Kau Cantik Hari Ini

Tuesday, July 24, 2012


Kapankah anda merasa paling cantik?

Teman saya si A menjawab, saat ia baru merawat diri di salon. Si B, berkata saat ia memakai mascara yang melentikkan bulu matanya. Si C menjawab, hari pernikahan adalah hari ia merasa menjadi wanita tercantik di dunia. Malah ada teman yang menjawab, hari gajian adalah hari ia merasa cantik luar dalam.

Tidak ada maksud apa-apa menanyakan hal tersebut. Saya hanya mau mengatakan. Hari ini saya merasa cantik sekali. Saat saya bercermin, terlihat seraut wajah yang bersih dan tenang. Sambil tersenyum, saya ucapkan alhamdulillah.

Ya, saya merasa cantik sekali.

Kamu pasti bertanya-tanya, apa rahasianya?

Saya ingat-ingat dahulu. Saya tidak memiliki rahasia apa-apa. Namun, sudilah kiranya kalian mendengar kisahku. Pagi tadi saya bangun dengan perasaan gembira, karena ini bulan Ramadhan. Saya bersyukur karena masih bisa dipertemukan dengan bulan penuh rahmat ini. Tanpa bermalas-malasan saya sahur dengan lauk seadanya. Sambil menunggu waktu subuh, saya sempatkan Tilawah satu dua halaman. Keheningan pagi membuat suara saya terdengar jernih, walau biasanya bicara saja saya cempreng. Saat adzan berkumandang, segera saya gelar sajadah dan menunaikan sholat subuh dua rakaat.

Saya abaikan tempat tidur yang memanggil-manggil untuk kembali berpeluk erat. Saya buka jendela dan menghirup udara bersih sampai memenuhi rongga paru-paru, ah segar sekali.Kemudian saya ambil laptop yang selama ini menjadi tempat curahan suara-suara yang berseliweran di kepala. Bagi saya menulis adalah berbagi, menemukan kata yang tepat untuk membuat orang ikut merasakan pengalaman yang saya alami dengan sudut pandang berbeda. Membuat orang lain kembali tersenyum atau menangis haru. Saya sangat menikmati kegiatan saya ini.

Setelah itu, saya lanjutkan aktivitas saya, menelepon suami dan mengucapkan kata-kata cinta  untuknya. Menanyakan apa warna pakaiannya hari itu dan memastikan ia berangkat kerja tepat waktu. Walau saya tidak ada di sampingnya, sebisa mungkin saya berusaha mengahadirkan diri dalam bentuk lain. Perhatian kecil namun intens, menumbuhkan perasaan cinta yang akan semakin kuat dari hari ke hari.

Kalian tahu, kenapa saya bangun dengan tubuh yang segar hari ini?.

Karena tadi malam, saya tidur dengan jumlah cukup.Setelah sholat tarawih saya segera beranjak ke tempat tidur. Sebelum tidur tak lupa saya berdoa, bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah untuk saya, memohon ampun untuk orangtua saya, dan mohon perlindungan bagi suami. Saya juga mengingat-ingat kesalahan saya, dan mengikhlaskan kesalahan orang lain. Kemudian  saya pun tidur dengan damai, yakin Allah menjaga saya.

Mungkin itulah yang menyebabkan saya bangun dengan semangat, karena hati tidak terkotori dengan rasa benci. Dan mungkin itu juga yang terpancar di wajah saya, saat jiwa dipenuhi rasa syukur.

Maka, nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?

Saya pernah baca di suatu tulisan, bahwa apa yang tersembunyi di hati, akan terpancar keluar. Kalau di hati lapang, maka orang yang melihat pun akan merasa lapang. Demikian juga, hati yang sempit akan membuat orang merasa kalut. Pun demikian dengan pikiran. Pikiran yang positif membuat kita semangat dan optimis, sementara pikiran negative menghasilkan prasangka yang menimbulkan kerut di dahi.

Hati yang bersih akan terbayang pada senyum secerah mentari pagi, sebagaimana kedengkian dan amarah yang menampilkan wajah keruh.

Namun hari saya masih berlanjut.

Setelah mandi tak lupa saya berwudhu, karena saya yakin wudhu yang terjaga memberi rasa nyaman dan bersih. Bukankah kebersihan fisik juga bagian dari kecantikan ?

Saya pandangi wajah di cermin, dan bersiap-siap melakukan ritual sehari-hari. Ya, saya adalah perempuan bekerja. Setiap pagi selama 5 hari dalam seminggu saya dituntut berpenampilan rapi ke kantor. Bukan karena tuntutan saya merawat diri, namun karena saya menghargai anugerah yang diberikan Allah dengan selalu menjaganya agar tetap terawat. Sebenarnya tanpa kosmetik saya pun sudah merasa percaya diri keluar rumah. Namun saat-saat tertentu saya membutuhkannya untuk membuat wajah terlihat lebih tegas dan berkarakter.

Cukup dengan kosmetika seperlunya, tidak perlu berlebihan. Karena apapun itu, sesuatu yang berlebihan akan mendatangkan mudharat. Begitu pun dengan kosmetik.

Sebagai muslimah, saya sangat berhati-hati dalam memilih kosmetika. Bagi saya kosmetik haruslah memberi manfaat, aman, dan tidak membuat saya melanggar aturan agama. Kalau sampai kosmetik yang saya gunakan, membahayakan kesehatan  atau bahkan membuat terhalang sahnya ibadah , berarti kosmetik tersebut bukanlah pilihan yang tepat.

Kosmetik terbagi menjadi dua jenis, yaitu kosmetik dekoratif dan kosmetik perawatan. Dibandingkan kosmetik dekoratif seperti bedak, blush on, eye liner, lipstick, saya lebih memberi perhatian kepada perawatan. Karena dengan perawatan yang benar, wajah akan terlihat sehat.
Kosmetik Perawatan

Yang saya perhatikan, kebanyakan dari kita tidak sabar dalam melakukan perawatan. Baru seminggu, kalau tidak kelihatan hasilnya langsung ganti kosmetik lain. Padahal kosmetik perawatan itu harus dipakai minimal selama dua minggu sampai satu bulan agar kelihatan hasilnya. Karena regenerasi kulit berlangsung setelah 28 hari. Jadi kalau makainya Cuma 3-4 hari ya ngga akan terlihat perubahan. Jadi yang penting, kita harus rutin dalam melakukan perawatan. Dalam agama juga kan sesuatu yang kecil tapi kalau dilakukan terus-menerus akan lebih disukai, dibanding besar tapi sekali-kali. Tampaknya prinsip itu pun berlaku dalam hal perawatan kulit.

Kosmetik perawatan terdiri dari susu pembersih, penyegar, masker, krim siang,krim malam. Fungsi kosmetik perawatan adalah untuk mengangkat kotoran yang mencemari kulit, mempertahankan komposisi cairan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, memperlambat timbulnya kerutan, serta melembutkan kulit yang kasar.

Tidak dipungkiri, setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit wajah yang bersih terawat. Bukan untuk memamerkan kecantikannya di depan umum, atau untuk terlihat menawan di mata orang lain. Tapi semata ingin terlihat selalu menarik di hadapan suami.

Karena itu, sebisa mungkin sebelum mencari alternative kosmetik berbahan kimia, usahakan merawat wajah dengan bahan-bahan alami. Begitu melimpah yang Allah beri di alam ini untuk kita manfaatkan.

Madu yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan, terbukti sangat baik untuk kecantikan. Konon katanya, si ratu Mesir Cleopatra selalu menggunakan madu untuk ritual kecantikannya. Mengoleskan madu ke wajah sebagai masker bisa menjaga kehalusan dan kekencangan kulit. Selain madu, tomat yang dipakai sebagai masker juga sangat cepat meluruhkan kulit mati di wajah. Mungkin sedikit agak pedih, tapi setelahnya kulit wajah akan terasa halus dari bruntusan. Saya sering menggunakan tomat untuk masker. Namun kalau tidak sempat pakai tomat, yang praktis juga ada, beli saja masker tomat kemasan.

Di Yunani, negerinya dewi-dewi secantik bidadari, para wanitanya menggunakan perasan jeruk segar sebagai masker. Ekstrak jeruk tersebut dipercaya ampuh menghilangkan jerawat. Hmm segar sekali.

Mungkin bisa juga kita contoh, cara wanita Rusia merawat kecantikan mereka, dengan menggunakan ampas kopi yang berfungsi sebagai scrub untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Bukan hanya kulit halus dan bersih yang akan di dapat, bau badan pun akan luruh bersamaan dengan ampas kopi itu.

Namun jangan contoh cara perempuan Jepang merawat wajah. Yaitu dengan menggunakan kotoran burung Uguisi No Fun atau burung bulbul untuk membuat kulit wajah bersinar dan mempesona. (a)

Kotoran, apapun manfaatnya, tetaplah merupakan kotoran. Haram memakannya, termasuk memasukkannya ke pori-pori tubuh kita. Kecantikan bukan segalanya, tidak layak menggunakan sesuatu yang haram untuk tubuh kita.

Bukan hanya bersumber dari kotoran saja. Beberapa kosmetik banyak menggunakan bahan yang tidak dibenarkan dalam agama. Seperti gelatin babi, plasenta bayi dan organ-organ tubuh binatang yang tidak disembelih dengan nama Allah.

Karena itu sebagai masyarakat awam yang tidak mungkin bisa mengetahui secara rinci halal tidaknya suatu produk kecantikan, serahkan saja kepada ahlinya. Yakinkan di setiap kemasan kosmetik yang kita pakai sudah ada sertifikat dari BPPOM dan halal dari MUI. Agar hati lebih tentram tanpa merasa waswas.

Namun sebaiknya, sebelum memutuskan kosmetik yang kita pakai, terlebih dulu kenali jenis kulit kita. Kalau kita tidak memiliki keahlian tersebut. Kunjungi dokter kecantikan atau dokter kulit. Minimal sekali saja, untuk mengetahui masalah kulit dan kesempatan bertanya tentang perawatan wajah yang baik dan benar. Karena sejatinya kosmetik itu berfungsi untuk melindungi kulit, bukan malah membahayakannya.

Sebaiknya kita juga mengetahui dan mengerti bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik. Bahan-bahan berbahaya yang dapat merusak kulit, jika tertera di dalam kemasannya, berarti tidak perlu diragukan, abaikan kosmetik tersebut.

Sebagai tambahan pengetahuan bagi perempuan Indonesia. Bahan-bahan yang berbahaya dan paling sering terdapat di kosmetik itu adalah: 

1. Merkuri , biasa ditambahkan dalam krim pemutih, karena memang bisa menyebabkan perubahan warna kulit secara cepat. Namun dapat menyebabkan alergi dan iritasi. Pemakaian dalam dosis tinggi dapat mengganggu kesehatan seperti kerusakan permanen pada otak, jantung, ginjal, dan membahayakan perkembangan janin. Ingat saja peristiwa di Jepang, saat penduduknya terkontaminasi merkuri.

2. Hidroquinone, hampir sama dengan merkuri lazim dihunakan pada produk pemutih, karena memilki keunggulan menghambat pembentukan melanin-yaitu  zat pigmen kulit yang bisa menyebabkan kulit hitam. Penggunaan dalam waktu lama dapat mengakibatkan kulit merah dan rasa terbakar serta kelainan pada ginjal, hati, dan kanker darah. Hidroquinon yang dijinkan maksimal adalah 2 %. Namun banyak ditemukan kosmetik-kosmetik buatan cina yang beredar di Indonesia mengandung zat ini lebih dari 2 %.

3. Sodium Lauril Sulfat (SLS), terdapat pada sabun. SLS dapat menyebabkan iritasi kulit yang hebat dan menyebabkan katarak dan menganggu kesehatan mata pada anak anak.

4. Zat warna Rhodamin merupakan pewarna kertas, tekstil dan tinta. Bersifat karsiogenik dan dapat menyebabkan kerusakan hati.

5. Paraben, yang digunakan sebagai bahan pengawet. Biasa ada di deodoran. Pada beberapa kasus kanker payudara yang diteliti, terdapat konsentrasi paraben sekitar 90 %.

6. Alkohol digunakan sebagai pelarut pada beberapa produk perawatan kulit. Zat ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan merusak lapisan asam kulit sehingga bakteri dapat tumbuh dengan subur. Disamping itu, alkohol juga dapat menyebabkan penuaan dini. (b)

Setelah kita tahu bahan-bahan yang berbahaya, maka kita menjadi lebih hati-hati dalam memilih merk kosmetik. Pilihlah merk yang sudah diyakini , baik secara kualitas, maupun komposisi yang dikandungnya. Ada yang berbahaya tidak, terdapat bahan-bahan yang diharamkan tidak. Hal tersebut penting untuk ketenangan kita saat memakainya.

Jangan sampai tergiur oleh produk impor dengan harga selangit. Kebanyakan kita meyakini bahwa barang mahal selalu kualitas terbaik. Padahal belum tentu kosmetik impor cocok untuk kulit kita. Karena kulit perempuan Asia berbeda dengan kulit perempuan dari benua lain. Maka, gunakanlah kosmetik yang sesuai dengan iklim negara kita.

Disamping itu, untuk menjaga kesehatan kulit, jangan sering berganti-ganti merk. Soalnya boros juga. Masing-masing merk memiliki keunggulan sendiri. Merk A misalnya mengandung lebih banyak pelembab, merk B kandungan mineralnya lebih baik. Apabila kita menggunakannya bergantian, akan mempengaruhi kulit terutama bagi kulit sensitive.

Untuk kosmetik dekoratif sebaiknya kita membeli yang satu merk, agar senada. Karena itu, pilih kosmetik yang berkualitas, aman, dan sesuai dengan karakter kita. Gunakan kosmetik seperlunya untuk menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan yang kita miliki, sehingga hasilnya akan terlihat minimalis dan natural.

Wardah sebagai pelopor kosmetik yang ditujukan bagi wanita muslim, menyediakan rangkaian perawatan menyeluruh termasuk juga kosmetik sehari-hari. Bukan hanya untuk wanita muslim, sekarang telah berkembang menjadi produk yang dapat dinikmati kalangan lebih luas. Setiap produk Wardah diciptakan di bawah pengawasan ahli serta dokter kulit, jadi sangat aman.

 

Kata dokter kulit saya. Sebenarnya untuk sehari-hari sebaiknya kita cukup menggunakan bedak tabur saja, karena formulanya lebih ringan dan tidak menutup pori-pori. Karena itu saya mengikuti sarannya. Wardah Luminous Face Powder memiliki partikel micropowder, halus sehingga menempel dengan baik pada wajah. Dengan empat pilihan, membuat saya bisa menyesuaikan sesuai warna kulit agar kelihatan alami. Produk ini favorit saya, karena kemasannya juga gampang dibawa kemana-mana.

Namun, kalau untuk keperluan pesta, atau acara khusus, kosmetik dekoratif Wardah lengkap dan pas untuk mempercantik wajah sesuai dengan karakter diri kita. Ada banyak jenis produk Wardah yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap perempuan. Gunakan hanya yang kita butuhkan, karena salah satu fungsi kosmetik adalah menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan yang kita miliki. Ada berbagai warna-warna cerah yang efektif membingkai wajah sehingga menampilkan keunikannya masing-masing.

Kosmetik Decorative


Biasanya, kosmetik untuk pesta tidak setiap hari kita gunakan, karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kita juga harus memperhatikan masa kadaluarsa kosmetik yang kita pakai. Lazimnya,  di kemasan tercantum tanggal kadaluarsa, namun kalau tidak ada, sebaiknya tanyakan langsung pada penjualnya.

Namun terkadang, walau sudah ada tanggal kadaluarsa bisa juga kita kelupaan. Sebenarnya tidak susah kok mengetahui kosmetik yang sudah kadaluarsa. Biasanya warnanya mengalami perubahan, menjadi lebih keruh atau lebih muda. Bisa juga, baunya menjadi lebih menyengat. Kalau berbentuk lotion, bentuknya menjadi lebih encer. Atau kosmetik yang berbentuk padat, bisa jadi timbul bintik-bintik putih seperti jamur. Nah kalau sudah ada tanda-tanda tersebut, jangan digunakan lagi, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit, gatal-gatal dan kemerahan. Ngga mau kan, gara-gara berhemat, kulitnya jadi rusak.

Makanya, agar kosmetik kita tidak sampai kadaluarsa, belilah kosmetik dalam kemasan mini. Selain hemat, kalau kadaluarsa ya tinggal buang, jadi ngga rugi-rugi amat.

Disamping itu, sebelum membeli baca dulu labelnya, terutama pada bagian “ingredient” atau bahan, setelah itu baca aturan pakainya. Wardah sangat aman digunakan karena tidak mengandung hidroquinon, lembut dan diformulasikan dengan tepat.  Selanjutnya, test apakah kosmetik tersebut cocok tidak dengan kulit kita. Caranya, sapukan pada punggung tangan, biarkan selama 24 jam. Jika timbul rasa gatal, segera hentikan pemakaian. (c)

Apabila memakai kosmetik perawatan, seperti krim malam-krim siang, sebaiknya gunakan spatula, untuk menghindari terkontaminasi oleh bakteri di tangan. Kalau tidak, pastikan tangan kita bersih sebelum mencolek krim tersebut. Ambil langsung dalam jumlah yang cukup, jangan bolak-balik mencolek krim. Kemudian segera tutup kemasannya. Aman deh.

Sekarang, sudah di cek belum tas kosmetiknya ?. Ada label halalnya ngga ?


Wah, ternyata saya sudah ngalor-ngidul kesana-kemari. Hmm , tidak terasa, saya sudah selesai merapikan diri dan siap untuk berangkat kerja. Lihatlah, wajah saya terlihat cerah sekali. Tidak hanya karena kosmetik , namun juga karena saya bahagia sudah berbagi sedikit hal yang saya tahu kepada anda, sahabatku melalui blog  ini. Saya siap menjelang impian, menyambut cerita dari setiap langkah. Berkarya sesuai kemampuan yang diberikan sang pencipta. 

Sepantasnya, kita harus bersyukur atas semua yang dikarunia Allah. Kalaupun mungkin wajah kita tidak secantik Inneke Koesherawati, atau semenawan Nefertiti, asal kita selalu menghiasinya dengan senyuman,  berpandangan positif, dan tahu cara menghormati diri sendiri, insyaAllah siapapun yang melihat akan merasa terinspirasi. Karena cantik itu adalah saat dirimu merasa nyaman menjadi diri sendiri

Suatu saat kita akan menua, kulit yang halus akan kehilangan elastisitasnya. Wajah yang cerah akan kehilangan ronanya. Bibir yang merah akan menghitam. Namun seiring berjalannya waktu, kecantikan hakiki tidak akan dimakan usia. Hiasi hati kita dengan kepribadian yang mempesona. Itulah kecantikan sejati yang akan abadi selamanya. 

Sekarang, bercerminlah, lihat dengan nurani. Maka, akan terlihat wajah cantik dari hati. 

Jadi .., apakah kamu merasa cantik hari ini??






Inspiring by Azimah Rahayu

Gambar dari sini







25 comments on "Kau Cantik Hari Ini"
  1. Artikel yg mencerahkan... Banyak informasi yg bermanfaat didalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba ade, terima kasih juga masukannya. #peluk mba ade :))

      Delete
  2. Informatif..... semoga menang, mbak :)

    ReplyDelete
  3. Informatif..... semoga menang, mbak :)

    ReplyDelete
  4. emang cantik kok. hihi yang baca juga kan?? moga menang mbak

    ReplyDelete
  5. Waaah.nulisnya panjang mbak windi.
    Aku pernah ikut seminar kecantikan dengan dokter spesialis kulit, katanya juga gitu mbak, untuk sehari-hari pakai bedak tabur aja biar gak timbul jerawat.
    Good luck ya mbak, semoga menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dokterku jg bilang gitu. Jangan2 dokternya sama #lebay

      Delete
  6. Replies
    1. iya mba, makanya belum kudaftarin, kurang fotonya :D

      Delete
  7. kereeen....ringan renyah tapi tetap bergizi....:) good luck ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ringan, renyah, bergizi, hmmm apa yah mbaa. kerupuk udang kaliii, makasi mba :D

      Delete
  8. Mbak Windi mirip Inneke yaa cantiiiiik sekali, lahir dan batin :)
    Good luck...semoga kita menang bareng-bareng ya #eh, mampir juga yuk ke blogku hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://dwi9aprily.blogdetik.com/2012/07/21/cantik-di-mata-illahi-menarik-hati-suami/

      Delete
    2. kasihan nya inneke disamain sama saya, :))

      Delete
  9. goodluck ya
    mba windi cantik kok...jangan gak pede nanti Sang Pencipta bertanya2:bagaian apa yg kurang,bukankah sdh diciptakan dg sempurna:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba, Saya pede kok, bahkan menjurus ke tidak tau malu xixixix

      Delete
  10. aku suka tulisannya mbak, kayaknya ditulis dengan inner beauty deh.
    godluck, semoga sukses mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditulis dengan tangan mba, tepatnya :))makasii

      Delete
  11. Padat amat mbak. Isinya pun "inner" dan "outer". Moga sukses ya :)

    ReplyDelete
  12. Karena setiap wanita itu cantik. Jadi, harus percaya diri dong pastinya yakk...

    Trus, bagaimana cara mengencangkan kulit wajah dan leher tanpa biaya mahal? http://www.fpedia.id/cara-mengencangkan-kulit-wajah-leher/

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature