Seandainya Saya Tidak Ngeblog, So What Gitu Lho???

Wednesday, May 22, 2013
Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mamiri Minggu ke tujuh dengan tema :


Seandainya saya tidak ngeblog?

Yang pasti dunia ngga akan kiamat
Langit masih biru
Bunga pun tak layu
Eyang Subur masih digugat Adi Bing Slamet
Arya Wiguna masih tenar dengan "Demi Tuhannya" ( ngga banget deh )
Dewi Persik masih sama alaynya
Dan yang pasti Lee Min Ho tetep ngga mau sama saya xixixi




Kenapa???????

Tapi dari semua itu, satu hal yang pasti seandainya saya tidak ngeblog saya ngga bakal dapat banyak rezeki yang melimpah ruah dari kegiatan dunia maya paling memabukkan ini, dan dengan cara yang tidak perlu berpeluh keringat .

Kilas balik cerita awal mula saya ngeblog dulu ah.

Pertama kali tau blog itu jamannya Friendster. Saya ngeblog pakai fasilitas yang disediakan medsos ini. Dulu tampilannya masih simpel banget, ngga kayak platform blog yang ada sekarang. Polos aja, cuma postingan doang. Isinya curcol geje tentang kerjaan. Karena dulu belum merit jadi isi blognya juga tentang rasa-rasa di hati, ceilah, dan sangat berharap yang dituju membaca apa yang saya tulis. Sayang ga lama kemudian FS collaps, tulisan saya pun terkubur di dalamnya. Dan sialnya saya sama sekali ngga nyimpan salinannya, karena kalau nulis langsung di blog. Heeeh ya sudahlah.

Akhir tahun 2009 saya mulai ngeblog lagi, pakai blog yang sekarang ini. Isinya?? tetep masih curcol sekitaran kehidupan sehari-hari. Paling sering ngomongin suami, karena saya udah nikah dan menurut saya kisah kasih dengan si pemilik tulang rusuk saya ini terlalu sayang untuk tidak didokumentasikan.

Barulah kemudian karena ada teman kantor yang muji tulisan saya, katanya asik, ada yang bilang renyah ( kayak kerupuk kriuk-kriuk alias garing) saya pun terkompori untuk mulai menulis serius. Mulai ikutan lomba-lomba yang ada. 

Saya ini pada dasarnya orang yang sangat suka berkompetisi dan terkadang suka iri-an kalau lihat orang lain berkarya lebih baik. Tapi , iri saya masih iri yang positif, karena saya ngga pernah iri karena keberhasilan orang tapi lebih ke iri karena pengen bisa seperti dia bahkan lebih.Jadi saat tahu ada teman saya yang nerbitin buku antologi saya kepo banget, "Kok bisa?, gimana caranya?, emang tulisan dia gimana sih?". Pertanyaan tersebut datang menggerayangi otak saya.

Setelah cari info sana-sini, barulah saya ngeh kalo ada yang namanya lomba menulis dan hadiahnya ntar tulisan kita dibukukan. Wow, saya langsung ikutan. Perhatikan deh, di awal-awal postingan blog ini, isinya info audisi menulis semua, sanking semangatnya saya. Dan alhamdulillah beberapa lomba yang saya ikuti,tulisan saya nyangkut juga untuk dibukukan. Bangganya ampuuun deh, sampe woro-woro di FB. Tapi kalau sekarang saya baca-baca lagi bukunya, aiiih malu rasanya, tulisan saya ternyata masih ambradul banget. Tapi bagaimanapun itulah cikal bakal semangat saya untuk mulai serius ngeblog dan nulis.

Selain suka berkompetisi dan suka iri-an saya juga orangnya pembosan. Jadi setelah antologi saya terbit 5 biji ( yaelah baru lima ) saya udah bosan, trus berhenti ngga pernah lagi ikutan lomba antologi. Saya mulai melirik lomba blog. Alasan utama saya, ngileeeeer liat hadiah yang ditawarkan. Bayangkan coba, cuma nulis buat suatu produk tertentu hadiahnya bisa dapet gadget atau uang tunai. Hadoooow, jiwa matre saya menggeliat. 

Pertama kali lomba blog yang saya ikuti itu adalah di jadiberita.com. Kita disuruh nulis tips atau berita atau artikel yang orisinil buatan kita, kalau bisa diselipin sedikit humor dan merupakan hal yang baru. Hadiahnya ngga gede, hanya duit 150ribu utnuk tiga pemenang. Saya langsung ikutan, nulis tentang tips supaya dapet tempat duduk yang kita inginkan di pesawat. Ini tips benar-benar berdasar pengalaman pribadi, karena saat itu dalam satu bulan saya bisa menggunakan maskapai penerbangan minimal 4 kali.Wooo, baru pertama ngontes, saya langsung juara satu, siapa cobaaaa yang ngga jadi ketagihan.

Maka sejak itu, kalau ada lomba blog saya ngga pernah absen. Kalau masih ngerti temanya, saya pasti ikutan. Tapi berikut-berikutnya saya ngga terlalu ngoyo dengan hadiahnya, hanya penasaran aja dan gatel rasanya kalau ngga ikut. Sensasi melihat pengumuman pemenang itu begitu menggoda apalagi kalau melihat nama kita ada di dalamnya, hadiahnya cuma seuprit pun tetep bahagia luar biasa.

Dan sampai saat ini, dari kegiatan ngeblog  saya sudah mendulang banyak banget hadiah baik barang,uang, maupun voucher belanja. Bahkan isi rumah saya bisa dibilang dipenuhi oleh hadiah karena ngeblog. Ngga pernah kebayang bisa memboyong mesin cuci, AC, TV,Oven cuma dari nulis. Selain itu saya juga merasa ada di lingkaran blogger nasional, dalam arti cakupan pergaulan saya sudah meluas.Jadi punya teman dari ujung Barat sampai ujung Timur. Dan itu semua ngga akan kejadian kalau saya ngga ngeblog. (lihat Winning Something )

Bukan itu saja, saya jadi kenal penulis-penulis keren dari ngeblog. Fauzan Mukrim, itu penulis yang saya kagumi, gara-gara sering mengunjungi blognya, ninggalain komen, eh malah jadi kenal ( kenal dunia maya aja sih ). Trus dari ngeblog juga jadi tahu secara pribadi kehidupan para penulis tersebut, jadi berasa deket. Ah siapa bilang infotainment itu perlu?, ngga perlu sama sekali, wong dari blog aja bisa tahu kok gosip-gosip yang dulu menerpa Dewi Lestari, malah dapet info real dan terpercaya dari orangnya langsung.

Yang tergress, gara-gara ngeblog, ibu saya yang pengen banget ketemu menteri lingkungan hidup jadi kesampaian keinginannya. Saat saya memenangkan lomba blog Aqua, ibu saya mewakili saya untuk menerima hadiahnya di Jakarta, dan entah kebetulan atau memang jodohnya ibu saya, si menteri hadir disitu. Wow, melihat senyum sumringah ibu  rasanya bersyukur banget saya terdampar di dunia bernama blog ini.

Ibu Saya saat Menerima Hadiah Lomba Aqua

Bersama Menteri Lingkungan Hidup

Jadi, seandainya saya tidak ngeblog, ngga ada yang akan dirugikan, dunia juga akan berjalan seperti biasa, saya mungkin akan punya waktu lebih banyak buat mantengin sinetron kajol di tivi yang sampai saat ini ngga pernah saya tonton. Buku-buku yang masih berplastik di lemari pun akan lebih cepat saya lahap. 

Tetapi ...............lebih banyak keuntungan dan hal luar biasa yang saya peroleh karena saya ngeblog. 

Salah satunya saya bisa berinteraksi dengan para blogger dan teman-teman yang bakalan komen di postingan ini. 

Alohaaaa, love you guys :)).




33 comments on "Seandainya Saya Tidak Ngeblog, So What Gitu Lho???"
  1. love you too
    #contestbloghunter :)

    ReplyDelete
  2. waaah...., mesin cuci, AC, TV, oven, luar biasa tuh Mbak, plus plus keuntungan yang masih buanyak lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas banyak banget keuntungan ngeblog. jadi kenal mas akhmad "fatonah" eh xixixi

      Delete
  3. Hi Mba Windi...pertama saya mau eksis ngeblog aku nemu blog Mba Windi deh kayaknya di google...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuuh kan, tambahin ah, gara-gara ngeblog jadi ditemuin orang di google, ahahaha. aku juga sering mampir ke blog kamu lhooo

      Delete
  4. bumil, minta tipsnya biar menang dong..hehe

    saya belum pernah icip2 rasanya menang diblog..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah saya tulis mba, tapi bukan tips sih,cuma pengalaman aja saat tulisan menang http://windiland.blogspot.com/2013/04/just-sharing-how-to-be-winner.html

      Delete
  5. Wahhhhhhh.... Nama Windi juga nempel di ingatanku di baw karena seorang blogger hunter

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya yah mba, kesasar di grup penulis keren padahal aslinya bloger mood2an

      Delete
  6. pinginnnnn banget bisa sering nulis di blog ato jd blogger
    bagi2 ilmunya dong mbk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sering nulis , ya itu mah tergantung motivasi diri yah. aku tuh mood2an juga nulis, pas ada waktu bisa nulis sampe tiga postingan, kalo lg sibuk ya seminggu paling satu. ayo mba nulis aja, ngga pake ilmu2 ajaib kok ;)

      Delete
  7. mbak windi emang tulisannya enak banget dibaca. nggak heran sering menang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya kriuk2 kan miss rochma, hahaha. makasi yah, :)

      Delete
  8. Dengan blogging kita bisa menghasilkan dan menadapatkan nilai lebih. karena setiap prestasi hasil sbuah karya akan dapat menghasilkan hal yang positif di kemudian hari.

    Sukses selalu
    Salam wisata

    ReplyDelete
  9. lop yu tuu mbak wind..
    belum lahiran ya? smoga lancar yaa amiiin :)

    ReplyDelete
  10. luv U too
    jadi, pingin ikutan karena ngiler hadiahnya boleh , ya @_@

    aku juga sengaja komen biar ketularan hoki-nya.. hi.. hi.. [uwh jauwh!!}

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneeeeeng byk yg lup lup akuh. ayo ikutan, tinggal satu minggu lagi :)

      Delete
  11. Selalu suka deh baca tulisan Windi.. seruuuu.. :)

    ReplyDelete
  12. Mbk Win emang kereeeeen, tulisannya itu lho ... kayaknya selalu ditulis setelah melalui pemikiran dan perenungan yang amat mendalam tentang selera juri. Koq ya sering banget menang gitu lho. Rezekinya mbak Win memang di lomba blog. Mudh2an tetap eksis di lomba2 berikut yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belakangan kalah terus mba niar, udah abis jatahnya, giliran orang lain ;)

      Delete
  13. Wah.. hebat dooonk. Aku juga mau donk dapat hadiah dengan ngeblog... Mbak windi salam kenal ya.. aku harus banyak belajar nih dari mbak windi tulisannya enak dibaca ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga;). Kalah juga sering banget kok. tulisanku kaya kerupuk kaaaan, enak dikunyah2 tapi ngga bikin kenyang xixixi

      Delete
  14. kalau saya gak ngeblog, saya gak bakal bisa kenal mbak dan ikutan giveaway mbak. lalu dapat hadiah dari mbak. juga menyadari kalau mbah sering winning something. terus menjadikan mbak sebagai penutan. membaca tulisan2 mbak dan mencatat setiap hal yang menarik biar tahu apa sih yang bikin banyak juri kesemsem :p hihi

    salam manis,
    arga litha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah sama dong, kren ngeblog jadi nambah temen dan belajar dari tulisan2 blogger lainnya. Sukses tha, kan udah sering bgt menang :)

      Delete
    2. makasih banyak, Mak. yang paling berkesan ialah bagaimana cara menghadapi yang sirik2 dan gimana cara bikin orla gak sirik. yah ... pengalaman deh, gak semua hal bisa dicontoh dari orang lain, harus pinter pilah2 juga

      Delete
  15. ihir...pengen juga ah poto ama mentri..mentri apa yak?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature