Giveaway Azzet : Ngeblog, Berekspresi Secara Online

Thursday, July 19, 2012



Seingat saya,asal mulanya kegiatan blogging adalah diary online. Konsep awal ngeblog ya seperti diary, kamu bisa curhat segala macem perasaanmu, sebel sama temen, naksir sama teman sekelas, sampai ngomongin idola kamu,  persis seperti  menulis diary. Bedanya, kalau diary sifatnya private ( diary saya dulu ada gemboknya ), nah kalau blog bisa dibaca semua orang.

Pertama-tama tahu blog, saya sempet berfikir, " Ih apa enaknya, curhatan kita diketahui orang, malu dong". Sampai suatu saat saya punya akun friendster. sekitar tahun 2005-an. Dulu wall nya friendster itu buat ngasi testimoni tentang orang-orang yang kita kenal, " Kamu tuh orangnya asik deh, suka bikin aku ketawa, rame dan jarang sedih, seneeng deh punya temen kayak kamu", kira-kira seperti itulah isi testimoni Friendster. 

Nah, waktu itu saya punya sahabat yang akrab banget, tapi tiba-tiba dia menghilang dari kehidupan saya. Ngga pernah nanyain kabar saya, pokoknya nyebelin lah. Saya pengen banget menumpahkan segala kekesalan saya padanya, namun saya ngga tau gimana caranya. Kalau di friendster kan isinya testimoni, bukan status kaya FB sekarang. Mo kirim message, gengsi dong, mau sms ? ih males lah. Pokoknya saya mau mengungkapkan kekesalan saya padanya tapi secara tidak langsung.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, ternyata FS memfasilitasi kegiatan curhat-curhatan dengan membuat fasilitas blog. Platformnya ya nyatu sama aplikasi FS. Saya inget banget, postingan pertama saya, tentang rasa amarah karena diabaikan oleh sahabat saya tersebut. 

“ Teman lama, seperti isi seonggok kardus bekas, kau memasukkan ke dalamnya, menutup dengan lakban, untuk kemudian kau sesakkan di sudut gelap gudang rumahmu, entah kapan kau sempat untuk mengintip isinya”

Ternyata ia membaca dan langsung komen, bahwa bukan maksudnya mengabaikan saya. Ternyata konsep ngeblog cocok buat menyampaikan sesuatu tanpa harus langsung ke orangnya. Jadi bisa dibilang nge-blog itu mengekspresikan diri secara online.

Berikutnya, saya sering sekali menuliskan segala sesuatu yang saya rasakan, saya pikirkan. Hanya hal-hal kecil, tentang pekerjaan, tentang dinginnya AC kantor sampai pertanyaan kenapa aku harus lembur. Jadi waktu itu, di kantor saya ada lembur besar-besaran. Ngga tanggung-tanggung saya harus menginput data debitur yang jumlahnya ribuan. Setiap hari saya pulang diatas jam 10 malam, malah pernah sampai jam 11 huhuhu. Bukannya mengeluh, tapi ada waktu kosong yang begitu lama selama menunggu data di validasi, bisa sampai satu jam-an saya bengong. Karena di kantor ada fasilitas wifi, saya pun mulai curhat di blog FS.  Intinya saya tulis, bersyukurlah orang-orang yang bekerja masih bisa melihat matahari pagi dan matahari sore, tanpa harus merebahkan kepala di kantor meja, wah meloow banget lah pokoke.

Satu orang komen di blog, dari pekerja perusahaan saya di unit kerja lain. Dari satu menjadi dua, bertambah terus setiap hari. “ Tulisanmu mewakili perasaanku” salah seorang pembaca blog mengomentari. Semakin banyak yang membaca semakin semangat saya ngeblog. Saya jadi punya teman dari Jogja, Makassar, Aceh, Denpasar bahkan Papua.

Seiring waktu, FS collaps, blog saya pun ikut lenyap bersama tulisan yang belum sempat saya arsip Saya mulai membuat blog baru, mulai dari awal lagi. Berbagai platform pernah saya buat, multiply, wordpress. Tapi sayang,  saya selalu kelupaan passwordnya, sehingga blog tersebut pun mati suri.

Awal tahun 2009, saya aktif ngeblog lagi, kali ini saya pakai blogspot, dengan judul blog My Head Voice. Saya pilih nama itu, karena memang isi tulisan saya adalah suara-suara yang berseliweran di kepala. Yang sudah demikian sesak sehingga harus memiliki wadah untuk menampungnya. Saat ini selain blogspot, saya punya akun di kompasiana, speedytaqwa, dan ngerumpi.com. Maruk.

Tujuan saya membuat blog salah satunya adalah untuk melatih kemampuan menulis.Saya suka menulis, namun saya tidak cukup pede untuk memposting tulisan saya di media lain. Satu-satunya tempat yang membuat saya nyaman adalah blog pribadi . Disitu saya bisa menjadi diri sendiri, bisa mengutarakan pendapat saya, tanpa harus mengkhawatirkan apakah tulisan saya bagus atau tidak, disukai atau tidak. Terserah saja, kalau mau baca silahkan, tidak ya juga tidak apa-apa. Saya juga ingin mengarsip segala hal yang saya alami, termasuk mengetahui sejauh mana  perubahan cara saya menulis dari waktu ke waktu. Karena kan di blog ada pengarsipan berdasarkan waktu, jadi blog merupakan salah satu cara introspeksi diri.

Selain itu, dengan punya blog saya merasa seperti memiliki tabloid sendiri, dimana saya berperan sebagai pemimpin redaksi, wartawan,penulis,editor,penata layout, sampai bagian pemasaran. Tuh kan, ngeblog membuat kita menjadi multi talented, halah.

Saking asiknya ngeblog, sampai-sampai kalau lagi di kantor saya kepikiran terus , mo nulis apa lagi yaa??. Jadi, bisa sambil ngerjain laporan untuk BI, saya sempet-sempetin nulis satu-dua paragraph, nanti di kost saya lanjutin lagi, korupsi waktu dah saya.

Bosan baca tulisan di blog sendiri, saya blogwalking ke blog-blog lain. Dan eng ing eng, saya dapat info ada lomba blog. Wah seru banget ternyata ikutan lomba , jadi nambah pengetahuan. Dengan ikut lomba blog, tulisan yang dihasilkan menjadi lebih cerdas, jadi isi blog saya ngga cuma curhat-curhat konyol, minimal bisa memberi sedikit tambahan pengetahuan kepada pembacanya. Seperti saat ikut lomba Blog LG, saya jadi membaca dan mencari segala info tentang kulit, tentang sitem pendingin di AC, tentang pemanasan global. Ikut lomba blog susu halal, saya jadi tahu komposisi susu, tahu tentang siklus pertumbuhan bayi, trus jadi tahu sumber gelatin. Ikt lomba blog paling Indonesai, jadi tahu segala macam budaya Indonesia yang selama ini tidak saya sadari, jadi makin cinta sama negeri ini. Wah benar-benar bermanfaat deh hobi nge-blog.

Bonus dari ikut lomba itu, kalau menang dapet hadiah, horeee, kalau ngga menang, dapat ilmu plus dapat temen baru dan dapat info blog-blog lain yang keren. Ga ada ruginya sama sekali pokoke. Saran saya sih, jangan pernah ikut lomba blog semata-mata mau ngincer hadiahnya, Soalnya, nanti tulisan kita jadi kaku, ngga lepas dan pastinya kecewa kalau ngga menang. Itung-itung latihan buat nulis sesuai tema tapi tetap dengan gaya kita.

Tapi dari semuanya yang paling bikin saya seneng, saya bisa berbagi kepada semua orang. Berbagi pengalaman, opini, maupun sekedar menanggapi suatu kejadian tanpa terbatas ruang dan waktu. Waktu lihat statistik blog, saya kaget, kok ada yang lihat dari Jepang, Jerman, Hongkong. Mungkin temen facebook saya kali yah. Mau dibelahan bumi manapun, selama masih ada sambungan internet, tulisan di blog kita bisa dibaca siapa saja. 

Ngeblog  bagi saya termasuk juga menularkan semangat. Gara-gara link blog yang sering saya share di FB maupun twitter, jadi banyak temen-temen yang minta diajarin cara buat blog. Apalagi kalau ada teman yang suka nulis tapi cuma diposting di note FB atau cuma dibuat status, saya sering sarankan agar buat blog aja. Soalnya trauma dengan nasib friendster, siapa tau ntar ada saingan FB trus FB collaps, hilang juga deh tuh tulisan kita. Kalau di blog kan, mudah-mudahan masih bisa ditelusuri via google ( Corecct me if i wrong). Nah kan nularin kegiatan positif itu berpahala. Ngeblog jadi ibadah, yippie.

Singkat kata ( padahal udah panjang lebar ), ngeblog itu kalau kata Ayu Ting Ting, sik asik banget lah. Sejauh ini, belum ada hal negatif yang saya alami gara-gara ngeblog. Ayo yang belum nge-blog, segera buat blog, gampang banget kok, dan buktikan sendiri cerita saya diatas.




Tulisan ini diikutkan pada kontes Betapa Senangnya Ngeblog dan disponsori oleh Mahabbah









.

10 comments on "Giveaway Azzet : Ngeblog, Berekspresi Secara Online"
  1. Berawal dari curhatan ya, Mbak, dan sampai sekarang syik...syik...asyik banget. Saya sudah membaca artikel di atas dengan cermat dan langsung saya DAFTAR. Sungguh, makasih banyak ya....

    ReplyDelete
  2. Mbak Win, ikutan giveaway yang ini juga:
    http://catatannyasulung.wordpress.com/2012/06/20/hajatan-anak-pertama/
    DL-nya besok. temanya ringan. Boleh fiksi atau nonfiksi. cekidot aja deh mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah baca, kalau sempet aku tulis deh, ini udah dilirik2 si bos, sibuk terus sm laptop, xixixi

      Delete
  3. sik asik karena banyak dapet hadiah ya, mba windi :D
    yuk ikutan GA nya sulung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya assik, bukan anak sulung, suami jg ragil. nulis apa yaaa??

      Delete
  4. Ngeblog adalah sarana menularkan semanagat ....
    benang merah yang saya dapati..
    inspiratif.

    #Bogwalking malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangaaaat.
      Wah senengnya dikunjungi komunitas BPI, sering-sring kemari yah, trm kasih :D

      Delete
  5. mau tak kasih jempol, tapi di blog gak ada fasilitas jempolnya hehe. Matursuwun sanget ya mbak Windi uda ngompori kita2 untuk bikin blog...skarang daku tinggal ngompori diri sendiri untuk menulis :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature