Nasehat-Nasehat Dalam Hidupku

Friday, March 1, 2013



Walaupun saya ngga percaya dengan yang namanya horoskop, tapi berdasarkan pengamatan dan penelitian selama bertahun-tahun, saya melihat banyak persamaan-persamaan sifat pada orang-orang yang dinaungi oleh zodiak yang sama. Kebetulan atau tidak, teman-teman saya banyak yang ternyata satu zodiak dengan saya, dari mulai saat SMP, saat saya mulai heboh ngintip ramalan bintang di majalah Gadis, sampai SMA dan kuliah. Tapi waktu kuliah saya sudah tidak mempercayainya, karena langganan saya kuliah itu majalah Annida, yang ngga ada ramalan bintangnya.

Bintang saya Capricorn, dengan lambang kambing. Konon katanya kambing tersebut adalah kambing betina bernama Amalthea yang telah memberikan air susunya kepada Jupiter. Jupiter adalah seorang dewa, anak dari Saturnus dan Cybele. Saturnus adalah dewa buas yang tega memakan anaknya sendiri. Dengan perjuangan ibunya Cybele, Jupiter lolos dari kebuasan ayahnya. Setelah Jupiter berkuasa, Amalthea sang kambing betina ditempatkan di angkasa di antara para bintang menjadi rasi bintang capricorn.

Hasil pengamatan saya terutama pada diri sendiri, orang-orang capricorn adalah orang yang berkemauan keras, bisa dibilang keras kepala dan memiliki tekad yang kuat untuk sukses. Ambisi mereka tidak terbatas, bertanggung jawab dan selalu bermain adil.

Orang Capricorn juga cenderung terbuka, bicara apa adanya dan to the point dalam segala hal. Karena itu tidak heran mereka adalah orang yang praktis dan tidak suka basa-basi.

Salah satu sifat saya yang paling menonjol yaitu suka berdebat, apalagi kalau saya melihat ada sesuatu yang salah di sekitar saya, rasanya pengen langsung memberitahu yang benar itu seperti apa. Misalnya pernah saya punya atasan, saat rapat ia memaparkan sesuatu yang saya anggap tidak tepat, duuh rasanya pengen banget nyela, dan memperbaki perkataannya. Untung saya masih bisa nahan diri.

Pernah juga saya berdebat dengan teman saya hanya gara-gara judul lagu, saya ngotot judul lagu sebuah jingle iklan itu adalah X yang dinyanyikan penyanyi Y. Teman saya juga keukeh bukan itu judul lagunya. Akhirnya malah berakhir saya sebel dia sebel. Hal ini sering terjadi berulangkali.

Yang baru-baru terjadi, ada nasabah saya nunggak. Dia nunggak karena sebulan pergi naik haji. Saat naik haji tersebut ia tidak menitipkan uang angsuran kepada keluarganya. Dan setelah pulang dari haji ternyata usahanya malah macet, jadilah ia menunggak selama 3 bulan. Tentu saja saya uring-uringan karena jumlah pinjamannya besar, dan karena kemarin menjelang akhir tahun yang artinya saat penilaian kinerja,saya mengusahakan setengah mati gimana caranya biar dia bayar. 

Saat menagih saya berkata 

" Pak, tolong diusahakan ya, saya tunggu sampai akhir minggu ini, saya ngga enak nih pak,gara-gara kemarin sebelum haji harusnya bapak nitipkan dulu uang sama saya biar ngga nunggak gini ". Kira-kira seperti itu.

Ditangkap oleh dia kata-kata saya menjadi " Pak, jangan gara-gara naik haji bapak nunggak, haji kok nunggak".

Waduuuh, dia ngamuk-ngamuk sama saya, ngadu ke teman-teman kantor kalau saya tuh bicaranya kelewataan, ngait-ngaitkan haji dengan tunggakan. Beuugh.

Akhirnya saya dibujuk oleh teman-teman untuk meminta maaf padanya. Tentu saja saya tidak mau, lah emang saya ngga ada mengatakan itu dan saya juga berfikir, " Nih orang cari gara-gara saja biar ngga ditagih, dengan alasan sakit hati sama saya, jadi ngga mau bayar, hohohoho tunggu dulu ngga segampang itu kawan "

Singkat cerita akhirnya setelah ditempuh berbagai cara ia akhirnya membayar. Dan lega lah saya.

Banyak sekali kejadian-kejadian yang terkadang berakhir tidak baik hanya karena keinginan saya mempertahankan sesuatu yang saya anggap benar.

Pernah suatu saat, saya sempat bersitegang dengan atasan saya karena saya mempertahankan pendapat yang saya anggap benar, saat saya cerita dengan suami, ia berkata kepada saya " Ngga semua yang benar itu harus kamu utarakan dek, ada saat-saat dimana walaupun kamu menang karena mempertahankan pendapatmu namun sebenarnya kamu kalah".

Plak... seperti ditampar rasanya. Walaupun dalam hati saya sempat menentang perkataan suami saya. Menurut saya ya katakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Tapi, setelah saya mengingat-ngingat memang banyak kejadian-kejadian yang walaupun saya merasa menang dalam mempertahankan pendapat saya, namun ada hati yang tersakiti, ada yang terlukai harga dirinya. 

Hal tersebut juga saya alami. Saat ada yang mengkritik dan mengoreksi kesalahan saya, ternyata ada juga terselip rasa tidak ikhlas. apalagi bukan sesuatu yang substansial. Hal-hal sepele yang seharusnya tidak perlu diperdebatkan.

Suami saya melanjutkan. " Lihat-lihat kondisi, jika menurutmu setelah kamu utarakan keadaan akan lebih baik, maka sampaikanlah, namun jika tidak lebih baik, sebaiknya kamu diam saja". 

Memang benar, ada suatu saat dimana diam itu emas,dan tidak semua hal yang kita yakini kebenarannya, saat disampaikan kepada orang lain , membuat keadaan lebih baik.

Noted !!!






12 comments on "Nasehat-Nasehat Dalam Hidupku"
  1. sama mbak.. aku juga capricorn, juga suka debat, kemaren pernah beli gorengan dia bilang satunya 600, kalo tiga jadi 2000, langsung sy debat. Masak beli banyak malah jadi mahal. Alasan dia "Kan dibulatkan" ckckck...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, nah tuh kan benar pengamatanku, xixixi dasar keras kepala kayak. :)
      e tapi kalo gitu belinya satuan aja mba, parah bgt tuh matematika si penjual gorengan , hadeeh

      Delete
  2. Kalau saya Cancer mbak :)

    Kejujura itu bagus tapi memang belum tentu baik untk selalu di utarakan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cancer tuh orgnya penyabar yaaah, suamiku juga cancer :)
      iyaaa, kadang ada saat2 nya lebih baik diam :)

      Delete
  3. Bijaknya suamimu mbak :)

    Eh mbak Windi unik juga masalah di kantor dikaitkan dengan horoskop, saya malah nggk kepikir hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya suami saya bijaksana bijaksini :) kepikiran aja mba sm zodiak :)

      Delete
  4. hmm sepakat. kadang diam itu emas :)
    kalo gitu aku diam aja terus ah biar punya banyak emas.
    *eh

    back to topic..ciyus.
    mksdnya
    mending diam drpd ngomong gak dipikir dlu, bisa2 nyakitin orang atau memperkeruh suasana :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbaaa. aku dah sering bgt maksudnya baik, tp kalo pas momennya ga tepat malah jadi berabe :).

      salam kenal mba, makaksi udah mampir dimari

      Delete
  5. Waduh, saya juga sering berdebat dan kekeuh sama pendapat saya ..
    Merasa jleb jleb baca komentar suami mbak :/

    Btw kalo zodiak libra gimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ga tau aku. Jarang punya temen Libra, xixixi

      Delete
  6. Kita punya zodiak yang sama, Capricorn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan aku sungguh yakin dirimu adalh termasuk org keras kepala dan suka ngga mau mengalah, walau kemudian menyesal :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Tinggalin jejak dong biar saling kenal :)

Custom Post Signature