Speak English???

Thursday, June 21, 2012


Bahasa Inggris itu perlu kita kuasai. Bukan agar kita bisa lulus wawancara kerja, bukan untuk lulus test Toefl untuk melanjutkan S2, tapi biar gak malu-maluin.

Beberapa minggu yang lalu saya pulang ke Medan. Saya duduk di pinggir deket lorong. Di seberang kursi saya ada tiga orang bule. Mendengar logatnya sepertinya mereka dari Australia. Mereka ini berisik banget di pesawat. Gak tau ngomongin apa sambil tertawa cekikikan. Karena itu penerbangan malam, sejujurnya saya merasa terganggu, capek pengen tidur. Tapi karena suara mereka membuat saya tidak bisa tidur, akhirnya saya membaca buku saja lah. Kali ini saya membawa buku "Kau ,Aku dan Sepucuk Angpau Merah-nya Tere Liye. Soalnya saya niat mau ikutan lomba resensi novel tersebut.

Saya sudah hampir tenggelam dengan novel tersebut saat si bule di seberang saya berteriak-teriak dengan agak kencang " Speak English, speak english....." begitu katanya. Saya bingung, ni bule mau ngapain sih. Kembali diulangnya " Speak English??".

Karena penasaran saya pindahkan juga pandangan mata saya dari buku menuju ke si bule, pengen tau apa sih?. 

"Anyone speak english, i want to ask something" si bule masih teriak-teriak seperti gaya orang meneriakkan kalimat " Spaaaadaaa, anybody home??

Anehnya ngga ada satu pun yang merespon, bahkan pramugari yang lewat bablas aja. Wah saya kasihan juga , jangan-jangan dia butuh sesuatu pikir saya. Dengan sopan saya menjawab , " Yes, i can speak english a little, can i help you? " kata saya sok-sok an.

" Yes, How $%*&@$#%&H*&())_@&#%#&*!()_!_!*&@^@*!(!)",, tanya si bule kepada saya.Ngomongnya cepet dan belibet.

Saya bengong, mampus gue, ni bule ngomong apa sih. Dalam hati, keep it cool keep it cool, palingan dia cuma nanya tempat wisata, hotel atau travel. Saya tarik nafas dalam-dalam,and ......

" Pardon me?" , jiaaah cuma itu yang bisa keluar dari mulut saya. " Sorry miss, Could you speak slowly, i can't understand"

" I just wanna know, how much school fees for children in here?", i mean the price"

WHAT!!!!!!, di dalam pesawat di ketinggian 6000 kaki diatas permukaan laut, di jam tidur gini, si bule nanya tentang uang sekolah. Oh my God, saya sempet kaget sejenak. Masalahnya ni bule ngomong keras banget, saya jadi deg-degan jawabnya, takut englishnya belepotan, takut juga jawaban saya salah, wah bisa tengsin dong sama penghuni satu pesawat.

Akhirnya saya jawab juga tuh pertanyaan. " EHm, in Medan, for primary school, you must pay about one million rupiahs" 

Gileee, saya emang gak tau berapa uang sekolah anak jaman sekarang, ponakan saya belum ada yang sekolah, tapi kemarin sih saya denger temen kantor suami bilang dia daftarkan anaknya sekolah segitu.

Si bule manggut-manggut. 

"That's expensive or cheap for you?" tanya si bule lagi.
" It's expensive" jawab saya

" How about Jakarta and Bali?"

Duh cerewet amat si ni bule, batin saya dalam hati. Saat itu, suasana satu kabin tiba-tiba hening. Waduh, sepertinya banyak yang nguping pembicaraan kami. Ya gimana ngga, wong suaranya kaya nelen toa gitu.

" In Jakarta, it's more expensive from Medan, but in Bali i think it can more cheaper from Medan and Jakarta".

Si bule tampak berfikir. 

" But it's include a meal for the children" lanjut saya.

" There's no a free school in here?" , yeee ni bule maunya yang gratisan aja.

" Ehm, ada sih, eh there there kata saya" xixixixi, mulai oon
.
" There's a free school, but the facility is not good, so  the price is similar to facility that you can get, so it depends on you to choose the school for your child."

Dan sebelum si bule balik nanya lagi, saya cepet-cepet tambahkan, " So, any question?"
" Oh, oke, thank you so much" jawabnya sambil tersenyum manis.

Pyuuuuh, setelah itu cepet-cepet saya nunduk , konsentrasi ke novel lagi, takut ditanya-tanya si bule. Padahal dari ekor mata saya terlihat si bule masih pengen ngajak saya ngobrol.

Sebenarnya saya ga keberatan sih ditanya-tanyain, Masalahnya SUARANYA itu lho kenceng banget. Saya rasa sampe kabin  bagian belakang denger tuh para penumpang apa yang kami bicarakan tadi.

ok guys, Don't try this at home.

Btw, sebenernya uang sekolah anak TK or SD sekarang berapa sih ???. Dan pertanyaan besarnya adalah, ngapain tuh  bule nanya-nanya uang sekolah, hadeeeh.




Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature