Syndrome Pulang Kondangan

Monday, March 12, 2012

Puncak dari setiap fase hidup kita selalu dilewati dengan perayaan.
Perayaan kelahiran yang dinisbatkan dengan penabalan nama.
Perayaan  menjelang akhil baligh dalam seremoni sunatan
Kelulusan sarjana digelar dengan wisuda 

Dan master dari segala perayaan, adalah perayaan cinta, bersatunya dua hati, dua keluarga, dua pribadi dan dua latar belakang dalam sebuah akad yang ditutup dengan resepsi pernikahan.

Kemarin malam saya baru saja menghadiri perhelatan akbar sebuah perayaan cinta. Saya sebut akbar karena yang menikah adalah putri dari salah seorang direktur BUMN yang  kebetulan teman kerja satu divisi dengan saya.

Begitu memasuki ruangan, seorang teman saya langsung nyeletuk dengan komentar gak pentingnya, “ Wah berapa ya harga sewa gedung ini” ( plis deh , ngapain dipikirin ),. Serentak kami menjawab, “Bukan urusan elo kale”

Jangan ditanya bagaimana megahnya pesta tersebut. Terus terang dengan tamu yang sangat berjubel dari segala golongan yang tumpah ruah disana., saya tidak sempat memperhatikan dekorasi gedung tersebut. Tapi yang pasti dari mulai pintu masuk, antrian tamu yang akan memberi ucapan selamat kepada pengantin sudah mengular.  Alih-alih memikirkan bagaimana menembus antrian tersebut, saya dan teman-teman yang notabene adalah anak kos sejati langsung kalap dengan makanan yang nangkring di setiap sudut ruangan.

Jangan bayangkan saya akan mengitari seluruh stand makanan untuk memilih mana yang akan saya cicipi, tidak sempat. Agar efisien kami langsung memulai dari yang terdekat. Dimsum, salad, lasagna,spaghetti dan zuppa-zuppa menjadi menu pembuka kami ( menu pembuka???). Konter makanan tradisional seperti gudeg, bakso, sate, nasi liwet langsung kami coret dari to do list ( bisa beli sendiri).  Dilanjutkan dengan nasi + lauk yang terdiri dari daging asap, udang goreng tepung mayones plus sapi lada hitam ( keputusan yang kemudian saya sesali karena setelah itu saya kekenyangan).

Itu masih sisi kanan ruangan. Setelah meregangkan otot-otot perut, kami pun melanjutkan gerilya makanan ke sisi kiri ruangan. Saya memutuskan memilih wafel dengan es krim dan saus coklat kemudian dilanjutkan dengan kebab dan tekwan. Sampai disini saya dan teman-teman memutuskan istirahat dulu. Kebetulan kami lihat antrian tamu yang ingin memberi selamat sudah menipis. Kami pun tidak menyia-nyiakan kesempatan segera menuju pelaminan, untuk mengucapkan selamat dan doa restu ke pasangan raja dan ratu sehari tersebut, sekaligus menegaskan kehadiran kami atas undangan mereka.

Eh di sepanjang jalan menuju pelaminan ternyata masih banyak hidangan yang belum kami eksplore. Dari bebek Hainan, rib steak, ikan salmon, sampai aneka kue dan buah yang tadi luput dari perhatian. Oh my  God, melihat semua itu saya dan teman saling pandang-pandangan. Huwaaa kami kekenyangan dan udah ga sanggup lagi mencerna semuanya. Itu adalah moment paling menyedihkan dalam hidup anak kos. Dimana melihat makanan bergelimpangan tapi tak bisa lagi menikmati dan sadar besok pagi tidak punya makanan apapun di kos, oh hidup hidup.

Selesai dari acara, kami segera pulang dan dilanda syndrome kekenyangan. Di dalam mobil  yang hanya berisi empat orang tersebut, selain syndrome kekenyangan ternyata kami pun dilanda syndrome galau. Tiga diantara kami sudah menikah termasuk saya . Dan hanya satu orang teman saya yang masih single, cewek.

Dan dimulailah pembicaraan galau meracau.

“Aduh, pestanya mewah banget. Gimana yah nanti kalau gw pesta, gw kan bukan anak pejabat mana bisa buat pesta semewah itu “ ( Galau 1 )

“ Dan sampai sekarang gw belum punya pasangan, kapan nikahnya nih” ( Galau 2)

“ Kenapa ya gw selalu ketemu cowok-cowok yang gak pernah serius, apa gw sebegitu gak menariknya untuk dijadikan calon istri “ ( Galau 3).

Hahaha, saya melongo, percaya atau tidak , saya pun pernah mengalami hal tersebut beberapa tahun lalu. Dimana setiap pulang kondangan saya langsung terkena penyakit bisu mendadak, rasa bahagia melihat teman menemukan separuh jiwanya yang  disertai perut mules bercampur dengan rasa iri tiada tara. 

“ Kok bisa ya, dia nikah dengan pacar pertamanya, so sweet banget sih”

Atau ga

“ Duh, pasangan serasi banget sih, yang satu anaknya siapa yang satu anaknya siapa, pasti mereka dulu lahir di spring bed deh”

Atau begini

“ Ya ampun, si cowok kerja di Freeport, yang cewek dokter, dunia sungguh tidak adil”

Dilanjutkan dengan

“Kapan giliran gue…. “ ( mewek)

Oke Lanjut.

Masih mengenai teman saya tadi. Teman saya ini terkenal dengan sikapnya yang rame, apa ya kalo dalam bahasa Indonesia, yah sedikit pecicilan gitu deh. Tapi dia tuh anaknya polos banget, baik dan positive thinking. Pembicaraan pun berlanjut dengan pertanyaannya.

“ Apa gw harus berubah dulu jadi lebih kalem gitu, biar cowok-cowok senang dan ga malu-maluin jadi calon menantu?”

Can You Believe it ?

Ternyata di jaman serba modern gini, dimana kesetaraan gender gaungnya udah sampe ke seantereo jagad raya masih ada aja perempuan yang ngerasa harus menjadi seseorang yang diinginkan orang lain untuk membuat dirinya berharga.

Saya langsung mengguncang tubuhnya sambil teriak.

“Hello, hari gini, kalo kamu ga ngerasa dirimu cukup berharga untuk dicintai, jangan harap orang lain menghargaimu.”

Yah itulah realita, kita hidup di jaman dan lingkungan dimana masih ada anggapan setinggi apapun karir seseorang, entah itu laki atau perempuan, seberapa cantik atau tampannya dirimu, seberapa terkenal dan pentingnya kamu, kalo belum ada kata-kata “ sah  sah”, sepertinya belum dianggap sukses. Oh what a life?

Maka tak heran banyak status galau menghiasi timeline social media. Ujung-ujungnya perasaan desperado akan melanda diri saat melihat gerakan umur yang semakin hari semakin beranjak mendekati limit wajar suatu perhelatan. Ah miris.

Apakah itu karena jumlah wanita lebih banyak dari pria, sehingga begitu sering kita melihat wanita single, mapan, sukses yang masih sendiri di umur mendekati kepala tiga?

Tunggu dulu. 

Tiga hari yang lalu saya mengikuti polling di Yahoo di rubrik apa saya lupa, yang kaya Oh My God itulah. Di polling tersebut dipaparkan begitu banyak perempuan single di kota Jakarta. Pertanyaannya ,apakah pernikahan itu suatu keharusan??

Saya tidak ingin membahas soal pertanyaan polling tersebut. Namun nyatanya di sekeliling saya sangat banyak dijumpai pria-pria mapan di usia after tiga puluh yang juga single, dengan jumlah sebanyak perempuan single yang mengaku susah mencari pasangan hidup saat ini. Nah lho, berarti bukan masalah jumlah. Tapi ada yang lebih substansial disitu.

Pertanyaan sebesar toge muncul, kenapa mereka ga saling melihat dan saling menjajaki satu sama lain??

Di usia saya yang ke 24 tahun  lima tahun yang lalu, saya sempat mengalami kegamangan hidup luar biasa. Dimulai dengan kandasnya hubungan asmara saya dengan seseorang yang merupakan kandidat terbesar calon suami. Beberapa bulan lagi usia saya mendekati seperempat abad. Alarm biologis saya mulai berbunyi, waspada. Saya pikir saat itu, saya ga akan bisa lagi menjalin hubungan baru. Bagaimana tidak, saya tinggal di kota kecil, ditambah diri saya yang tidak gaul sama sekali, rasanya sangat kecil kemungkinan saya akan bertemu dengan orang baru yang berpotensi menjadi calon suami.

Sempat terlintas di benak saya untuk melanjutkan kuliah S2. Bukan, bukan karena ingin mengupgrade pengetahuan saya. Tapi lebih kepada keinginan untuk mencoba dunia baru. Siapa tahu dapat kenalan disana. Bukankah dunia perkuliahan selalu memberi peluang untuk dunia percintaan, hahahaha, stupid.

Syukurlah niat itu belum terlaksana, saya sudah bertemu dengan seorang pria yang telah mematri namanya di prasasti hatiku ( cieee).

Karena sudah pernah menjalaninya, maka saya berani mengatakan ini. 

Ladies, siapapun anda, jangan pernah mau mengikuti parameter yang ditentukan orang lain untuk hidupmu. Apalagi untuk urusan jodoh. Kalau kamu orang yang pendiam, tidak usah memaksakan diri menjadi perempuan supel yang gampang ber haha hihi. Begitu pun sebaliknya, ngapain kamu susah payah menahan diri untuk menjadi perempuan kalem demi memuaskan penilaian orang lain.

Selera itu, seperti kata Albert Einstein adalah hal yang relative. Biarkan tangan Nya yang mempertemukan dirimu dengan jodoh yang bisa menerimamu dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. 

Di suatu tempat entah dimana, pasti ada seseorang yang menganggap dirimu indah dan patut untuk diperjuangkan. 

Kalau kalian pernah menonton serial Friends, disitu ada adegan dimana Ross mengatakan kepada Rachel. “ Rachel, nantinya kamu akan bertemu seseorang yang saat bangun tidur dan melihatmu ada disisinya, akan mengatakan “ Wow I’m with Rachel”. Itulah moment dimana kamu tahu seseorang itu menganggap dirimu begitu berharga. Tentu saja dalam konteks ini tidak perlu sampai tidur bareng ;).

Jadi kalau ada seorang pria yang meminta untuk merubah kepribadianmu, apalagi yang harus dirubah bukan sesuatu yang berhubungan dengan akhlakmu ( contohnya tadi sifat pendiam, rame, kocak) , trust me he’s not the one. 

 Jangan habiskan energimu untuk mempertahankannya.

Akan ada saatnya, seseorang hadir dengan seizin-Nya. Memberimu sejuta warna pelangi, dan saat ini kamu tahu waktunya telah tiba. Pun kalau saat itu tidak datang juga. Yakinlah ada rencana indah yang disiapkan Nya untuk dirimu.

Kata Dian Satro, “Karena kamu begitu berharga”


3 comments on "Syndrome Pulang Kondangan"
  1. T_T wow kk wow.. kok ane jadi ngerasa ikutan galau jugakk hahahha

    anyhow.. mana pesenan dokter muda nan mapan gw tante windiiii?? hahhahaha
    :P

    ReplyDelete
  2. bentar mei, orderan lagi penuh.
    Lu kata gw biro jodoh apa. hahaha .
    eh tapi asyik juga tuh buka biro jodoh, pasti seru. ngebayangin Ferre nya supernova, :D

    ReplyDelete
  3. wah ferre boleh juga wind. ato keenan.. that would be great! ;)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga senang yah main kesini :)

Custom Post Signature