasa makanan, Laos pun akan berkontribusi menambah posisi negara-negara ASEAN di mata dunia.,Laos pun akan berkontribusi menambah posisi negara-negara ASEAN di mata dunia.


1 comment on "Laos, Penambah Cita Rasa ASEAN"
  1. Mbak Windi mash sempat menulis di sela2 kesibukan ngurus bayi ya. Salut :)
    Moga sukses yaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature