Toko Online Pertamaku

Friday, March 15, 2013

Sebenernya udah dari beberapa bulan yang lalu saya pengen banget buka usaha apaa gitu. Jaga-jaga kalau suatu saat keadaan memaksa saya harus resign dari kantor, jadi sudah punya usaha sampingan. Mengingat sempitnya waktu luang yang saya miliki, sempat berunding dengan sohib saya untuk buka OL Shop. Maunya sih jualan yang gampang , ngga ribet, barang yang ngga pasaran dan laku dijual sepanjang masa. Karena teman join saya itu adanya di Jakarta sedangkan saya di Medan, kayaknya OL Shop memang pilihan paling masuk akal. Karena bisa dioperasikan bersama walaupun jarak kami berjauhan. Hanya saja, saya dan sohib saya itu agak gaptek dalam hal dunia per-website-an. Padahal pengennya kita punya butik online yang keren, eye catching dan gampang dicari oleh para calon pelanggan. Akhirnya keinginan itu padam juga di tengah kesibukan yang menggunung. 


Nah, beberapa waktu lalu saat saya googling info-info lomba, eh ketemu info tentang lomba blog riview jejualan.com. Mendengar judulnya saja saya sudah tertarik. Setelah saya baca infonya, oooh baru tau ternyata jejualan.com itu adalah sebuah website yang melayani pembukaan toko online. 

Wiih, jadi teringat kembali dengan rencana buka toko online saya yang sudah terkubur beberapa waktu lalu. Jadi penasaran kayak apa sih caranya. Karena katanya, ini adalah salah satu cara mudah membuka toko online tanpa ribet. Cukup registrasi dan dalam 20 detik toko online kita sudah jadi. Ah masa sih? gitu pikiran saya.

Tapi ngga ada salahnya juga dicoba. 

Pertama saya buka dulu websitenya di jejualan.com. Melihat tampilannya yang berwarna ijo royo-royo itu memang bikin mata adem.Apalagi di halaman pertama ada gambar baby lucu. Hmm jadi langsung kepikiran dengan kehamilan saya saat ini.


Inget hamil, jadi inget kalau selama ini saya suka kesulitan mencari baju hamil yang pas dengan diri saya. Kok rasanya belum ada toko baju hamil yang sesuai dengan selera. Jadi pengen buka butik online baju hamil sendiri nih. 

Menelusur ke bawah  mata saya tertumbuk pada  tulisan " Coba sekarang, gratis 15 hari". Nah ini, saya memang ngga terlalu suka membaca petunjuk -petunjuk, saya lebih suka praktek langsung. Jadi saya langsung klik tuh tombol " Daftar Sekarang " yang berwarna orange, kontras dengan warna ijo di halaman utama.


Disitu langsung terpampang data yang harus kita isi. Mirip dengan kalau mau registrasi email. Ada field nama, email dan no hp. Saya langsung isi semuanya
Kemudian ada pilihan paket, untuk Gold sebesar Rp 60.000/bulan dan platinum Rp 200.000/bulan. Wah sempet bingung juga saya, pilih yang mana ya?. 

Biar ngga bingung, saya langsung cari tahu apa perbedaan kedua paket yang ditawarkan.Di bagian paling bawah ada tulisan Harga. Saya klik ikon harga. Disitu langsung muncul perbedaan kedua paket tersebut.

Ternyata perbedaannya ada pada jumlah maksimal produk yang bisa diupload. Hmm, karena saya baru mau nyoba buat toko, saya pilih yang Gold aja dulu. 500 produk saya pikir sudah sangat mencukupi. Setelah memilih paket, ada satu field lagi yang harus diisi yaitu nama toko. Ting tong, disini saya galau lagi. Saya kan pengennya buka toko online khusus baju hamil. Menurut yang saya baca-baca tentang Blog SEO, salah satu cara agar web kita gampang ditemukan orang adalah kata kunci yang mudah dan sering digunakan. Akhirnya saya pilih nama toko " Bajuhamil". Hanya saja, saya pikir nama toko yang kita entry adalah nama toko yang ingin kita tampilkan. Makanya saya tambah namanya menjadi "Bajuhamilcom". Ternyata untuk dot com sendiri sudah otomatis . Harusnya saya cukup isi "  Baju hamil " saja, tapi karena ketidaktahuan akhirnya nama toko saya terdatar menjadi "Bajuhamilcom". Ngga apalah pikir saya, ntar paling bisa diedit.

Setelah isian lengkap, saya langsung dapat username dan password. Notifikasinya juga langsung terkirim ke no HP yang saya entry saat itu juga melalui SMS. Nama toko saya " bajuhamilcom.jejualan.com. 

Ternyata kalau mau buat pakai domain sendiri juga bisa lo. Langsung, pakai .com, .net, atau.org. Misalnya : Bajuhamil.com (tanpa embel-embel jejualan ).

Setelah registrasi selesai. Saatnya mengisi dan mendisain toko. 

Nah untuk mengedit dan mengisi fitur-fitur di toko, kita langsung diarahkan ke admin panel. Disitu, ada 5 langkah mudah yang harus kita lakukan.


Saya jadi ingat salah satu games di Facebook, Mallword, yang cara mainnya kita mendekor toko sendiri. Aiiih, kayanya bakal seru nih. Excited banget ngerjainnya. Saya langsung klik langkah pertama Tambah produk. Trus kita isi deskripsi produk. Persis kalau kita belanja online, jadi kita isikan, nama produknya, deskripsi, harga dan kategorinya. 


Contohnya produk saya, isinya seperti ini :
Nama : Dress Hamil
Deskripsi :
  • Warna  : Biru-Merah
  • Bahan   : Katun
  • Motif    : Batik
  • Ukuran : Fit To S &M
Kategori : Long Dress
Harga     : Rp 150.000,-

Udah gitu jangan lupa upload fotonya, biar menarik dan pembeli bisa langsung tahu penampakan produk yang kita jual.

Ni contoh produk yang saya buat sendiri 



Setelah selesai, saya coba buka alamat toko online saya. Nah saya bingung, loh kok di beranda (home) nya ngga keliatan produk yang saya jual ?. Saya coba searching by kategori, masukin kata dress hamil, baru deh muncul foto produk yang saya input tadi. Wah kalau kayak gini mah, pembeli saya pasti kesulitan kalau mau belanja.

Ah disini saya agak bingung. Gimana caranya agar produk-produk tersebut bisa langsung ada di halaman utama. Soalnya ngga ada petunjuknya. Eh, kemudian saya lihat ada gambar mas-mas pakai headphone di sisi kiri page, Disitu tertulis "silahkan klik ". Itu adalah layanan live support, bisa langsung chat dengan adminnya. Langsung saya ketik pertanyaan.



Admin : Selamat malam, ada yang bisa saya bantu ? 
Me  : Mas, saya udah daftar nih, trus udah masukin produk di katalog, tp kok produknya ga muncul di halaman depan yah, jadi saya harus searching kategori, baru muncul produknya. Padahal kan kalau saya pembeli, saya maunya langsung melihat produk di halaman utama 
Admin : Mbak, bisa klik katalog produk 
Me : Udah, trus
Admin : Mba klik Produk halaman depan, kemudian klik tambah produk halaman depan, masukin produk pilihan mba 
Me : Duuuh, ngga bisa mas 
Admin : Coba lagi mba 
Me : Oh iya udah mas. dah muncul di halaman depan 
Admin : Ada lagi yang bisa saya bantu 
Me : Udah, makasi mas 
Admin : Baik, selamat malam
Ternyata mudah sekali. Tinggal klik produk halaman depan, dan tambahkan produk-produk yang ingin kita tampilkan. Produk yang sudah kita tambah tersebut akan muncul di home website kita. 


Setelah itu masih ada 4 langkah lagi yang harus dilengkapi. Pilih Desain, Konfigurasi, Tampilan. Disain ini untuk tampilan keseluruhan toko online kita. Disitu ada banyak pilihan untuk tampilan web kita. Bisa disesuaikan dengan nama toko dan produk yang kita jual. Misalnya mau toko olahraga, pakaian muslimah, perlengkapan bayi, atau baju pria

Saya sih pengennya tampilan toko online saya buatan sendiri. Tapi karena ngga ada pilihan dan agak bingung, langsung deh chat dengan adminnya. yang nerima saat itu mba Endah Cahya.

Selamat Sore, ada yang bisa kami bantu?
me: iya mas, itu tampilan sama banner sama ngga sih maksudnya
bisa ngga saya pakai gambar sendiri
Anda sedang chat dengan Endah Cahya
undefined: untuk tampilan atau theme websitenya hanya sesuai dengan yang kami sediakan kak
kalau untuk banner nya, bisa diubah sendiri :)
me: tampilan itu, muncul saat consumer ngeklik alamat web kita yah?
kalau banner munculnya kapan?
undefined: iya kak
kalau untuk banner website, yang berupa gambar slide show
dan lain-lain
pengaturannya melalui menu Katalog Produk--Banner Utama
dan Konfigurasi -- Banners
me: ow. berarti banner cuma sekali2 muncul. kalo tampilan web, itu depannya yah. i see
undefined: tampilan website itu keseluruhan tampilannya kak
semisal, background websitenya ini
:)
baik kak, masih ada yang bisa dibantu?

Hehe, ternyata saya salah sebut, kirain mas-mas, padahal yang saya klik gambar cowok lo, eh ternyata mba mba.Setelah dijelasin, saya baru ngeh kalau tampilan web kita udah ditentukan, jadi saya pilih yang gambar baby lucu tadi. Tapi untuk banner saya pilih buat sendiri. 

Ini nih banner buatan saya. Agak sedikit narsis sih :)



Setelah jadi halaman depan dan banner, bisa lanjut ke langkah ke-3 yaitu pembayaran. Disini kita isi rekening kita yang nantinya merupakan rekening penampungan untuk pembayaran dari customer.

Yang menurut saya sangat memudahkan adalah kita bisa isi rekening bank lebih dari satu, jadi bisa isi rek BCA, Mandiri, BNI atau BRI. Sehingga nantinya customer bisa leluasa memilih bank yang dipakai untuk transfer. Semua nasabah bank bisa menggunakan fasilitas ini. Namun biasanya ada customer yang lebih nyaman dengan pembayaran via paypal. Jadi  bisa juga melalui akun paypal yang kita punya.

Kalau ini sih gampang, saya langsung ngerti. ( ngga perlu nanya si mba ixixi )



Lanjut ke pengiriman, pilih konfigurasi, Pengiriman. Disini ada 2 pilihan. Bisa manual atau otomatis sesuai harga yang ada di database jejualan.com. Yang menurut saya istimewa, ada berbagai jenis pilihan perusahaan pengiriman, JNE semua paket ataupun melalui pos. Disitu tinggal kita set mau otomatis atau manual. Jadi kalau di set otomatis maka data ongkos kirim langsung diambil dari website ekspedisi tersebut, sehingga akan selalu update, kita ngga perlu merubahnya. Namun kalau manual, jika terjadi perubahan tarif maka tidak akan terupdate otomatis.Dengan begitu, customer bisa langsung melihat ongkos kirim barangnya. Caranya tinggal masukin alamat asal dan alamat tujuan.



Setelah semuanya oke, tinggal langkah terakhir , Kontak. Pilih Konfigurasi. Tujuannya agar customer lebih mudah menghubungi kita. isi alamat, email, maupun no telepon.

Udaaaah, selesai. Tinggal duduk manis nunggu ada orderan. Dari user admin kita bisa lihat orderan baru, konfirmasi order dan order belum dikirim.

Untuk berhasil dalam membuka toko online, dibutuhkan disiplin dari si penjual, terutama disiplin dalam mengakses internet,sehingga ngga ada cerita customer menunggu lama karena adminnya ngga lihat orderan.

Ternyata ngga susah. Tapi kalau saya yang agak gaptek sih menghabiskan waktu lebih dari 20 detik. Apalagi saya sambil nyambi buat banner dan ngupload foto-foto produk. Mungkin bagi yang masih awam, agak bingung di awal, tapi dengan bantuan para mba-mba dan mas-mas live support jadi ngga terasa susah. Apalagi mereka menjelaskan dengan detail dan responnya juga cepat sekali.

Trus setelah kita chat, ke email kita akan ada semacam chipstory tanya jawab kita tadi. Jadi kalau lupa bisa buka-buka lagi.

Wah, dengan jejualan.com, saya udah punya toko online sendiri nih. Dengan trial gratis selama 15 hari, penjual bisa sambil mikir-mikir  nerapin strategi untuk toko onlinenya. Sebagai customer, saya biasanya suka toko online yang sering ada diskonnya atau promo khusus. Mungkin ntar saya bakal terapkan juga di toko online saya.

Ntar setelah kita perpanjangan lewat 15 hari, alamat toko online bisa diganti dengan domain sendiri. Misalnya jadi bajuhamil.com saja. Ngga perlu beli domain, ini sudah include dengan PAHE tadi, paket hematnya. Hmmm, oks banget tuh.

Besok harinya, saya malah langsung dapat telepon dari customer servicenya, mengingatkan waktu untuk memperpanjang paket dan menanyakan kesulitan dan apa yang bisa mereka bantu. Wow, benar-benar pelayanan yang komprehensip. Jadi berasa penting gitu. Walaupun si mba yang nelpon kayaknya pegawai baru, soalnya cara bicaranya masih bingung-bingung :).

Trus setelah itu untuk mengetes, saya langsung coba cari di google dengan kata kunci baju hamil. Eeee kok ngga muncul toko online saya. Ternyata harus di setting via SEO pada fiturnya, biar bisa terindex di Google. Duuuh, alangkah lemotnya diriku. Dan akhirnya saya tanya dengan admin yang bernama mas Hibet Indra, katanya kata kunci harus lebih spesifik lagi. Ow, gitu.

Wah, hanya dalam waktu singkat saya sudah bisa punya toko online sendiri. Jejualan.com ini memang menawarkan cara yang sangat mudah. Apalagi fasilitas chatting onlinenya sangat membantu pengguna yang lemot bin gaptek seperti diri saya ini. Namun, kalau sebagai penjual saya sih ada beberapa hal yang ingin saya tambahkan:
  • Pengennya untuk tampilan depan kita bisa pilih sendiri gambarnya sesuai thema yang telah disediakan atau bisa dari gambar pribadi, agar toko online bisa lebih personal dalam hal tampilan. Jadi ngga sebatas banner saja.
  • Trus metode pembayaran mungkin bisa ditambah dengan COD untuk pengiriman lokasi yang dekat dengan domisili penjual, misalnya COD untuk jabodetabek. Karena terkadang masih ada customer yang ragu dengan pembayaran via rekening dan lebih nyaman dengan cara COD.Pokoknya kita sediakan yang paling nyaman lah untuk pelanggan, karena kan pelanggan itu raja, jadi harus dimengerti keinginannya.
  • Untuk pengiriman, bisa ditambahkan dengan pengiriman via pos biasa, soalnya kan lumayan bisa menghemat biaya (ketauan kalau jadi customer pengennya yang murah ). Jadi ngga harus kilat khusus. Karena walaupun hampir semua pelanggan inginnya barang cepat sampai, namun kalau ada pilihan nunggu beberapa hari tapi harganya bisa lebih miring, kan lebih baik.
Namun secara overall, jejualan.com sangat membantu para pemula yang ingin mulai membuka usaha online dan ingin memiliki butik online namun tidak memiliki keahlian dalam hal membuat website.Dengan biaya yang menurut saya sangat murah, hasil yang diperoleh bisa optimal.

Karena sudah mencoba dan merasakan betapa mudahnya membuka toko online di jejualan.com, bagi kamu yang ingin memulai usaha online atau sudah jalan, sangat bisa dicoba nih. Mudah, cepat, murah dan ngga pakai ribet. Selamat mencoba.









14 comments on "Toko Online Pertamaku"
  1. Ooh,.. jadi foto-foto hamil tuh buat ikutan ini :-)
    Semoga sukses. Lengkap dan komplit pembahasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaa, hahha ketauan modusnya:). ikutan mba masih lama DL nya

      Delete
  2. wah jualan ya sekarang.. enak ding gak pake cari model hehe..
    gutlak mbak.. kumplit deh bahasnya..
    pengen jualan onlen jg tp msh nyari modal dr ikut lomba blog duluu wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu ikutan lomba ini aja mba. biar sekali merengkuh dayung, seluruh indonesia terlampaui :D

      Delete
  3. koumplit penjelasannya

    smoga sukses, mbk

    ReplyDelete
  4. Kereeeeen, calon pemenang lagi nih kyknya :)
    Gutlak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. tapi biasanya kalo dibilang2 gini, mala ngga nyangkut di juri hahahahah

      Delete
  5. komplit bangeeet...aura pemenang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin yang kenceng deh, kalo didoain banyak orang semoga terkabul :D. Makasi mba brina

      Delete
  6. Ini bwt lomba, Wind?
    Sukses yaa.. kyknya menang nih.. tulisannya ciamik banget.. :)
    Sukses jg bwt tokonya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin lagi, semoga diijabah doa2 nya semua, xixixi dan semoga jurinya juga sependapat :D

      Delete
  7. syukurlah bisa bayar pake bni :D hihi, abis kalo BCA musti ke bank dulu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya di jejualan.com, semua bank ada la. kalo ngga ada bank bisa pakai paypal :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature